P. 1
PSIKOLOGI PERKEMBANGAN

PSIKOLOGI PERKEMBANGAN

|Views: 578|Likes:

More info:

Published by: Airy Sutrisno Sastrowardoyo on Apr 12, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/11/2014

pdf

text

original

BAB I PENDAHULUAN a.

Latar belakang Psikologi perkembangan adalah ilmu yang mempelajari tingkah laku individu dalam proses perkembangannya. Dalam cakupan ilmunya, psikologi perkembangan mempelajari perubahanperubahan intra (dari luar) dan inter (dari dalam) individu. Kajian psikologi perkembangan dikhususkan pada psikologis perkembangan anak, remaja, orang dewasa, dan usia lanjut. b. Tujuan Untuk menambah wawasan dan pengertian dalam pembahasan psikologi perkembangan dan dalam pembuatan makalah ini kami harap teman-teman yang lainnya mengerti atau paham tentang Bab yang kami bahas kali ini dan juga kami bertujuan untuk memenuhi tugas yang diberikan oleh dosen untuk tugas makalah kelompok ini. c. Rumusan masalah 1. Apa yang dimaksud dengan perkembangan. jelaskan! 2. Apa perbedaan pertumbuhan dan perkembangan? 3. Apa pentingnya psikologi bagi kita? 4. Apa saja periodesasi perkembangan?

BAB II

1

SpS (K).”1 Sesorang individu mengalami perkembangan sejak masa konsepsi. sebagai hasil interaksi antara maturasi dan proses belajar. Sedangkan Pertumbuhan (Growth) merupakan perubahan ukuran organisme karena bertambahnya sel-sel dalam setiap tubuh organisme yang tidak bisa diukur oleh alat ukur atau bersifat kuantitatif. kemampuan dan tingkah laku pada masa usia dini. Atau secara bahasanya perubahan ukuran organisme dari kecil menjadi besar. perkembangan ini adalah proses yang bersifat kualitatif dan berhubungan dengan kematangan seorang individu yang ditinjau dari perubahan yang bersifat progresif serta sistematis di dalam diri manusia. dan dewasa menjadi lebih kompleks dan berlanjut dengan kematangan sepanjang hidup. proses tersebut meliputi perkembangan (development).PEMBAHASAN A. yang menyangkut segi kuantitatif dan kualitatif. Pengertian Perkembangan Perkembangan (Development) merupakan suatu proses yang pasti di alami oleh setiap individu. berkesinambungan dan akumulatif. Ada definisi yang mengatakan bahwa “Perkembangan dapat diartikan sebagai perubahan yang sistematis. pertumbuhan (growth) serta kamatangan (maturation) baik fisik maupun psikis. Seperti yang telah di uraikan diatas bahwa Perkembangan (Development) adalah rangkaian perubahan sepanjang rentang kehidupan manusia. Maka Dapat kita simpulkan bahwa perbedaan antara perkembangan (Development) dengan 1 2 Akhmad Sudrajat : 2008 Dr Siti Aminah Soepalarto. anak2. lahir dan sesudahnya. “Perkembangan adalah proses yang berlangsung sejak konsepsi. dimana badan. otak.”2. : 2008 2 . yang bersifat progresif. Maka dengan kata lain dapat kita artikan bahwa sepanjang hidup kita merupakan suatu rangkaian proses yang terus berlanjut. teratur. progresif dan berkesinambungan dalam diri individu sejak lahir hingga akhir hayatnya atau dapat diartikan pula sebagai perubahan – perubahan yang dialami individu menuju tingkat kedewasaan atau kematangannya. serta akan berlangsung selama hidupnya. Perbedaan dan Persamaan antara Pertumbuhan dengan Perkembangan.

dan lain sebagainya) 3. kebudayaan. Serta dapat kita tarik kesimpulan bahwa pertumbuhan merupakan salah satu bagian dari proses perkembangan. dalam hal ini pertumbuhan bersifat kuantitatif sedangkan perkembangan merupakan proses yang lebih kompleks meliputi kualitatif dan kuantitatif. karena proses pertumbuhan individu mengikuti proses perkembangan yang bersifat kualitatif. Sedangkan secar harfiah psikologi berarti ilmu atau studi tentang jiwa. Persona yang dimiliki bisa berubah sesuai dengan perannya pada saat itu. Sartain Psikologi adalah ilmu yang mempelajari tingkah laku organisme yang hidup. Crow Psikologi adalah ilmu mengenai tingkah laku manusia. L. Tingkah laku manusia di sini dijabarkan sebagai interaksi manusia dengan dunia sekitarnya baik yang berupa manusia lain (human relationship) maupun bukan manusia (hewan. B. manusia penuh dengan persona atau topeng. 3 . Pengertian Psikologi Secara bahasa. dan “logos” yang berarti ilmu /studi. terutama tingkah laku manusia.pertumbuhan (Growth) terletak pada sifat yang berlangsung pada kedua proses tersebut. iklim. Manusia bisa merubah personanya sesuai dengan keadaan atau sistuasi dimana mereka berada. atau nafas. Mussen and Rosenzwieg (1975) Psikologi adalah sebuah ilmu yang mempelajari tingkah laku. roh. Beberapa ahli mengemukakan pengertian psikologi sebagai berikut : 1. Crow and A. kata psikologi berasal dari bahasa Yunani Kuno yaitu “psyche” yang berarti jiwa/nafas hidup. 2. Menurut Alfred Yung.

Metode-metode Dalam Psikologi 1.C. Psikologi Sosial 3.Psikologi Perkembangan 2. orang dewasa. Pengertian Psikologi Perkembangan Pengertian perkembangan adalah berkembangnya kemampuan(skill) dalam struktur dan fungsi tubuh yang lebih kompleks dalam pola dan aturan yang dapat diramalkan sebagai hasil dari proses pematangan dan belajar yang berkaitan dengan gerak (kinestesis). E. Psikologi Kepribadian 3. Perkembangan (developmental/genetic method) 4 . Psikologi perkembangan adalah ilmu yang mempelajari tingkah laku individu dalam proses perkembangannya. Bidang / Cabang Kajian Psikologi PSIKOLOGI Psikologi Praktis Psikologi Teoritis 1. dan usia lanjut. remaja. Psikologi Differensial 6. psikologi perkembangan mempelajari perubahanperubahan intra (dari luar) dan inter (dari dalam) individu. Kajian psikologi perkembangan dikhususkan pada psikologis perkembangan anak. dan emosional. Psikologi Industri D. Psikologi Eksperimen 5. Psikologi Kriminal 4. Psikologi Abnormal 4. intelektual. Eksperimen 2. sosial. Dalam cakupan ilmunya. Psikologi Klinis Psikologi Umum Psikologi Khusus 1. Psikologi Pendidikan 2.

Periodesasi berdasarkan psikologis a. Fullungsperiode I Yaitu pada umur 0. Longitudinal approach b. bersikap terbuka. 2. 4. Cross sectional approach 3. Strecungsperiode I Yaitu pada umur 3. gemuk. Riwayat 5. Tes (test method) F. Periodesasi Perkembangan Teori Periodesasi perkembangan dapat digolongkan menjadi 3 (tiga) macam yakni a. Periodesasi perkembangan yang berdasarkan biologis Periodesasi berdasarkan biologis adalah periodesasi yang pembahasannya berdasarkan pada kondisi atau proses pertumbuhan biologis anak. Observasi a. Kondisi badan anak nampak langsing. sukar bergaul dan sulit didekati 5 . sikap anak cenderung tertutup. Pada masa ini dalam keadaan pendek. mudah bergaul dan mudah didekati.0. yaitu: 1.0 – 3. Observasi dengan sengaja dan sistematis. Periodesasi berdasarkan didaktis c. Para ahli yang termasuk dalam kelompok ini antara lain adalah : Kretschmer membagi perkembangan anak menjadi 4 (empat) fase. Periodesasi yang berdasarkan Biologis b. karena pertumbuhan bilogis ikut berpengaruh terhadap perkembangan kejiwaan seorang anak. Observasi sekilas / insidental (introspeksi pengamatan diri) b.a.0.0 – 7.

0 –14.0 – 21.0.0. Fase II Yaitu pada usia 7.0 – 20. Periodesasi perkembangan yang berdasarkan didaktis Periodesasi berdasarkan didaktis adalah periodesasi yang pembahasannya berdasarkan pada segi keperluan/materi apa kiranya yang tepat diberikan kepada anak didik pada masa-masa tertentu. Pada saat ini kondisi fisik anak kembali langsing Pada hal diatas Aristoteles juga merumuskan perkembangan anak dengan 3 (tiga) fase perkembangan yakni: 1.0 yang disebut masa anak atau masa sekolah dimana kegiatan anak mulai belajar di sekolah dasar 3. Fase I Yaitu pada usia 0. Aristoteles menyebutkan pada periodesasi ini disebut sebagai periodesasi yang berdasarkan pada biologis karena antara fase I dengan fase ke II itu ditandai dengan adanya pergantian gigi. serta memikirkan tentang kemungkinan metode yang paling efektif untuk diterapkan di dalam mengajar atau mendidik anak pada masa tertentu tersebut. Johann Amos Comenilus (Komensky) membagi perkembangan anak menjadi 4 (empat) tahap. Strecungsperiode II Yaitu pada umur 13. Fullungsperiode II Yaitu pada umur 7.3. Fase III Yaitu pada usia 14. masa ini adalah masa peralihan dari anak menjadi dewasa. 6 .0 –7.0 yang disebut masa anak kecil dan kegiatan pada fase ini hanya bermain. Kondisi fisik anak kembali menggemuk 4.0 –13.0 yang disebut dengan masa remaja atau pubertas. 2. sedangkan antara fase ke II dengan fase ke III ditandai dengan mulai bekerjanya organ kelengkapan kelamin. b.

0 tahun adalah masa pentingnya pendidikan serta pembentukan watak. jauh dari perbuatan yang tercela. 3. anak mengembangkan organ tubuh dan panca indra di bawah asuhan ibu (keluarga) 2. Scola Vermacula (sekolah bahasa ibu) Yaitu pada usia 6. ingatan. Jean Jeaques Russeau didalam bukunya yang terkenal yaitu “Emile eu du I’education” Jean Jeaques Russeau membagi tahapan perkembangan anak antara lain: 1.0. dan perasaannya di sekolah dengan menggunakan bahasa daerah (bahasa ibu) 3. berorientasi dari sudut pandang psikologis. mereka tidak lagi mendasarkan pada sudut pandang biologis ataupun didaktis.0 tahun adalah masa perkembangan pikiran 4. Kohnstamm. Pada usia 2. kesusilaan juga pembinaan mental agama c.0 – 18.0 Pada fase ini.0 – 20. anak mengembangkan pikiran.0 – 6. Scola Materna (sekolah ibu) Yaitu pada usia 0. Pada usia 0.0 – 2. Sehingga para ahli mengembalikan masalah kejiwaan dalam kedudukan yang murni. Pada usia 15. Academia (akademi) adalah media pendidikan bagi anak usia 18.0 pada fase ini.0 – 15. masa melatih anak akan realitas kepentingan dunia.0 – 12. Periodesasi perkembangan yang berdasarkan Psikologis Pada pembagian ini para ahli membahas gejala perkembangan jiwa anak.0 pada fase ini.0 – 24. masa pendidikan di perguruan tinggi. Scola Latina (sekolah bahasa latin) Yaitu pada usia 12. Gabungan dari ketiga kelompok oleh PH. 5. Pada usia 12. Ia menyebutnya pandangan itu secara 7 . anak mengembangkan potensinya terutama daya intelektualnya dengan bahasa asing. Ia harus mampu berfikir secara jernih.0 tahun adalah masa pentingnya pendidikan jasmani dan alat-alat indera.yaitu: 1.0 – 12.0 tahun adalah masa asuhan 2.

mengetahui perubahan-perubahan fisik. 2.0 disebut masa lanjutan 3. 2. dan sosio emosional seseorang.0/13. 7. PENUTUP Perkembangan adalah perubahan kearah kemajuan menuju terwujudnya hakekat manusia yang bermartabat atau berkualitas.0 – 20.0/13.0 disebut masa vital 2. 12.0 – 12. 3.0 disebut masa perkembangan intelektual 4.flectis.0 – 2.0 – 7. yaitu : 1. Pentingnya psikologi Pentingnya psikologi ini antara lain yaitu: 1. Bagi pendidik memudahkan dalam memodifikasi perangsang-perangsang pendidikan dan pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Pengetahuan psikologi perkembangan berguna bagi seseorang untuk memperbaiki pribadi sendiri. mental.0 disebut masa social G. Perkembangan memiliki sifat holistik (menyeluruh/kompleks) yaitu : 8 . 0. walaupun nampaknya lebih berorientasi pada dasar psikologis.

DAFTAR PUSTAKA http://eko13. terjadi dalam beberapa tahap (saling berkesinambungan).terdiri dari berbagai aspek baik fisik ataupun psikis.4. M.com/ Sabri. ada variasi individu dan memiliki prinsip keserasian dan keseimbangan.wordpress. 2006. maka dapat muncullah pertanyaan manakah kiranya yang dianggap paling baik? Dari itu dapat diambil kesimpulan bahwa ternyata Salah satu konsep atau teori yang telah di ungkapkan itu memiliki kebaikan dan kelemahannya masing-masing seperti tinjauan biologis itu akan terasa bermanfaat bagi anak-anak yang berumur di bawah 5 (lima) tahun dan tinjauan psikologis terasa baik sekali untuk manganalisa anak umur 5 (lima) tahun. 9 . Pengantar Psikologi Umum dan Perkembangan. di samping teori-teori tersebutpun terdapat keterkaitan yang tidak perlu dipersoalkan. Dari beberapa pendapat yang telah diuraikan diatas. Alisuf. Jakarta : Pedoman ilmu Jaya. Cet.

com/doc/46625740/Konsep-Dasar-Psikologi-an 10 .com/2009/10/pengertian-perkembangan.blogspot. Singgih D (ed).scribd. Jakarta : BPK Gunung Mulia http://yoezronbloon. 1983.html http://www.Gunarsa. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->