KEPOLISIAN NEGARA REPUBLIK INDONESIA DAERAH JAWA TIMUR INSPEKTORAT PENGAWASAN DAERAH

TUGAS POKOK DAN FUNGSI ITWASDA

Itwasda Polda Jatim adalah unsur pembantu pimpinan dan pelaksana staf pada Polda yang berada dibawah Kapolda Jatim.

1. Unsur Pimpiman (Irwasda) mempunyai tugas dan fungsi :

a) Tugas

Itwasda Polda Jatim bertugas menyelenggarakan pengawasan dan pemeriksaan umum dan pembendaharaan dalam lingkungan Polda Jatim termasuk satuan-satuan organisasi non struktural yang berada dibawah pengendalian Kapolda Jatim.

b) Fungsi

1) Dalam menyelenggarakan tugas sebagaimana dimaksud tersebut di atas, Itwasda Polda Jatim menyelenggarakan fungsi : (a) perencanaan dan pengadministrasian umum, penatausahaan dan urusan dalam, pengurusan personel, sarana prasarana, dan pelayanan keuangan di lingkungan Itwasda Polda Jatim; (b) perumusan kebijakan umum di bidang penyelenggaraan pengawasan fungsional di lingkungan Polda Jatim; (c) pemberian arahan dan bimbingan atas pelaksanaan pengawasan melekat dalam jajaran Polda Jatim; (d) pengawasan dan pemeriksaan (Wasrik) baik yang terprogram (rutin) maupun tidak terprogram meliputi Wasrik khusus dan verifikasi, terhadap aspek manajerial semua unit organisasi khususnya proses perencanaan, pelaksanaan, dan pencapaian program kerja serta pengelolaan dan administrasi anggaran dan perbendahaan yang meliputi : (1) bidang operasional, termasuk pembinaan kesiapsiagaan, sistem dan metode serta dukungan operasional; (2) bidang sumber daya manusia, termasuk pembinaan

. .personel baik anggota maupun pegawai negeri sipil (PNS) Polri serta penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan personel dan atau/PNS. (3) bidang .

(4) bidang anggaran dan keuangan. 2) Melaksanakan Reviu Laporan Keuangan Satker di lingkungan Polda Jatim bekerja sama dengan Perwakilan BPKP Propinsi Jawa Timur. c) menyusun laporan atensi hasil pelaksanaan wasrik Itwasda untuk di tindak lanjuti oleh obrik. hasil Wasrik Inspektorat dan tindak lanjut hasil wasrik oleh obyek pemeriksaan (obrik). e) menerima laporan atau pengaduan masyarakat (dumas) melalui kementrian dan/atau lembaga untuk di analisis. . b) menganalisis dan mengevaluasi data informasi pengawasan untuk disajikan kepada pimpinan dan perumusan kebijakan. dan f) penganalisaan dan pengevaluasian hasil pelaksanaan Wasrik serta penyusunan laporan akuntabilitas kinerja jajaran Polda Jatim (Sistem pelaporan AKIP). Unsur pembantu pimpinan dan pelaksana staf : a) Kasubbagdumasan dalam melaksanakan tugas menyelenggarakan : a) mengolah dan menyajikan data informasi dan dokumentasi hasil pengawasan meliputi temuan wasrik. 2. dan jasa serta inventory dan perbendaharaan. e) penyusunan laporan hasil Wasrik termasuk saran tindakan terhadap semua penyimpangan pelaksanaan tugas.(3) bidang sarpras. d) melakukan pengecekan terhadap laporan pengaduan masyarakat yang ditujukan kepada Kapolda Jatim dan Kasatwil jajarannya. termasuk pembinaan materil logistik. dikaji yang berkaitan dengan dugaan penyimpangan yang dilakukan oleh anggota atau PNS Polri dilingkungan Polda dan ditindak lanjuti kepada fungsi terkait serta mengirimkan hasil tindak lanjut Dumas kepada Kapolri cq. termasuk pembinaan anggaran serta pengurusan perbendaharaan dan administrasi keuangan. fasilitas.

(2) Kaurdata. (3) Kauranalis . dikaji. bertugas mengolah dan menyajikan data informasi dan dokumentasi hasil Wasrik Inspektorat dan ditindak lanjuti oleh obrik. bertugas menerima laporan atau pengaduan masyarakat melalui kementrian dan/atau lembaga untuk dianalisis. .. f) dalam melaksanakan tugas Subbagdumasan dibantu oleh : (1) Kaurdumas.Irwasum Polri. dan ditindaklanjuti kepada pengemban fungsi terkait.

serta mengelola keuangan dan pelayanan ketatausahaan dan urusan dalam dilingkungan Itwasda Polda Jatim dan dalam melaksanakan tugas Subbagrenmin menyelenggarakan fungsi : 1) penyusunan perencanaan jangka sedang dan jangka pendek. wasrik khusus. antara lain rencana strategis (renstra). (wasrik rutin. personel. dan verifikasi). dan keuangan. 5) pelayanan fungsi keuangan yang meliputi pembiayaan. akuntansi dan penyusunan laporan sistem akuntansi instansi (SAI) serta pertanggungjawaban keuangan. 2) penyusunan renwas. wasyek. . 7) penyusunan laporan realisasi anggaran (LRA) dan pembuatan laporan akuntabilitas kinerja satuan kerja (Satker) dalam bentuk laporan akuntabilitas kinerja instansi pemerintah (LAKIP) meliputi analisis target pencapaian kinerja. kebutuhan sarpras. rancangan rencana kerja (ran renja). rencana kerja (renja). 4) pengelolaan sarpras dan penyusunan laporan sistem manajemen akuntansi barang milik negara (SIMAK-BMN). 6) pengelolaan dan pelayanan ketatausahaan dan urusan dalam. pengendalian. dan kinerja. 3) pemeliharaan perawatan dan administrasi personel. wasops. manajemen sarpras. was rekruitmen Polri. bertugas menganalisis dan mengevaluasi data informasi pengawasan dan menyusun laporan atensi hasil pelaksanaan Wasrik Itwasda. b) Kasubbagrenmin bertugas menyusun perencanaan program kerja dan anggaran. program dan anggaran. pembukuan. personel.(3) Kauranalis. wasdik.

2011.A. (4) RKA-KL. yang bertugas menyusun/membuat penataan administrasi perencanaan (Minren) (1) renstra Satker 2010-2014 (Revisi). DIPA dan atau (POK/kertas kerja). (5) penetapan kinerja (TAPJA) T. (9) penyusunan rengiat tahunan Satker 2011. .8) dalam melaksanakan tugas subbagrenmin dibantu oleh : (a) Urren.2010. (7) rincian anggaran dan biaya (RAB). (2) rancangan renja Satker TAB+1.. (6) kerangka acuan kerja (KAK) atau Term Of Reference (TOR). (8) menyusun LAKIP Subsatker T.A. (10) melaksanakan . (3) rencana kerja (renja) Satker TAB+1.

(b) Wasrik khusus.(10) melaksanakan kegiatan administrasi lain yang berhubungan dengan perencanaan. Unsur pelaksana utama a. yang bertugas menyelenggarakan kegiatan ketatausahaan (surat menyurat/pengarsipan) dan urusan dalam. (e) Was rekruitmen Polri. (i) Tindak lanjut Wasrik Eksternal. (o) Supervisi. (d) Was yek. (m) Khirta (Itwasda dan Itwasum Polri). (c) Was ops. (n) Konfirmasi dumas. (12) dalam program kerja pemeriksaan tahunan (PKPT) T. dan (d) Urtu. 2011. 3. (k) Verifikasi. (l) Review laporan keuangan. Itbidops bertugas menyelenggarakan pengawasan. (j) Gelar perkara. (b) Urmin. yang bertgas menyelenggarakan kegiatan pelayanan keuangan. (c) Urkeu.A. isinya meliputi rencana : (a) Wasrik rutin. (h) Was penyidikan. pemeriksaan umum dan . (11) melaksanakan dan mengelola pertanggungjawaban keuangan Satker Itwasda Polda Jatim. (f) Was pengawas penyidikan. (g) Was seleksi. yang bertugas menyelenggarakan kegiatan administrasi umum personel serta pemeliharaan terhadap materiil logistik dan fasilitas.

2) menyusun hasil wasrik pada bidang opsnal di lingkungan Polda mengenai pencapaian dan kepatuhan Obrik dalam melaksanakan tugas. 4) dalam .perbendaharaan bidang opsnal di lingkungan Polda. . pelaksanaan dan pengawasan pengendalian (Wasdal). dan berfungsi : 1) melaksanakan wasrik bidang opsnal yang dilaksanakan secara umum dan khusus pada tahap perencanaan. pengorganisasian.. 3) memberikan arahan teknis dan rekomendasi pada Satker yang telah dilakukan Wasrik.

Urdata. b.Urren. Kaur (Urdumas. 4) melaksanakan kegiatan administrasi dilingkungan Subbag masingmasing. Auditor/Parik Bidang Operasional : . Itbidbin bertugas menyelenggarakan pengawasan. 6) melaksanakan tugas-tugas lain yang diperintahkan oleh pimpinan. 3) menyusun dan atau membuat rencana kegiatan bulanan. c. mingguan dan harian. pengorganisasian.4) dalam melaksanakan tugas Irbidops dibantu oleh sejumlah parik dan auditor. pelaksanaan dan pengawasan pengendalian (Wasdal). 2) menyusun hasil wasrik pada bidang pembinaan di lingkungan Polda mengenai pencapaian dan kepatuhan obrik dalam melaksanakan tugas. 5) memberikan petunjuk.Urkeu dan Urtu) bertugas: 1) sebagai staf pelaksana atau pembantu pimpinan Subbag dalam melaksanakan tugas sehari-hari dan bertanggung jawab langsung kepada Kasubbag. 3) memberikan arahan teknis dan rekomendasi pada Satker yang telah dilakukan Wasrik. 2) menyusun rencana kegiatan/indikator kinerja pada Subbag masingmasing dilingkungan Itwasda Polda Jatim.Uranalis. dan berfungsi : 1) melaksanakan wasrik bidang pembinaan yang dilaksanakan secara umum dan khusus pada tahap perencanaan. pemeriksaan umum dan perbendaharaan bidang pembinaan di lingkungan Polda Jatim.Urmin. d. bimbingan dan arahan serta melakukan Wasdal secara aktif terhadap bawahannya sesuai dengan lingkup tugasnya. 4) dalam melaksanakan tugas Irbidops dibantu oleh sejumlah Parik dan Auditor.

mempersiapkan pelaksanaan kegiatan pengawasan dan pemeriksaan. 3) mempersiapkan . .. baik dalam menyelenggarakan kegiatan pengawasan umum dan pemeriksaan baik yang terprogram (rutin) maupun tidak terprogram (Wasrik khusus dan verifikasi) antara lain : 1) mempersiapkan program kerja pemeriksaan tahunan (PKPT). 2) mempersiapkan rencana pengawasan (Renwas) dan berkoordinasi dengan Subbagrenmin .

e.3) mempersiapkan kisi-kisi dalam rangka pemeriksaan dan pengawasan.. khusus maupun verifikasi serta kegiatan pengawasan intern. 8) melaksanakan . 4) mempersiapkan data awal dalam rangka pelaksanaan pengawasan dan pemeriksaan sebagai audit pendahuluan. 4) mempersiapkan data awal dalam rangka pelaksanaan pengawasan dan pemeriksaan sebagai audit pendahuluan. khusus maupun verifikasi serta kegiatan pengawasan intern. 3) mempersiapkan kisi-kisi dalam rangka pengawasan dan pemeriksaan. 10) menyusun pernyataan hasil pemeriksaan (PHP). 5) menyusun jadwal pelaksanaan pemeriksaan rutin. 7) mempersiapkan Program Kerja Audit (PKA) sebagai bagian dari prosedur dan teknik audit yang akan dilaksanakan dan membuat Kertas Kerja Audit (KKA) pada obyek Wasrik secara transparan dan akuntabel sebagai dokumentasi hasil pelaksanaan PKA. 5) menyusun jadwal pelaksanaan pemeriksaan rutin. 2) mempersiapkan rencana pengawasan (Renwas) dan berkoordinasi dengan Subbagrenmin. 11) membuat laporan hasil pemeriksaan (LHP). 6) mempersiapkan administrasi pelaksanaan kegiatan pengawasan dan pemeriksaan bidang operasional. 6) mempersiapkan administrasi pelaksanaan kegiatan pengawasan dan pemeriksaan bidang pembinaan. baik dalam menyelenggarakan kegiatan pengawasan umum dan pemeriksaan baik yang terprogram (rutin) maupun tidak terprogram (Wasrik khusus dan verifikasi) antara lain : 1) mempersiapkan program kerja pemeriksaan tahunan (PKPT). 12) mendampingi pelaksanaan pemeriksaan Itwasum Polri & BPK-RI. . 9) membuat tabulasi hasil temuan. 8) melaksanakan audit/pengawasan dan pemeriksaan terhadap obyek Wasrik di lingkungan Polda Jatim. 7) mempersiapkan Program Kerja Audit (PKA) sebagai bagian dari prosedur dan teknik audit yang akan dilaksanakan dan membuat Kertas Kerja Audit (KKA) pada obyek Wasrik secara transparan dan akuntabel sebagai dokumentasi hasil pelaksanaan PKA. Auditor/Parik bidang pembinaan bertugas : mempersiapkan pelaksanaan kegiatan pengawasan dan pemeriksaan.

10) menyusun pernyataan hasil pemeriksaan (PHP). Surabaya. Banum bertugas : 1) melaksanakan tugas-tugas di bidang administrasi dilingkungan Itwasda Polda Jatim. KOMISARIS BESAR POLISI NRP 61100474 . Desember 2011 IRWASDA POLDA JATIM Drs. 11) membuat laporan hasil pemeriksaan (LHP).8) melaksanakan audit/pengawasan dan pemeriksaan terhadap obyek Wasrik di lingkungan Polda Jatim. 6) menyimpan/mengarsipkan surat-surat dinas sesuai dengan permasalahannya. 7) mengirimkan surat-surat keluar dalam dilingkungan Itwasda Polda Jatim. f. AHMAD LUMUMBA. 2) melaksanakan agenda surat masuk dan keluar. penomoran.H. 3) melaksanakan pengetikan konsep-konsep dari pimpinan. 8) melaksanakan tugas-tugas lainnya sesuai perintah pimpinan. 12) mendampingi pelaksanaan pemeriksaan Itwasum Polri & BPK-RI. 4) melaksanakan pencatatan. 9) membuat tabulasi hasil temuan. S. 5) menjaga dan mengawasi kebersihan serta pengamanan dokumen/ arsip. pengiriman dan pengarsipan surat-surat.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful