P. 1
Definisi aktiva

Definisi aktiva

|Views: 35|Likes:
Published by Theresia Tyas Piwi

More info:

Published by: Theresia Tyas Piwi on Apr 14, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/16/2013

pdf

text

original

Definisi aktiva ATB no.

1 Saldo debet pada akhir periode (tidak termasuk utang yang memiliki saldo debet)yang dibawa ke periode berikutnya. ATB statement no. 4 Sumber ekonomi perusahaan yang diakui dan diukur sesuai prinsip akuntansi berterima umum, termasuk beban ditangguhkan yang bukan sumber ekonomi. SFAC no. 6 Aktiva adalah manfaat ekonomi dimasa depan yang diperoleh dan dikuasai suatu entitas sebagai akibat transaksi dan peristiwa yang sudah terjadi. PSAK no. 23 Manfaat ekonomi masa depan yang terwujud dalam aktiva adalah potensi dari aktiva tersebut untuk memberikan sumbangan, baik langsung maupun tidak langsung, kas dan setara kas kepada perusahaan. KARAKTERISTIK AKTIVA SFAC Ada manfaat ekonomi yang dapat mengakibatkan, secara langsung maupun tidak langsung, aliran kas masuk di waktu yang akan datang. Entitas tertentu yang memiliki aktiva dapat mengendalikan manfaat ekonomi dari aktiva tersebut. Transaksi atau peristiwa yang menimbulkan manfaat ekonomi telah terjadi.

PENGUKURAN AKTIVA Dasar pengukuran (atribut) aktiva menggunakan exchange prices. Exchange prices ini diperoleh dari pasar (market). Ada dua pasar yang berhubungan dengan perusahaan. Pasar tempat perusahaan membeli ( input price/input values) Pasar tempat perusahaan menjual (output price/ output values)

INPUT PRICE A. HISTORICAL INPUT COST(HC) Aggregate price yang dibayar perusahaan untuk memperoleh hak milik dan penggunaan aktiva, termasuk semua pembayaran yang diperlukan sampai aktiva tersebut dapat dipergunakan. Jika yang diserahkan bukanlah kas, maka HC dari aktiva yang diterima adalah sebesar harga jual tunai saat ini dari aktiva yang diserahkan.

serta pengiriman produk. CURRENT CASH EQUIVALENT Harga jual aktiva perusahaan saat ini apabila aktiva tersebut dijual dalam transaksi penjualan yang normal. B.Verifable . fair valu. maka tidak perlu dinilai tunaikan ( tingkat diskontonya tidak material) OUTPUT PRICE A. Income dilaporkan sebelum seluruh kegiatan dilaksanakan. NRV less normal mark up.Harga yang direalisasikan melalui waktu transaksi . LIQUIDATION VALUES . dan mengirim produk. 2. Jika pasar yang menjual dan membeli adalah aktiva sejenis/ sama. Sulit untuk mengestimasi additional out of pocket cost untuk menyelesaikan. Jika jangka waktu pembayarannya tidak terlalu lama. Net realizable value (NRV) NRV adalah harga jual saat ini dikurangi dengan nilai semua cost atau biaya yang akan terjadi pada saat penyelesaian penjualan.Hasil dari transaksi yang arm’s.Peningkatan cost berakibat timbulnya gains periode brjalan meskipun belum terjadi realisasi. standars cost.Merupakan nilai yang sebenarnya pada diperlukan hingga aktiva tersebut siap pakai. saat transaksi.Cost seringkali merupakan gabungan dari . C. KEUNGGULAN CC . Beberapa jenis HC : prudent cost. CURRENT INPUT COST (CC) Menunjukkan nilai pertukaran yang semesti dibayarkan jika aktiva yang sama dibeli saat ini. maka harga pertukarannya dapat diperoleh.Nilai ini menunjukkan nilai wajar aktiva KELEMAHAN CC .Perubahan dalam CC belum tentu diikuti oleh perubahan harga jualnya.KEUNGGULAN HC KELEMAHAN HC .Nilai dari aktiva dapat berubah dari waktu ke . Kesulitan penerapan NRV 1. maka cost aktiva adalah nilai tunai dari harga kontrak. orginal cost B. Beberapa jenis CC : Appraisal value. Semua cost ini dinilai berdasarkan nilai saat ini dan jumlahnya diestimasi. DISCOUNTED FUTURE INPUT COST Jika harga dalam kontrak jual beli aktiva akan dibayar nanti. .length bermacam-macam pengorbanan yang . C. menjual. Identifikasi pengorbanan yang benar-benar dapat dimasukkan sebagai elemen cost aktiva tidak selalu mudah dan jelas.

DISCOUNTED FUTURE CASH RECEIPT/ SERVICE POTENTIAL Aktiva diukur berdasarkan nilai tunai dari arus kas yang akan diterima di waktu yang akan datang dari pengguna aktivaini LOWER OF COST OR MARKET 1. maka market adalah replacement cost (input) 3. maka market adalah harga jual (output) TUJUAN PENGUKURAN AKTIVA . Bukan input maupun output values. Aktiva sudah obsolete. Akibatnya. melainkan gabungan dari keduanya. harga jual lebih rendah daripada CCE. 2.Harga jual aktiva perusahaan dalam keadaan likuidasi. usang. Jika digunakan untuk mengukur persediaan. Syarat penggunaan liquidation value : D. dan tidak dapat memenuhi kapasitas produksi normal Perusahaan akan menghentikan produksi di waktu yang akan datang Aktiva tersebut sudah tidak mempunyai pasar lagi. Jika digunakan untuk mengukur investasi jangka pendek.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->