SAP (Satuan Acara Penyuluhan) MENCUCI TANGAN 7 LANGKAH

a.

Tujuan Instruksi Umum (TIU) Setelah dilakukan proses penyuluhan kesehatan selama ± 20 menit, diharapkan pasien dan keluarga mampu mengerti, memahami dan dapat mempraktekan tentang 7 langkah cara mencuci tangan yang benar dan sehat.

b. Tujuan Instruksional Khusus Setelah mengikuti proses penyuluhan kesehatan, pasien dan keluarga diharapkan mampu: 1.Menjelaskan pengertian mencuci tangan 2.Menyebutkan tujuan mencuci tangan 3.Menjelaskan kapan waktu mencuci tangan 4.Menyebutkan alat-alat yang diperlukan dalam mencuci tangan 5. Mendemonstrasikan cara mencuci tangan yang benar dan sehat

c. Waktu Hari/tanggal Waktu

: Rabu 8 April 2012 : Pukul 08:00 s.d selesai

d. Proses penyuluhan kesehatan No 1. Tahapan Pembukaan: a. Membuka acara b. Memperkenalkan diri 2. Kegiatan 10 menit Ceramah, leaflet Waktu 5menit Metode Ceramah, Tanya jawab Media

Menyebutkan tujuan mencuci tangn. 3.a. . c. e. Menyebutkan diperlukan tangan. Evaluasi b.Menjelaskan mencuci tangan. Salam penutup 5 menit Ceramah. Mendemonstrasikan cara alat-alat dalam yang kapan waktu mencuci mencuci tangan yang benar dan sehat. Menjelaskan pengertian Menjelaskan mencuci tangan Tanya jawab b. Evaluasi Evaluasi yang dilakukan dengan menanyakan beberapa pertanyaan secara lisan (verbal) diantaranya:  Apa yang dimaksud dengan mencuci tangan ?  Bagaimana cara mencuci tangan 7 langkah ?  Apa fungsi dari mencuci tangan ? . Penutup : a. Tanya jawab e. . d.

Menghindari masuknya kuman kedalam tubuh 4. Nah sebenarnya kapan waktu yang tepat untuk melakukan cuci tangan? 1. Supaya tangan bersih 2.f. 4. Dimana tindakan ini dilakukan dengan tujuan: 1. Pengertian Mencuci tangan adalah menggosok air dengan sabun secara bersama-sama seluruh kulit permukaan tangan dengan kuat dan ringkas kemudian dibilas dibawah aliran air (Larsan. Sebelum dan sesudah melakukan kegiatan Bagi adik-adik mencuci tangan ini juga bisa dilakukan sebelum dan sesudah belajar. Mencegah infeksi silang/infeksi nosokomial di RS C. Waktu Mencuci Tangan Bagi setiap orang. mencuci tangan adalah satu tindakan yang takkan lepas kapanpun. 1995). Karena merupakan proteksi diri terhadap lingkungan luar. B. jadi selesai bermain harus mencuci tangan supaya kuman dari tanah hilang dan tidak menempel ditangan. sehingga diharuskan untuk mencuci tangan 3. Setelah buang air besar Besar kemungkinan tinja masih tertempel di tangan. sebelum dan sesudah bangun tidur dan sesudah melakukan kegiatan yang lain. 5. Setelah bermain Kebiasaan anak kecil adalah bermain ditempat yang kotor. Membebaskan tangan dari kuman dan mikroorganisme 3. Dimana kita tahu bahwa banyak sekali kuman didalam tanah. Sebelum dan sesudah makan Untuk menghindari masuknya kuman kedalam tubuh saat kita makan 2. Tujuan Mencuci Tangan Mencuci tangan merupakan satu tehnik yang paling mendasar untuk menghindari masuknya kuman kedalam tubuh. Isi materi 7 LANGKAH MENCUCI TANGAN YANG BAIK & BENAR A. Sebelum & sesudah kontak dengan pasien di RS .Seperti tanah.

D. 7 langkah dalam mencuci tangan Langkah-langkah dalam melakukan cuci tangan yang benar dan sehat adalah :  Basahi tangan dengan air di bawah kran atau air mengalir. . Bersihkan sabun dari kedua tangan Keringkan tangan dengan tissue atau handuk bersih.    Ambil sabun cair secukupnya untuk seluruh tangan.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful