RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP

)

Mata Pelajaran Satuan Pendidikan Kelas / semester Pertemuan keAlokasi Waktu

: IPS : Sekolah Dasar : II/1 :1 : 2 x 35 menit

I.

Standar Kompetensi Memahami peristiwa penting dalam keluarga secara kronologis

II.

Kompetensi Dasar Memelihara dokumen dan koleksi benda berharga miliknya

III.

Indikator  Menunjukkan dokumen diri dan keluarga  Menceritakan peristiwa yang berkesan waktu kecil tentang diri dan keluarga melalui dokumen.  Menceritakan cara memelihara dokumen pribadi.  Menyampaikan pendapat/ komentar tentang peristiwa yang dialami teman

IV.

Tujuan Pembelajaran  Siswa dapat menunjukkan dokumen diri dan keluarga  Siswa dapat menceritakan peristiwa yang berkesan waktu kecil tentang diri dan keluarga melalui dokumen.  Siswa dapat menceritakan cara memelihara dokumen pribadi.  Siswa dapat menyampaikan pendapat/ komentar tentang peristiwa yang dialami teman

Kartu Keluarga Gambar di atas merupakan sebagian contoh dokumen. . Jika terawat dengan baik harganya jadi mahal. Laminating adalah pengepresan dokumen. Jika tidak terawat. SIM >> Gb. uang kuno.V.dokumen dan benda berharga harus dirawat dengan baik. dan masih banyak lagi. Ada akta kelahiran. KTP >>Gb. dan surat dari eyang. piala itu terlihat indah. Tempat untuk menyimpannya pun jangan sembarangan. Akta Kelahiran Apakah kamu mempunyai akta kelahiran? Semua orang harus memiliki akta kelahiran. Dokumen dilapisi plastik khusus dan kemudian dipanaskan dengan mesin sampai merekat. >>Gb. KTP dan SIM adalah identitas diri yang harus selalu dibawa. Materi Standar Memelihara dokumen dan koleksi benda berharga Contoh Bacaan Suatu hari Fadilah melihat ibu menyusun dokumen penting dalam map plastik. Koleksi benda berharga dirawat dengan cara dibersihkan dari debu dan kotoran. Setelah bersih. Contoh benda koleksi adalah piala. Kartu Keluarga. Ayah membersihkan piala itu. medali. lukisan. Akta kelahiran bisa dilaminating. Di amplop surat itu masih tertempel perangkonya. kartu keluarga. ijazah. buku. Akta kelahiran harus dijaga dan dipelihara. Bisa juga dimasukkan dalam map yang bersih.kelihatan jelek dan tidak laku. Supaya tidak kusam dan tidak mudah rusak. KTP. Akta kelahiran tidak boleh hilang. Supaya tidak rusak atau hilang. surat tanah. dan SIM biasanya dilaminating supaya tidak rusak. perangko lama. Ibu juga menyusun foto-foto dalam album. Supaya tidak mudah rusak dan dapat digunakan kembali. Kata ayah dan ibu. Lihatlah gambar ini! >> Gb. Di ruang tamu Fadilah melihat ayah membersihkan dan membereskan piala di lemari.

VI. memelihara dokumen (mandiri) 3. Kegiatan Awal (pembukaan) Berdoa bersama (religius) Menyiapkan materi ajar Mangajukan beberapa pertanyaan minggu lalu Menyiapkan alat dan bahan serta kesiapan siswa dalam belajar Memusatkan perhatian siswa pada kompetensi dasar yang akan dicapai 2. Kegiatan Pembelajaran 1. Kegiatan Inti (pembentukan kompetensi) Beberapa siswa maju ke depan kelas untuk membaca bacaan (gemar membaca) Siswa lain menyimak bacaan dan menuliskan kata-kata sulit yang dijumpainya. (rasa ingin tahu) Guru mengenalkan contoh benda koleksi sesuai dengan bacaan. (tanggung jawab) . Beberapa siswa maju memasang gambar sesuai nama benda (rasa ingin tahu) Guru membimbing anak untuk mengetahui pentingnya memelihara dokumen dan koleksi (bersahabat/komunikatif) Dengan kalimat sendiri siswa menceritakan kembali cara benda berharga diri dan keluarga. Metode Pembelajaran Picture and picture VII. Kegiatan akhir (penutup) Mengerjakan Test formatif Guru menyimpulkan materi yang telah diajarkan Refleksi siswa terhadap pembelajaran. Guru memberikan tugas untuk dikerjakan di rumah.

26 Memiliki rasa ingin tahu tentang penjumpaan katakata yang belum diketahui maknanya Kemandirian dalam mempresentasikan hasil karyanya Memiliki rasa ingin tahu saat menjodohkan gambar di depan kelas Disiplin dalam mengikuti pelajaran Komunikatif dalam menjawab pertanyaan guru Tanggung jawab dalam menyelesaikan tugas Tes akhir (terlampir) 1.. 3. 2009 33 175 . 4. Sumber Belajar 1. Sumber Buku Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas 2 Penerbit Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional IX. DWI LINA PUSPITASARI NIM.VIII. 22 Desember 2011 Guru Kelas II. Media Teks bacaan Contoh dokumen 2. 2009 33 150 ERIKA SULISTYA NUGRAHA NIM.. 5. Kudus. Gambar-gambar dokumen Penilaian Tes awal (terlampir) Tes dalam proses No absen siswa No. Indikator nilai karakter 1 2 3 4 5 6 . Kepala Sekolah. 2.. 6. Mengetahui.

Yang bukan termasuk dokumen adalah . Akta kelahiran termasuk dalam . . b . .Lampiran 1 TES AWAL 1. a. . Apakah anak-anak mempunyai akta kelahiran di rumah? 2. dirawat c. . Nama gambar di samping adalah . Apa keguanaan akta kelahiran? Lampiran 2 TES FORMATIF 1. dengan baik. . KTP b. foto 2. Dokumen harus . . . . a. surat lahir 3. b 3. KTP c. dilipat Kunci Jawaban 1. STNK 5. . Dokumen adalah . . a. surat penting b. dokumen c. dibuang b. . c 4. koleksi b. SIM c. a 5. a. . Hp 4. a. SIM b. . akta kelahiran c. a 2.

26 BT Memiliki rasa ingin tahu tentang penjumpaan katakata yang belum diketahui maknanya Kemandirian dalam mempresentasikan hasil karyanya Memiliki rasa ingin tahu saat menjodohkan gambar di depan kelas Disiplin dalam mengikuti pelajaran Komunikatif dalam menjawab pertanyaan guru Tanggung jawab dalam menyelesaikan tugas 1. BT 2.. MK BT MK MT MT MT MT MK MT MK MT MT BT MT MT MB MT MB BT MT MT MT MT MB MB MT MT MT Ket : BT = Belum Terlihat MT = Mulai Terlihat MB = Mulia Berkembang MK = Menjadi Kebiasaan - Tes akhir (tes formatif) No Absen Siswa 1 1 2 3 .... Indikator nilai karakter 1 2 BT 3 MK 4 MT 5 MB 6 MT . 6.. 4. 5.. 10 2 Tes Formatif Ke3 4 5 dst .Hasil Penilaian - Tes dalam proses No absen siswa No.... MT BT MT MK MT MB MT 3. 26 10 10 10 .

Master your semester with Scribd & The New York Times

Special offer for students: Only $4.99/month.

Master your semester with Scribd & The New York Times

Cancel anytime.