P. 1
Materi 2 (Konsep Dasar Strategi, Pendekatan, Model, Metode, Dan Teknik Pembelajaran)

Materi 2 (Konsep Dasar Strategi, Pendekatan, Model, Metode, Dan Teknik Pembelajaran)

|Views: 348|Likes:
Published by Christina Dewi

More info:

Published by: Christina Dewi on Apr 15, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/05/2014

pdf

text

original

PENDEKATAN, STRATEGI, METODE, TEKNIK DAN

TAKTIK PEMBELAJARAN
Budiharti, S.Si.

Model Pembelajaran Pendekatan Pembelajaran (Student or Teacher Centered) Strategi Pembelajaran (exposition-discovery learning or group-individual learning) Metode Pembelajaran Model Pembelajaran (ceramah. diskusi. dsb. individual. simulasi.) Teknik dan Taktik Pembelajaran (spesifik. unik) .

Pandangan tentang terjadinya suatu proses yg sifatnya masih sangat umum Strategi : perencanaan untuk mencapai sesuatu Metode : cara yang dapat digunakan untuk melaksanakan strategi Teknik mengajar : cara yang dilakukan seseorang dalam rangka mengimplementasikan suatu metode Taktik mengajar : gaya seseorang dalam melaksanakan suatu teknik atau metode tertentu .Pendekatan (approach) : titik tolak atau sudut pandang terhadap proses pembelajaran.

dan melatari metode pembelajaran dengan cakupan teoretis tertentu. yang merujuk pada pandangan tentang terjadinya suatu proses yang sifatnya masih sangat umum.PENDEKATAN PEMBELAJARAN Pendekatan pembelajaran dapat diartikan sebagai titik tolak atau sudut pandang kita terhadap proses pembelajaran.  . menguatkan. menginsiprasi.  Dari pendekatan pembelajaran yang telah ditetapkan selanjutnya diturunkan ke dalam strategi pembelajaran. di dalamnya mewadahi.

 Sehubungan dengan belajar mengajar. strategi bisa diartikan sebagai pola-pola umum kegiatan guru anak didik dalam perwujudan kegiatan belajar mengajar untuk mencapai tujuan yang telah digariskan  .STRATEGI PEMBELAJARAN Secara umum strategi mempunyai pengertian suatu garis-garis besar haluan untuk bertindak dalam usaha mencapai sasaran yang telah ditentukan.

R David. Strategi pembelajaran sifatnya masih konseptual dan untuk mengimplementasikannya digunakan berbagai metode pembelajaran tertentu. 2008) mengemukakan bahwa strategi pembelajaran adalah suatu kegiatan pembelajaran yang harus dikerjakan guru dan siswa agar tujuan pembelajaran dapat dicapai secara efektif dan efisien. bahwa strategi pada dasarnya masih bersifat konseptual tentang keputusan-keputusan yang akan diambil dalam suatu pelaksanaan pembelajaran. Artinya.STRATEGI PEMBELAJARAN    Sementara itu. . Selanjutnya. dengan mengutip pemikiran J. Kemp (Wina Senjaya. Wina Senjaya (2008) menyebutkan bahwa dalam strategi pembelajaran terkandung makna perencanaan.

 .METODE PEMBELAJARAN Metode pembelajaran dapat diartikan sebagai cara yang digunakan untuk mengimplementasikan rencana yang sudah disusun dalam bentuk kegiatan nyata dan praktis untuk mencapai tujuan pembelajaran.  Metode pembelajaran merupakan implementasi strategi pembelajaran.  Selanjutnya metode pembelajaran dijabarkan ke dalam teknik dan gaya pembelajaran.

TEKNIK PEMBELAJARAN Teknik pembelajaran dapat diatikan sebagai cara yang dilakukan seseorang dalam mengimplementasikan suatu metode secara spesifik. penggunaan metode ceramah pada kelas dengan jumlah siswa yang relatif banyak membutuhkan teknik tersendiri.  .  Misalkan. yang tentunya secara teknis akan berbeda dengan penggunaan metode ceramah pada kelas yang jumlah siswanya terbatas.

 Dalam hal ini. perlu digunakan teknik yang berbeda pada kelas yang siswanya tergolong aktif dengan kelas yang siswanya tergolong pasif. guru pun dapat berganti-ganti teknik meskipun dalam koridor metode yang sama. dengan penggunaan metode diskusi.TEKNIK PEMBELAJARAN Demikian pula.  .

.TAKTIK PEMBELAJARAN  Sementara taktik pembelajaran merupakan gaya seseorang dalam melaksanakan metode atau teknik pembelajaran tertentu yang sifatnya individual.

terdapat dua orang sama-sama menggunakan metode ceramah.TAKTIK PEMBELAJARAN  Misalkan. yang satu cenderung banyak diselingi dengan humor karena memang dia memiliki sense of humor yang tinggi. tetapi lebih banyak menggunakan alat bantu elektronik karena dia memang sangat menguasai bidang itu. sementara yang satunya lagi kurang memiliki sense of humor. . Dalam penyajiannya. tetapi mungkin akan sangat berbeda dalam taktik yang digunakannya.

pengalaman dan tipe kepribadian dari guru yang bersangkutan.  . pembelajaran akan menjadi sebuah ilmu sekaligus juga seni (kiat).  Dalam taktik ini. sesuai dengan kemampuan.TAKTIK PEMBELAJARAN Dalam gaya pembelajaran akan tampak keunikan atau kekhasan dari masing-masing guru.

metode.  .MODEL PEMBELAJARAN Apabila antara pendekatan. model pembelajaran merupakan bingkai dari penerapan suatu pendekatan. teknik dan bahkan taktik pembelajaran sudah terangkai menjadi satu kesatuan yang utuh maka terbentuklah apa yang disebut dengan model pembelajaran.  Dengan kata lain. strategi.  Jadi. dan teknik pembelajaran. metode. model pembelajaran pada dasarnya merupakan bentuk pembelajaran yang tergambar dari awal sampai akhir yang disajikan secara khas oleh guru.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->