Lembar Observasi Terhadap Kegiatan Guru

No Aspek 1. Kegiatan Pra KBM a.

Indikator Menata ruang, alat bantu, dan sumber belajar dengan cermat b. Menyapa siswa dengan salam c. Memeriksa kehadiran siswa d. Mengkondisikan diri sendiri dan siswa untuk siap melakukan KBM a. Menarik perhatian siswa b. Membangkitkan motivasi siswa untuk belajar. c. Melakukan apersepsi bermakna, membangkitkan keingintahuan dan pengetahuan awal siswa. d. Memberi acuan materi pembelajaran yang akan disajikan. a. Suara guru dapat didengar oleh seluruh siswa dengan jelas. b. Bentukan anggota tubuh dilakukan dengan wajar, luwes dan proporsional. c. Antusiasme, penampilan dan kinerja dalam PBM, kondusif bagi siswa. d. Mobilitas dalam kelas dilakukan dengan wajar dan efektif. a. Penyajian bahan pembelajaran sesuai dengan SK, KD, dan indikator serta sumber belajar yang ditetapkan. b. Pembahasan, pemberian contoh, serta dampak pengiring untuk pembentukan perilaku sistematis dan tepat. c. Menunjukkan penguasaan yang luas dan

Ya

Tidak

Komentar

2.

Kemampuan membuka pelajaran

3.

Sikap guru dalam proses pembelajaran

4.

Penguasaan bahan ajar

Penanganan individu/ kelompok siswa dilakukan dengan efektif dan wajar. Kemampuan Khusus dalam pembelajaran IPA 7. Proses pembelajaran 6. Model pembelajaran sesuai dengan jenis dan prosedur yang ditetapkan pada silabus. b. Dapat merespon pertanyaan/mengatasi masalah yang berasal dari siswa. Alokasi waktu dalam PBM dimanfaatkan secara efektif dan proporsional. dan pembentukan sikap/ perilaku dalam kehidupan sehari-hari. Guru berusaha menarik minat siswa dengan cara mengaitkan topik materi pelajaran dengan kehidupan sehari-hari (CTL: contructivism) c. Mengembangkan keterampilan dan sikap ilmiah siswa sesuai tujuan pembelajaran d. Tindak lanjut kemampuan menggunakan model pembelajaran contextual teaching and learning pada mata pelajaran IPA mendalam terhadap bahan pembelajaran. Penyajian bahan pembelajaran berorientasi pada aktivitas dan keragaman siswa secara menyeluruh. Guru melibatkan siswa dalam . khususnya melalui model pembelajaran contextual teaching and learning dalam pembelajaran IPA. d. sedang dan tinggi b. Meningkatkan kemampuan siswa pada materi energi dan perubahannya c. Membelajarkan siswa berinteraksi dengan lingkungan. a.5. c. a. Mengaplikasikan konsep energi dan perubahannya. b. dalam satu kelompok ada siswa yang memiliki kemampuan rendah. a. d. Guru membentuk kelompok heterogen.

d. dan jika tindakan tersebut tidak dilaksanakan oleh guru maka tanda cek diberikan pada kolom ”tidak”. h. Dengan demikian jumlah total tanda cek adalah 32. e. proses pembelajaran (CTL:inquiry) Guru memberikan pertanyaan acuan kepada siswa (CTL: Questioning) Guru membimbing masingmasing kelompok belajar materi pelajaran (CTL: learning community) Guru melaksanakan presentasi kelas (CTL: modeling) Guru melakukan refleksi dan menyimpulkan hasil diskusi (CTL: reflection) Guru melakukan kegiatan penilaian selama proses pembelajaran (CTL: authentic assessment) Kriteria Penilaian: Setiap tindakan wajib diberikan tanda cek (√). f. Jika tindakan tersebut dilaksanakan oleh guru maka tanda cek diberikan pada kolom ”ya”. Adapun persentase ketercapaian penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning dapat dihitung dengan rumus = jumlah tanda cek pada kolom ”ya” X 100% Jumlah total tanda cek . g.