P. 1
Makalah Ham

Makalah Ham

|Views: 203|Likes:
Published by ReynoLa Calipsto

More info:

Published by: ReynoLa Calipsto on Apr 13, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/02/2016

pdf

text

original

MAKALAH HAK AZAZI MANUSIA

DI SUSUN OLEH NOLA PUSPA NINGSIH

[Type text]

Page 1

kebebasan. serta Penanaman nilai-nilai keagamaan pada masyarakat. karena nilai-nilai persamaan.2 Tujuan Untuk menciptakan kesadaran rasa kemanusiaan yang tinggi sehingga masyarakat mengerti tentang hak dan kewajibannya. Menimbang bahwa pengakuan atas martabat alamiah dan hak-hak yang sama dan mutlak dari semua anggota keluarga manusia adalah dasar kemerdekaan. dan terbentuknya suatu dunia tempat manusia akan mengecap kenikmatan kebebasan berbicara dan beragama serta kebebasan dari ketakutan dan kekurangan telah dinyatakan sebagai cita-cita tertinggi dari rakyat biasa. 1. Menimbang bahwa mengabaikan dan memandang rendah hak-hak asasi manusia telah mengakibatkan perbuatan-perbuatan bengis yang menimbulkan rasa kemarahan hati nurani umat manusia. BAB II HAK ASASI MANUSIA (HAM) [Type text] Page 2 .MAKALAH HAK AZAZI MANUSIA BAB I PENDAHULUAN 1.1 Latar Belakang Masalah Hak asasi manusia mempunyai arti penting bagi kehidupan manusia. penegakan HAM mempunyai makna penting untuk memberikan perlindungan terhadap hak-hak rakyat dari kesewenang-wenangan penguasa. keadilan dan perdamaian di dunia. mengerti dengan makna HAM itu yang sejelas jelasnya dan memiliki Aparat hukum yang bersih. terutama dalam hubungan antara negara dan warga negara . Dengan demikian. dam dalam hubungan antara sesama warga negara. HAM yang berisi hak-hak dasar manusia memuat standar normatif untuk mengatur kehidupan manusia itu sendiri.oleh karena. penegakan HAM merupakan prasyarat untuk menciptakan sebuah civil society ataumasyarakat madani. dan keadilan yang terkandung dalam HAM dapat mendorong tercpitanya masyarakategaliter yang menjadi ciri civil society. Penegakan hak asasi manusia mempunyai relevansi dengan civil society. dan tidak sewenang-wenang sehingga bagi para pelanggar HAM mendapatkan Sanksi yang tegas.

1 Pengertian HAM Hak asasi manusia adalah seperangkat hak yang melekat pada hakikat dan keberadaan manusia sebagai makhluk Tuhan Yang Maha Kuasa dan merupakan anugerah-Nya yang wajib dihormati. juga merupakan standar normatif bagi perlindungan hak-hak dasar manusia dalam kehidupannya. 2. Dan juga telah diungkapkan Jan Materson. dan tanpa hak itu manusia tidaka dapat hidup sebagai manusia Dari pengertian diatas. maka hak asasi mengandung dua makna. dan tidak mendapatkan atau dikhawatirkan tidak akan memperoleh penyelesaian hukum yang adil dan benar berdasarkan mekanisme hukum yang berlaku (Pasal 1 angka 6 UU No. HAM bukan hanya merupakan hak-hak dasar yang dimilki oleh setiap manusia sejak lahir. dijunjung tinggi dan dilindungi oleh negara. merumuskan pengertian HAM dalam “human right could be generally defines as those right which are inherent in our nature and without which we cannot live as human being” yang artinya HAM adalah hak-hak yang secara secara inheren melekat dalam diri manusia.2 Penjabaran Hak Asasi Manusia dalam UUD 1945 [Type text] Page 3 . 26 Tahun 2000 tentang Pengadilan HAM). 39 Tahun 1999 tentang HAM). keadilan. dan perdamaian dunia” Pelanggaran hak asasi manusia adalah setiap perbuatan seseorang atau kelompok orang termasuk aparat negara baik disengaja maupun tidak disengaja atau kelalaian yang secara melawan hukum mengurangi.2. 39 Tahun 1999 tentang HAM dan UU No. hukum. anggota Komisi Hak Asasi Manusia PBB. o Kedua. membatasi dan atau mencabut Hak Asasi Manusia seseorang atau kelompok orang yang dijamin oleh Undang-undang. Pemerintah dan setiap orang. demi kehormatan serta perlindungan harkat dan martabat manusia (Pasal 1 angka 1 UU No. Esensi HAM juga dapat dibaca dalam mukadimah universal declaration of human right. HAM merupakan hak alamiah yang melekat dalam diri manusia sejak manusia dilahirkan kedunia. Tapi. yaitu: o Pertama. menghalangi. HAM merupakan instrument untuk menjaga harkat martabat manusia sesuai dengan kodart kemnusiaannya yang luhur. pengakuan atas martabat yang luhur dan hak-hak yang sama dan tidak dapat dicabut dari semuaanggoat keluarga manusia merupakan dasar kemerdekaan.

supaya berkehidupan kebangsaan yang bebas. malainkan menempatkan manusia dalam hubungannya dengan bangsa (makhluk sosial) sehingga hak asasi manusia tidak dapat dipisahkan dengan kewajiban asasi manusia . Dalam Pembukaan UUD 1945 alinea kesatu dinyatakan bahwa “Kemerdekaan ialah hak segala bangsa”. Dalam pengertian inilah maka hak-hak asasi manusia tidak dapat dipisahkan dengan hakikat kodrat manusia tersebut. Konseksuensinya dalam realisasinya maka hak asasi manusia senantiasa memilik hubungan yang korelatif dengan wajib asasi manusia karena sifat kodrat manusia sebaga individu dan mahluk sosial. adapun Deklarasi PBB pada tahun 1948. dan Pembukaan UUD 1945 inilah yang merupakan sumber normativ bagi hukum positif Indonesia terutama penjabaran dalam pasal pasal UUD 1945.Hak-hak asasi manusia sebenarnya tidak dapat dipisahkan dengan pandangan filosofis tentang manusia yang melatarbelakanginya. kedudukan kodrat sebagai makhluk Tuhan dan makhluk pribadi. karena Pembukaan UUD 1945 dan pasaslpasalnya diundangkan pada tanggal 18 Agustus 1945 . adapun sifat kodratnya sebagai mahluk individu dan makhluk sosial. Hal itu merupakan fakta pada dunia bahwa bangsa Indonesia sebelum tercapainya pernyataan hak-hak asasi manusia sedunia oleh PBB. Hal ini juga telah ditekankan oleh para pendiri negara. sebagai berikut : “Atas berkat rahmat Allah Yang Maha Kuasa dan dengan didorong oleh keinginan yang luhur.Kata-kata berikutnya adalah pada alinea ketiga Pembukaan UUD 1945. tetapi masih perlu ditetapkan beberapa hak dari warga Negara agar jangan sampai timbul negara kekuasaan (Machsstaat atau negara penindas)” Deklarasi bangsa Indonesia pada prinsipnya termuat dalam naskah Pembukaan UUD 1945. Dalam rentangan berdirinya bangsa dan negara Indonesia telah lebih dulu dirumuskan dari Deklarasi Universal hak-hak asasi manusia PBB . Menurut Pancasila sebagai dasar dari bangsa Indonesia hakikat manusia adalah tersusun atas jiwa dan raga. misalnya pernyataan Moh. maka rakyat Indonesia menyatakan dengan ini kemerdekaannya”. Dasar filosofi hak-hak asasi manusia tersebut bukanlah kebebasan individualis. telah mengangkat hak-hak asasi manusia dan melindunginya dalam kehidupan bernegara yang tertuang dalam UUD 1945. [Type text] Page 4 . Dalam pernyataan tersebut terkandung pengakuan secara yuridis hak asasi manusia tentang kemerdekaan sebagaimana tercantum dalam Deklarasi Universal Hak-hak Asasi Manusia PBB pasal I. Hatta dalam sidang BPUPKI sebagai berikut : “Walaupun yang dibentuk itu Negara kekeluargaan.

Negara Indonesia menjamin dan melindungi hak-hak asasi manusia pada warganya terutama dalam kaitannya dengan kesejahteraan hidupnya baik jasmaniah maupun rohaniah. Tujuan Negara Indonesia sebagai negara hukum yang bersifat formal maupun material tersebut mengandung konsekuensi bahwa negara berkewajiban untuk melindungi seluruh warganya dengan suatu undang-undang terutama untuk melindungi hak-hak asasi manusia demi untuk kesejahteraan hidup bersama. Mencerdaskan kehidupan bangsa. dan dalam pasal UUD 1945 dijabarkan dalam pasal 29 ayat (2) yaitu negara menjamin kemerdekaan tiap-tiap penduduk untuk memeluk agamanya masing-masing dan untuk beribadat menurut agamanya dan kepercayaannya itu. [Type text] Page 5 . Adapun tujuan negara yang merupakan tujuan yang tidak pernah berakhir (never ending goal) adalah sebagai berikut :     Melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia. sosial. dan diteruskan dengan kata “…supaya berkehidupan kebangsaan yang bebas…” dalam pengertian bangsa maka bangsa Indonesia mengakui hak-hak asasi manusia untuk memeluk agama sebagaimana tercantum dalam Deklarasi Universal Hak-hak Asasi Manusia PBB pasal 18.Penyataan tentang “ atas berkat rahmat Allah Yang Maha Kuasa…” mengandung arti bahwa dalam deklarasi bangsa Indonesia terkandung pengakuan manusia yang berketuhanan Yang Maha Esa. kebudayaan. dan agama. ekonomi. antaralain berkaitan dengan hak-hak asasi di bidang politik. Untuk memajukan kesejahteraan umum. Ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan. Berdasarkan pada tujuan Negara sebagai terkandung dalam Pembukaan UUD 1945 tersebut. Melalui Pembukaan UUD 1945 dinyatakan dalam alinea empat bahwa Negara Indonesia sebagai suatu persekutuan bersama bertujuan untuk melindungi warganya terutama dalam kaitannya dengan perlindungan hak-hak asasinya. yaitu sebagai berikut : Pasal 28A Setiap orang berhak untuk hidup serta berhak mempertahankan hidup dan kehidupannya. Berikut merupakan rincian dari hak-hak asasi manusia yang terdapat dalam pasal pasal UUD 1945. pendidikan. perdamaian abadi dan keadilan sosial.

demi meningkatkan kualitas hidupnya dan demi kesejahteraan umat manusia. memilih pendidikan dan pengajaran.Pasal 28B (1) Setiap orang berhak membentuk keluarga dan melanjutkan keturunan melalui perkawinan yang sah. (3) Setiap warga negara berhak memperoleh kesempatan yang sama dalam pemerintahan. (4) Setiap orang berhak atas status kewarganegaraan. [Type text] Page 6 . Pasal 28C (1) Setiap orang berhak mengembangkan diri melalui pemenuhan kebutuhan dasarnya. (2) Setiap orang berhak atas kebebasan meyakini kepercayaan. menyatakan pikiran dan sikap. dan kepastian hukum yang adil serta perlakuan yang sama dihadapan hukum. (2) Setiap orang berhak untuk bekerja serta mendapat imbalan dan perlakuan yang adil dan layak dalam hubungan kerja. sesuai dengan hati nuraninya. memilih pekerjaan. seni dan budaya. perlindungan. jaminan. (2) Setiap anak berhak atas kelangsungan hidup. serta berhak kembali. berhak mendapat pendidikan dan memperoleh manfaat dari ilmu pengetahuan dan teknologi. (2) Setiap orang berhak untuk memajukan dirinya dalam memperjuangkan haknya secara kolektif untuk membangun masyarakat. Pasal 28E (1) Setiap orang bebas memeluk agama dan beribadat menurut agamanya. memilih kewarganegaraan. Pasal 28D (1) Setiap orang berhak atas pengakuan. tumbuh dan berkembang serta berhak atas perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi. bangsa dan negara. memilih tempat tinggal diwilayah negara dan meninggalkannya.

martabat dan harta benda yang dibawah kekuasaannya. bertempat tinggal. hak kemerdekaan pikiran dan hati nurani. hak untuk tidak disiksa. Pasal 28H (1) Setiap orang berhak hidup sejahtera lahir dan batin. keluarga. dan hak untuk tidak dituntut atas dasar hukum yang berlaku surut adalah hak asasi manusia yang tidak dapat dikurangi dalam keadaan apa pun. mengolah. berkumpul dan mengeluarkan pendapat. Pasal 28F Setiap orang berhak untuk berkomunikasi dan memperoleh informasi untuk mengembangkan pribadi dan lingkungan sosialnya. kehormatan. menyimpan. serta berhak atas rasa aman dan perlindungan dari ancaman ketakutan untuk berbuat atau tidak berbuat sesuatu yang merupakan hak asasi.(3) Setiap orang berhak atas kebebasan berserikat. dan mendapatkan lingkungan hidup yang baik dan sehat serta berhak memperoleh layanan kesehatan. (2) Setiap orang berhak untuk bebas dari penyiksaan atas perlakuan yang merendahkan derajat martabat manusia dan berhak memperoleh suaka politik dari negara lain. serta berhak untuk mencari. (3) Setiap orang berhak atas jaminan sosial yang memungkinkan perkembangan dirinya secara utuh sebagai manusia yang bermartabat. hak untuk diakui sebagai pribadi di hadapan hukum. Pasal 28I (1) Hak untuk hidup. hak beragama. hak untuk tidak diperbudak. dan menyampaikan informasi dengan menggunakan segala jenis saluran yang tersedia. memperoleh. [Type text] Page 7 . memiliki. (4) Setiap orang berhak mempunyai hak milik pribadi dan hak milik tersebut tidak boleh diambil alih secara sewenang-wenang oleh siapapun. (2) Setiap orang berhak mendapat kemudahan dan perlakuan khusus untuk memeperoleh kesempatan dan manfaat yang sama guna mencapai persamaan dan keadilan. Pasal 28G (1) Setiap orang berhak atas perlindungan diri pribadi.

Setiap warga negara berhak mempertahankan wilayah negara kesatuan Indonesia atau nkri dari serangan musuh [Type text] Page 8 . Setiap warga negara berhak memperoleh pendidikan dan pengajaran 6. (3) Identitas budaya dan hak masyarakat tradisional di hormati selaras dengan perkembangan zaman dan peradaban. Pasal 28J (1) Setiap orang wajib menghormati hak asasi manusia orang lain dalam tertib kehidupan bermasyarakat. Setiap warga negara memiliki kedudukan yang sama di mata hukum dan di dalam pemerintahan 4. Setiap warga negara bebas untuk memilih. keamanan dan ketertiban umum dalam suatu masyarakat yang demokratis. berbangsa dan bernegara. maka pelaksanaan hak asasi manusia dijamin. setiap orang wajib tunduk kepada pembatasan yang ditetapkan dengan undang-undang dengan maksud semata mata untuk menjamin pengakuan serta penghormatan atas hak dan kebebasan orang lain dan untuk memenuhi tuntutan yang adil sesuai dengan pertimbangan moral. diatur. (5) Untuk menegakan dan melindungi hak asasi manusia sesuai dengan prinsip negara hukum yang demokratis.(2) Setiap orang berhak atas bebas dari perlakuan yang bersifat diskriminatif atas dasar apapun dan berhak mendapatkan perlindungan terhadap perlakuan yang bersifat diskriminatif itu. penegakan dan pemenuhan hak asasi manusia adalah tanggung jawab negara terutama pemerintah. (2) Dalam menjalankan hak dan kebebasannya. dan dituangkan dalam peraturan perundang-undangan. nilai-nilai agama. (4) Perlindungan. Setiap warga negara berhak mendapatkan perlindungan hukum 2. Setiap warga negara berhak atas pekerjaan dan penghidupan yang layak 3.3 Hak Dan Kewajiban Warga Negara Indonesia Contoh Hak warga negara Indonesia 1. 2. memeluk dan menjalankan agama dan kepercayaan masing-masing yang dipercayai 5. pemajuan.

1. tunduk dan patuh terhadap segala hukum yang berlaku di wilayah negara indonesia 5. berkumpul mengeluarkan pendapat secara lisan dan tulisan sesuai undang-undang yang berlaku Contoh Kewajiban Warga Negara Indonesia. Setiap warga negara wajib turut serta dalam pembangunan untuk membangun bangsa agar bangsa kita bisa berkembang dan maju ke arah yang lebih baik. Setiap warga negara memiliki hak sama dalam kemerdekaan berserikat. Setiap warga negara wajib mentaati serta menjunjung tinggi dasar negara. mempertahankan kedaulatan negara indonesia dari serangan musuh 2. serta dijalankan dengan sebaik-baiknya 4. Setiap warga negara berkewajiban taat. Setiap warga negara memiliki kewajiban untuk berperan serta dalam membela. hukum dan pemerintahan tanpa terkecuali. [Type text] Page 9 .7. Setiap warga negara wajib membayar pajak dan retribusi yang telah ditetapkan oleh pemerintah pusat dan pemerintah daerah (pemda) 3.

2 Saran-saran Sebagai makhluk sosial kita harus mampu mempertahankan dan memperjuangkan HAM kita sendiri. Islamsudah lebih dulu memperhatikan HAM.HAM setiap individu dibatasi oleh HAM orang lain. kelompok atau suatu instansi atau bahkan suatu Negara akan diadili dalam pelaksanaan peradilan HAM. DanJangan sampai pula HAM kita dilanggar dan dinjakinjak oleh orang lain.1 Kesimpulan HAM adalah hak-hak dasar yang dimiliki oleh manusia sesuai dengankiprahnya.Dalam kehidupan bernegara HAM diatur dan dilindungi oleh perundang-undangan RI.Jadi dalam menjaga HAM kita harus mampu menyelaraskan dan mengimbangi antara HAM kita dengan HAM orang lain [Type text] Page 10 . dimana setiap bentuk pelanggaran HAM baik yang dilakukan olehseseorang. 3. juga terdapat dalam praktik kehidupan umat Islam. tapi satuhal yang perlu kita ingat bahwa Jangan pernah melanggar atau menindas HAM oranglain. Di samping itu kita juga harus bisa menghormati dan menjaga HAM orang lain jangan sampai kita melakukan pelanggaran HAM. Ajaran Islam tentang Islam dapat dijumpaidalam sumber utama ajaran Islam itu yaitu Al-Qur’an dan Hadits yang merupakansumber ajaran normatif. Setiap individu mempunyai keinginan agar HAM-nya terpenuhi.BAB III PENUTUP 3. Dalam Islam. pengadilan HAM menempuh proses pengadilan melalui hukum acara peradilan HAM sebagaimana terdapat dalam UndangUndang pengadilan HAM.

Hak Asasi Manusia: Sebuah Bunga Rampai. 2007. Jakarta : The Asia Foundation dan Prenada Media.Tim ICCE UIN Jakarta. Hak Asasi Manusia.1994 . jakarta 1994 . [Type text] Page 11 . Hak Asasi Manusia diDunia yang Berubah. 2003 . Paradigma Baru Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta.Antonio Cassesse.Peter Davies.DAFTAR PUSTAKA . dan Masyarakat Madani.Winarno. Bumi Aksara. Yayasan Obor Indonesia Jakarta. Demokrasi. Yayasan Obor Indonesia.

[Type text] Page 12 .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->