BAB 1 PENDAHULUAN

1.1 LATAR BELAKANG Setiap masakan dari suatu negara tentu berbeda-beda. Entah itu rasanya, bumbunya, bentuk/ fisiknya, maupun cara – cara makan dan penghidangannya. Dari beberapa jenis masakan tersebut ada tiga diantaranya yang bisa dibilang masakannya jauh “berbeda”, diantaranya jenis masakan kontinental, Oriental, dan juga Timur Tengah. Dari ketiga jenis masakan ini banyak perbedaan – perbedaan yang dapat kita pelajari dan ketahui, seperti sejarahnya, karakteristiknya, serta bahan dan bumbu apa yang sering digunakan, juga masih banyak lagi lainnya yang nanti dalam makalah ini akan kami jabarkan. Masyarakat Indonesia juga tentu mengalami kesulitan untuk menerima masakan asing. Hal ini disebabkan karena bahan yang digunakan, bumbu, dan juga porsi yang berbeda. Hal ini menjadi masalah bagi masyarakat Indonesia dengan tingkat ekonomi yang relative standard dan keadaan fisiologis tubuh yang belum memungkinkan untuk beradaptasi untuk mencerna banyak protein. Bumbu yang digunakan pada masakan asing memengaruhi cita rasa masakan tersebut, dan terdapat beberapa cita rasa masakan asing yang masih belum lazim di lidah masyarakat Indonesia. Untuk itu diperlukan modifikasi resep yang mencakup penggantian bahan tanpa memengaruhi struktur resep dan hanya mengalami sedikit cita rasa. Dan dalam makalah ini kami juga akan menjabarkannya.

1.2 TUJUAN  Agar dapat mengetahui bagaimana sejarah jenis masakan masing-masing.  Agar mampu membedakan karakteristik dari masing-masing masakan.  Agar dapat mengetahui dan memahami apa itu masakan kontinental, oriental dan Timur Tengah.  Dapat mengetahui perbandingan cita rasa masing-masing masakan.

GIZI KULINER LANJUT

1

BAB 2 PEMBAHASAN
2.1 KARAKTERISTIK MASAKAN

Karakteristik Masakan Kontinental A. Sejarah Masakan Kontinental Pada masa bangsa romawi menguasai Eropa, kemenangan peperangan dirayakan dengan pesta pora yang hebat, yaitu dengan diadakannya pesta-pesta yang melanda di negara-negara Eropa, salah satunya adalah Negara Perancis. Pada acara pesta disajikan hidangan yang istimewa, sehingga Negara Perancis terkenal dengan masakan yang modern dan mengembangkannya sampai ke seluruh dunia. Perkembangan masakan kontinental hingga bisa ke seluruh dunia diawali dengan terjadinya revolusi agama dan politik di Eropa pada abad XIV. Akibat revolusi ini banyak orang Eropa yang melarikan diri ke Amerika. Seiring berjalannya waktu, imigrasi dalam periode ini sangat tinggi dan dilakukan dengan besar-besaran. Perpindahan yang dilakukan oleh orang-orang Eropa umumnya adalah dalam tujuan politik, memperluas daerah jajahan, dan menemukan sumber daya baru yang dapat dikuasai olehnya. Namun bukan hanya masalah politik yang menjadi tujuan satu-satunya, orang-orang Eropa juga memperkenalkan

kebudayaannya ke daerah lain, termasuk masakannya yang mewah. Kebiasaan orang Eropa yang kemudian berkembang di daerah yang disinggahinya menjadikan daerah tersebut memiliki hidangan makanan yang mirip dengan masakan Eropa. Dengan demikian, masakan kontinental yang identic dengan wilayah Eropa kini menjadi lebih luas karena perkembangan masakannya yang telah meluas ke daratan lain (Australia, Amerika, dan lain-lain).

GIZI KULINER LANJUT

2

B. Pengertian Masakan Kontinental Masakan kontinental adalah masakan yang berkembang dari negara-negara Eropa yang pada awalnya diperkenalkan di Perancis. Gaya masakan ini terus berkembang sampai ke benua lainnya termasuk Amerika (akibat penjajahan Inggris), karena itu menu masakan di Amerika akan banyak memiliki kesamaan dengan menu dari Eropa. Masakan kontinental sendiri dijelaskan sebagai masakan Eropa sebagai tempat awal mula masakan ini berkembang.

C. Karakteristik Masakan • Struktur menu pada hidangan kontinental terdiri atas cold appetizer (hidangan pembuka dingin), soup (sup), hot appetizer (makanan pembuka panas), main course (makanan utama), sweet dish (hidangan manis), dan dessert (makanan penutup). • Hal yang membedakannya dari makanan lainnya yaitu pada hidangan kontinental porsi sumber proteinnya lebih besar (porsi daging lebih besar daripada porsi sumber karbohidrat). • • • Dalam pemasakan hidangan kontinental biasanya menambahkan bahan lain dalam masakannya seperti susu, wine, butter, atau lemak hewan. Garnish dalam hidangan kontinental tidak terlalu banyak, biasanya hanya potongan kecil daun peterseli. Dalam satu piring sajian masakan kontinental masih terdapat tempat kosong dalam satu piring tersebut, jadi piring yang digunakan tidak penuh dengan makanan. • Hidangan kontinental sangat identik dengan pemakaian sausnya. Saus yang digunakan dalam hidangannya selain menjadi garnish namun pada beberapa makanan menjadi penentu cita rasa dari makanan yang disajikan. • Bumbu yang digunakan pada masakan kontinental memiliki cara pengolahan yang berbeda dengan pengolahan bumbu pada masakan lain. Biasanya bumbu yang digunakan sudah dalam bentuk instan tinggal pakai, seperti dalam bentuk bubuk atau larutan.

GIZI KULINER LANJUT

3

D. Perkembangan Umum dari Masakan Kontinental di Benua Eropa • • Eropa barat (Perancis, Belgia, Swiss, Belanda, dan Jerman) memiliki selera makanyang sama. Eropa timur (Chekoslovakia, Hongaria, Yugoslavia, Yunani, Romawi, dan Rumania) mempunyai selera makan yang menggunakan bumbu tajam dari rempah–rempah seperti lada. • Eropa selatan (Italia, Portugal, Spayol) pada umumnya berbumbu tajam pula yaitu menggunakan pala, lada, dan kayu manis.

E. Bumbu Rempah Yang Sering Digunakan         Bay Leaf (Lourus nobilis) Basil (Ocimum basilicum) Dill (Anethum graveolens) Oregano (Origanum spp) Rosemary (Rosmarinus afficinalis) Sage (Salvia officinalis) Tarragon (Artemisia dracunculus) Thyme (Thymus spp)

F. Pembagian waktu makan untuk Negara 4 musim 1. Breakfast 06.00-09.00 2. Brunch 10.00 (minum kopi/cemilan, sarapan bukan makan siang pun bukan) 3. Lunch 12.00-15.00 (menu tergantung keluarga) 4. Afternoon Tea 16.00-18.00 (tea/cookies/cemilan di sore hari) 5. Dinner 19.00-21.00 Supper tengah malam (biasanya setelah menonton acara tengah malam)

GIZI KULINER LANJUT

4

selain itu juga ada Turkish Coffee (kopi tubruk khas Turki) atau Mint Tea. Iran.  Masakan timur tengah khususnya masakan Turki banyak memakai Yogurt dalam berbagai bentuk dan menggunakan bahan dasar kacang-kacangan.Roti maryam.teknik memasak makanan timur tengah juga menjadikan khas Negara ini dengan banyaknya makanan yang dibakar atau dipanggang serta cita rasa masakan yang khas dengan aroma rempah yang kental.serta minyak lain yang juga khas yaitu minyak samin untuk setiap pengolahan masakan di Timur Tengah.Negara timur tengah yang kaya akan buah Zaitun juga banyak menggunakan minyak Zaitun dalam masakannya.Roti jala. Israel. GIZI KULINER LANJUT 5 . Masakan Timur Tengah memiliki berbagai menu pilihanan. terutama kacang pistachio dan walnut sebagai bahan makanan penutup Madu digunakan sebagai bahan pemanis selain sirup khas Turki yang dibuat dari gula pasir. Mesir.selain itu juga ada minuman khas Timur Tengah yaitu Sage Tea (Ada Cayi) yaitu daun Sage kering yang diseduh dengan air mendidih dan dihidangkan bersama gula kubus. Bahan Makanan Masakan Timur Tengah  Hidangan masakan timur tengah dikenal mengunakan bahan makanan banyak rempah dalam setiap masakannya serta menggunakan bahan makanan yang segar seperti sayur sayuran terutama terung dan menggunkan banyak daging kambing walau ayam dan sapi juga banyak digunakan namun kambing tetap mendominani.Karakteristik Makanan Timur Tengah Masakan Timur Tengah adalah masakan khas Negara Timur Tengah yang berasal dari beberapa Negara timur tengah diantaranya masakan yang berasal dari Negara Turki. Irak. cengkeh dan rose water atau air bearoma mawar.serta memiliki bahan masakan yang khas atau banyak digunakan di Negara tersebut diantaranya penggunaan daging kambing yang mendominani masakan timur tengah.dan makanan pendamping makanan pokoknya seperti Roti pita. Libanon.

Qinghai. dan bagian selatan dari Siberia. Di negara-negara Asia seperti India. bagian barat daya dan pertengahan Cina seperti Tibet. peradaban. dan bagian barat dari RRC seperti Xinjiang. Mongolia. dll. Korea dan Jepang memiliki kekhasan dalam masakannya yaitu penekanan pada penggunaan minyak dan saus yang banyak. Iran bagian timur laut. Masakan di Cina sangat dikaitkan erat dengan kegunaannya untuk obat bagi manusia. Asia Utara. Vietnam. rempah-rempah dan saus seperti Saus Ikan di Vietnam. Di Asia Tenggara. Brunei. Asia Tenggara dan Asia Barat. Gansu dan Mongolia. Uzbekistan. Negara Asia Tenggara adalah Kamboja. Pengertian Makanan Oriental Makanan oriental adalah kombinasi makanan dari Asia Tengah. Negara Asia Timur seperti Cina. Termasuk ke dalam Asia Timur adalah Republik Rakyat Cina (RRC). Indonesia. dan Pakistan. Pakistan bagian utara. Thailand. GIZI KULINER LANJUT 6 .Karakteristik Makanan Oriental A. Laos. Malaysia dan Filipina. Makanan Oriental bervariasi antar negaranya. Makanan di daerah ini cenderung penuh warna dan memiliki aroma yang kuat. Afganistan. India bagian barat laut. India. Makanan oriental berbeda tiap negara dipengaruhi oleh sejarah tiap negara. terdapat penggunaan bumbu dengan aroma kuat seperti lada dan cengkeh untuk meningkatkan aroma masakan. Asia Selatan. Asia Tengah terdiri dari Kazakhstan. Makanannya sangat beragam dan penuh warna dengan penggunaan bumbu-bumbu local. Sri Lanka. Tajikistan. Pakistan. Asia Timur. Iran dan Yaman. Kirgiztan. Pada dasarnya. makanannya banyak dipengaruhi Persia dan Arab. Makanan oriental unik dan telah menjadi masakan favorit di seluruh dunia. Jepang dan Korea. budaya masyarakatsetempat. produk makanannya ditekankan pada penggunaan bumbu. rempah-rempah dan jamu. Negara Asia Utara adalah Burma. Sri Lanka dan Burma. Turkmenistan. Asia Barat terdiri dari Turki.

– Dapat di rebus. dibakar. • Masakan Kanton. – Masakan terkenal pedas. kwee tiau. soun. udang. Jenis-Jenis Masakan Oriental  Makanan Cina Ada banyak tipe masakan Cina karena wilayah yang berbeda di Cina dapat memberikan perbedaan gaya memasak. jamur kuping. rebung. Secara geografis dapat dibedakan atas: • Masakan Shangai. berempah tajam.Pengertian kata „Oriental‟ dapat berbeda tergantung lokasinya. juga seafood – Selera ringan. B. tidak terlalu berbumbu – Mengutamakan rasa segar dan pengolahan umumnya di tumis. taoge. penggunaan kata „Oriental‟ di Indonesia mengacu pada masakan dari Cina. monyet. kembang tahu. anjing. Sedangkan di Vietnam dapat mengacu pada makanan Cina dan Jepang. Bahan makanan yang biasa digunakan antara lain bunga sedap malam. tikus. – Umumnya di rebus. ditumis – Banyak sup dengan bahan baku ular. agak manis • Masakan Szchan dan Hunan Food. telur. dan di Jepang mengacu kepada makanan Thailand atau Mongolia. Banyak menggunakan ikan. mushroom. abalone. chinesse cabbage. digoreng.mie. digoreng • Masakan Mandarin – Selera lebih datar dan anggun. Namun demikian. water chesnut dll GIZI KULINER LANJUT 7 . ditumis. tahu. asin. kaya rasa dan aroma – Cara pengolahan umumnya di kukus. Penggunaan kata „Makanan Asia‟ di daerah Cina dapat mengacu pada makanan Korea dan Jepang. Korea dan Jepang.

Tofu (tahu Jepang). Agemono (digoreng). Tradisi budaya orang Jepang menggunakan ikan dalam berbagai makanannya seperti sushi dan makanan laut lainnya. dan telur Lemak dan gula Macam-macam bumbu yang digunakan antara lain.  Makanan Korea Makanan pokok utama adalah nasi. Nimono (diungkep). dapat di masak tersendiri atau dicampur kacang-kacangan seperti kacang merah. Teknik memasak : Yakimono (dipanggang). aroma. ikan. Bumbu yang umum GIZI KULINER LANJUT 8 . Masakan di Jepang memiliki perbedaan gaya dan rasa yang sangat nyata dibandingkan jenis masakan dari Asia Timur lainnya. kacang kedele. Masakan Korea banyak menggunakan ikan dan seafood di samping daging sapi. Mushimono (dikukus). rasa dan tekstur. dipanggang). babi dan ayam. Hidangan khas Korea adalah Kimchi. Ini dilihat dari penggunaan teknik menggoreng yang sangat jarang dan persiapan makanan rebusan juga bahan mentah yang sangat hati-hati. susunannya yaitu:      Serat dan karbohidrat Sayur dan buah Susu dan olahannya Daging. dll. Makanan Jepang Makanan Jepang dikenal sederhana baik cara pengolahan (kebanyakan menggunakan media air) maupun bumbu dan lebih mengutamakan kekuatan rasa dari kesegaran bahan baku utama dan keseimbangan antara porsi. bahan makanan hanya dicelupkan sebentar ke dalam air panas. Shoyu (kecap dari kedele). Bahan pangan yang paling banyak digunakan di Jepang. Seaweed yang dibuat kaldu. Miso (Semacam taoco). Nabemono (seperti blancing. fermentasi sayuran yang telah direbus atau buah dengan rasa asam dan sedikit pedas dan Bulgogi atau Bulgalbi (daging diiris tipis. Nori (rumput laut berupa lapisan warna hitam dengan aroma yang kuat).

Tilting-Pan. Di perayaan hari besar. Dalam masakan tradisionalnya. juga sering digunakan kuali dari bahan tanah liat. double boiler. ada tradisi untuk memakan ramai-ramai dari satu wadah yang sangat besar yang bisa memberi makan ratusan orang. namun perlu diperhatikan bahwa makan dengan tangan kiri dianggap kasar. Banyak jenis peralatan untuk proses memasak. Masakan modern Timur Tengah sudah menggunakan oven namun tradisionalnya masih menggunakan tungku bakar. Seringnya. daun bawang. sherry/arak. merica hitam. diantaranya :  Alat perebus: egg-boiler. kecap. pan perebus.  Alat penggoreng : deepfryer. yang pertama berbentuk seperti mangkuk tertutup yang diatasnya bolongbolong dan yang kedua adalah teko berisi air yang ditaruh diatas mangkuk tertutup tersebut. Pressure Freyer. cuka (white vinegar). ada dua alat dalam satu set kobokan. bubuk cabai. GIZI KULINER LANJUT 9 . gas Freyer. jahe. 2.2 PERBEDAAN ALAT MASAK DAN ALAT HIDANG Timur Tengah Orang Timur Tengah memiliki kebiasaan untuk memasak dalam porsi yang banyak sehingga dibutuhkan alat masak yang besar. makanan biasa disajikan dalam porsi yang besar sehingga alat hidangnya juga berukuran besar dan disajikannya dengan piring penuh dan juga menumpuk keatas. udang kering. Kobokan Timur Tengah berbeda dengan kobokan yang ada di Indonesia. large steam jacketted boiler.dalam masakan Korea adalah bawang putih. chinese wock. dan wijen. Di Timur Tengah. dan berbagai ukuran panci perebus. brassier. biasanya disediakan kobokan. Timur Tengah masakannya jarang yang menggunakan teknik steaming. Karena sering menggunakan tangan. minyak wijen. orang Timur Tengah langsung menggunakan tangan dalam makan.

dan alat kecil lainnya. sangat tergantung situasi dan keperluannya. harus memakai brassiere agar muat. Alat bantuannya adalah baking-pan.  Alat Braise : Braising diperlukan bagi daging yang keras. sauteuse.  Alat Roast : Memanggang dengan oven dinamakan roast dan berlaku untuk daging.  Alat pembakar : Proses membakar atau grill juga memakai alat yang dinamakan grill. Untuk alas bahan yang dipanggang maka digunakan roasting pan. tetapi untuk yang berukuran sangat besar seperti ikan utuh. griddle cake. untuk memasak burger.  Alat pendadar : teflon berbagai ukuran.  Alat steam : Mengukus memerlukan steamer atau kukusan.  Alat Griddle : Berupa plat besi rata. Dapat juga memakai sautoir atau sauce pan. Alatnya dinamakan braissiere dan prosesnya menggunakan kaldu atau saus sebagai kelengkapan. dibuat dari ram-ram besi dan dipakai di atas arang menyala.  Alat Broil : Untuk proses ini digunakan alat broiler dan kalau tak ada dapat memakai salamander atau grill. Alat penumis : sautee-pan. mould.  Alat poach : Untuk bahan yang berukuran kecil dapat memakai panci atau sautoir. GIZI KULINER LANJUT 10 .  Alat barbeque : Barbeque memakai grill. atau griddle egg. memakai tusukan bagi bahan yang dipanggang di atas api arang. Istilah lengkapnya adalah teflon coated sautee-pan. Harus pula dilakukan pembersihan secara periodik atau general cleaning bagi semua alat dapur tersebut.  Alat Baking : Membuat roti harus memakai Baking-oven yang berbeda dengan roasting oven untuk daging. dan yang sulit dimasak dengan grill. Alat itu harus dijaga kebersihannya dan bebas dari karat dan kotoran. Uap yang muncul dari alat ini akan mematangkan objek yang dikukus.

Yang termasuk kitchen equipment adalah Mechanical Equipment.Peralatan dapur dibagi 2 macam :  Kitchen Equipment  adalah peralatan dapur yang besar dan berat.  Kitchen Utensils  adalah peralatan dapur yang kecil dan pada umumnya dapat atau mudah dipindah-pindah. alat masak yang digunakan adalah: Teknik memasak Boiling. Panci Blanching dan Stewing Braising Steaming Oven dan Panci Panci riso. Kontinental Berdasarkan teknik memasaknya. Simmering. klakat & kukus tradisional Frying Roasting Grilling Wajan Loyang Oven GIZI KULINER LANJUT 11 .k sulit atau tidak bisa dipindah-pindah. Alat yang digunakan Poaching. dandang atau langseng.

Alat hidang:  Macam dan Jenis o Sendok makan o Sendok sayur o Sendok teh o Sendok kopi o Sendok nasi o Sendok sop o Sendok sirup o Sendok es krim o Sendok kue tart  Macam dan Jenis Garpu o Garpu makan o Garpu kue o Garpu daging dan ikan  Macam dan Jenis Pisau o Pisau makan o Pisau mentega o Pisau buah o Pisau daging o Pisau roti o Pisau kue tart  Macam dan Jenis Piring       Piring makan Piring ceper Piring sayur Piring lonjong Piring cekung besar Piring cekung sedang GIZI KULINER LANJUT 12 .

Alat penghalus bumbu dikenal adanya cobek dan muntu .sedang maupun besar. ( alat-alat ini tidak dikenal didapur continental) disamping menggunakan blender elektrik bagi yang memiliki alat modern. Diantara panci dan tunggu ada sekat. GIZI KULINER LANJUT 13 . garpu. Nyiru dan alat alat lain dari bambu juga banyak dipergunakan. Alat Hidang yang khas dari hidangan oriental adalah sumpit. Alat menggoreng yang biasa digunakan adalah wajan atau kuali. dan lainnya. mangkuk.   Piring kecil Piring mangkuk / mangkok Macam dan Jenis Gelas o Gelas air o Gelas sirup o Gelas anggur o Gelas bir o Gelas kopi Oriental Alat-alat memasak dalam dapur oriental adalah mirip dengan alat memasak yang ada dalam dapur Indonesia. Penggorengan yang biasa digunakan di dapur oriental adalah cekung (wox ). piring. Alat untuk merebus menggunakan panci dengan tunggu. baik itu kecil. gelas. serta lumpang dan alu. pipisan dan anak pipisan. Selebihnya sama seperti pada umumnya alat hidang seperti sendok.

ketika sampai di Indonesia dimodifikasi dengan penggunaan saus sambal. tidak demikian halnya dengan bumbu. Soup pada hidangan kontinental merupakan makanan yang dimakan sebelum makanan utama. sedangkan masakan Timur Tengah lebih kaya bumbu dan rempah. Modifikasi masakan Timur Tengah agar mudah diterima oleh masyarakat Indonesia. makanan ini bisa dimodifikasi dengan penambahan rempah Indonesia agar rasanya dapat diterima. Makanan kontinental biasa menambahkan mustard atau tobasco untuk menambahkan rasa pedas. orang Indonesia menjadikan soup sebagai sayuran teman makan yang disantap dengan nasi.2. Rasa pedas hasil kombinasi antara GIZI KULINER LANJUT 14 . hal ini bisa dimodifikasi dengan menambahkan cabai. Masakan Indonesia cenderung lebih ringkas. Untuk orang Indonesia yang kurang menerima makanan kontinental. Biasanya makanan utama dalam hidangan kontinental dihidangkan dengan karbohidrat berupa pasta atau kentang. untuk orang Indonesia bisa dimodifikasi dengan mengganti pasta atau kentang menjadi nasi. Makanan italia juga lebih banyak memakai saus tomat daripada saus sambal. Rasa mustard dan tobasco ini kurang cocok dilidah orang indonesia yang cenderung menyukai makanan pedas.3 MODIFIKASI MASAKAN A. Meski ragam menu Timur Tengah minim sayur mayur. Modifikasi Masakan Continental Agar Mudah Diterima Oleh Masyarakat Indonesia Makanan Indonesia memiliki karakteristik kaya akan rempah-rempah. kekayaan bumbu serta rempah-rempah hidangan Arab sangat terlihat pada makanan utama. Sedangakn makanan kontinental lebih terasa hambar dan kurang berempah di lidah orang Indonesia. B. Akan tetapi di Indonesia dimodifikasi. Banyak perbedaan antara menu Indonesia dan Timur Tengah.

Untuk mengadaptasi makanan ini agar GIZI KULINER LANJUT 15 . Penyesuaian rasa pun dilakukan dengan mengurangi rempah dan pedas. salatat bus (salad timun). Apabila dibandingkan dengan salad versi Barat. namun tidak demikian dengan orang Indonesia. Oleh karena itu. Salad rasanya cenderung asam karena memakai terlalu banyak lemon karena mereka suka asam. kentang. Maka penyesuaian dengan selera Indonesia bisa dengan mengganti lada dengan cabai-cabaian.cabai dan lada. Ada berbagai macam salad atau biasa disebut juga dengan salatat. Dan karena terlalu asam akibat pemberian lemon yang berlebih. Orang Indonesia tidak terbiasa memakan makanan dari saus laban (yoghurt tawar). Pratha merupakan salah satu roti khas dari India yang sudah terkenal di dunia yang biasanya disajikan dengan kari. Rasa ini mungkin aneh bagi masyarakat Indonesia sehingga untuk mengadaptasinya bisa dengan cara mengganti saus laban dengan saus salad home made. ketimun. salad ala Padang Pasir terbilang lebih sederhana. dan salatat patata (salad kentang) dengan guyuran saus laban (yoghurt tawar). Orang Timur Tengah . Kalaupun ada sup. Karena orang timur tengah lebih berminat pedasnya pada lada. dan brokoli. Hal lainnya adalah isi dari salad tersebut bisa disesuaikan dengan sayuran yang biasa dimakan masyarakat Indonesia. tomat. seperti salad atau pembuka panas berupa sup. di antaranya salatat bunidoora (salad tomat). porsi karinya disesuaikan dengan lidah orang Indonesia tanpa harus menghilangkan cita rasa asli. Adaptasi makanan Timur Tengah ke selera Indonesia salah satunya pada bumbu kari. Biasanya sayuran yang diracik untuk salad ialah okra. biasanya berbentuk sup krim.India dipercaya menyukai makanan dengan banyak bumbu kari. maka pengurangan penggunaan lemon merupakan salah satu cara alternatif sebagai modifikasi makanan timur tengah agar dapat diterima lidah masyarakat Indonesia. disesuaikan selera masing-masing. tetapi lebih berat ke cita rasa lada karena orang Arab tidak begitu berminat pada cabai-cabaian. menu Timur Tengah jarang menggunakan sayuran. Biasanya masyarakat Timur Tengah mengawali ritual makan dengan mengonsumi hidangan pembuka dingin. dan orang Indonesia lebih terbiasa dengan cabai-cabaian.

atau minyak wijen. Meski begitu. di atas api besar. sebagai identitas. seperti ang ciu (arak masak). Jenis hidangannya pun disesuaikan dengan harga. cokelat. Bahan makanan dipotong kecil-kecil. keju. Umumnya rasa dan pilihan bahanbahannya sudah di-Indonesia-kan. mirip steak. seperti daging babi. „aroma‟ masakan Cina tetap dipertahankan melalui penggunaan saus-saus khasnya yang umum di pasaran. Terutama bahan-bahan nonhalal.dapat diterima lidah orang indonesia bisa mengembangkan menu ini dengan cara memberikan berbagai variasi rasa mulai dari salad. Berbeda dari yang aslinya. Bila dibandingkan dengan kebab yang ada di Indonesia sekrang banyak terlihat perbedaan diantaranya adanya rasa kayu manis yang cukup jelas dari irisan-irisan tipis daging kebab. Sangat middle east. yang tentunya harus diganti dengan daging sapi atau ayam. hingga selai. kemudian dimasak sebentar dengan sedikit minyak. Makanan oriental yang dimodifikasi untuk orang indonesia salah satu contohnya adalah Chinese-Indonesian Food. dalam waktu singkat. Sehingga ada beberapa bahan yang diganti. termasuk juga warna dan aromanya. sesuai dengan lidah orang Indonesia kebanyakan. C. Ini merupakan modifikasi kebab agar mampu diterima lidah orang Indonesia. cara memasak. Cara masak seperti ini terbukti dapat mempertahankan keberadaan zat gizi dalam bahan makanan yang dimasak. Dan biasanya menggunakan mayones dan saus. tanpa mayones dan saus sambal. kecap asin. Modifikasi masakan oriental agar mudah diterima oleh masyarakat Indonesia. saus tiram. GIZI KULINER LANJUT 16 . biasanya daging olahan bukan daging asli seperti kebab aslinya. dengan citarasa yang mampu menghadirkan nuansa padang pasir. Menu kebab itu disajikan dengan kuah kari yang sangat kental. Kebab asli Timur Tengah dipanggang mendatar. potongannya tebal. dan cara penyajian. Dan tentunya tidak menggunakan kuah kari.

Minuman kontinental saat ini sudah banyak dapat diterima oleh lidah orang Indonesia. Modifikasi minuman dan snack Timur Tengah agar mudah diterima oleh masyarakat Indonesia.D. Contoh snack yang memakai E. Modifikasi minuman dan snack continental yaitu dengan mengganti bahan baku dari minuman atau snack sesuai selera konsumen. Seperti pada kebiasaan orang Inggris yang senang meminum teh sehingga mereka mempunyai tea time antara sarapan dan makan siang. Begitu pula dengan kopi yang saat ini sudah banyak macamnya di Indonesia seperti Cappucino yang sudah dimodifikasi oleh Indonesia sebagai sajian kopi yang berbeda dengan Cappucino asli Italia yang sangat kental. Modifikasi minuman dan snack continental agar mudah diterima oleh masyarakat Indonesia. Teh tarik Jenis minuman ini terbuat dari campuran teh dan susu segar yang mirip dengan teh tarik Indonesia. Orang Indonesia memodifikasi Cappucino dengan membuat minuman tersebut tidak kental dan pekat. Adapun snack kontinental biasanya ditambahkan oleh sedikit brandy atau alkohol sebagai penguat aroma dan rasa. namun lebih banyak menggunakan berbagai macam rempah. kayu manis. dan lain-lain sehingga rasanya lebih mirip seperti jamu dibanding teh. seperti jahe. brandy adalah crepes. Beberapa dari orang Indonesia pun saat ini sudah dapat mencoba teh yang dipergunakan orang Inggris dengan khas teh Indonesia dan rasa yang sesuai selera. Selain memanjakan lidah. GIZI KULINER LANJUT 17 . Bagi Indonesia yang mayoritas warga negaranya adalah muslim. minuman itu dapat menghangatkan tubuh. Minuman yang disajikan dengan poci khusus dari Maroko ini akan terasa lebih sedap ketika disantap selagi panas. Beberapa jenis minuman khas wilayah Timur Tengah di antaranya adalah : a. kapulaga. brandy atau alkohol dapat diganti dengan esen atau bahan tambahan pangan penguat rasa lainnya.

c. meskipun di sebagian daerah. Rasa kopi yang kuat bercampur dengan rempah kayu manis dan jahe membuat tubuh menjadi tenang. Irani Minuman ini juga unik karena tidak ada rasa yang dominan. minuman ini silih berganti menunjukkan rasa asin dan asam. penggunaan rempah-rempah dalam pengolahan teh ini dapat dikurangi. Jallab Jallab menggunakan jus kurma yang difermentasi. Minuman berwarna merah kecokelatan dan keruh ini lebih enak disajikan dalam keadaan dingin. Kuatnya kandungan jahe membuat kopi yang disajikan lebih membangkitkan rasa ngantuk dibandingkan dengan membuat penikmatnya terjaga. b. seperti Padang dan Aceh. karena telah terbiasa mengkonsumsi jahe pada berbagai jenis minuman tradisional Indonesia. bawang putih.namun gembos. Hal ini dikarenakan lidah orang Indonesia tidak terbiasa dengan aroma dan rasa rempah yang terlalu tajam. Minuman yang berwarna putih ini cocok diminum setelah melahap beragam menu daging karena seperti menyapu aroma kaldu daging. namun pihak cafe tetap dapat menyediakan gula meja sebagai kebebasan memilih dan menyesuaikan selera bagi konsumen yang datang. tanpa menghilangkan aroma rempah yang memberikan ciri khas Timur Tengah tersebut. Minuman untuk menjamu tamu Biasanya mereka meyajikan teh menggunakan jahe dan sedikit gula serta tambahan kapulaga (biji-bijian sebesar kacang tanah. Rasanya tidak terlampau manis.Untuk dapat diterima oleh lidah kebanyakan orang Indonesia. Kopi Darin Kopi Darin pun dapat menjadi pilihan minuman khas. Di lidah. Untuk minuman jenis inipun. terdapat biji- GIZI KULINER LANJUT 18 . Minuman jenis ini cukup mudaj diterima oleh lidah orang Indonesia. e. Jenis minuman ini cukup mudah diterima oleh orang Indonesia sehingga tidak memerlukan upaya modivikasi khusus. hal ini dapat dengan mudah diterima karena budayanya yang banyak dipengaruhi wilayah Timur Tengah. wajah kita akan menggelinjang menahan rasa asam dan asin. d. tidak dibutuhkan metode modifikasi khusus ke arah masakan Indonesia. dan kapulaga. Saat menyeruput Irani dalamdalam.

Makanan ini umumnya disajikan sebagai appetizer dan merupakan pembeda antara masakan Libanon dengan Arab Saudi. sebab masyarakat mereka kurang menyukai rasa asin sehingga dapat disediakan garam meja untuk membebaskan konsumen memadukan rasa sesuai selera. Jenis makanan ini lebih mudah diterima di Indonesia sebab cita rasanya yang tidak terlalu kental atau jauh berbeda dengan cita rasa Indonesia sehingga tidak memerlukan upaya modifikasi khusus. dimana lebih kuat penggunaan kapulaga dan kayu manisnya.getir). dimakan begitu saja (untuk yang masih berwarna hijau kekuningan) hingga diolah menjadi manisan. Oleh karena itu. wilayah Timur Tengah amat gemar menggunakan buah ini dalam setiap hidangannya. khasiat buah ini terhadap kesehatan amatlah banyak. Manisan Zaitun Hitam Sebagai negara asal buah zaitun. Ketika disajikan. Di bagian tengahnya. c. Sebagian besar makanan dan snack khas Timur Tengah kurang terasa asin. Rasanya kurang sesuai dengan lidah orang Indonesia. baik hanya sebagai penambah rasa makanan (zaitun matang berwarna hitam yang diambil minyaknya). Arayes Salah satu jenis camilan yang disukai ialah arayes. b. minuman ini dapat dimodifikasi dengan mengurangi penggunaan kapulaga dan menambahkan sedikit gula. roti bulat itu dipanggang dan dipotong empat bagian. Rasa buah zaitun agak sulit dijelaskan. Namun. Tidak lupa makanan ini dikonsumsi dengan sambil dicocol dengan saus cabai dan tomat.biji kecil didalamnya dan rasanya wangi . sedikit sepat dan pahit sehingga terkadang anak-anak kurang menyukainya. berbentuk arabic bread bulat dan pipih. Falafel dan Beef Sambosa Camilan lainnya ialah falafel dan beef sambosa yang mirip dengan pastel berisi daging giling padat. pahit karena menggunakan teh kental dan wangi kapulaga serta gulanya sedikit. sedangkan di luar Libanon yang lebih kuat adalah aroma jintennya. Dalam upaya penyelenggaraan makanan Timur GIZI KULINER LANJUT 19 . Jenis makanan ringan yang biasa menjadi ciri khas Timur Tengah di antaranya : a. diisi dengan daging giling berbumbu.

Modifikasi yang dilakukan hanya sebatas mengganti bahan-bahan atau bumbu yang tidak cocok saja. dan lain-lain. Modifikasi minuman dan snack oriental agar mudah diterima oleh masyarakat Indonesia. sake. karakteristik minuman dan snack oriental hampir sama dengan karakteristik minuman dan snack Indonesia. teh hijau. bakwan. Sedangkan snacknya adalah siomay. F. Di rumah-rumah makan. d. jadi lidah masyarakat Indonesia cukup mudah untuk menerima langsung cita rasa minuman dan snack oriental.Tengah di Indonesia. dimsum. Biasa disajikan di meja tempat menerima tamu. Buah kurma pun lazin ditemukan di Indonesia. Buah Kurma Buah yang selalu dapat dengan mudah ditemui di wilayah Timur Tengah ini seolah – olah merupakan kudapan kecil wajib bagi masyarakatnya. misalnya mengganti bahan-bahan atau bumbu-bumbu yang tidak halal menjadi bahan-bahan atau bumbu-bumbu yang halal. biasanya kurma pun disajikan dalam wadah dengan penampilan menarik. penggunaan buah zaitun utuh yang dapat mempengaruhi cita rasa dengan kuat dapat dikurangi. diletakkan di atas meja makan dan dapat dinikmati konsumen sambil menunggu pesanan diantar. khususnya pada bulan Ramadhan sehingga tidak memerlukan upaya modifikasi apapun. GIZI KULINER LANJUT 20 . Contoh dari minuman oriental adalah es shanghai. dll. bakpao. Pada umumnya.

Selain melezatkan masakan. o Dill (Anethum graveolens) Aroma dan rasa daun dill yang khas dapat menghilangkan aroma amis pada olahan seafood. Tanaman yang diduga berasal dari Eropa Selatan dan Asia Barat ini cocok ditambahkan pada sop. ikan. o Basil (Ocimum basilicum) Daun basil banyak digunakan pada masakan Eropa dan sebagian negara Asia seperti Thailand. soup dan salad juga terasa lebih lezat dan istimewa. Aromanya mirip dengan daun kemangi. kering dan serbuk. Dijual dalam bentuk segar. Topping pizza akan kehilangan ciri khasnya jika Anda tidak menambahkan oregano. keju. Selain untuk bumbu. Dill lebih banyak digunakan dalam kondisi segar. seperti mengatasi gangguan pencernaan.2. GIZI KULINER LANJUT 21 . unggas. Agar hasil maksimal. antiseptik dan meringankan migran. Dipasaran dijual dalam kondisi segar dan kering.4 HERBS DAN SPICES YANG SERING DIPERGUNAKAN DALAM MASAKAN Tiap – tiap negara mempunyai bumbu khas yang tersendiri dan khas yang membedakan tiap makanan sesuai dengan ciri khas negaranya. acar dan olahan kentang. insomnia. telur. Olahan pasta. antiseptik dan tonik. salad dan sayuran.  o Continental Bay Leaf (Lourus nobilis) Sepintas aroma dan bentuk bay leaf hampir sama dengan daun salam. Tanaman asli Mediteranian ini banyak digunakan untuk mengharumkan kaldu. oregano juga bermanfaat untuk kesehatan. tambahkan bumbu ini sesaat sebelum hidangan diangkat dari perapian. aneka saus salad. sayuran dan kacang-kacangan. Biasanya ditambahkan pada olahan ikan. steak. tanaman asal India ini juga bermanfaat untuk mengatasi problem pencernaan. tentunya agar tampilan tetap segar dan aroma tidak hilang. memberikan rasa pada saus main course dan meningkatkan citarasa pada olahan daging. Vietnam dan Laos. o Oregano (Origanum spp) Kuliner Eropa sangat akrab dengan bumbu yang satu ini.

unggas maupun seafood. o Sage (Salvia officinalis) Dulunya. seafood dan telur terasa pas jika ditambahkan bumbu tarragon. Buahnya digunakan sebagai bumbu dasar masakan dan dapat dibeli dalam bentuk bubuk.  o o Timur Tengah Kapulaga Lada Ada dua jenis tanaman lada yang dikenal yaitu lada putih dan lada hitam. biasanya menggunakan bagian buah yang berbulir kecil. hasilnya saus menjadi lebih istimewa. mulai dari seafood hingga olahan telur. Aroma khasnya dapat meningkatkan citarasa semua jenis hidangan. Pembuatan cotage cheese wajib menambahkan sage untuk spicynya dan di Yunani. tanaman ini memiliki aroma harum dengan rasa sedikit pahit. maupun telur. GIZI KULINER LANJUT 22 . Sementara daunnya digunakan sebagai campuran sayuran maupun olahan lainnya. Sebagai bumbu. Dressing salad dan barbecue-pun akan terasa lebih istimewa dengan menambahkan bumbu ini. Tanaman asal Asia Tengah ini dapat digunakan dalam bentuk segar maupun kering. Aromanya yang harum dapat mengurangi bau amis atau prengus pada olahan ayam. sage lebih dikenal sebagai tanaman obat. aroma-pun tidak jauh beda. Lada dijual dalam bentuk butiran atau bubuk o Ketumbar Bagian yang dimanfaatkan untuk memasak adalah buah dan daunnya. Kuliner Eropa menggunakanya sebagai bumbu daging. ikan. sage ditambahkan ke dalam teh yang dikenal dengan sebutan sage tea. daging. rosemary dapat digunakan dalam bentuk kering maupun segar. unggas.o Rosemary (Rosmarinus afficinalis) Bentuk fisiknya hampir mirip dengan taragon. o Tarragon (Artemisia dracunculus) Olahan panggang. Sebagian orang menambahkan cincangan tarragon ke dalam saus mayonnaise atau bearnaise. Untuk bumbu masakan. Keduanya dimanfaatkan bagian buah dan daunnya. Rasanya pedas dan berbau tajam.

Biasanya. o Jinten Tanaman jenis rumput ini sering dimanfaatkan daun dan bijinya.Daun ketumbar biasanya dibeli dalam bentuk segar. Rasanya pedas dan agak manis serta bersifat menghangatkan. kebab dan nasi briani.  o o o o o o o Oriental Ketumbar Garlic Coriander leaves Lemograss/takrai (serai) Cabe bubuk Daun jeruk purut Cherry tomatoes GIZI KULINER LANJUT 23 . Rasanya campuran manis dan pedas tetapi lama kelamaan rasanya menjadi pahit. Adas biasa digunakan sebagai salah satu campuran bumbu kari. Jika tidak ada. Oleh karena itu. o Adas manis Aromanya khas. Barat. kayu manis disukai sebagai penambah cita rasa rempah pada masakan timur tengah maupun resep – resep kue. bisa digunakan daun parsley atau peterseli. bawang bombai juga baik untuk kesehatan jantung. o Adas lebih banyak digunakan pada masakan seperti pada masakan kari. menurunkan tekanan darah tinggi dan kadar kolesterol. dijual dalam bentuk butiran atau bubuk o Kayu manis Tumbuhan ini memiliki kulit kayu yang harum dan beraroma khas. Bawang bombai kerap ditemui pada masakan Eropa. dan Timur Tengah. serta mencegah pembekuan darah. pacri. Selain itu. baik untuk obat maupun bumbu masakan o Bawang bombai Umbi lapis ini memiliki khasiat yang hamper sama dengan bawang merah yaitu sebagai obat antiradang.

o o o o o o o o o o o Holy basil Green hot chilly Daun bawang Kha min (kunyit) Asam Pandan Bawang Bombay Cengkeh Pala Jinten Merica 2.  Makanan pokok (nasi. ayam/unggas. custard. Dessert dapat terdiri dari buah segar.5 CARA MEMASAK DAN MENYAJIKAN MASAKAN Kontinental Susunan hidangan kontinental berupa:  Appetizer (Hidangan Pembuka) Appetizer dapat berupa appetizer dingin (salad buah/sayuran) dan appetizer panas (sup dan kue gurih)  Main Course (Hidangan Utama) Merupakan hidangan utama yang merupakan satu kesatuan dari berbagai resep yang terdiri dari: a. dll) Lauk (daging. pasta. kentang. dll) Sayuran Dessert (Hidangan Penutup) Merupakan hidangan pencuci mulut yang rasanya manis. c. cake. es krim dll GIZI KULINER LANJUT 24 . puding. ikan/ seafood. b.

Bahan makanan harus dalam potongan besar. Bahan kering dimasukkan ke dalam minyak panas dan dipastikan seluruh bagian makanan terendam seluruhnya di dalam minyak. Contoh bahan makanan daging yang sudah dipotong kecil. Contoh: 1. Roasting Teknik memanggang dengan sedikit minyak dan menggunakan Loyang / wadah pada temperature 2000-2400 C. pudding. Penyajian makanan kontinental: 1. Penambahan lemak bemaksud untuk membantu mempercepat pemasakan dan menambah rasa & nutrisi. umbi-umbian. Deep Frying Teknik menggoreng dengan minyak banyak dan panas. hidrat arang (garniture utama). daging dan unggas.telur. Stewing Teknik memasak dengan memanfaatkan sari dari bahan makanan itu sendiri dengan menambah sedikit lemak. Contoh bahan makanan yang dapat dimasak dengan teknik ini sayuran. ikan dan sayuran 3. Bentuk garniture ada yang pokok dan pelengkap.Salad . ikan. makanan manis. Dessert disajikan dengan piring dessert atau gelas dengan mengombinasi warna dan cara yang menarik.Teknik Pemasakan: Pada Main Course teknik pemasakan disesuaikan dengan bahan dasar. Dessert : buah.dll. Main course: Appetizer: Susunan main course adalah protein (hewani/nabati). dimasak dalam wadah tertutup. sayuran. . pie dll) 2. 3. 2. Yang disebut garniture umumnya adalah sayuran.Kue kecil gurih (pastel. Hampir semua GIZI KULINER LANJUT 25 . buah.Soup . Steaming Teknik mematangkan bahan makanan menggunakan uap air mndidih dengan suhu ±1000 C. Bahan makanan yang biasa dikukus adalah daging. ikan. 4. sayuran (garniture penyerta) dan garnis.

frying (menggoreng dengan minyak).  Pada makanan Jepang. Timur Tengah Masakan timur tengah banyak mengunakan teknik memasak dengan cara dibakar atau di Panggang dengan menggunakan tungku. Pelengkap berfungsi untuk menambah atau memperkuat cita rasa sekaligus mempercantik penampilan. dan marinating (mengasinkan). main course. dan steaming (mengukus). braising (memasak di wadah tertutup). barbequing (memanggang dengan bara api). Teknik pemasakan ini banyak diterapkan juga di masakan Korea. GIZI KULINER LANJUT 26 . Sebagai contoh sushi dan shabu-shabu yang disajikan dalam bentuk mentah. Selain itu jarang menggunakan teknik deep frying.dessert disajikan dengan pelengkap. chopping (mencincang). atau pun dessert yang disajikan bergiliran). simmering (mendidihkan perlahan). dicing (memotong bentuk dadu). tidak ada giliran hidangan masakan seperti di masakan continental (tidak ada appetizer. bertujuan untuk menjaga kesegaran dan nilai gizi bahan makanan itu sendiri. memanggang. atau membakar. Oriental Teknik pemasakan  Pada masakan China. slicing (mengiris).  Metode pemasakan dalam masakan China juga terdiri dari: boiling (merebus). pemasakan dilakukan tidak terlalu lama. Untuk shabu-shabu sendiri akan disediakan alat masak di meja untuk merebus bahan makanan sendiri. roasting (memanggang dengan sedikit minyak). seperti menumis. Teknik penyajian  Dalam penyajian makanan oriental. shredding (menyobek). diagonal cutting (memotong diagonal). grinding (menggiling). terdapat beberapa istilah pemotongan bahan yang pasti dilakukan dalam pengolahan makanan sebelum proses pemasakan.  Teknik memasak pada beberapa masakan oriental sangat mirip dengan teknik memasak makanan Indonesia.

Cina Selatan : berbumbu. buah zaitun. Di Meksiko terkenal Timur Tengah Makanan khas Timur Tengah sangat berbumbu. manis. segar. Jika menggunakan santan. Penyajian masakan China dilakukan dengan porsi besar dan dihidangkan langsung setelah dimasak. Pada shabu-shabu disajikan kompor dan alat masak sendiri di meja tempat pelanggan duduk. konsumen agak sulit untuk menerima. Tidak mengenal rasa pedas kecuali Meksiko dan Amerika Latin. Jepang : tawar. dingin.6 TABEL PERBANDINGAN CITA RASA MASAKAN Continental Cita rasa Rasa makanan tidak terlalu berat. Makanan cenderung lebih dapat diterima di Internasional sebab rasanya sudah disesuaikan dan dibuat tidak terlalu menyengat. jalapeno pepper sehingga yang pedas dan di Amerika Latin makanan cenderung asam. penuh rempah dan pedas. Korea : berbumbu. Karena menggunakan tomat. sedikit pedas. cenderung rasa alami dari bahan makanan. Cina Timur : gurih. GIZI KULINER LANJUT 27 . relatif sangat kental dan menggunakan minyak. manis. Bahan yang digunakan seperti minyak zaitun. susu. Penyajian masakan jepang berbentuk masakan yang mentah atau setengah matang. asin. Cina Barat : pedas. krim dan minyak zaitun. Western Rasa makanan canderung asin. Baunya menyengat Oriental Cina Utara : hambar. asam.  Penyajian masakan Korea biasanya langsung menyantap nasi dan lauk pauk langsung dari mangkuk hiding. tomat. 2. asam. susu dan krim.

potong 2 7 sendok makan kecap ikan 5 sendok makan air jeruk lemon 2 tangkai daun ketumbar Bahan Pasta Cabai: 5 buah cabai merah 2 sendok makan minyak goreng Cara Membuat : 1. Setelah mendidih. dimemarkan 600 gram udang. daun jeruk. air jeruk.Rebus kaldu. Pasta cabai: tumis cabai merah hingga layu lalu haluskan. tambahkan cabai rawit. akar ketumbar. jamur merang. Hidangkan panas. lengkuas.250 ml kaldu ikan 1 iris lengkuas. serai. buang batang kerasnya 15 buah cabai rawit. Untuk 10 porsi GIZI KULINER LANJUT 28 . daun ketumbar.2. buang kepalanya 300 gram jamur merang. dimemarkan 5 lembar daun jeruk.7 RESEP MASAKAN  Oriental Tom Yang Khung (Sup Udang Thai) Bahan : 1.Biarkan sebentar lalu masukkan udang. kecap ikan. dan pasta cabai. dimemarkan 3 tangkai serai. 2. dipotong miring 2 tangkai akar ketumbar.

angkat. lalu diiris tipis 10 butir bawang merah. diiris halus 1 sendok makan daun seledri. dan tomat. diiris halus 1 buah tomat. diamkan selama 30 menit. lalu sangrai hingga matang Dressing:      75 gram saus sambal 4 siung bawang putih. ditumis sampai matang 200 gram udang. 2. dikupas. diseduh. dicincang halus 50 gram kacang tanah. Sajikan dengan taburan kacang tanah sangrai. dikerat punggungnya 150 gram cumi. dicincang halus 200 gram soun. aduk sampai matang. Untuk: 8 porsi GIZI KULINER LANJUT 29 . Aduk bersama soun dan daging giling.Yam Woon Sen (Thailand) Bahan Yam Woon Sen:            3 sendok makan minyak goreng 3 siung bawang putih. bawang merah iris. dicincang halus 7 sendok makan kecap ikan 1 sendok makan gula pasir 6 sendok makan air jeruk nipis Cara Membuat: 1. serta semua bahan dressing. Tumis bawang putih sampai harum. Masukkan jamur kuping. Tambahkan udang dan cumi. seledri. 3. dikerat-kerat 5 buah jamur kuping. diseduh air panas 100 gram daging giling.

Hidangkan hangat! Untuk 5 porsi GIZI KULINER LANJUT 30 . Setelah mengendal angkat. kecap ikan. potong-potong 100 gram Fillet ayam. beri sedikit air. tumis daun bawang dan bawang putih. minyak wijen. Masukkan daging ayam dan udang. masak sampai berubah warna.Cah Bokcoy (Cina) Bahan Membuat Cah Bokcoy:              300 gram Bokcoy. garam dan merica. Bubuhkan juga saus tiram. potong kecil 50 gram Udang kupas 100 cc Air 2 sdm Irisan daun bawang 3 siung Bawang putih. Panaskan margarin. sedikit demi sedikit sambil diaduk. memarkan 2 sdm Saus tiram 1 sdt Minyak wijen 1 sdm Kecap ikan 1/2 sdm Merica halus 2 sdt Tepung Maizena 2 sdm Margarin untuk menumis Garam secukupnya Cara Membuat Cah Bokcoy: 1. masak sampai daun berwarna sedikit gelap. Masukkan bokcoy. 4. Masukkan tepung maizena yang telah dilarutkan daengan sedikit air. 2. 3.

garam. merica. Masukkan tepung terigu sambil diaduk hingga kental. haluskan 1/4 sdt garam 1/4 sdt merica bubuk 100 ml kaldu daging Saus:        1 bawang bombai. merica. aduk sampai meletupletup.Chick Tofu Crimble (Cina) Bahan Chick Tofu Crimble:      300 g tahu sutera. Untuk 6 porsi GIZI KULINER LANJUT 31 . 2. aduk rata lalu tuang ke dalam pinggan. taburkan ke atas ikan lalu oven sampai matang. dan garam. Membuat saus: Tumis bawang bombai sampai layu. rebus hingga matang. Campur tahu. cincang halus 3 sdm minyak sayur 75 g tepung terigu 600 ml susu rendah lemak 100 g keju feta yang rendah lemak 1/4 sdt merica bubuk 1/4 sdt garam Toping:    50 g mentega rendah lemak 100 g tepung terigu 50 g havermut Cara Membuat Chick Tofu Crimble : 1. haluskan 200 g daging ayam tanpa lemak. Tuang susu. Taburkan suwiran ikan. Aduk bahan topping. dan kaldu. ayam. 3. Masukkan keju.

GIZI KULINER LANJUT 32 . larutkan dengan sedikit air Cara membuat: Sayuran Goreng: * Campur sayuran dan adonan tepung hingga rata. * Goreng sesendok demi sesendok makan penuh hingga kuning kecokelatan dan kering. iris kasar * 75 g tauge * 1 batang daun bawang. masak jadi satu: * 150 ml kecap Jepang * 2 sdm saus BBQ * 1/2 sdt merica bubuk * 1 sdt tepung maizena. * Angkat dan tiriskan. parut * 1 sdt garam * Saus Shoyu. iris kasar * 1 batang daun seledri.Kakiage Don Bahan: * 400 g nasi pulen hangat Sayuran Goreng: * 100 g wortel. iris kasar Aduk rata: * 100 g tepung terigu * 2 sdm tepung beras * 200 ml air * 1/2 sdt merica bubuk * 1 siung bawang putih. potong-potong * 100 g daun kol.

siap pakai 2 sendok makan pasta tomat 2 sendok makan minyak zaitun 1 siung bawang putih. cincang halus 1 sendok makan minyak sayur 3 sendok makan minyak zaitun 1 sendok makan daun basil segar 1 sendok makan oregano Garam. Untuk 3 orang  Kontinental Fettuccine Bolognese (Italia) Bahan yang diperlukan untuk 4 porsi:               300 gr egg fettuccine 250 gr daging cincang 100 gr jamur champignon (kalengan). * Beri masing-masing 2 buah sayuran goreng. iris tipis 50 cc air 1 (390 gr) botol pasta saus (tanpa daging atau jamur).Penyajian: * Taruh nasi dalam 3 mangkuk saji. dan keju permesan secukupnya sesuai selera Cara Membuatnya: GIZI KULINER LANJUT 33 . * Tuangi saus Shoyu. cincang halus 1/2 bawang Bombay. merica bubuk. * Sajikan segera.

Tempatkan fettuccine dalam wadah yang agak datar. merica dan oregano. masukkan bawang Bombay. dan air. pasta saos. Masukkan daging. Beri garam. dan bawang putih hingga harum. potong 20 cm 50 gram Bawang putih 1 buah Bawang bombai 10 gram Seledri 1 biji Paprika 2 buah Wortel 5 gram Lada hitam 100 gram Saus tomat Garam dan merica secukupnya Seasoning secukupnya Cara memasak: 1. agar tidak menempel. Terakhir masukkan jamur dan daun basil. Tambahkan dua sendok minyak zaitun. Hidangkan dengan keju permsan. tuangkan bumbu atau saos Bolognese.     Panaskan minyak zaitun (1 sendok) dan minyak sayur. menggumpal dan menempel. Rebus fettuccine hingga matang. Tuangkan pasta tomat. Aduk rata dan angkat. angkat dan tiriskan. aduk hingga berubah warna. GIZI KULINER LANJUT 34 . BBQ Ribs Ala Swiss Bahan: 1 kg Iga. aduk selama 5 menit. Presto iga selama 40 menit.

3. Tambahkan saus BBQ. Bu-buhi dengan garam dan lada secukupnya. bak coy. Buat saus krim. Untuk isi: Panaskan pan. lalu masak dioven dengan panas 100 derajat celcius sampai mengembang. caranya. Masukkan isi dan tuang saus krim ke dalam puff pas try yang telah dilubangi. lalu tumis bawang bombai dan daging sapi hingga matang. Cetak puff pastry sesuai keinginan Anda. mushroom potato/French friesh/has brawn/nasi. tambahkan potongan jamur. Beef Vol Au Vent Bahan: 1 lembar Puff pas try (adonan berbahan tepung terigu dan mentega) 80 gram Daging sapi 15 gram Jamur kuping.Cara penyajian: 1. potong pipih 20 gram bawang bombai 2 gram lada bubuk 3 gram garam 100 mi whipped cream 40 gram keju mozzarella Cara membuat: 1. lalu masak hingga mengental. 4. Sajikan iga baker. 2. 2. Tuang krim. dan jamur tumis di atas hot plate. mix vegetables tumis. beri minyak secukupnya. GIZI KULINER LANJUT 35 .

Tepung panir siap digoreng. lalu digulung setelah itu masukkan ke telur yang sudah dikocok. 2. kemudian potong jadi 2 bagian. Tipiskan dada ayam melebar kemudian susun mulai bayam. Sajikan dengan french fries dan BBQ sauce. GIZI KULINER LANJUT 36 . smoke beef. Fried Beef With Melted Cheese London Bahan: 1 buah dada ayam ditipiskan 1 sauce mozzarella cheese 2 lembar daun bayam direbus 1 lembar smoke beef Garam merica secukupnya a Telur Tepung panir French fries BBQsauce Cara membuat: 1. mozzarella. Sajikan. 6.5. Goreng daun bayam dengan api pelan sampai matang. lalu dipanggang di bawah api (di-gratan) hingga keju meleleh dengan sendirinya. 3. Taburkan keju mozzarella di atas puff pas try.

Taruh mie spaghetti tersebut dalam piring dan campurkan minyak salad ( salad oil ) per 1 kg sphagetti 100 cc. masak sebentar saja. Bungkus dengan plastik lalu dicetak dengan cetakan mie. angkat ( tiriskan ) dan disiram air/ air dingin 4.Spaghetti Bolognaisse Sauce (Italia) Bahan Mie Spaghetti : * 1 kg tepung terigu cakra * 12 btr telur ayam * 150 gr minyak salad * 10 gr garam Bahan Saus Spaghetti : * 1000 gr daging giling * 50 gr bawang bombay. Masak spaghetti selama 7 . di cincang * 75 gr pasta tomat * 50 gr tepung terigu cakra * 1 pc bayleaf * 1/2 sdt oregano * 1. Cara Memasak Spaghetti : 1. Semua bahan diaduk menjadi satu sampai rata 2. panaskan dan tuang mie spaghetti. Rebus air yang jumlahnya minimum 5 x berat spaghetti 2. 5. Masukan spaghetti pelan-pelan sampai semuanya tenggelam 3. GIZI KULINER LANJUT 37 .8 menit. Kemudian olesi frying pan ( penggorengan berlapis teflon ) dengan margarin.5 lt air/ kaldu daging * Garam & * Merica secukupnya Cara Membuat Mie Spaghetti : 1. potong dadu kecil-kecil * 100 gr wortel.

Masukkan pasta tomat. Masukkan sedikit demi sedikit air/kaldu yang sudah disiapkan sambil diaduk sampai rata 7. 5. 8. aduk sampai rata 5. 4.Cara Membuat Saus : 1. Tambahkan bayleaf. Tambahkan wortel. 6. 500 g daging kambing cincang 40 g paterseli segar. 3. parut 1 sdt jinten bubuk 1 sdt paprika bubuk 1 sdt lada bubuk 1 sdt allspice garam secukupnya GIZI KULINER LANJUT 38 . Cara menghidangkan : * Sajikan mie spaghetti dalam piring. Masukkan bawang bombay. 2. cincang 40 g daun ketumbar cincang 75 g bawang bombay. oregano. Daging giling di tumis sampai berwarna coklat 2. tumis sampai layu 3. 9. 7. tumis sampai layu 4. Taburkan tepung terigu. garam dan merica bubuk dan masak sampai matang. aduk sampai rata 6. tuang bolognaise sauce * Taburkan keju parmesan diatasnya  Timur Tengah Kefta Kebabs Bahan: 1.

2. lakukan hingga adonan habis. 1 sdm Bawang bombay. potong bentuk balok ukuran 1. 3. 2 sdm Merica/lada hitam. lepas perruasnya Kecap manis. potong bentuk dadu 3 cm. ambil segenggam adonana daging. Kambing Lada Hitam             Daging kambing muda 400 gram. 3. belah jadi 4 bagian. aduk rata. goreng hingga kuning keemasan Bawang putih cincang. Aduk hingga bawang bombay layu. saus sambal dan kecap manis. sajikan dengan salad. 1 sdm. 1 sendok makan Air. tuang air lalu didihkan. Campur semua bahan. tumis bawang putih hingga harum. belah 6 bagian Garam. 2. Masukkan bawang bombay. rebus bersama serai hingga lunak Kentang. aduk rata. Bumbui dengan garam dan gula pasir.5×4 cm.5×1. panaskan. 5.Cara Membuat: 1. 3 sendok makan Cara Pembuatan 1. 300 ml Minyak goreng. 300 gram. 4 sdm Saus sambal. tumbuk kasar Tomat sedang. 1 buah. Masukkan daging kambing. siapkan wajan Barbeque. GIZI KULINER LANJUT 39 . lalu diamkan selama 1/2 jam. 1/2 sendok teh Gula pasir. panggang daging hingga matang sambil dibalik-balik sesekali selama 1015 menit. 4. Panaskan minyak. 4. bentuk seperti sosis pada tusuk sate (Skewer).

Angkat. Potong ukuran 7×7 cm. # Isi: Panaskan mentega hingga leleh. # Gilas adonan hingga tipis. aduk hingga berubah warna dan kering. 7. sajikan. daun bawang dan bumbu halus hingga harum. Masukkan tomat. angkat. Dinginkan. GIZI KULINER LANJUT 40 . # Masukkan daging kambing. lelehkan Isi: 1 sdm mentega 75 g bawang Bombay. Uleni hingga adonan kalis. aduk-aduk sebentar. # Tumis bawang Bombay. Sambosa Bahan: Minyak goreng Kulit: 250 g tepung terigu 50 ml air 1 butir telur ayam. # Diamkan selama 30 menit. Sisihkan. Masak di atas api kecil hingga kuah menyusut.5. cincang 1 batang daun bawang. kocok 1 sdm mentega. iris halus 200 g daging kambing cincang Haluskan: 3 cm kunyit 1 siung bawang putih 2 cm jahe 1 sdt garam Cara membuat: # Kulit: Campur dan aduk semua bahan menjadi satu. Masukkan kentang goreng dan merica hitam 6.

4. Gilas adonan hingga tipis/pipih. tuang air sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga adonan kalis. Panggang adonan dalam oven bersuhu 220°C atau dipanggang di atas wajan anti lengket hingga matang dan berwarna kecokelatan. Untuk 16 buah Resep Roti Arab (Pita Bread) Bahan Roti Pita :      tepung terigu protein tinggi 250 gram bread instan 7 gram garam 5 gram yoghurt 1 sendok makan air es 150 ml Cara Membuat Roti Pita : 1. # Angkat dan tiriskan. bulatkan. Tekantekan kelilingnya hingga rapat. 3. Lipat bentuk segitiga. Diamkan kembali selama 15 menit.# Isi tiap potongan adonan dengan 1 sdm adonan isi. Diamkan selama 30 menit. Potong dan timbang adonan seberat 30 gram. Campur semua bahan. Untuk 12 buah GIZI KULINER LANJUT 41 . Angkat dan sajikan sebagai pendamping kari atau gulai. 2. # Goreng dalam minyak panas di atas api sedang hingga kuning kecokelatan.

kuliti. 6. Lakukan pada kedua sisinya. tiriskan 1 buah bawang Bombay ukuran sedang. garam. Tambahkan ayam. cuci dan rendam 30 menit. GIZI KULINER LANJUT 42 . 2. 4. jinten bubuk.Nasi Bukhori dari Negri Afghanistan Bahan-bahan 4 potong ayam. gula dan merica hitam bubuk. tumis dengan sedikit minyak sampai mengembung dan kempis kembali. Matikan api. bersihkan. paha atas + paha bawah. cincang halus 4 buah tomat. sedikit saja Air Minyak goreng Garnish: Kismis. kuliti. buka sedikit aluminium foilnya. cengkeh. 5. Sambal kemiri Cara Membuat 1. Panggang ayam dalam oven sampai berubah warna. Tumis bawang bombay dan wortel sampai berubah warna. keprek 10 buah cengkeh 1 batang kayumanis ½ sdt jinten bubuk Garam dan gula secukupnya Merica hitam bubuk secukupnya Safron. Tambahkan tomat. potong menjadi 2 3 cup beras Basmati (cup rice cooker kecil). Masak dengan api kecil. (Hati-hati waktu buka alu foilnya. taruh safron. Tambahkan kapulaga. Perhatikan penambahan air. Masak sambil diaduk sampai tercampur rata dan ayam setengah matang. kayumanis. Tutup wajan dan masak dengan api kecil sampai ayam matang. blender 10 buah kapulaga utuh. Aduk rata. masak sambil diaduk. Masak beras dalam panci dengan air berbumbu rebusan ayam tadi. Sisihkan ayam dan air rebusannya. Tutup kembali aluminium foilnya. tutup panci dengan aluminium foil dan tutupnya. cincang 1 buah wortel. Biarkan selama 5 menit. aduk rata. karena uapnya panas banget). karena beras sebelumnya sudah direndam dengan air.

Bisa tambahkan garam bila kurang asin. Buka keseluruhan aluminium foil. 8. Sajikan dengan meletakkan ayam diatasnya dan dimakan dengan kismis dan sambal kemiri GIZI KULINER LANJUT 43 . aduk rata.7.

Masakan continental adalah masakan yang berasal dari Eropa yang kemudian berkembang dan menyebar ke beberapa benua lain seperti Amerika dan benua lainnya. Bumbu yang digunakan pada masakan asing memengaruhi cita rasa masakan tersebut. Sedangkan masakan oriental adalah masakan yang berasal dari daratan Asia Timur. dan juga porsi yang berbeda. Untuk itu diperlukan modifikasi resep GIZI KULINER LANJUT 44 . bumbu yang digunakan. rasa. Korea. Hal ini dipengaruhi dari kebiasaan yang berkembang dari Negara-negara tersebut. Karakteristik yang dimaksud menyangkut bahan baku. termasuk Cina. Jepang. yaitu masakan continental. Hal ini disebabkan karena bahan yang digunakan. Masakan Timur Tengah didefinisikan sebagai masakan yang berasal dari daratan Timur Tengah (sekitar Negara Arab). bumbu. Hal ini menjadi masalah bagi masyarakat Indonesia dengan tingkat ekonomi yang relative standard dan keadaan fisiologis tubuh yang belum memungkinkan untuk beradaptasi untuk mencerna banyak protein.BAB 3 PENUTUP KESIMPULAN Dalam pembahasan kali ini terdapat 3 jenis masakan yang menjadi sorotan utama untuk dicari lebih lanjut mengenai seluk beluknya. Biasanya masakan asing yang berasal dari barat memiliki porsi protein yang lebih besar daripada karbohidrat. ada yang disajukan satu persatu bergiliran dari appetizer sampai dessert. Timur Tengah. Taiwan. dan penyajian. sehingga Amerika memiliki karakteristik makanan yang hampir sama dengan masakan Eropa. dan oriental. ada pula yang langsung disajikan dalam satu hidangan dengan kelengkapan menu tersebut. dan sekitarnya. dan terdapat beberapa cita rasa masakan asing yang masih belum lazim di lidah masyarakat Indonesia. Struktur menu dari setiap jenis masakan juga memiliki perbedaan. Masyarakat Indonesia sudah tentu mengalami “kesulitan” untuk menerima masakan asing. Setiap masakan yang telah dibahas memiliki karakteristik masing-masing. cara pemasakan.

Ukuran dari setiap alat dari berbagai jenis masakan juga menunjukkan perbedaan yang sangat kontras.yang mencakup penggantian bahan tanpa memengaruhi struktur resep dan hanya mengalami sedikit cita rasa. akibatnya masyarakat Indonesia yang terbiasa dengan porsi kecil sulit untuk membiasakan banyak makan seperti masyarakat asing lakukan. Teknik memasak dan teknik penyajian dari setiap masakan asing memiliki ciri khas masing-masing. GIZI KULINER LANJUT 45 . Ini ditandai dengan beragamnya alat masak dan alat saji yang digunakan. Porsi makan dalam masakan asing biasanya sangat besar.

com http://www.blogspot.okefood.com http://www.net http://www.com http://sweetsmallgarden.koran-jakarta.resepnya.com http://www.DAFTAR PUSTAKA http://www.scribd.com http://www.com GIZI KULINER LANJUT 46 .wordpress.com http://subpokbarab.resep-masakan.resepkomplit.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful