Istilah Format File Gambar di Komputer Diposting oleh reical Label: information Ekstension-ekstension JPEG, BMP, TIFF

dan lainnya sudah pasti tidak asing buat p engguna komputer dewasa ini, tapi tidak semua diketahui apa kepanjangan dari nam a ekstension tersebut. Berikut sedikit penjelasan dari beberapa file gambar di k omputer. JPEG Joint Photographic Experts Group (JPEG) adalah format gambar yang banyak digunak an untuk menyimpan gambar-gambar dengan ukuran lebih kecil. Beberapa karakterist ik gambar JPEG: * * * * Memiliki ekstensi .jpg atau .jpeg. Mampu menayangkan warna dengan kedalaman 24-bit true color. Mengkompresi gambar dengan sifat lossy. Umumnya digunakan untuk menyimpan gambar-gambar hasil foto.

BMP Bitmap adalah representasi dari citra grafis yang terdiri dari susunan titik yan g tersimpan di memori komputer. Dikembangkan oleh Microsoft dan nilai setiap tit ik diawali oleh satu bit data untuk gambar hitam putih, atau lebih bagi gambar b erwarna. Ukuran sebenarnya untuk n-bit (2n warna) bitmap dalam byte dapat dihitung: ukuran file BMP \approx 54+4 \cdot 2^n+\frac{lebar \cdot tinggi \cdot n}{8}, dim ana tinggi dan lebar dalam pixel. Kerapatan titik-titik tersebut dinamakan resolusi, yang menunjukkan seberapa taj am gambar ini ditampilkan, ditunjukkan dengan jumlah baris dan kolom, contohnya 1024x768. Untuk menampilkan citra bitmap pada monitor atau mencetaknya pada printer, kompu ter menterjemahkan bitmap ini menjadi pixel (pada layar) atau titik tinta (pada printer). Beberapa format file bitmap yang populer adalah BMP, PCX dan TIFF. GIF Graphics Interchange Format (GIF) merupakan salah satu format gambar yang banyak digunakan. Beberapa karakteristik format gambar GIF: * Mampu menayangkan maksimum sebanyak 256 warna karena format GIF menggunakan 8bit untuk setiap pixel-nya. * Mengkompresi gambar dengan sifat lossless * Mendukung warna transparan dan animasi sederhana Format GIF pertama kali diperkenalkan oleh CompuServe pada 1987. TIFF Tagged Image File Format (TIFF) yaitu format untuk menyimpan gambar, termasuk fo to dan gambar vektor. Di tahun 2009, format ini telah di bawah lisensi Adobe sys tem. Awalnya format ini di ciptakan untuk di gunakan oleh perusahaan Aldus, form at TIFF ini secara luas telah di dukung oleh manipulasi gambar, scanning, dan fa xing. PCX PCX adalah sebuah format gambar yang dikembangkan oleh ZSoft Corporation yang be rasal dari Marietta, Georgia, Amerika Serikat. PCX adalah format gambar yang asl inya diciptakan untuk PC Paintbrush (PCX = "Personal Computer eXchange") dan tel ah menjadi salah satu format gambar DOS yang paling diterima, meskipun keberadaa

Format ini mampu menyimpan info rmasi dengan kualitas tingkat 1 bit samapi 24 bit. inform asi palet. kedalaman warna. PNG dibaca "ping". Format ini juga mampu menyimp an gambar dalam beberapa mode warna yang disediakan Photoshop. namun sekarang telah ditambah untuk menyimpan gambar-gambar true color (24-bit). Se cara umum PNG dipakai untuk Citra Web (Jejaring jagad Jembar . Sebuah file PCX biasanya dapat menyimpan gambar-gambar dengan indeks palet 2 hingga 4 bit dan 16 hingga 256 warna.untuk menghindari kerancuan dengan istilah "ping" pada jaringan komputer. Untuk Web. meskipun format PNG bisa dijadikan alternatif selama proses pengolahan citra . Satu fasilitas dari GIF yang tidak terdapat pada PNG format adalah dukungan terh adap penyimpanan multi-citra untuk keperluan animasi. jumlah bit dst. namun biasanya dieja apa adanya . Format ini mampu menyimpan informasi layer dan alpha channel yang terdapat pada sebuah gambar. Hal ini membuat sebu ah file PCX dapat dipindahkan dan dibuka di perangkat komputer lain dengan peran gkat keras yang berbeda. citra dengan format PNG mempunyai faktor kompresi yang lebih baik di bandingkan dengan GIF (5%-25% lebih baik dibanding format GIF). se hingga suatu saat dapat dibuka dan diedit kembali. kepala filenya menyimpan in formasi tentang perangkat keras monitor (resolusi layar. PNG PNG (Portable Network Graphics) adalah salah satu format penyimpanan citra yang menggunakan metode pemadatan yang tidak menghilangkan bagian dari citra tersebut (Inggris lossless compression). Untuk keperluan pengolahan citra.karena format ini selain tidak menghilangkan ba gian dari citra yang sedang diolah (sehingga penyimpanan berulang ulang dari cit ra tidak akan menurunkan kualitas citra) namun format JPEG masih menjadi pilihan yang lebih baik. PSD (Photoshop Document) Format file ini merupakan format asli dokumen Adobe Photoshop.en:World Wide Web ).) secara terpisah dari gambarnya. Anda dapat menyim pan dengan format file ini jika ingin mengeditnya kembali. format PNG mempunyai 3 keuntungan dibandingkan format GIF: * Channel Alpha (transparansi) * Gamma (pengaturan terang-gelapnya citra en:"brightness") * Penayangan citra secara progresif (progressive display) Selain itu. JPG dan PNG.nnya sejak DOS telah digantikan oleh format yang lebih canggih semisal GIF. Sebuah file PCX adalah format file berbentuk raster. BMP (Bitmap Image) Format file ini merupakan format grafis yang fleksibel untuk platform Windows se hingga dapat dibaca oleh program grafis manapun. Kelemahan format file ini adalah tidak mampu menyim pan alpha . Format PNG ini diperkenalkan untuk menggantikan format penyimpanan citra GIF.

. dan publikasi elektronik lainnya. namun karena orientasinya ke publikasi elekt ronik maka format ini berukuran relatif lebih kecil dibandingkan dengan format file la innya. dan Bitmap. Format file ini mampu menyimpan gambar dengan mode warna RGB. Format file ini mampu menyimpan gambar dala m mode warna RGB. JPEG di buat untuk loosy compressio n images. dan Grayscale. . Duotone. CMYK. Format file i ni juga mampu menyimpan alpha channel.channel serta ada kendala dalam pertukaran platform. Indexed Color. JPEG tidak ditujukan dalam urusan file audio. Untuk membuat sebuah objek sebagai desktop wallpaper. . format file ini sering pula digunakan ketika i ngin mencetak gambar. JPG/JPEG (Joint Photographic Expert Group) Format file ini mampu mengkompres objek dengan tingkat kualitas sesuai dengan pi lihan yang disediakan.jfif. Grayscale. Anda dapat men gkompres format file ini dengan kompresi RLE. Kelemahan format file ini ad alah tidak mampu menyimpan alpha channel. CMYK. jif. sert a Bitmap.jpg. Umumnya file file yang berformat JPEG mengunakan extensi . Selain itu.jpe. simpanlah dokumen Anda dengan format file ini. JPEG singkatan dari Join Photographics Expert Group sebuah kelompok ya ng membikin standar pengkompresian tersebut. Keunggulan format file ini menggunakan bahasa postscript sehingga format file ini dikenali oleh hampir semua program persiapan cetak. sehingga banyak pengguna Adobe Photoshop mengguna kan format file ini ketika gambar yang dikerjakan sudah final. Forma t file ini mampu menyimpan gambar dengan mode warna RGB. . Selain itu JPEG juga mampu memberikan warna dengan kedalaman 2 4 Bits atau setara dengan 16 juta warna. Format file sering dimanfaatkan untuk menyimpan gambar yang akan dig unakan untuk keperluan halaman web. Indexed Color. EPS (Encapsuled Postcript) Format file ini merupakan format yang sering digunakan untuk keperluan pertukara n dokumen antar program grafis. Selain itu format file ini juga mampu menyimpan clipping path. JPEG adalah metode standar yang digunakan dalam pengkompresian untuk photograpic s images.jpeg. Grayscale. Lab. multimedia.

CMY K. Format file ini mampu mengkompres dengan ukuran kecil menggunakan kom presi LZW. Keleb ihan dari format JPEG (baca jey-peg) adalah. Format file ini mampu menyimpan informa si bit depth sebesar 1 hingga 24 bit namun tidak mampu menyimpan alpha channel. . PCX Format file ini dikembangkan oleh perusahaan bernama Zoft Cooperation.Format JPEG (Joint Photographic Expert Group) adalah salah satu alternatif selan jutnya yang dapat kita pakai untuk memperoleh sebuah hasil yang memuaskan. Bitmap dan Indexed Color). dukungan warna yang lebih dari 16 juta atau 24 bit. Grayscale. Format fi le ini merupakan format yang fleksibel karena hampir semua program dalam PC mamp u membaca gambar dengan format file ini. Format file ini merupakan format standar unt uk publikasi elektronik dan internet. Format file ini merupakan salah satu format yang dipilih dan sangat di sukai oleh para pengguna komputer grafis terutama yang berorientasi pada publikasi (cetak). yang mirip seperti interlacing pada GIF. GIF (Graphic Interchange Format) Format file ini hanya mampu menyimpan dalam 8 bit (hanya mendukung mode warna Gr ayscale. Bitmpa dan Indexed Color PDF (Portable Document Format) Format file ini digunakan oleh Adobe Acrobat. dan S ilicon Graphic). Format fil e ini juga dapat digunakan untuk keperluan pertukaran antar platform (PC. dan dapat digunakan oleh grafik be rbasis pixel maupun vektor. Kelebihan Format ini antara lain adalah : ukuran file yang dihasilkan relatif kecil mampu menggabungkan beberapa gambar menjadi satu kesatuan dan menampilkannya sec ara bergantian (animasi) warna latar belakang dapat dibuat transparan dan adanya teknologi interlacing yang akan membuat sebuah file di load secara utuh d engan kualitas yang ditampilkan secara bertahap. Format file ini mampu menyimpan gambar dengan mode warna RGB. sehingga hasil yang maksimal dari sebuah gambar dapat diperoleh fitur kompresi kualitas gambar yang ditawarkan membuat saya dapat memilih besar kecilnya file gambar yang akan dihasilkan nantinya dan tersedianya fitur Progressive JPEG. Format GIF (Graphic Interchange Format) merupakan format file yang paling banyak disarankan dan digunakan. Format file ini mampu menyimpan gambar dengan mode warna RGB. desain halaman web dan publikasi e lektronik. TIF (Tagged Image Format File) Format file ini mampu menyimpan gambar dengan kualitas hingga 32 bit. Machintosh. Hamp ir semua program yang mampu membaca format file bitmap juga mampu membaca format file TIF . Format file mampu menyimpan animasi dua di mensi yang akan dipublikasikan pada internet.

Format file ini sering menggunakan kompresi JPG dan ZIP. kecuali animasi fitur Interlacing 2 dimensi yang terbukti lebih baik jika dibandingkan dengan in terlacing milik GIF tersedianya 2 format file yaitu PNG8 (256 warna) dan PNG24 yang membuat desainer dapat lebih leluasa memilih kualitas gambar dan teknik kompresi lossless yang digunakan akan menghasilkan ukuran file yang kecil dengan tidak mengalami penurunan kualitas gambar. Format f ile ini digunakan untuk menampilkan objek dalam halaman web. punya semua kelebihan GIF. Adapun beberapa kelebihan dari format ter sebut adalah.Indexed Color. Format file ini mampu menyimpan alpha channel. Format file ini mampu menyimpan gambar dengan mode warna RGB dengan 1 alpha channel serta Indexed Colo r. Grayscale dan Bitmap. Format file ini juga menyediakan pilih an bit antara 16 dan 32 bit dalam mode warna RGB. TGA (Targa) Format file ini didesain untuk platform yang menggunakan Targa True Vision Video Board. PNG (Portable Network Graphic) Format file ini berfungsi sebagai alternatif lain dari format file GIF. dan RGB dalam 16 atau 24 bit tanpa alpha channel. kecuali untuk mode warna Bitmap yaitu menggunakan CCIT. Format file ini mampu menyimpan gambar dengan mode warna RGB dalam 32 bit serta 1 alpha channel. Grayscale dan Bitmap tanpa alpha channel. Format file ini tidak mampu meny impan alpha channel. Lab Color. . juga Grayscale. Kelebihan dari format file ini diband ingkan dengan GIF adalah kemampuannya menyimpan file dalam bit depth hingga 24 bit sert a mampu menghasilkan latar belakang (background) yang transparan dengan pinggiran yang h alus. Format PNG (Portable Network Graphic). Indexed Color. bandingkan dengan JPEG yang m enggunakan teknik kompresi lossy yang dipastikan akan membuat kualitas gambar me nurun. PIC (Pict) Format file ini merupakan standar dalam aplikasi grafis dalam Macintosh dan prog ram pengolah teks dengan kualitas menengah untuk transfer dokumen antar aplikasi.

DCS (Dekstop Color Separation) Format file ini dikembangkan oleh Quark dan merupakan format standar untuk . RAW Format file ini merupakan format file yang fleksibel untuk pertukaran dokumen an tar aplikasi dan platform. FORMAT KOMPRESI Beberapa program terutama yang berorientasi pada publikasi elektronik dan multim .Format file ini berguna untuk menyimpan dokumen dari hasil render dari program a nimasi dengan hasil output berupa sequence seperti 3D Studio Max. Lab Color dan Duotone tanp a alpha channel. SCT (Scitex Continous Tone) Format file ini digunakan untuk menyimpan dokumen dengan kualitas tinggi pada ko mputer Scitex. dan Grayscal e dengan 1 alpha channel serta mode warna Multichannel. dan Grayscale namun tidak mampu menyimpan alpha channel. Format file ini mampu menyimpan mode warna RGB. CMYK. Format ini mampu menyimpan gambar dengan mode warna Multichannel dan CMYK dengan 1 alpha ch annel dan banyak spot channel. Format file ini tidak mampu menyimpan alpha channel. PXR (Pixar) Format file ini khusus untuk pertukaran dokumen dengan Pixar Image Computer.eps. Ketika menyimpan file da lam format ini maka yang akan tersimpan adalah 4 channel dari gambar tersebut da n 1 channel preview. For mat file ini mampu menyimpan gambar dengan mode warna RGB dan Grayscale dengan 1 alpha channe l. Format file ini dikenali hampir s emua program grafis yang terdapat dalam PC serta mampu menyimpan gambar dengan mode w arna Bitmap. Format file ini mampu menyimpan clipping path dan sering digunakan untuk proses percetakan (publishing). IFF (Interchange File Format) Format file ini umumnya digunakan untuk bekerja dengan Video Toaster dan proses pertukaran dokumentasi dari dan ke Comodore Amiga System. CMYK. Format file ini mampu menyimpan gambar dengan mode warna RGB.

Kompresi ini digunakan oleh TIFF. Digunakan oleh A dobe Photoshop.Ketika menyimpan dokumen pada format file yang tidak dapat menyimpan informasi layer. JPG (Joint Photographic Experts Group) Format ini mengkompres file dengan menghilangkan detail.Format file yang dapat menyimpan mode warna Duotone hanyalah EPS. PDF. kompresi ini juga mampu mengkompres file tanpa menghi langkan detail. dan mampu mengkompres file tanpa menghil angkan detailnya. Kompresi ini sanga t baik digunakan untuk gambar dengan continous tone seperti foto. Oleh karena itu. Berikut ini format file yang berorientas i publikasi elektronik dan multimedia dengan kompresinya masing-masing. Kompresi ini sering digunakan oleh PDF dan format lain yang me nggunakan bahasa postscript. . dan PSD . CATATAN . LZW (Lemple-Zif-Welf) Sama seperti kompresi RLE. GIF. dan format yang mendukung ba hasa postscript. Kompresi ini digunaka n untuk mengkompres gambar hitam putih. RLE (Run Length Encoding) Kompresi ini mampu mengkompres file tanpa menghilangkan detail. . Format file ini sering digunakan oleh JPG.edia selalu memerlukan format file yang berukuran kecil agar ketika dibuka tidak akan lambat . dan format yang menggunakan bahasa postscript. ketika ingin menyimpan dalam format lain maka Anda harus mengub ah mode warnanya terlebih dulu. Untuk keperluan tersebut diperlukan kompresi. karen a informasi Duotone-nya akan diuraikan menjadi RGB. RAW. PDF. TIFF dan sebagian besar program yang terdapat dalam Windows. CCIT CCIT merupakan singkatan dari bahasa Perancis yang dalam bahasa Inggris disebut International Telegraph and Telekeyed Consultive Commitee. Kompresi ini sangat baik untuk mengkompres gambar dengan area b esar yang menggunakan 1 warna. menjadi RGB bila dokumen tidak ingin dicetak. maka Anda harus mengubah gambar tersebut menjadi flaten image terlebih dulu.

TIF. Sedangkan file yan g ber-extensi . EPS..Format file yan dapat menyimpan mode warna Lab Color hanyalah PSD. *berlutut nunduk-nunduk -ehm minta ma af mahsudnya ) . P DF. Sound . ada banyak yang belum saya tau . File yang ber-extensi . TIF = untuk cetak.fla adalah format asli pada F lash yang di dalamnya menyimpan layer layer dan frame-frame . GIF = untuk ilustrasi dan animasi pada halaman web. . tulisan diatas itu emang saya NGOPY ri web lain.swf .. saya update lah halaman ini. jadi . Format yang direkomendasikan oleh para desainer profesional adalah PSD = untuk dokumen yang masih ingin diedit kembali EPS = untuk dokumen yang sudah final untuk persiapan cetak JPG = untuk cetak dengan kompresi di atas 8 bit dan untuk foto dalam web dengan kompresi di bawah 5. . TIF. PDF.swf adalah file yang terbentuk jika anda melakukan test movie . Oh Ya sedikit ngasih tau.fla dan . dam SCT. pertukaran dokumen antar platform serta sequence animasi WARNING : Mendingan ga usah baca tulisan yang ada di antara tanda PAGER i. swf adalah sebuah file project yang menampilkan animasi yang ukurannya lebih kec il dibanding file animasi 2d lainya. RAW. da diatas kan udah ada format format gambar jadi saya cuma mau nambahin untuk forma t yang lain kayak : Animasi 2D & 3D. juga . dLL ( Dan Lainnya Lupa : ) ###yang baca : ga usah senyam senyum!! JELEK!! ###saya : saya tau kok saya jelek ##########################Curhat SElesaiiii########################## UPDATE Macam macam Format ANIMASI 2D dengan menggunakan aplikasi Flash sbb: Dalam flash ada 2 format yang akan otomatis terbuat jika anda membuat sebuah ani masi. SCript segala macam script (enggak semua ta pi .. ma af kalo ada yang ga terima.. yaitu . RAW. Format file yang dapat menyimpan mode warna CMYK hanyalah PSD. nanti kecewa. PAGER in ####################### UPDate Datang!!! tapi Curhat Dulu ah ################### ####### Karena keseringan dikritik orang . Video . dan EPS. Saya mau MAKASIH SEBANYAK DAN SEBEBEK _ BEBEKNYA KPD Yg Telah mau baca Blog saya yang ancur ini. . JPG.Mode warna RGB dapatdisimpan pada semua format file yang ada di Adobe Photosho p. pertama . Dalam flash juga menyediakan jasa untuk meng-export animasi menjadi video..Mode warna Indexed Color dapat menyimpan beberapa format file sesuai seting in dexed color-nya.

wav Microsoft ADPCM > file.voc Dialogic ADPCM > file.iff atau file.dapat di publish menjadi sebuah aplikasi (.dbl 8-bit signed > file.smp (#saya : smp = sekolah menengah pertama wkwkwkwkwkw) Windows media audio > file.aif atau file. pada umumnya file ini isinya video tapi ada juga yang berupa database.wav mp3 PRO * (fHG) > file. Contoh format file animasi 3 dimensi : dari aplikasi 3 DSmax : file.exe) Animasi 3 Dimensi Animasi 3d adalah animasi yang seolah -olah menggambarkan object dalam animasi t ersebut terlihat nyata.wav Amiga-IFF-8SVX > file.wav ACM Waveform > file.au atau file.svx Apple AIFF > file. yakni tidak hanya memiliki panjang dan tinggi saja tetap i juga memiliki lebar.mp3 Next/Sun > file.dwd (#saya : nama file nya cakep amat |iri mode on|) DVI/IMA ADPCM > file.snd ASCII Text Data > file.vox DiamondWire Digitized > file.snd SampleVision > file.sam A/mu-Law Wave > file. contoh : file DAT .wma Windows PCM > file.txt (##saya: sejujurnya saya juga bingung knp file ini mas uk kategori audio O_O eh tapi kata sensei guru saya nggak semua file yang kita kit a audio itu menyimpan data yang berupa audio ada juda yang bisa digunakan sebaga i database.pcm Macam macam format file video : Video merupakan gabungan antara animasi (2d dan 3d) dan suara.wav PCM Raw Data > file.cel Creative Sound Blaster > file.raw atau file.) Audition Loop > file.c3d Macam macam format file Audio (suara) : 64-bit doubles (RAW) > file.max dari aplikasi Ulead 3d : file. DAT file MP4 3GP FLV AVI MKV WMP MPEG dll (dan lainnya lupa ) Macam macam bahasa pemrogaman : PHP HTML ASP JS XML Pascal C .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful