TUGAS TEKNOLOGI PENGECATAN

DISUSUN OLEH : Agus Sholihin 09504244015/C1

PENDIDIKAN TEKNIK OTOMOTIF FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA 2011

b. Selain itu factor lingkungan yang merusak. Pengecatan pada mobil sendiri terdiri dari beberapa proses. dan debu atau partikel-partik elkasar yang bersifatmengikis. . Partikel-partikel kasar itu merupakan musuh utama cat mobil anda. Jenis cat yang beredar di pasaran adalah : 1. 2. MOBIL yang digunakansehari-hari.Namun banyak orang belum menyadari bahwa menggunakan obat oles sembarang dapat mengurangi usia cat bahkan merusaknya. Penambahan clear out atau lapisan yang menghasilkan efek metalik. Berikut ini uraian tentang jenis dan warna cat mobil: Warna cat mobil terdiri dari dua jenis yaitu : 1. Namun proses pengeringan cat PU lebih lama dibanding NC sehingga perlu dibantu dengan pemanasan seperti oven. Semua melalui proses yang sama. termasuksinar ultra violet dan ditergen juga ikut andil dalam memudarkan cat mobil. Poly Urethane Paint (PU) : hasil catnya sama dengan hasil cat mobil oven.Fungsi cat mobil sendiri adalah untuk memperindah mobil sekaligus sebagai anti karat. polusiudara. Jenis cat PU sudah banyak digunakan di bengkel-bengkel besar. Nitro Celulus (NC) : banyak digunakan di bengkel cat kecil. Base Coat / lapisan dasar : dengan lapisan dasar ini bodi mobil sudah siap pakai jika jenis warnanya adalah solid colour. Khusus untuk metalic colour proses awal pengecatannya dilakukan dengan cara : a. jika tidak akan membutuhkan waktu lama kira-kira satu minggu. Proses pengecatan cat NC cukup disemprot saja kemudian dipoles. Pengecatan metalic colour dan solid colour di perusahaan industri mobil tidak ada bedanya. yang membedakan hanya penambahan warna yang berbeda. tidakakan terbebas dari panasnya sinar matahari. termasuk jenis cat mobil metalik sekalipun. 2. Solid Colour / warna biasa. Namun beberapa bulan kemudian akan tampak perbedaan warnanya dengan cat asli. Jenis cat PU lebih awet dan sama dengan warna cat lama tanpa menunjukkan perbedaan. Metalic Colour / Warna Metalik.

menyatakan bahwa ada ikatan kuat antara warna yang dipilih dengan kepribadian.Selain itu di antara rekan-rekan. 7. 6. Orange Orange meupakan sosok yang menyenangkan. Biru Ibarat langit. dalam pemilihan warna cat mobil juga tidak jauh berbeda.Sementara 31% pembeli mobil baru meyatakan bersedia membayar lebih untuk bisa mengekspresikan kepribadian mereka melalui warna.com/2009/06/15/tips-memilih-warna-cat-mobil-sesuai-kepribadian/ . penyuka warna merah merupakan tipe dominan.Bisa dibilang warna yang sama dengan daun ini memiliki kesan sebagai pemegang hal-hal konvensional. 5.Ia akan selalu mencoba kreatif dalam menghadapi rintangan yang ada.Biru juga didaulat sebagai warna setiap ada pasangan. 8.Kuat. Putih Selain nyaman dengan penampilan yang terlihat bersih. elegan dan menghargai segala sesuatu yang berbau tradisional. Kuning Meski jarang yang menggunakan warna ini. Anda musti tahu kalau seseorang pengguna warna kendaraan ini adalah jenis orang yang menyenangkan.Anda yang menggunakan warna merah untuk kendaraan adalah seseorang yang menyukai kecepatan dan memiliki energi yang meluap-luap 4. 2. Silver Anda merupakan orang yang elegan dan menyukai penampilan futuristik.Berikut ini adalah Tips memilih warna cat mobil sesuai kepribadianAnda: 1. Ungu Warna terakhir dalam susunan pelangi ini memiliki sidat seperti anak bungsu. Hijau Beda lagi dengan pemilih warna hijau sebagai warna kendaraannya. pengguna warna biru memiliki kepribadian yang kalem dan tersahening. seperti para pembeli mobil sport dan mobil mewah. Anda biasanya menjadi sosok yang paling tenang.Ia akan mudah menerima masukan yang ada dan menjalaninya tanpa terlalu banyak pertimbangan. LeatriceEiseman. http://tipsanda. Hitam Di antara semua warna. juga para penggemar SUV yang rela membayar lebih untuk mendapatkan warna pilihannya Color Answer.. penyuka warna ini biasanya bukan tipe yang rewel. 9. 3. inilah warna yang paling banyak memiliki sifat positif. Merah Bila dalam buku kepribadian. tak mudah dimanipulasi.

Sebuah proses pembuatan bodi mobil dengan mesin press dan metode las titik. Kijang generasi ini diproduksi hingga tahun 1980. Generasi II mulai dijual pada September 1981. Toyota memasuki generasi perbaikan bodi mobil yang disebut sebagai Toyota Original Body. Agustus 1992. Model ini sering dijuluki "Kijang Buaya" karena kap mesinnya yang dapat dibuka sampai ke samping. .di bawah ini contoh perkembangan model cat pada toyota kijang : Generasi I merupakan kendaraan pickup dan berbentuk kotak.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful