qwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyui opasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfgh jklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvb nmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwer Percobaan Fisika Koin Ajaib & Mana Yang Lebih Cepat Larut tyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopas

dfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzx cvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmq wertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuio pasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghj klzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbn mqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmqwerty uiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdf ghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxc vbnmqwertyuiopasdfghjklzxcvbnmrty uiopasdfghjklzxcvbnmqwertyuiopasdf ghjklzxcvbnmqwertyuiopasdfghjklzxc
Nama Kelompok :  Ach. Arief H. (01)  Hafidzun Alim (06)  M. Awwalu W. B. (11)  M. Hilmi Al-Fatih (12)

Penulis sangat berharap agar para pembaca yang telah membaca makalah ini dapat memberikan kritik . 2 .KATA PENGANTAR Puji dan syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa karena atas karuniaNya. serta dapat memuaskan para pembaca. sehingga penulis dapat meningkatkan hasil penulisannya di lain kesempatan.penulis dapat menyelesaikan makalah yang berjudul“Percobaan Sederhana Fisika”. Kesempurnaan hanyalah milik Tuhan. wawasan para pembaca menjadi lebih luas serta dapat bermanfaat bagi kehidupan para pembaca di masa yang akan datang. Adanya keterbatasan kemampuan penulis juga semakin menegaskan bahwa makalah ini masih jauh dari kesempurnaan. oleh karena itu penulis menyadari bahwa Makalah ini tidaklah sempurna. Penulis berharap agar Karya Tulis ini bermanfaat bagi para pembaca. Semoga kelak setelah membaca makalah ini.khususnya dalam memberikan berbagai informasi tentang penggunaan internet.

..Daftar Isi Kata Pengantar…………………………………………………………………………………2 Daftar Isi…………………………………………………………………………………. …….3 Percobaan 1 : Koin Ajaib …………………………………………………………………4 Penjelasan Percobaan 1 …………………………………………………………………5 Percobaan 2 : Mana yang lebih cepat larut ……………………………………6 Penjelasan Percobaan 2 …………………………………………………………………6 3 .

Masukkan koin dan botol ke dalam baskom yang berisi air dingin. Botol dalam posisi terbalik (mulut dan leher botol masuk ke dalam air). 4. Rendam telapak tangan ke dalam baskom yang berisi air hangat. 5. angkat tangan kalian dari dalam baskom. Setelah kurang lebih 30 detik. Setelah 2 menit. Isi salah satu baskom dengan air dingin (bisa dengan mencampur air keran dengan es batu). ya?! 4 .. Amati koin pada mulu botol. Botol Kaca (dengan mulut botol yang cukup kecil) Koin (berukuran lebih besar dari mulut botol) Air hangat Air dingin Baskom plastik. Pada suatu saat koin akan melompat-lompat di atas mulut botol.Percobaan 1 KOIN AJAIB Peralatan yang dibutuhkan: 1. kemudian tutuplah mulut botol dengan koin. 2. Kemudian segera genggam leher botol. Kok bisa. angkat botol dan koin dari dalam baskom. isi baskom lainnya dengan air hangat (bisa dengan mencampur air keran dengan air panas). 3. 3. 4. 2. Biarkan selama 2 menit. dua buah Langkah-langkah yang Dilakukan: 1. 5.

maka koin bisa terangkat dari mulut botol. 3. 5 . Sehingga koin terlihat melompat-lompat. 2. Ketika mulut dan leher botol di masukkkan ke dalam air dingin. Karena tumbukan itu. 4. maka suhu udara di sekitar leher botol perlahan-lahan akan naik (memanas). telapak tangan kita sudah cukup hangat. jika suhu udara di dalam leher botol telah mendingin kembali. Sesungguhnya. Panas dari telapak tangan. 5. Gerakan koin akan berhenti. suhunya akan menurun (mendingin). Jika suhu suatu benda meningkat. Begitu juga dengan koin yang di masukkan ke dalam air dingin. Itulah yang terjadi dengan molekul-molekul gas yang terdapat pada leher botolketika di genggam dengan telapak tangan yang hangat. membuat molekul-molekul gas di dalam leher botol bergerak semakin cepat secara acakke segala arah dan memuai.PENJELASAN: 1. maka suhu udara yang ada di sekitar mulut dan leher botol tersebut menjadi turun (mendingin). Tetapi suhu akan bertambah hangat jika kita merendamnya selama beberapa saatdi dalam air hangat. Ketika kita menggenggam leher botol dengan telapak tangan itu. maka molekul-molekul benda itu akan memuai. Molekul-molekul gas yang bergerak cepat itu lalu menumbuk koin yang ada di mulut botol.

Sedangkan pada suhu rendah. 3. Air dingin 3. Air Panas 2. Aduk dengan menggunakan sendok. Ini terjadi karena pada suhu tinggi. molekul-molekul air bergerak lebih cepat. ternyata gula tidak larut sepenuhnya. 2. molekul air bergerak lebih lambat. 6 . Sehingga lebih sering menumbuk molekul gula dan melarutkannya. Dua sendok makan gula pasir 4. Masukkan satu sendok makan gula sisanya kedalam gelas berisi air dingin.Percobaan 2 Mana yang Lebih Cepat Larut Bahan & Alat yang dibutuhkan: 1. Cobalah kamu aduk dengan jumlah adukan yang sama seperti pada percobaan yang pertama. dan gula menjadi lambat larutnya. Apakah gulanya larut? Penjelasan : Ketika diaduk pada air dingin dengan jumlah adukan yang sama. Sendok Langkah-langkah yang Dilakukan: 1. Dan hitunglah berapa kali kamu harus mengaduk untuk membuat gulanya larut sepenuhnya. dan membuat jumlah tumbukannya dengan molekul gula menjadi lebih sedikit. Masukkan satu sendok makan gula pasir kedalam gelas berisi air panas.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful