KEGUNAAN HIDROKARBON DALAN KEHIDUPAN SEHARI-HARI oelh: Elis Wardina A.

Kegunaan Hidrokarbon Hidrokarbon banyak memberi manfaat bagi kebutuhan manusia, baik dalam bidang pangan, sandang, papan, seni dan estetika. Dalam hal ini akan dipaparkan kegunaan hidrokarbon dalam kehidupan seharihari bagi manusia, yaitu dalam bidang pangan, sandang, papan, seni dan estetika. 1. Bidang pangan Jika sudah berbicara kegunaan hidrokarbon dalam bidang pangan, maka bahasanya bukan hidrokarbon murni lagi, tapi sedikit lebih luas yaitu karbohidrat. Karbohidrat merupakan senyawa karbon, hidrogen dan oksigen yang terdapat dalam alam. Banyak karbohidrat mempunyai rumus empiris CH2O. Tipe karbohidrat • Monosakarida Monosakarida adalah suatu karbohidrat yang tersederhana yang tidak dapat dihidrolisis menjadi molekul karbohidrat yang lebih kecil lagi. - Glukosa / gula anggur banyak terdapat dalam buah , jagung, dan madu. - Fruktosa terdapat bersama dengan glukosa dan sukrosa dalam buah-buahan dan madu. - Galaktosa, sumber dapat diperoleh dari laktosa yang dihidrolisis melalui pencernaan makanan kita. • Disakarida Disakarida adalah suatu karbohidrat yang tersusun dari dua monosakarida. - Maltosa (glukosa + glukosa), tidak dapat difermentasi bakteri kolon dengan mudah, maka digunakan dalam makanan bayi, susu bubuk beragi (malted milk) - Laktosa (glukosa + galaktosa), terdapat dalam susu sapi dan 5-8% dalam susu ibu. - Sukrosa (glukosa + fruktosa), ialah gula pasir biasa. Bila dipanaskan akan membentuk gula invert berwarna coklat yang disebut karamel. Digunakan untuk pembuatan es krim, minuman ringan, dan permen. • Polisakarida Polisakarida adalah suatu karbohidrat yang tersusun dari banyak monosakarida. Kegunaan hidrokarbon pada polisakarida dalam bidang pangan seperti beras, pati, jagung, dll. 2. Bidang sandang Dari bahan hidrokarbon yang bisa dimanfaatkan untuk sandang adalah PTA (purified terephthalic acid) yang dibuat dari para-xylene dimana bahan dasarnya adalah kerosin (minyak tanah). Dari Kerosin ini semua bahannya dibentuk menjadi senyawa aromatik, yaitu para-xylene Para-xylene ini kemudian dioksidasi menggunakan udara menjadi PTA (lihat peta proses petrokimia diatas). Dari PTA yang berbentuk seperti tepung detergen ini kemudian direaksikan dengan metanol menjadi serat poliester. Serat poli ester inilah yang menjadi benang sintetis yang bentuknya seperti benang. Hampir semua pakaian seragam yang adik-adik pakai mungkin terbuat dari poliester. Untuk memudahkan pengenalannya bisa dilihat dari harganya. Harga pakaian yang terbuat dari benang sintetis poliester biasanya relatif lebih murah dibandingkan pakaian yang terbuat dari bahan dasar katun, sutra

piring. bemper mobil. Hidrokarbon yang digunakan untuk pelarut cat terbuat dari Low Aromatic White Spirit atau LAWS merupakan pelarut yang dihasilkan dari Kilang PERTAMINA di Plaju dengan rentang titik didih antara 145o C — 195o C. Lilin parafin di Indonesia diproduksi oleh Kilang PERTAMINA UP. Misal serat untuk bahan isi pembalut wanita. Sementar untuk urusan seni patung banyak patung yang berbahan dasar dari plastik atau piala. dll. Senyawa hidrokarbonyang membentuk pelarut LAWS merupakan campuran dari parafin. peranan utama hidrokarbon ada pada tinta / cat minyak dan pelarutnya. Bidang estetika Sebetulnya seni juga sudah mencakup estetika. 4. meja. terutama seni lukis. Kualifikasi mutu lilin PERTAMINA berdasarkan kualitas yang berhubungan dengan titik leleh. warna dan kandungan minyaknya. Jadi bahan hidrokarbon yang juga digunakan untuk estetika kosmetik adalah lilin.V Balikpapan melalui proses filtering press. 3. Misal lipstik. Bidang seni Untuk urusan seni. dll. yaitu polimer dari propilena.atau serat alam lainnya. Sebetulnya ada polimer lain yang juga dibunakan untuk pembuatan serat sintetis yang lebih halus atau lembut lagi. dan hidrokarbon aromatik. dan hidrokarbon aromatik. Mungkin adik-adik mengenal thinner yang biasa digunakan untuk mengencerkan cat. Dari bahan plastik inilah kemudian jadi macam. Hidrokarbon yang digunakan untuk pelarut cat terbuat dari Low Aromatic White Spirit atau LAWS mmerupakan pelarut yang dihasilkan dari Kilang PERTAMINA di Plaju dengan rentang titik didih antara 145o C — 195o C. mulai dari atap rumah (genteng plastik). Bahan dasar plastik hampir sama dengan LPG. Kehalusan bahan yang terbuat dari serat poliester dipengaruhi oleh zat penambah (aditif) dalam proses pembuatan benang (saat mereaksikan PTA dengan metanol). Polimer tersebut terbuat dari polietilen. Sementar untuk urusan seni patung banyak patung yang berbahan dasar dari plastik atau piala. sikloparafin. furniture. farmasi atau semir sepatu. kursi. dll. yaitu senyawa olefin / alkena dari rantai karbon C3. 5. peralatan interior rumah. Tentunya lilin untuk keperluan kosmetik spesifikasinya ketat sekali. sikloparafin. Bidang papan Bahan bangunan yang berasal dari hidrokarbon pada umumnya berupa plastik. Mungkin adik-adik mengenal thinner yang biasa digunakan untuk mengencerkan cat. Senyawa hidrokarbonyang membentuk pelarut LAWS merupakan campuran dari parafin. peranan utama hidrokarbon ada pada tinta / cat minyak dan pelarutnya. SENI Cat minyakUntuk urusan seni. Tapi mungkin lebihluas lagi dengan penambahan kosmetika. terutama seni lukis. waxing (pencabutan bulu kaki menggunakan lilin) atau bahan pencampur kosmetik lainnya. ESTETIKA .

warna dan kandungan minyaknya. Jadi bahan hidrokarbon yang juga digunakan untuk estetika kosmetik adalah lilin. Tentunya lilin untuk keperluan kosmetik spesifikasinya ketat sekali.LipstikSebetulnya seni juga sudah mencakup estetika. Tapi mungkin lebih luas lagi dengan penambahan kosmetika. Kualifikasi mutu lilin PERTAMINA berdasarkan kualitas yang berhubungan dengan titik leleh. waxing (pencabutan bulu kaki menggunakan lilin) atau bahan pencampur kosmetik lainnya. farmasi atau semir sepatu.V Balikpapan melalui proses filtering press. Misal lipstik. Lilin parafin di Indonesia diproduksi oleh Kilang PERTAMINA UP. .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful