“Sebab Khusus, Sebab Umum & Kronologis Perang Dunia II”

Nama : Vinny Faradita Sari Kelas : XII IPA 1

SMA MUHAMMADIYAH 1 PALEMBANG TAHUN AJARAN 2011/2012

Sejarah Perang Dunia Pertama Penyebab terjadinya Perang Dunia I ini dikelompokkan menjadi dua faktor yaitu sebab-sebab secara umum dan sebab khusus yang menjadi pemicu meletusnya perang dunia. maka anggota yang lain harus membantuinya. Penyebab pertentangan antara Jerman dengan Perancis karena Perancis ingin melakukan politik kevanche. daerah jajahan dan pembangunan Angkatan Laut yang dilakukan oleh Jerman. Perancis balas dendam terhadap Jerman atas kekalahannya pada perang tahun 1870-1871. Untuk penyebab pertentangan Jerman dan Rusia karena Jerman dianggap menghalangi Politik Air Hangat Rusia yang akan menerobos ke laut tengah. Jerman dengan Inggris dan Jerman dengan Rusia. daerah jajahan dan pembangunan Angkatan Laut yang dilakukan oleh Jerman. Politik persekutuan yang terbentuk adalah TRIPLE ALLIANTIE tahun 1882 dengan anggotanya Jerman Austria dan Italia. 1. Sebab umum perang dunia I a. 2. Adanya politik persekutuan/System of Alliances politik persekutuan tersebut terbentuk karena masing-masing negara di Eropa merasa terancam oleh negara tertentu sehingga membentuk persekutuan yang memputai kesepakatan apabila salah satu anggota persekutuan diserang. Sedangkan pertentangan antara Jerman dengan Inggris karena Inggris merasa tersaingi oleh Jerman dalam bidang Industri. Pertentangan antara Jerman dengan Inggris karena Inggris merasa tersaingi oleh Jerman dalam bidang Industri. Sebab Khusus Perang Dunia I . sedangkan persekutuan yang lain adalah TRIPLE ENTENE tahun 1907 yang beranggotakan Inggris. b. Adanya pertentangan antara negara-negara eropa seperti antara Jerman dengan Perancis. Perlombaan senjata yang timbul akibat adanya alliansi masing-masing negara saling curiga mencurigai dan saling mempersenjatai diri. c. d. Rusia dan Perancis.

Walaupun perjanjian peradamaian telah dilaksanakan sebagai akhir dari perang dunia ini . Perang Dunia I berakhir dengan kekalahan Jerman dilanjutkan dengan perjanjian perdamaian antara negara yang kalah perang terhadap negara-negara sekutu yaitu seperti Perjanjian Versailles antara Jerman dengan negara sekutu pada tanggal 28 Juni 1919 dimana dalam perjanjian tersebut Jerman harus menanggung semua beban biaya perang. Italia masuk ke blok Perancis tahun 1915 setelah mengumumkan perang terhadap Austria. Pemeran perjanjian Versailles adalah apa yang disebut sebagai the big four yang terdiri dari Wilson (USA) Lioyd George (Inggris). Pada awalnya di berbagai Front Jerman dapat mengalahkan lawan-lawannya yaitu sekutu. karena Serbia ingin menguasai Bosnia Herzegowna sebagai akibatnya putra mahkota Australia. Pihak Yang Berperang Pihak yang berperang dalam PD I adalah pihak sentral atau disebut Blok Jerman yang terdiri dari empat negara yaitu. Inggrism Rusia. Istria dan Delmatia milik Austria. Serbia. karena ingin mendapatkan daerah Tirol selatan.Tahun 1914 tentara Austria mengadakan latihan perang di Bosnia. Blok Perancis terdiri dari 23 negara yaitu antara lain Perancis.November 1918 di Compugne (sebelah utara Paris) Untuk menambah ingatan Anda. Austria. 3. sedangkan lawannya adalah Blok Sekutu atau disebut Blok Perancis. silahkan Anda tulis pada tabel berikut ini sebab kekalahan Jerman dalam Perang Dunia I. Jerman. Turki dan Bulgaria. Bagi Serbia latihan perang tersebut merupakan tindakan provokatif atau tantangan. yaitu Frans Ferdinand yang mengunjungi latihan perang tersebut dibunuh Jerman untuk mengumumkan perang kepada Rusia tgl 1 Agustus 1914. karena Rusia mendukung Serbia. Hal ini menyebabkan Jerman harus mengakhiri perangnya dengan meletakkan senjata pada tanggal 11. tetapi karena adanya blokade dari sekutu maka kehidupan di Jerman sangat sulit menyebabkan timbulnya pemberontak di dalam negeri Jerman yang dilakukan oleh kaum separatis (komunis) untuk menggulingkan pemerintah Jerman. karena Jerman menenggelamkan kapal Lusitania milik Amerika Serikat. Amerika Serikat juga ikut Blok Perancis tahun 1917. Belgia dan Rumania. Orlanda (Italia) dan Clemenceai (Perancis). dan tgl 3 Agustus 1914 Jerman mengumumkan perang kepada lagi terhadap Jerman tgl 4 Agustus 1914.

Pada waktu yang sama. Jerman melakukan serangan balik. 6 Agustus: Austro-Hungaria mendeklarasikan perang melawan Rusia berbarengan dengan tantangan Serbia kepada Jerman. 12-21 Agustus: Austro-Hungaria yang berkekuatan 200. 5 Agustus: Schlieffen Plan yang dirancang oleh pihak Jerman di bawah komando Lundendorff dilanggar di kota Liege. sedangkan Amerika Serikat bersikap netral.tetapi dampak dari perang tersebut sangat dirasakan oleh negara-negara di seluruh dunia khususnya negara Eropa dan Amerika. putuslah hubungan diplomatik antara kedua negara. 25 Juli: Serbia menerima 8 dari 10 ultimatum di atas. Kronologi Perang Dunia I 28 Juni: Terjadi pembunuhan terhadap Archduke Franz Ferdinand beserta isterinya. Pembunuhan ini terjadi di Sarajevo (sekarang ibukota Bosnia & Herzegovina) dan dilakukan oleh kelompok radikal Bosnia-Serbia. memaksa Prancis pulang kandang ke Nancy. 26 Juli: Kekuatan-kekuatan Eropa mulai menggeliat dan bergerak. Luar biasa! Mereka berhasil mengusir pasukan AustroHungaria pada tanggal 16 Agustus 1914. . Britania menyatakan perang terhadap Jerman. Pasukan ‘tuan rumah’ yang kalah jumlah bertarung habis-habisan untuk mempertahankan diri dalam pertempuran di Sungai Jadar. 1 Agustus: Jerman mengumumkan perang melawan Rusia. 7 Agustus: British Expeditionary Force (BEF) tiba di Prancis dan mulai menduduki daerah Mons. 16 Agustus: Liege menyerah pada First Army dan Second Army Jerman yang merangsek wilayah tersebut lewat Sungai Meuse. 3 Agustus: Jerman mengumumkan perang melawan Prancis dan Belgia. Sikap Serbia ini tidak disetujui oleh Austria-Hungaria dan sebagai imbasnya. 23 Juli: Austria-Hungaria memberikan ultimatum berisi 10 (sepuluh) tuntutan kepada Serbia. Serbia tidak tinggal diam dan membalas serangan ini. 14-22 Agustus: Tentara Prancis menyerang Lorraine. 29 Juli: Kapal-kapal perang Austro-Hungaria yang bersiaga di Sungai Danube membombardir Beograd (ibukota Serbia). Gavrilo Princip. 28 Juli: Austro-Hungaria mengumumkan perang melawan Serbia.000 orang tentara menduduki Serbia. Belgia. Tentara Belgia menyerah. 4 Agustus: Jerman menduduki Belgia.

dalam Pertempuran Marne. Tentara Belgia menyerang Jerman di luar Antwerp. 20 Agustus: Tentara Jerman merebut kota Brussels (ibukota Belgia). 23-27 Agustus: Sementara itu. BEF bertempur melawan First Army Jerman yang dipimpin oleh Kluck dan pihak Inggris dipaksa menyerah. Tentara Austro-Hungaria melancarkan misi kedua ke Serbia. Dalam serangkaian manuver. Inggris dan Prancis. 14 September: Dari pihak Jerman.17-19 Agustus: Tentara Rusia menduduki Prusia Timur namun berhasil ditahan oleh Eight Army Jerman. di Mons. dalam pidatonya di hadapan Senat. menatakan bahwa Amerika Serikat harus tetap bersikap netral ‘untuk menyalamatkan jiwa umat manusia’. Mereka dipukul mundur hingga Sungai Meuse dan Sungai Marne dekat daerah Verdun. 15-18 September: Tentara Sekutu yang dipimpin oleh Joffre menyerang tentara Jerman dalam Pertempuran Aisne. Pertempuran berakhir dan gagallah Schlieffen Plan. 22 September: U-boat milik Jerman. U-9. namun penyerangan ini tidak membawa hasil. 7-18 September: Pertempuran di Sungai Drina. Pada waktu bersamaan Rusia menderita kekalahan telak dari Jerman dalam Pertempuran Tannenberg dan pendudukan mereka di Prusia Timur berakhir. Hindenburg dan Ludenhoff mengambil komando tentara untuk front Timur. Di sana ternyata telah menunggu tentara Jerman dan memaksa mereka untuk melarikan diri hingga perbatasan Prancis. Woodrow Wilson. 9-14 September: Jerman menyerang Rusia di Masuria dan berhasil mengusir Rusia dari daerah itu. Rusia dipukul mundur hingga perbatasan. 18 Agustus: Tentara Belgia kalah bertempur dan mundur ke kota Antwerp. 19 Agustus: Presiden Amerika Serikat. 20-25 Agustus: Prancis mengalami kekalahan besar dalam pertempuran di wilayah Selatan Belgia dan Luksemburg. menenggelamkan tiga kapal cruiser Inggris . 5-10 September: Jerman mendapatkan serangan balik dari dua pihak. 26-31 Agustus: Tentara Austro-Hungaria bergerak menuju Polandia dengan mengitari daerah rawa-rawa Pripet. General Staff Moltke diganti oleh Falkenhayn. sekutu berhasil unggul dalam peristiwa yang dikenal dengan nama ‘Race to the Sea’. Tentara Serbia yang dipimpin oleh Putnik menarik diri dan bertahan di Beograd. 9 September: Jerman dipukul mundur dalam Pertempuran Marne dan lari ke Noyon dan Verdun.

Sedangkan Jerman kehilangan 700 orang tentara. menyerah dari Jepang. 5 Nopember: Inggris dan Prancis menyatakan perang melawan Turki. Jumlah korban serangan ini adalah 1. Hogue dan Cressy) di lepas pantai Belanda. Cina. 11-25 Nopember: Jerman meluncurkan Ninth Army untuk menghadapi Rusia di Galicia. 2 Nopember: Serbia dan Rusia menyatakan perang terhadap Turki. Peristiwa ini dikenal sebagai ‘First Battle of Ypres’. dan Inggris.400 orang. Di perbatasan Laut Utara hingga Swiss banyak dibangun parit. Serangan Serbia ini berhasil mengusir AustroHungaria dari negara tersebut. 29 Oktober: Turki menyatakan perang terhadap Rusia. Banyak korban jiwa yang diderita oleh Sekutu. 6-8 Oktober: Tentara Belgia dievakuasi dari Antwerp. 7 Nopember: Tentara Jerman yang berada di Tsingtao. 28: Ninth Army di bawah pimpinan Hindenburg mulai mendesak posisi Rusia di wilayah selatan Warsawa.000 korban jiwa pada pihak Rusia. namun serangan ini digagalkan oleh Lettow-Vorbeck. Peristiwa ini ditandai dengan pemblokiran Selat Dardanelle. 3-9 Desember: Tentara Serbia di bawah pimpinan Putnik menyerang tentara Austro-Hungaria dalam Pertempuran di Sungai Kolubara. Sebagai reaksinya. 10 Oktober: Antwerp jatuh ke tangan Jerman.(Aboukir. Statistik pertempuran ini adalah 35. 22-24 September: Pertempuran Artois. 13: Untuk pertama kalinya Kanada mengirimkan tentaranya ke Inggris. 2 Desember: Tentara Austro-Hungaria menduduki Beograd. 16-17 Oktober: Tentara ANZAC berangkat ke Eropa. Inggris mengadakan serangan udara untuk pertama kalinya terhadap Jerman. Pertempuran Afrika Timur menjadi awal gerilya Jerman melawan Inggris selama empat tahun. 3-4 Nopember: Afrika Timur yang dikuasai oleh Jerman mendapatkan serangan dari pihak Inggris. 19 Oktober: Tentara Sekutu yang dipimpin oleh Haig melakukan serangan balik di Flanders.000 korban jiwa pada pihak Jerman dan 100. . Tentara Inggris menyerang daerah ini melalui pelabuhan Tanga. 14-24 Desember: Sekutu memulai serangan besar-besaran di sepanjang front Barat namun kurang berhasil. Prancis. 12 Nopember: Datangnya musim dingin mengakhiri membuat ‘First Battle of Ypres’ terhenti.

Jeman.Fasis / fasisme adalah Paham yg menganut Kepentingan negara di atas segalagalanya.Untuk menjadi negara besar.Adanya politik balas dendam Jerman .kenal dengan partai NAZI.dikembangkan oleh kaisar hirohito Dan jendral Hideki Tojo ( perdana menteri ) dengan semangat Hakko I Chu ( dunia sebagai satu keluarga ) 2).maka dilaksanakan "Lebensraum". -Fasis Di italia fasis diitalia dikembangkan oleh Benito Mussolini ( 1922) . dengan tidak diakuinya perjanjian versailles pada .Italia.25 Desember: Jerman dan Inggris menyatakan gencatan senjata untuk menghormati hari Natal. Paham fasis ini di anut oleh 3 negara pada masa itu yaitu . Sebab Umum dan Sebab Khusus Terjadi Perang Dunia Ke-2 10Share SEBAB UMUM PERANG DUNIA II 1). Gencatan senjata ini berlangsung selama satu pekan.jepang -Fasis Di jerman Fasisme di jerman kita.yg dikembangkan oleh Adolf Hitler (1919) . Lahirnya Negara-negara Fasis Apa itu Fasis.dengan Melaksanakan Irredenta ( menyatukan Bangsa italia Yg belum merdeka ) -Fasis di Jepang.

Salah satu contohnya misalnya Jerman dengan politik LIBENSRUM ingin menguasai Eropa Tengah.perang dunia ke. Dalam bidang kerohanian yang timbul adalah pertentangan antara faham demokrasi dengan faham Fascisme/Nazi dan juga dengan faham komunisme karena ketiganya tidak mungkin dapat berjalan bersama salah satu harus menang dan menghancurkan lainnya. dan tidak mengaku perjanjian Versailles.AMERIKA SERIKAT ( 7 desember 1941 ). Contohnya seperti Jerman yang terpenting pada dasarnya adalah politik balas dendam Jerman akibat dari perjanjian Versailles yang merusak bangsa Jerman sehingga hal ini yang menyebabkan pecahnya perang dunia II. Jepang dengan politik Hakko-I-Chiu ingin menguasai Asia Timur Raya dan Itali dengan politik ITALIA IRREDENTA nya ingin menguasai daerah yang luas seperti Romawai kuno. dalam rangka kepentingan industri dalam negeri masing-masing negera.1 3). Meletusnya perang dunia II disebabkan Hitler menuntut Krek Dancig dari Polandia. Dalam bidang politik penyebab terjadinya perang adalah kegagalan LBB yang tidak sanggup menjamin perdamaian sehingga terjadi perlombaan senjata dan politik alliansi atau politik mencari kawan. karena Polandia menolak maka tanggal 3-9-1939 .Hawaii. yang terdiri dari tiga blok besar yaitu Blok Perancis. 8).Kegagalan LBB ( liga bangsa-bangsa ) sekarang diubah menjadi PBB 5). Blok Jerman (Fascis/Nazi) Blok Rusia (komunis).adanya politik mencari kawan 6).Adanya politik Ekspansi ke 3 negara Fasis itu 7).Adanya perlombaan Senjata-senjata negara maju 4). Silahkan Anda bandingkan ketiga politik tersebut ! 9). sehingga terjadi perebutan daerahdaerah jajahan. SEBAB KHUSUS PERANG DUNIA II 1) penyerbuan Jerman Terhadap Polandia Tanggal 1 september 1939 2) Penyerangan Jepang terhadap Pangkalan Armada Laut di pearl Habour. (demokrasi). Bidang ekonomi timbul politik ekonomi yang bersifat imperialis. Disamping itu juga adanya faham nasionalisme yang sangat menimbulkan kecongkakan suatu bangsa dan memandang rendah bangsa lain.

Pantai Barat Perancis dan sebagai akibatnya pasukan Jerman dipukul mundur diberbagai tempat yaitu di Uni Soviet. blok As/poros banyak memperoleh kemenangan sehingga kekuatan Jerman. Perang midway dan laut karang adalah suatu awal kemenangan pihak sekutu juga berhasil dengan gemilang melakukan pendaratan di Normanda. Pada awalnya diberbagai front/daerah pertempuran. Dan sebagai akibatnya Jepang menyerah pada tanggal 14 Agustus 1945. Belanda. Ibu kota Jerman diduduki emat pasukan kepada Sekutu dan Uni Soviet. Konsekuensi dari perjanjian tersebut di samping daerah-daerah kekuasannya diperkecil juga negara yang kalah harus membayar kerugian perang. Perancis dan Belgia. pasukan Uni Soviet memasuki Berlin dan Asia Timur. dan Belgia. Perancis.Inggris dan Perancis menyatakan perang kepada Jerman. Pada tanggal 30 April 1945. Untuk mengakhiri perang dunia II di wilayah pasifik. Italia semakin mantap tetapi setelah masuknya Rusia dan USA kedalam perang tersebut. Amerika Serikat juga siap mengawal kapal-kapal yang mengangkut keperluan perang ke negara-negara sekutu dan bersedia melemahkan Angkatan Laut Jerman dengan menyita kapal-kapal Jerman yang ada di pelabuhannya. Menerima Lend Lease Act oleh kongres. Kronologi Perang Dunia II Pada saat terjadi Perang Dunia II. maka sekutu menjatuhkan bom atom di Hirosima tanggal 6 Agustus 1945. Sebagai akhir dari perang dunia II tersebut masing-masing negara yang kalah menanda tangani perjanjian Potsdam tanggal 2 Agustus 1945. Akhirnya Berlin jatuh ke tangan Uni Soviet dan pada saat yang sama pasukan sekutu memasuki Berlin dan Asia Barat. Untuk Jerman lebih berat karena Jerman terbagi dua wilayah yaitu Jerman Barat dikuasai sekutu dan Jerman Timur berada di bawah kekuasaan Uni Soviet. dengan demikian perang dunia tidak terelakan lagi. resmi di atas kapal Missouri di Teluk Tokyo tanggal 2 September 1945. Selain itu. Perundangan ini memberi kekuasaan kepada presiden untuk menjual. . sikap Amerika Serikat memihak sekutu blok demokrasi yang meliputi negara Inggris. Hal ini dapat dilihat dari beberapa bentuk bantuan yang diberikan sebagai berikut: a. menyewakan dan juga menukarkan peralatan perang beserta amunisinya yang dibutuhkan oleh sekutu blok demokrasi. meminjamkan. maka kemenangan perang beralih ke pihak sekutu. Kemudian di Nagasaki tanggal 9 Agustus 1945.

A. Membantu rakyat untuk menciptakan demokrasi dengan cara melawan para pemimpinnya di beberapa negara yang mempertahankan diri sebagai negara diktator. Perang Dunia II di Eropa Perang Dunia II di Eropa dimulai tanggal 1 September 1939 saat Jerman menyerbu atau menguasai (aneksasi) pelabuhan Danzig (Polandia) yang dianggap sebagai miliknya sebelum Perang Dunia I. d. j. 6 Juni 1944: Pasukan gabungan Sekutu-Amerika Serikat secara besar-besaran menyerang Jerman. Hawaii yang dianggap sebagai saingan yang kuat.b. Yugoslavia. i. 30 April 1945: Hitler meninggal dunia dengan cara bunuh diri di bunkernya. dan daerah Sudeten (Cekoslovakia). 10 Juni 1940: Italia menyatakan perang terhadap Inggris dan Perancis. 6 April 1941: Pasukan Jerman berhasil menduduki Yunani. c. Kronologis Kejadian Perang Dunia II Yang Terjadi Di Eropa: a. e. g. ditandai dengan Jepang menyerbu pangkalan Angkatan Laut milik Amerika Serikat di Pearl Harbour. b. 3 September 1939: Inggris dan Perancis menyatakan perang terhadap Jerman. 23 Oktober 1942: Pasukan gabungan Sekutu-Amerika Serikat dipimpin oleh Montgomery (Inggris) dan Eisenhower (Amerika Serikat) berhasil mengalahkan pasukan gabungan Jerman dan Italia. h. 1 Mei 1944: Italia menyerah kepada Sekutu-Amerika Serikat. dan Mesir. f. Perang Dunia II di Asia Pasifik. 22 Juni 1940: PasukanJerman dan Italia bergabung mampu menaklukkan Perancis. Kronologis Kejadian Perang Dunia ke II di Asia Pasifik: . Perang Dunia II di kawasan Asia Pasifik dimulai tanggal 7 Desember 1941 waktu setempat. 8 September 1941: Pasukan Jerman berhasil menduduki Ukraina dan Rusia. Agresi militer Jerman ini dipandang oleh semua pihak sebagai tanda awal mula meletusnya Perang Dunia II di Eropa. Agresi militer yang dilakukan Jepang inilah sebagai tanda meletusnya Perang Dunia ke II di Asia Pasifik. B. Austria. 7 Mei 1945: Jerman menyerah kepada Sekutu-Amerika Serikat dan Perang Dunia II dikawasan Eropa berakhir.

c. Tahun 1941-1944: Jepang berhasil menguasai wilayah yang sangat luas meliputi seluruh wilayah Asia tenggara dan wilayah Cina Timur. Juli 1944: Pasukan Amerika Serikat dipimpin jenderal Mac Arthur dengan siasat perang "Loncat Katak" menyerang pertahanan Jepang di pulau Saipan (Kepulauan Mariana) Pasifik dan bertempur di Laut Karang. e. 2 September 1945: Jepang menandatangani perjanjian perdamaian di atas kapal Missouri milik Amerika Serikat. Foto pangkalan Angkatan Laut Amerika Serikat diserang b. AmerikaSerikat dan bangsa Eropa yang berhasil menyelamatkan diri membangun pertahanan di Australia. Hawaii.a. dan Perang Dunia II di kawasan Asia Pasifik . 7 Desember 1941: Jepang menyerbu pangkalan Angkatan Laut milik Amerika Serikat di Pearl Harbour. Kedua kota tersebut hancur total dan instalasi militer Jepang lumpuh. Pada saat itu. d. 6 Agustus 1945: Kota Hiroshima dijatuhi bom atom oleh Amerika Serikat dan menyusul tanggal 9 Agustus 1945 giliran kota Nagasaki dibom atom. Ketika itu. Jepang menderita kekalahan dan pulau Saipan berhasil diduduki Amerika Serikat. f. 14 Agustus 1945: Jepang menyerah tanpa syarat kepada Sekutu.

.berakhir.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful