1

ESTALEX® Tablet Salut Selaput Eperisone HCl

KOMPOSISI : Setiap tablet salut selaput mengandung Eperisone HCl 50 mg.

CARA KERJA OBAT : Eperisone HCl adalah suatu relaksan otot yang menstimulasi SSP. Obat ini bekerja pada medula spinalis dan susunan saraf pusat tanpa menyebabkan efek sedatif atau hipnotik dan memperbaiki gejala serebral atau spinal paralisis spastis seperti rigiditas, rasa kaku dan kesulitan berjalan dengan cara menghambat refleks monosinaptik dan polisinaptik. Obat ini akan membantu rehabilitasi dari pasienpasien dengan paralisis spastis terutama bila dikombinasi dengan fisioterapi.

INDIKASI : Untuk pengobatan simtomatik terhadap keadaan-keadaan yang berhubungan dengan spasme muskuloskeletal.

DOSIS : Dewasa : 3 kali sehari 1 tablet salut selaput @ 50 mg Eperisone HCl, diberikan secara oral sesudah makan. Dosis harus disesuaikan dengan umur pasien dan berat ringannya gejala penyakit.

PERINGATAN DAN PERHATIAN : 1. Umum : Lemah, pusing, atau mengantuk dapat terjadi pada penggunaan obat ini. Hentikan penggunaan atau kurangi dosis bila timbul tanda-tanda pertama tersebut. Pasien yang menggunakan obat ini dilarang mengendarai atau mengoperasikan mesin. Pasien dengan gangguan hati perlu perhatian khusus Penggunaan pada wanita hamil dan menyusui Keamanan penggunaan selama kehamilan belum diketahui. Pada wanita hamil, obat ini hanya digunakan bila keuntungan yang didapat lebih besar daripada resiko yang mungkin terjadi. Obat ini sebaiknya tidak digunakan selama menyusui. Bila harus digunakan selama menyusui, pasien harus berhenti menyusui.
Page 1

2. 3.

-

4.

Penggunaan untuk anak-anak belum diketahui keamanannya.

1

mulut kering. Dapat terjadi mual. No. inkontinensia nokturnal. 5 strip @ 10 tablet salut selaput. perasaan adanya residual urine atau gejala gangguan saluran kencing. sakit kepala. Dapat terjadi lemah. kekakuan. konstipasi. Hentikan pengobatan bila terjadi kelainan. muntah. Dapat terjadi kelainan dermatologi. Dapat terjadi anuresis. suatu senyawa yang mirip obat ini. anoreksia. Jumlah eritrosit dan hemoglobin dapat menjadi abnormal. Reg. seperti gejala ruam kulit. rasa kebas dan gemetar pada anggota gerak. bersama-sama dengan Metokarbamol. atau rasa lelah. - - - - - KONTRA INDIKASI : Pasien yang hipersensitif terhadap obat ini.30˚ C) dalam wadah tertutup rapat dan hindarkan dari cahaya matahari. feses lunak. nyeri perut. diare.2 EFEK SAMPING : Gangguan fungsi hati atau ginjal kadang-kadang dapat terjadi. DKL0809218217A1 2 Page 2 HARUS DENGAN RESEP DOKTER . INTERAKSI : Pernah dilaporkan terjadinya gangguan akomodasi okuler setelah penggunaan Tolperison hidroklorida. Dapat terjadi gejala psikoneurotik seperti insomnia. mengantuk. atau gejala gangguan gastrointestinal. Lakukan pemeriksaan darah atau tindakan lain. perhatikan keadaan fungsi hati dan ginjal. CARA PENYIMPANAN : Simpan pada suhu kamar (25˚ . pusing. KEMASAN : Dus. perasaan tidak enak pada lambung. rasa penuh di perut. Dapat timbul kemerahan pada muka dan berkeringat. Hentikan pengobatan bila terjadi kelainan.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful