DEMOKRASI DI INDONESIA Demokrasi langsung

Demokrasi langsung merupakan suatu bentuk demokrasi dimana setiap rakyat memberikan suara atau pendapat dalam menentukan suatu keputusan. Dalam sistem ini, setiap rakyat mewakili dirinya sendiri dalam memilih suatu kebijakan sehingga mereka memiliki pengaruh langsung terhadap keadaan politik yang terjadi. Sistem demokrasi langsung digunakan pada masa awal terbentuknya demokrasi di Athena dimana ketika terdapat suatu permasalahan yang harus diselesaikan, seluruh rakyat berkumpul untuk membahasnya. Di era modern sistem ini menjadi tidak praktis karena umumnya populasi suatu negara cukup besar dan mengumpulkan seluruh rakyat dalam satu forum merupakan hal yang sulit. Selain itu, sistem ini menuntut partisipasi yang tinggi dari rakyat sedangkan rakyat modern cenderung tidak memiliki waktu untuk mempelajari semua permasalahan politik negara.

Demokrasi perwakilan
Dalam demokrasi perwakilan, seluruh rakyat memilih perwakilan melalui pemilihan umum untuk menyampaikan pendapat dan mengambil keputusan bagi mereka.

DEMOKRASI PANCASILA

demokrasi Pancasila yang menjadikan Pancasila sebagai ideologi negara , pandanganhidup bangsa Indonesia , dasar negara Indonesia dan sebagai identitas nasionalIndonesia. Sebagai ideologi nasional , Pancasila sebagai cita - cita masyarakat dansebagai pedoman membuat keputusan politik.

Orde Baru hadir dengan semangat "koreksi total" atas penyimpangan yang dilakukan oleh Soekarno pada masa Orde Lama. Setelah kejatuhan Soeharto. Selain itu. Ulrich Zwingli. Orde Baru menggantikan Orde Lama yang merujuk kepada era pemerintahanSoekarno. dll. Orde Baru adalah sebutan bagi masa pemerintahan Presiden Soeharto di Indonesia. Reformasi Reformasi secara umum berarti perubahan terhadap suatu sistem yang telah ada pada suatu masa.Yohanes Calvin. Dalam jangka waktu tersebut. . Di Indonesia. ekonomi Indonesia berkembang pesat meskipun hal ini terjadi bersamaan dengan praktik korupsi yang merajalela di negara ini. yang dipimpin oleh Martin Luther. Orde Baru berlangsung dari tahun 1966 hingga 1998.ORDE BARU ORDE BARU dalam sejarah politik Indonesia dicetuskan oleh pemerintahan Soeharto dan merujuk kepada masa pemerintahan Soeharto (1966-1999). Orde Baru digantikan dengan Orde Reformasi. kata Reformasi umumnya merujuk kepada gerakan mahasiswa pada tahun 1998 yang menjatuhkan kekuasaan presiden Soeharto atau era setelah Orde Baru Kendati demikian. Istilah ini digunakan untuk membedakan dengan Orde Lama pemerintahan Soekarno. kata Reformasi sendiri pertama-tama muncul dari gerakan pembaruan di kalangan Gereja Kristen di Eropa Barat pada abad ke-16. kesenjangan antara rakyat yang kaya dan miskin juga semakin melebar.