P. 1
Silabus IPA/Biologi SMP VII Semester 2

Silabus IPA/Biologi SMP VII Semester 2

|Views: 2,738|Likes:
Published by Irhami AR
Uploaded from Google Docs
Uploaded from Google Docs

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: Irhami AR on Apr 13, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/13/2013

pdf

text

original

SILABUS

Nama Sekolah Mata Pelajaran Kelas/Semester : SMP Negeri ................. : IPA/Biologi : VII/I & II

Standar Kompetensi : 5. Memahami gejala-gejala alam melalui pengamatan. Kompetensi Dasar (1) 5.1 Melaksanakan pengamatan objek secara terencana dan sistematis untuk memperoleh informasi gejala alam biotik dan abiotik. Materi Pembelajaran (2) Gejala alam biotik dan abiotik Kegiatan Pembelajaran (3) 1 Melakukan pengamatan gejala alam kebendaan dan kejadian pada objek biotik di lingkungan sekitar. 2 Melakukan pengamatan gejala alam kebendaan dan kejadian pada objek abiotik di lingkungan sekitar. Mikroskop 1 Mengidentifikasi bagian-bagian mikroskop. 2 Mengamati preparat jadi menggunakan mikroskop. Indikator (4) 1 Membandingkan gejala alam kebendaan dan kejadian pada objek biotik melalui pengamatan. Teknik Penilaian (5) - Tes tertulis Penilaian Bentuk Contoh Instrumen Instrumen (6) (7) - Pilihan - Contoh gejala alam biotik di ganda bawah ini adalah.... a. Warna c. Kelembapan b. Bentu d. Gerak Alokasi Waktu (8) 4 x 40 Sumber Belajar (9) - Buku IPA Biologi - Buku referensi yang relevan

2 Membandingkan gejala alam kebendaan dan kejadian pada objek abiotik melalui pengamatan.

- Tes tertulis

- Pilihan ganda

- Berikut ini manakah yang termasuk gejala alam kejadian pada objek abiotik.... a. Bernapas c. Rasa b. Gerak d. irritabilitas

5.2 Menggunakan mikroskop dan peralatan pendukung lainnya untuk mengamati gejala-gejala kehidupan.

1 Mengenal bagianbagian mikroskop.

- Tes kinerja

- Tes uji petik kinerja - Uraian

- Tentukan dan sebutkan bagian-bagian mikroskop

6 x 40

- Buku IPA Biologi kelas VII - Buku referensi yang relevan

2 Menyebutkan fungsi bagian-bagian mikroskop.

- Tes tertulis

- Sebutkan fungsi dari bagianbagian mikroskop!

(1)

(2)

(3) 3 Menguraikan fungsi bagian-bagian mikroskop. 4 Membuat preparat basah dengan sayatan melintang atau membujur.

(4) 3 Menggunakan mikroskop dengan benar. 4 Membuat preparat basah dengan sayatan melintang atau membujur.

(5) - Tes kinerja

(6) - Tes uji petik kinerja - Tes uji petik kinerja - Tes uji petik kinerja

(7) - Amati sel bawang sampai ditemukan sel tersebut!

(8)

(9) - Alat praktikum

- Tes kinerja

- Buatlah irisan melintang atau membujur pada daun adam hawa (Rhoe discolour) - Lakukan dengan prosedur yang benar cara membawa dan memperlakukan mikroskop! 6 x 40 - Buku IPA Biologi kelas VII - Buku referensi yang relevan - Alat praktikum

5.3 Menerapkan Keselamatan keselamatan kerja kerja di dalam melakukan laboratorium pengamatan gejala-gejala alam.

1 Menggunakan dan 1 Memegang, membawa memperlakukan alat serta memperlakukan maupun bahan alat dan bahan di dalam melakukan laboratorium secara kinerja ilmiah secara aman. aman. 2 Mencari informasi melalui referensi tentang alat dan bahan yang berbahaya di laboratorium. 2 Mendeskripsikan alat dan bahan yang berbahaya di laboratorium.

- Tes kinerja

- Tes tertulis

- Pilihan ganda

- Manakah bahan-bahan berbahaya yang dapat ditemukan di laboratorium? a. air b. asam sulfat c. alkohol d. larutan glukosa - Apakah arti simbol di bawah ini?

3 Melakukan observasi di laboratorium untuk mengetahui dan mengenal simbolsimbol dalam laboratorium.

3 Mengidentifikasi simbol-simbol di dalam laboratorium.

- Tes tertulis

- Pilihan ganda

a. b. c. d.

Bahan yang mudah terbakar Bahan yang beracun Alat mudah pecah Alat mudah mengalami korosi

Standar Kompetensi : 6. Memahami keanekaragaman makhluk hidup. Materi Pembelajaran (2) Ciri-ciri makhluk hidup Kegiatan Pembelajaran (3) 1 Mengamati ciri-ciri makhluk hidup di lingkungan sekitar. Penilaian Indikator (4) 1 Mengidentifikasi ciriciri makhluk hidup. Teknik Penilaian (5) - Tes tertulis Bentuk Instrumen (6) - Pilihan ganda Contoh Instrumen (7) - Pernyataan berikut ini berhubungan dengan ciri makhluk hidup, kecuali …. a. peka terhadap rangsang b. tumbuh dan berkembangbiak c. memerlukan suhu terten-tu untuk pertumbuhan d. semua dapat berpindah tempat - Pilihlah tiga makhluk hidup yang ada di sekitar dan identifikasilah 4 ciri serta buatlah laporannya! Alokasi Waktu (8) 6 x 40 Sumber Belajar (9) - Buku IPA Biologi kelas VII - Buku referensi yang relevan - lingkungan

Kompetensi Dasar (1) 6.1 Mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup.

2 Merumuskan karakteristik ciri makhluk hidup berdasarkan hasil pengamatan. 3 Mengamati perbedaan ciri kehidupan antar tumbuhan dan hewan. 6.2 Mengklasifikasi- Klasifikasi kan makhluk makhluk hidup hidup berdasarkan ciriciri yang dimiliki. 1 Mengidentifikasi ciri-ciri khusus yang dimiliki organisme yang satu dengan lainnya.

2 Membuat laporan ciriciri makhluk hidup berdasarkan hasil observasi.

- Tes kinerja

- Tes uji petik kinerja

3 Membedakan ciri-ciri tumbuhan dan hewan.

- Tes tertulis

- Uraian

- Tuliskan 2 ciri makhluk hidup yang membedakan hewan dan tumbuhan!

1 Membedakan makhluk hidup yang satu dengan yang lainnya berdasarkan ciri khusus kehidupan yang dimilikinya.

- Tes tertulis

- Pilihan ganda

- Ciri yang dengan mudah untuk membedakan antara kadal dan katak yaitu a. Kepala c. Alat gerak b. Kulit d. Ekor

6 x 40

- Buku IPA Biologi kelas VII - Buku referensi yang relevan

(1)

(2)

(3) 2 Mencari informasi melalui referensi tentang dasar-dasar klasifikasi makhluk hidup. 3 Melakukan klasifikasi makhluk hidup berdasarkan ciri-ciri yang diamati. 4 Mengelompokkan organisme yang memiliki persamaan ciri dengan satu kelompok tertentu. 1 Melakukan pengamatan sel dan jaringan pada hewan dan tumbuhan dengan menggunakan mikroskop . 2 Mengidentifikasi organ-organ dan sistem organ pada hewan dan tumbuhan.

(4) 2 Mendeskripsikan pentingnya dilakukan klasifikasi makhluk hidup.

(5) - Tes tertulis

(6) - Uraian

(7) - Mengapa makhluk hidup perlu diklasifikasikan?

(8)

(9) - Alat praktikum

3 Mengklasifikasikan beberapa makhluk hidup di sekitar berdasarkan ciri-ciri yang diamati. 4 Membuat perbandingan ciri-ciri khusus tiap kingdom dalam sistem 5 kingdom. 1 Mendeskripsikan keragaman tingkat sel berdasarkan hasil pengamatan menggunakan mikroskop.

- Tes kinerja

- Tes uji petik kinerja

- Dari gambar beberapa hewan yang sudah tersedia, klasifikasikanlah berdasar ciri yang dapat diamati dan buatlah tabel klasifikasinya. - Buatlah tabel perbandingan untuk menunjukkan ciri-ciri khusus tiap kingdom dalam sistem 5 kingdom! 6 x 40 - Buku IPA Biologi kelas VII - Buku referensi yang relevan - Alat dan bahan praktikum

- Tes tertulis

- Uraian

6.3 Mendeskripsikan keragaman pada sistem organisasi kehidupan mulai dari tingkat sel sampai organisme.

Keragaman pada sistem organisasi kehidupan

- Tes unjuk kerja

- Tes uji - Deskripsikan keragaman petik kerja bentuk sel berdasarkan hasil produk pengamatan preparat awetan daun yang telah tersedia menggunakan mikroskop!

2 Mendeskripsikan keragaman tingkat jaringan menurut sel-sel penyusunnya. 3 Mendeskripsikan keragaman tingkat organ dan sistem organ berdasarkan hasil pengamatan.

- Tes tertulis

- Uraian

- Deskripsikan karakteristik sel penyusun jaringan palisade pada daun.

- Tes tertulis

- Uraian

- Amatilah tumbuhan pacar air (Impatien balsamina) dan tuliskan nama-nama organ penyusunnya!

(1)

(2)

(3) 3 Melakukan studi referensi hubungan antara sel, jaringan, organ dan sistem organ penyusun tubuh.

(4) 4 Mengkaitkan hubungan antara sel, jaringan, organ dan sistem organ penyusun tubuh.

(5) - Tes tertulis

(6) - Uraian

(7) - Jelaskan hubungan antara sel, jaringan, organ dan sistem organ penyusun tubuh.

(8)

(9)

Standar Kompetensi : 7. Memahami saling ketergantungan dalam ekosistem. Materi Pembelajaran (2) Ekosistem Kegiatan Pembelajaran (3) 1 Melakukan pengamatan terhadap lingkungan sekitar sebagai satuan ekosistem. 2 Menjelaskan sifat saling ketergantungan antara komponenkomponen dalam ekosistem. 3 Menjelaskan bahwa matahari adalah sumber energi utama bagi makhluk hidup. Penilaian Indikator (4) 1 Mengidentifikasi satuan-satuan dalam ekosistem dan menyatakan bahwa matahari merupakan sumber energi utama pada sistem biologi. Teknik Penilaian (5) - Tes tertulis Bentuk Instrumen (6) - Uraian Contoh Instrumen (7) - Jelaskan perbedaan antara individu, populasi, dan komunitas! Alokasi Waktu (8) 8 x 40 Sumber Belajar (9) - Buku IPA Biologi kelas VII - Buku referensi yang relevan

Kompetensi Dasar (1) 7.1 Menentukan ekosistem dan saling hubungan antara komponen ekosistem.

(1)

(2)

(3) 4 Mengamati hubungan saling ketergantungan antara komponen biotik dan abiotik di lingkungan sekitar. 5 Mengamati hubungan saling ketergantungan antar komponen biotik di lingkungan. 6 Membedakan antara simbiosis mutualisme, komensalisme, parasitisme, serta memberikan contohnya. 7 Membuat contoh diagram rantai makanan dan jaringjaring makanan.

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

(9)

2 Menggambarkan dalam bentuk diagram rantai makanan dan jaringjaring kehidupan serta menjelaskan peran masing-masing tingkatan trofik.

- Tes tertulis

- Uraian

- Buatlah sebuah diagram jaring-jaring makanan!

(1) (2) (3) 7.2 Mengidentifikasi- Pelestarian 1 Mencari informasi kan pentingnya keanekaragaman melalui studi keanekaragaman hayati pustaka untuk makhluk hidup merumuskan dalam pelestarian pentingnya ekosistem. membudidayakan tumbuhan dan hewan langka.

(4) 1 Mendefinisikan makhluk hidup yang tergolong langka. 2 Menyebutkan contoh hewan dan tumbuhan yang tergolong makhluk hidup langka di suatu lokasi. 3 Mengemukakan pentingnya membudidayakan tumbuhan dan hewan langka.

(5) - Tes tertulis

(6) - Uraian

(7) - Apa yang dimaksud dengan hewan langka?

(8) 8 x 40

(9) - Buku IPA Biologi kelas VII - Buku referensi yang relevan

- Tes tertulis

- Uraian

- Sebutkan 2 contoh hewan dan tumbuhan langka beserta asalnya!

- Tes tertulis

- Uraian

- Mengapa hewan dan tumbuhan langka perlu dilestarikan?

2 Menyebutkan usaha- 4 Mendeskripsikan usaha manusia usaha-usaha yang dapat dalam menjaga dilakukan manusia kelestarian sumber untuk pelestarian daya alam hayati. ekosistem. 7.3 Memprediksi pengaruh kepadatan populasi manusia terhadap lingkungan. Dampak kepadatan populasi manusia 1 Menjelaskan pengaruh kepadatan populasi manusia terhadap persediaan air dan udara bersih. 2 Menjelaskan pengaruh kepadatan populasi manusia terhadap persediaan pangan. 1 Memperkirakan hubungan antara populasi penduduk dengan kebutuhan air bersih dan udara bersih. 2 Memperkirakan hubungan antara populasi penduduk dengan kebutuhan pangan.

- Tes tertulis

- Uraian

- Sebutkan 5 usaha yang dapat kita lakukan untuk membantu pelestarian keanekaragaman hayati!

- Tes tertulis

- Uraian

- Tes tertulis

- Uraian

- Jelaskan hubungan antara peningkatan jumlah penduduk dengan kebutuhan dan ketersediaan air bersih dan udara bersih di lingkungan! - Jelaskan hubungan antara peningkatan jumlah penduduk di suatu daerah dengan kebutuhan dan ketersediaan pangan!

8 x 40

- Buku IPA Biologi kelas VII - Buku referensi yang relevan

(1)

(2)

(3) 3 Menjelaskan pengaruh kepadatan populasi manusia terhadap kebutuhan lahan pertanian. 4 Menjelaskan pengaruh kepadatan populasi manusia terhadap kerusakan lingkungan.

(4) 3 Memperkirakan hubungan antara populasi penduduk dengan kebutuhan lahan.

(5) - Tes tertulis

(6) - Uraian

(7) - Jelaskan hubungan antara peningkatan jumlah penduduk di suatu daerah dengan kebutuhan dan ketersediaan lahan untuk perumahan!
- Apa dampak yang

(8)

(9)

4 Menjelaskan pengaruh peningkatan populasi penduduk terhadap kerusakan lingkungan.

- Tes tertulis

- Uraian

ditimbulkan terhadap lingkungan akibat meningkatnya jumlah
penduduk?

7.4 Mengaplikasikan peran manusia dalam pengelolaan lingkungan untuk mengatasi pencemaran dan kerusakan lingkungan.

Pencemaran lingkungan

1 Menyebutkan akibat dari penebangan hutan secara liar. 2 Mengusulkan upaya-upaya untuk mencegah penebangan hutan secara liar.

1 Mengemukakan konsekuensi penebangan hutan dan pengaruhnya terhadap kerusakan lingkungan.

- Tes tertulis

- Uraian

- Apa dampak yang ditimbulkan terhadap lingkungan akibat penebangan hutan?

6 x 40

- Buku IPA Biologi kelas VII - Buku referensi yang relevan

3 Melakukan studi 2 Mengidentifikasi pustaka untuk sumber pencemaran air, mengetahui sumberudara, tanah, dan suara. sumber pencemaran air, udara, tanah, dan suara.

- Tes tertulis

- Uraian

- Sebutkan sumber pencemaran air, udara, tanah, dan suara!

(1)

(2)

(3) 4 Mengusulkan upaya-upaya yang dapat dilakukan untuk menanggulangi pencemaran dan kerusakan lingkungan.

(4) 3 Mendeskripsikan cara penangulangan pencemaran dan kerusakan lingkungan.

(5) - Tes tertulis

(6) - Uraian

(7) - Jelaskan upaya yang dapat kita lakukan untuk menanggulangi pencemaran air, udara, tanah, dan suara!

(8)

(9)

Mengetahui, Kepala Sekolah

....................., ............................. Guru Bidang Studi,

( ________________) NIP.

( _________________) NIP.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->