RENCANA PROGRAM PENGAJARAN Micro teaching “SIKAP DAN PRILAKU WIRAUSAHA”

Oleh: RIDWAN BAKRI 2008/02398

PROGAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI PADANG 2011

siswa mampu Mendeskripsikan karakteristik wirausaha 2. Indikator D. Tujuan Pembelajaran : 1. keutamaan. siswa mampu mengidentifikasi sikap dan prilaku wirausaha. C. keteladanan dalam mengambil resiko yang bersumber pada kemampuan sendiri. Kompetensi Dasar : Mahami pengelolaan koperasi dan kewirausahaan : mendeskripsikan peran dan jiwa kewirausahaan :-siswa memahami pengertian kewirausahaan . Alokasi waktu : 1 x 20menit MATERI 1. Standar Kompetensi B.RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN (RPP) Sekolah : SMAN 2 Padang Panjang Mata Pelajaran : Kewirausahaan Kelas / Semester : XII / 2 A. Wirausaha sering juga disebut wiraswasta yang artinya sifat-sifat keberanian. E.konsep Kewirausahaan berasal dari kata enterpteneur yang berarti orang yang membeli barang dengan harga pasti meskipun orang itu belum mengetahui berapa harga barang yang akan dijual. Meski demikian .siswa Mendeskripsikan sikap dan perilaku wirausaha.

luhur. memiliki ketekunan dan ketabahan. memiliki tekad yang kuat. swasta berarti berdiri ditas kaki sendiri atau dengan kata lain berdiri di atas kemampuan sendiri. . Kata wiraswasta berasal dari gabungan wira-swa-sta dalam bahasa sansekerta. Dengan kalimat lain. berani. optimisme. swa berarti sendiri atau mandiri. gagah. wira berarti berani dan usaha berarti daya upaya atau dengan kata lain wirausaha adalah kemampuan atau keberanian yang dimiliki oleh seseorang untuk melihat dan menilai kesempatan bisnis. Ia bersikap berani unuk mengambil resiko. mengumpulkan sumber daya yang dibutuhkan untuk mengambil tindakan yang tepat dan mengambil keuntungan dalam rangka meraih kesuksesan. energik dan emiliki inisiatif. wirausaha adalah orang-orang yang mempunyai sifat-sifat kewiraswastaan atau kewira-usahaan. Istilah lainnya yang semakna dengan wirausaha adalah wiraswasta. berorientasi pada laba. Wataknya : Kebutuhan akan prestasi. Ia juga memiliki leutamaan. teladan. Wiraswasta tidak memiliki visi pengembangan usaha sedangkan wirausaha mampu terus berkembang dan mencoba usaha lainnya. Berdasarkan makna-makna tersebut. sta berarti berdiri. Pengertian lainnya menyebutkan kewirausahaan adalah proses menciptakan sesuatu yang lain dengan menggunakan waktu dan kegiatan disertai modal dan resiko serta menerima balas jasa dan kepuasan serta kebebasan pribadi. Raymond dan russel memberikan definisi tentang wirausaha dengan menekankan pada aspek kebebasan berusaha yang dinyatakannya sebagai berikut : An entrepreneur is an independent growth oriented owner operator. suka bekerja keras. Istilah wiraswasta lebih sering dipakai dan lebih dikenal daripada wirausaha. Percaya Diri. Daftar karakteristik dan sifat profil seorang wirausahawan: 1. Padahal. individualitas. Wataknya : Keyakinan. Keberaniannya berpijak pada kemampuan sendiri atau kemandiriannya. kemandirian. luhur. Sedangkan wirausahawan mengandung arti secara harfah. kreatifitas.Berorientasikan tugas dan hasil. Wira berarti utama. kata wiraswasta atau wirausaha berarti pejuang yang gagah. dan teladan dalam menangani usaha atau perusahaan. berani dan pantas menjadi teladan di bidang usaha. atau pejuang. keduanya bermakna sama dan merupakan padanan dari kata entrepreneur. 2 .wirausaha dan wiraswasta sebenarnya memiliki arti yang berbeda .

5. yaitu ketepatan terhadap waktu. . sistem kerja dan sebagainya. 4. fleksibel. dapat kita identifikasi sikap seorang wirausaha: a. Wataknya : Persepsi dan memiliki cara pandang/ cara pikir yang berorientasi pada masa depan. Sifat sering menunda pekerjaan dengan berbagai macam alasan. Ketepatan terhadap waktu. dapat bergaul dengan orang lain dan suka terhadap saran dan kritik yang membangun.Keorisinilan.Kepemimpinan. 7Jujur dan tekun. serba bisa dan memiliki jaringan bisnis yang luas.3. adalah kendala yang dapat menghambat seorang wirausahawan meraih keberhasilan. Wataknya : Memiliki inovasi dan kreativitas tinggi. seorang wirausahawan harus memiliki kedisiplinan yang tinggi.Disiplin Dalam melaksanakan kegiatannya. Wataknya : Memiliki keyakinan bahwa hidup itu sama dengan kerja Dari daftar ciri dan sifat watak seorang wirausahawan di atas. dapat dibina dalam diri seseorang dengan berusaha menyelesaikan pekerjaan sesuai dengan waktu yang direncanakan. 6.Berorientasi ke masa depan. kualitas pekerjaan. Arti dari kata disiplin itu sendiri adalah ketepatan komitmen wirausahawan terhadap tugas dan pekerjaannya. Wataknya : Memiliki kemampuan mengambil resiko dan suka pada tantangan. Ketepatan yang dimaksud bersifat menyeluruh.Pengambil Resiko. Wataknya : Bertingkah laku sebagai pemimpin.

b.KomitmenTinggi Komitmen adalah kesepakatan mengenai sesuatu hal yang dibuat oleh seseorang. Kejujuran dalam berperilaku bersifat kompleks. kualitas produk yang sesuai dengan harga produk yang ditawarkan. kejujuran mengenai promosi yang dilakukan. . maka seorang wirausahawan harus memiliki daya kreativitas yang tinggi. problem solving bagi masalah konsumen. bentuk ataupun waktu. terarah dan bersifat progressif (berorientasi pada kemajuan). Sedangkan contoh komitmen wirausahawan terhadap orang lain terutama konsumennya adalah pelayanan prima yang berorientasi pada kepuasan konsumen. Kejujuran mengenai karakteristik produk (barang dan jasa) yang ditawarkan. Dalam melaksanakan kegiatannya.Kreatif dan Inovatif Untuk memenangkan persaingan. dan sebagainya.Jujur Kejujuran merupakan landasan moral yang terkadang dilupakan oleh seorang wirausahawan. Komitmen terhadap dirinya sendiri dapat dibuat dengan mengidentifikasi cita-cita. penuh dengan gagasan-gagasan baru yang berbeda dengan produk-produk yang telah ada selama ini di pasar. d. kejujuran mengenai pelayanan purna jual yang dijanjikan dan kejujuran mengenai segala kegiatan yang terkait dengan penjualan produk yang dilakukan oleh wirausahawan. Gagasan-gagasan yang kreatif umumnya tidak dapat dibatasi oleh ruang. c. harapan dan target-target yang direncanakan dalam hidupnya. seorang wirausahawan harus memiliki komimten yang jelas. Justru seringkali ide-ide jenius yang memberikan terobosan-terobosan baru dalam dunia usaha awalnya adalah dilandasi oleh gagasan-gagasan kreatif yang kelihatannya mustahil. baik terhadap dirinya sendiri maupun orang lain. Daya kreatifitas tersebut sebaiknya adalah dilandasi oleh cara berpikir yang maju.

Tanya jawab : . Pada prinsipnya seorang wirausahawan harus memiliki sikap mandiri dalam memenuhi kegiatan usahanya. Banyak seorang calon wirausahawan yang berpotensi tinggi. tanpa adanya ketergantungan dengan pihak lain. Kemandirian merupakan sifat mutlak yang harus dimiliki oleh seorang wirausahawan. Dengan bertambahnya nilai guna atau manfaat pada sebuah produk. namun pada akhirnya mengalami kegagalan hanya karena wirausahawan tersebut tidak realistis. Ceramah 2.Mandiri Seseorang dikatakan “mandiri” apabila orang tersebut dapat melakukan keinginan dengan baik tanpa adanya ketergantungan pihak lain dalam mengambil keputusan atau bertindak. termasuk mencukupi kebutuhan hidupnya.Inovasi yang dibutuhkan adalah kemampuan wirausahawan dalam menambahkan nilai guna/nilai manfaat terhadap suatu produk dan menjaga mutu produk dengan memperhatikan “market oriented” atau apa yang sedang laku dipasaran. maka meningkat pula daya jual produk tersebut di mata konsumen. karena adanya peningkatan nilai ekonomis bagi produk tersebut bagi konsumen. Metode Pembelajaran 1. Karena itu dibutuhkan kecerdasan dalam melakukan seleksi terhadap masukanmasukan/sumbang saran yang ada keterkaitan erat dengan tingkat keberhasilan usaha yang sedang dirinti F. obyektif dan rasionil dalam pengambilan keputusan bisnisnya. f.Realistis Seseorang dikatakan Realistis bila orang tersebut mampu menggunakan fakta/realita sebagai landasan berpikir yang rasionil dalam setiap pengambilan keputusan maupun tindakan/perbuatannya. e.

(http://Penerapan-sikap-dan-prilaku- wirausaha html)(22 April 2011) H.guru menanyakan tentang materi yang ada di slide. Guru menyampaikan tujuan 2 pemnbelajaran yanhg ingin dicapai Kegiatan Inti 1. guru melkasanakan ceramah dalam menyampaikan pelajaran b. siswa mencari informasi tentang sikap dan perilaku wirausahawan.media elektronik Kegiatan Pembelajaran / Skenario Pembelajaran: No 1 Kegiatan Pembelajaran Pendahuluan a.Eksplorasi a. Elaborasi a.guru menampilkan media elektronik berupa slide b. Mempersiapkan kelas untuk Alokasi Waktu 3 menit pembelajaran (kebersihan kelas dan absensi) b. c.2009’’Penerapan Sikap dan Prilaku Pendidikan. 2. 12 menit . memberi pertanyaan kepada siswa mengenai hal-hal yang berkaitan dengan sikap dan prilaku wirausaha. Sumber Belajar Hanafi wirausaha’’Jurnal Joko : Sambodo. Alat dan Media Pembelajaran : 1.G.(online).

Guru memberi umpan balik positif dan penguatan berupa pujian dan reward.soal objektif 3butir persentase penilaian 30% .3. b. 1.psikomotor. Guru bersama siswa menyimpulkan dan merangkum kembali materi yang telah di bahas. Konfirmasi a. b. Memberikan pekerjaan rumah untuk siswa yang akan dikumpul pada pertemuan sebelunnya. c. 5menit F.kognitif. Guru memberikan motivasi kepada kepada siswa. Tindak lanjut tuntas dalm bentuk pengayaan dan remedial untuk yang belum tuntas. memberikan kesempatan kepada peserta 3 didik untuk bertanya Penutup a. Evaluasi dan Penilaian Kisi-kisi Soal Nomor soal : Indikator Menjelaskan karakteristik dan sikap perilaku wirausaha Total Jumlah Soal C1 C2 C3 C4 C5 C6 3 2 5 3 2 5 Prosedur penilaian afektif.

2. soal essay 2butir persentase penilaian 70% Soal : 1. Ketepatan c. Percaya diri b. Tidak tanggap terhadap perubahan 3. Bekerja praktis d. Kelancaran b. Berani mengambil resiko c. yaitu: a. Inovasi c. Acuh tak acuh b. Keorsinilan 2. Menurut Guilford.ada beberapa sifat yang menjadi cirri kemempuan berfikir kreatif. Kecepatan d. yaitu kecuali: a. Seorang wirausaha harus memiliki identitas diri yang khas. kecuali: a. Berorientasi ke masa sekarang d. Seorang wirausaha memiliki cirri-ciri. Kebersihan Kunci jawaban : .

Wataknya : Memiliki kemampuan mengambil resiko dan suka pada tantangan. (3) Pengambil Resiko.? 2. fleksibel. energik dan emiliki inisiatif. Apa yang akan terjadi bila salah satu dari semua sikap – sikap tersebut tidak dimiliki oleh seorang wirausaha. C 2. kemandirian. berorientasi pada laba. Jelaskanlah sikap. optimisme. (6) Berorientasi ke masa depan. serba bisa dan memiliki jaringan bisnis yang luas.1. memiliki ketekunan dan ketabahan.sikap yang harus dimiliki oleh seorang wirausaha adalah: (1) Percaya Diri. memiliki tekad yang kuat. B 3. . Wataknya : Memiliki inovasi dan kreativitas tinggi. Kepemimpinan. Wataknya : Persepsi dan memiliki cara pandang/ cara pikir yang berorientasi pada masa depan. suka bekerja keras. (2) Wataknya : Kebutuhan akan prestasi. individualitas. (4) Wataknya : Bertingkah laku sebagai pemimpin.sikap.sikap yang harus dimiliki oleh seorang wirausaha. Wataknya : Keyakinan. (5) Keorisinilan.? Kunci jawaban essay : 1. Berorientasikan tugas dan hasil. dapat bergaul dengan orang lain dan suka terhadap saran dan kritik yang membangun. D Soal essay : 1.

2. jika salah satu dari sikap tersebut tidak dimiliki.bahkan dia bisa mengalami kesusahandan kegagalan didalam menjalankan usahanya.(7) Jujur dan tekun. Skor nilai essay butir 1 dan 2 Skor 70%(masing-masing soal bobotnya 35%) Jumlah nilai = persentase perolehan x skor maksimal(100). a. 2. Soal objektif 3butir Skor 30%(masing-masing soal bobotnya 10%). maka seorang wirausaha itu akan mengalami kendala didalam menjalankan usaha nya. Skor penilaian: 1. Wataknya : Memiliki keyakinan bahwa hidup itu sama dengan kerja. b.seorang wirausaha harus memiliki semua sikap tersebut. Skor nilai kognitif. . Skor nilai afektif.

kesopanan 4. 3. menghargai teman 3. Skor nilai psikomotor. kejujuran 2.No Nama siswa Penilaian sikap siswa dalam Jumlah pembelajaran 1 2 3 4 1 2 3 Rentangan nilai afektif 45-60 = rendah 61-75 = sedang 76.90 = tinggi Keterangan 1.( dilihat dari pengamatan terhadap keaktifan siswa saat proses pembelajaran berlangsung) Format pengamatan: No Nama siswa 1 pengamatan 2 3 4 Jumlah . toleransi terhadap teman.

-----+ 90 . = 10.1 2 3 Keterangan : Pengamatan 1 = partisipasi siswa dalam kelas Pengamatan 2 = kemampuan siswa dalam mengajukan pertanyaan Pengamatan 3 = kemampuan siswa mengeluarkan pendapat Pengamatan 4 = ketepatan mengumpulkan tugas sesuai jadwal yang diberikan. Ketetapan penjelasan siswa sesuai dengan kegiatan yang terkait dengan materi sikap dan prilaku wirausaha c. Ketetapan jawaban siswa dengan permintaan soal = 40 b.rata = 90 Format aspek yang dinilai : a. Ketetapan mengumpulkan tugas sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan = 40. Rentangan nilai psikomotor: 45 – 60 = rendah 61 – 75 = sedang 76 – 90 = tinggi Penskoran nilai psikomotor = jumlah rata.

Kepala sekolah Guru Mata Pelajaran Maasrizal.Mengetahui. Spd . Mpd Ridwan bakri.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful