P. 1
Pada Dasarnya Ada Delapan Prinsip Yang Harus Diikuti Dalam Mengembangkan Silabus Pembelajaran Yaitu

Pada Dasarnya Ada Delapan Prinsip Yang Harus Diikuti Dalam Mengembangkan Silabus Pembelajaran Yaitu

|Views: 2|Likes:
Published by Muhammad Fahmi

More info:

Published by: Muhammad Fahmi on Apr 14, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/15/2013

pdf

text

original

Pada dasarnya ada delapan prinsip yang harus diikuti dalam mengembangkan silabus pembelajaran yaitu: ilmiah, relevan

, sistematis, konsisten, memadai, aktual dan kontekstual, fleksibel, dn menyeluruh. Berikut ini keterangan dari delapan prinsip di atas. 1. Ilmiah Keseluruhan materi dan kegiatan yang menjadi muatan dalam silabus harus benar dan dapat dipertanggung jawabkan secara keilmuan. Pada silabus ini sudah benar dan juga bisa sipertangung jawabkan,namun pada penilaiannya ada ssedikit ketidak pasan,contohnya: bila

praktek,penilaiannya biasanya tak ada tes tulis, namun pada silabus ini terdapat tes tulis.

2. Relevan Cakupan, kedalaman, tingkat kesukaran dan urutan penyajian materi dalam silabus sesuai dengan tingkat perkembangan fisik, intelektual, sosial, emosional, dan spiritual peserta didik.

3. Sistematis Komponen-komponen silabus saling berhubungan secara fungsional dalam mencapai kompetensi. Pada silabus ini sudah bagus karena komponennya sudah sistematis.

4. Konsisten Adanya hubungan yang konsisten (ajeg, taat asas) antara kompetensi dasar, indikator, materi pokok/pembelajaran, pengalaman belajaer, sumber belajar, dan sistem penilaian.

5. Memadai Cakupan indikator, materi pokok, pengalaman belajar, sumber belajar, dan sistem penilaian cukup untuk menunjang pencapaian kompetensi dasar.

materi pokok. Menurut kelompok kami. Menyeluruh Komponen silabus mencakup keseluruhan ranah kompetensi (kognitif. psikomotor). sumber belajar. serta dinamika perubahan yang terjadi di sekolah dan tuntutan masyarakat.Aktual dan Konstekstual Cakupan indikator.pada testnya sudah mencakup ranah kognitif.silabus ini juga sudah memenuhi prinsip memadai. Pada penilaiannya juga sudah mencakup afektif.silabus ini juga sudah memenuhi prinsip Aktual dan Konstekstual . dan sistem penilaian memperhatikan perkembangan ilmu.Menurut kelompok kami. pendidik. 8. teknologi. Dan prakteknya mencakup afektif. dan seni muthakir dalam kehidupan nyata dan peristiwa yang terjadi. Pada pinsip ini juga sudah ada dalam silabus. 7. afektif. 6. Fleksibel Keseluruhan komponen silabus dapat mengakomodasi keragaman peserta didik. . pengalaman belajar.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->