P. 1
Hakikat Bangsa Dan Negara

Hakikat Bangsa Dan Negara

|Views: 315|Likes:
Published by M Reza Pahlevi

More info:

Published by: M Reza Pahlevi on Apr 12, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

02/18/2014

pdf

text

original

Created by

:

- Algi Fajar G - Riyan Rahmat H - Dwi Rendrahadi - M Reza Pahlevi

yaitu rakyat  Sedangkan pembentukan negara dalam rangka perlindungan hak dan kewajiban manusia baik sebagai makhluk individu maupun sebagai makhluk sosial .Pendahuluan  Pada hakikatnya antara bangsa dan negara tidak dapat dipisahkan  Bangsa merupakan bagian dari unsur negara.

Otto Bauer (Jerman)Otto Bauer (Jerman) Bangsa adalah kelompok manusia yang mempunyai persamaanBangsa adalah kelompok manusia yang mempunyai persamaankarakter yang tumbuh akibat adanya persamaan nasib. adat-istiadat. yang timbul karenaBangsa terbentuk karena adanya hasrat bersatu. perasaan dan kesamaan politik. bahasa.karakter yang tumbuh akibat adanya persamaan nasib. agama. perasaan dan kesamaan politik. F. bahasa.Bangsa adalah buah hasil tenaga hidup manusia dalam sejarah. yaitu persamaan keturunan. adatistiadat.wilayah. yang timbul karenaadanya rasa kesatuan antara manusia dan tempat tinggalnya.    . agama. yaitu persamaan keturunan.adanya rasa kesatuan antara manusia dan tempat tinggalnya. Ratzel (Jerman)F. Hans Kohn (Jerman) Hans Kohn (Jerman) Bangsa adalah buah hasil tenaga hidup manusia dalam sejarah.membedakan dengan bangsa lain.wilayah.(Hasrat bersatu) dengan perasaan setia kawan yang agung.HAKIKAT BANGSA  Ernest Renan (Prancis) Bangsa terbentuk karena adanya keinginan untuk hidup bersamaBangsa terbentuk karena adanya keinginan untuk hidup bersama(Hasrat bersatu) dengan perasaan setia kawan yang agung. Ratzel (Jerman) Bangsa terbentuk karena adanya hasrat bersatu.Secara umum bangsa memiliki faktor-faktor objektif tertentu yangSecara umum bangsa memiliki faktor-faktor objektif tertentu yangmembedakan dengan bangsa lain.

individualitas. komunikasi dan solidaritas 2) Keinginan untuk mencapai kemerdekaan dan kebebasan nasional sepenuhnya.Unsur terbentuknya bangsa Menurut Friedrich Hertz dari Jerman dalam bukunya yang berjudul Nationality in History and Politicals. kebudayaan. agama. ekonomi. keunggulan. mengemukakan bahwa setiap bangsa memiliki 4 (empat) unsur aspirasi terbentuknya bangsa sebagai berikut: 1) Keinginan untuk mencapai kesatuan nasional yang terdiri dari kesatuan politik. yaitu bebas dari dominasi dan campur tangan bangsa asing terhadap urusan dalam negerinya 3) Keinginan dalam kemandirian. pengaruh dan prestise. keaslian atau kekhasan. . sosial. Misalnya menjujung tinggi bahasa nasional yang mandiri 4) Keinginan untuk menonjol (unggul) diantara bangsa-bangsa dalam mengejar kehormatan.

 George William Friedrich Hegel Negara merupakan organisasi kesusilaan yang muncul sebagai sintesis kemerdekaan individual dan kemerdekaan universal. Soltau Negara adalah alat (agency) atau wewenang (authority) yang mengatur atau mengendalikan persoalan bersama atas nama masyarakat. Kranenburg Negara adalah suatu organisasi yang timbul karena kehendak dari suatugolongan atau bangsanya sendiri golongan atau bangsanya sendiri.  Roger F.  Mr.HAKIKAT NEGARA  George Jellinek Negara ialah organisasi kekuasaan dari kelompok manusia yang telah berkediaman di wilayah tertentu. .

Wilayah  .Rakyat  .UNSUR UNSUR TERBENTUKNYA NEGARA  .Pengakuan negara lain .Pemerintahan berdaulat  .

namun tunduk pada pemerintahan dimana mereka berada. konsuler.RAKYAT  Penduduk adaalah mereka yang lahir secara turun temurun dan besar di dalam suatu negara  Bukan Penduduk adalah mreka yang berada dalam suatu wilayah negara hanya untuk sementara waktu. seperti wisatawan mancanegara atau tamu-tamu asing dalam suatu negara  Warga Negara adalah mereka yang beradasarkan hukum tertentu merupakan anggota dari suatu negara. Contohnya adalah korpskiplomatik. . Warga Negaraadalah mereka yang menurut undang-undang atau perjanjiandiakui sebagai warga negara. atau melalui proses naturalisasi  Bukan Warga Negara(Orang Asing) adalah mereka yang berada pada suatu negara tetapi secara hukum tidak menjadi anggota negara yang bersangkutan. orang asing dan sebagainya.

 Wilayah Ekstra Teritorial Daerah Ekstra Teritorial adalah tempat yang menurut kebiasaan internasional diakui sebagai daerah kekuasaan suatu negara meskipun tempat itu secara nyata berada diwilayah negara lain Menurut Hasil Reglemen dalam Kongres Wina (1815) dan Kongres Achen (1818) “Perwakilan Diplomatik suatu negara dinegara lain merupakan daerah ekstra teritorial” .WILAYAH 1. baik yang mencakup dua negara atau lebih pada umumnya berbentuk perjanjan atau traktat.) WILAYAH DARATAN  Wilayah Daratan merupakan daerah dipermukaan bumi berserta kandungan dibawahnya dalam batas wilayah negara Penentuan batas-batas suatu wilayah daratan.

) Wilayah Laut  Wilayah Lautan merupakan perairan berupa samudra. Terdapat 2 (dua) konsepsi pokok mengenai wilayah laut suatunegara. danau dan sungai dalam batas wilayah negara.2.  Res Communish adalah konsepsi yang menyatakan bahwa laut adalah milik masyarakat dunia sehingga tidak dapat diambil atau dimiliki oleh masing-masing negara. laut. . yaitu :  Res Nullius adalah konsepsi yang menyatakan bahwa laut dapat diambil dan dimiliki oleh masing-masing negara.selat.

. seperti dalam rangka penerbangan.3.Pasal 1 Konvensi Paris 1919 menyatakan bahwanegara-negara merdeka dan berdaulat berhak mengadakajn eksplorasi dan eksploitasi diwilayahudaranya.  Pasal 1 Konvensi Chicago 1944 menyatakan :“Setiap negara memiliki kedaulatan yang utuh daneksklusif diruang udara diatas wilayahnya”  Berdasarkan undang-undang nomor 20 tahun 1982.komunikasi radio.) Wilayah Udara  Wilayah Udara adalah udara yang beradadipermukaan bumi diatas wilayah darat dan laut.761 km. satelit dan sebagainya.wilayah kedaulatan dirgantara RI termasuk orbitgeo stationer adalah 35.

 Kata daulat dalam pemerintahan berasal BahasaLatin Supremus.daulah(BahasaArab).PEMERINTAHAN YANG BERDAULAT  Pada hakikatnya yang dimaksud dengan pemerintah yang berdaulat adalah pemerintahan yang mempunyai kekuasaan tertinggi yang dihormati dan ditaati oleh seluruh rakyat itu serta diakui dan dihormati oleh negara lain. Souvereiniteit (Prancis).Souvereignity(Inggris).dan sovranita(Italia) yang berari “KekuasaanTertinggi” .

ASAL MULA TERJADINYA NEGARA  Terjadinya Negara secara Primer Secara primer negara dimulai dari masyarakat hukum yang paling sederhana. Secara singkat terjadinya negara secara primer adalah sebagai berikut: –Suku/persekutuan masyarakt (genootschaft) –Kerajaan (Rijk)Kerajaan (Rijk) –Negara Nasional Negara Nasional –Negara Demokrasi . kemudian berevolusi ke tingkat yang lebih maju.

namun karena adanya revolusi. Terjadinya Negara secara Sekunder Teori terjadinya negara secara sekunder berangapanbahwa negara telah ada sebelumnya. Dalam kenyataannya terjadinya negara secara sekunder kadang-kadang proses terbentuknya tidak sah menurut hukum. . intervensi dan penaklukan timbul adanya negara yang menggantikan negara yang telah ada tersebut.

3) Mengusahakan pertahanan negara dari serangan negara luar 4) Menegakkan keadilan melalui alat penegak hukum ( polisi.bentrokan dalam masyarakat (negara sebagai stabilisator) 2) Mengusahakan kesejahteraan dan kemakmuran rakyatnya. jaksa dan hakim) .FUNGSI NEGARA Berdasarkan pengertiannya fungsi negara adalah sebagai pengatur kehidupan dalam negara demi tercapainya tujuan negara tersebut Adapun fungsi negara untuk mencapai tujuan negara ada 4 yaitu 1) melaksanakan ketertiban untuk mencapai tujuan bersama dan mencegah bentrokan.

Laski Tujuan negara adalah menciptakan keadaan di mana rakyat dapatTujuan negara adalah menciptakan keadaan di mana rakyat dapatmencapai keinginan-keinginannya secara maksimal. 3).mencapai keinginan-keinginannya secara maksimal. Harold J. Roger F. 2). 4)Thomas Aquino dan Tujuan negara adalah mencapai penghidupan dan kehidupanTujuan negara adalah mencapai penghidupan dan kehidupanaman dan tenteram dengan taat kepada dan di bawah pimpinanaman dan tenteram dengan taat kepada dan di bawah pimpinanTuhan. Plato Tujuan negara adalah memajukan kesusilaan manusia. Pemimpin negara menjalankan kekuasaan hanyalahTuhan.memungkinkan daya ciptanya sebebas mungkin. baikTujuan negara adalah memajukan kesusilaan manusia.sebagai individu maupun makhluk sosial.TUJUAN NEGARA 1). . Pemimpin negara menjalankan kekuasaan hanyalahberdasarkan kekusaan Tuhan yang diberikan kepadanyaberdasarkan kekusaan Tuhan yang diberikan kepadanya. Soltau Tujuan negara adalah memungkinkan rakyat berkembang sertaTujuan negara adalah memungkinkan rakyat berkembang sertamemungkinkan daya ciptanya sebebas mungkin. baiksebagai individu maupun makhluk sosial.

scribd.com/doc/32150907/Bab-1-Hakikat- Bangsa-Dan-Negara  abahadi.wordpress.com/2011/05/20/hakikat-bangsadan-negara/ .DAFTAR PUSTAKA  http://www.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->