Pilihan Ganda 1. Bentuk muka Bumi (Dataran/Dasar laut) a. Dataran : 1. Dataran Rendah 2. Dataran Tinggi 3.

Bukit atau Perbukitan 4. Gunung 5. Pegunungan 6. Lembah 7. Lereng Depresi b. Dasar Laut : 1. Dangkalan 2. Lereng Benua 3. Palung Laut (Trog) 4. Lubuk Laut (Basin) 5. Ambang Laut 6. Punggung Laut 7. Gunung Laut 2. Jenis Manusia Purba (Ciri-cirinya) 1. Megantropus Paleojavanicus Ciri-cirinya : a. Memiliki tulang pipi yang tebal b. Memiliki otot kunyah yang kuat c. Berjalan tegak dengan menggunakan kakinya d. Memiliki akal dan volume otak yang lebih besar e. Mengenal bahasa/dapat berbicara f. Hidup berkelompok dan mengenal pembagian tugas

g. Memiliki peradaban 2. Pithecantropus Erectus Ciri-cirinya :

a. Mampu berjalan tegak b. Tengkoraknya besar

Volume otak 750-1.000-1. Homo Sapiens Ciri-cirinya : a. Berdiri tegak dan berjalan lebih sempurna 3. Dahi menonjol b. Motif dan Prinsip Ekonomi 1. Kaitan Interaksi dengan Proses Sosial Manusia merupakan makhluk sosial. 6. 4. Prinsip Ekonomi. Setiap orang memiliki keinginan untuk memenuhi kebutuhannya semaksimal mungkin yang dapat dilakukannya. Otak tengkuk mengalami penyusutan c. Tinggi 130-210 cm d. Muka dan hidung lebar 4. Berat 30-150 kg c. dan Globe (Unsur-unsur) . Arti Hakekat Manusia sebagai Makhluk Ekonomi (Arti dan Cirinya) Hakekat manusia adalah makhluk tuhan yang berarti ia adalah makhluk yang mengandung kemungkinan. Ciri-ciri : 1. Tolong Menolong dll 5. 2. Volume otaknya 1. Peta. Saling Keterkaitan 2. Membedakan Atlas. Motif Ekonomi. Bentuk Kepala Lonjong 3.200 cc b. Gotong Royong 3. makhluk yang tidak bisa hidup sendiri tetapi harus membutuhkan orang lain. merupakan pedoman untuk melakukan tindakan ekonomi yang didalamnya terkandung asas pengorbanan tertentu.000 cc d. Homo Wajakensis dan Homo Soloensis Ciri-cirinya : a.c.

Kerajaan Sriwijaya a. Unsur Kelengkapan Atlas 4. pada Abad 7. atau 17. Disebarkan secara damai 8. Gujarat (India). Judul Atlas 2. Prasasti Kota Kapur Ditemukan di Kota Kapur. Syarat masuk Islam mudah b. d. Memiliki Indeks 7. e. Prasasti ini menceritakan pembuatan Taman Sriksetra untuk kemakmuran semua makhluk dan terdapat doa-doa yang bersifat Budha Mahayana.000 orang. Isi prasasti tersebut menceritakan perjalanansuci/Sidayatra yang dilakukan Dapunta Hyang. Upacara keagamaan Islam sederhana d. Proses Masuk dan Berkembang ISLAM di Indonesia (Awal) Proses masuknya Islam ke Indonesia karena letak Indonesia yang merupakan tempat strategis bagi jalur perdagangan termasuk pedagang dari Arab. c. Prasasti Karang Berahi . Prasasti Talang Tuo Ditemukan di sebelah barat kota Palembang tahun 606 Saka /684 M. tahun 605 Saka atau 683 M. Dari tersebut berhasil menaklukkan beberapa daerah. Tidak mengenal kasta (tingkatan) c. Prasasti Kedukan Bukit Ditemukan di Kedukan Bukit. Islam berkembang di Indonesia karena : a. Runtuhnya Kerajaan Majapahit e. Pulau Bangka tahun 608 Saka / 686M. Peninggalan Kerajaan Hindu-Budha di Indonesia (Gambar) 1. 11. b. Prasasti Telaga Batu Ditemukan dekat Telaga Batu. dan Persia (Irak). berangkat dari Minangatamwan dengan membawa tentara sebanyak 20.Unsur Atlas : 1. Daftar Isi 3. di tepi Sungai Talang dekat Palembang.

Kebutuhan Primer 2. Macam-macam alat pemenuhan kebutuhan (Table) 1. ada anggapan bila terlambat menikah keluarga akan malu. Gerakan Turki Muda 12. melinkan tanggung jawab semua insan di muka Bumi. 9. 11. Faktor pendorong Kelahiran (Pronatalitas dan Natalitas) a. Filiphina dibawah Jose Rizal 4. Gerakan Nasionalisme China 5. Partai Kongres India 3. Kebutuhan Sekunder 3. Prasasti Palas Pasemah Ditemukan di Lampung Selatan. f. Karena. Faktor pendorong kelahiran Pronatalitas. Kebutuhan Tertier . 10. menjaga kebersihan dan lain-lain. b. Faktor pndorong kelahiran Natalitas. Anak sebagai sumber tenaga keluarga untuk membantu orang tua dan anggapan bahwa banyak anak banyak rezeki. Upaya Pelestarian Lingkungan Melestarikan Lingkungan Hidup merupakan kebutuhan yang tidak bias ditunda lagi dan bukan hanya menjadi tanggung jawab bagi pemerintah atau pemimipin Negara saja. Faktor penyebab penyimpangan sosial (Faktor Ekonomi) 13. Faktor Eksternal pendorong terjadinya pergerakan Nasional Faktor Eksternal pendorong terjadinya pergerakan Nasional yaitu : 1. yaitu menikah pada usia muda. adanya ketentuan batas usia menikah. yaitu adanya program Keluarga Berencana yang mengupayakan pembatasan jumlah anak. Kemenangan Jepang atas Rusia 2. membuang sampah pada tempatnya. Contohnya.Ditemukan di Jambi. Wanita minimal berusia 16 tahun dan Laki-laki minimal berusia 19 tahun.

Contoh : . Moh. Contoh : a. B. PPKI (Dokuritsu Junbi Inkai) 17. Ir. Sudiro 18. Kontravensi (Contravention) c. Hatta c. M. Pelaku ekonomi di Indonesia (Tujuan) 15. BPUPKI (Dokuritsu Junbi Cosakai) 2. Diah h. Contoh Proses Sosial (Disosiatif dan Asosiatif) 1. Asosiatif adalah proses interaksi yang cenderung menjalin kesatuan dan meningkatkan solidaritas anggota kelompok. Drs. Ahmad Soebardjo f. Sukarni g. Laksamana Maeda e.14. Disosiatif adalah bentuk hubungan sosial yang mengarah pada perpecahan atau merenggangnya hubngan sosial antara dua belah pihak atau lebih. Badan yang dibentuk Jepang sebelum Proklamasi (Tugas dan Hasil) 1. Jenis Pasar (Gambar) 16. Sayuti Melik d. Pertentangan (Conflict) 2. Soekarno b. Persaingan (Competition) b. Tokoh yang terlibat dalam Proklamasi dan peranannya a.

yaitu : a. yaitu pajak berpangkal pada objeknya. Stalemate 8. yaitu pajak yang berpangkal atau berdasarkan pada subjeknya. Contoh Pajak Pertambahan Nilai dan Pajak Penjualan atas Barang Mewah. . contoh : 1. BKPB & Pajak Perseroan. Koalisi (Coalition) 4. Konsolidasi 6. Jenis Pajak (Contoh) 1. Contoh Pajak Penghasilan. Jenis Pajak menrut Sifatnya. Pajak Subjektif. Kompromi 3. yaitu : a. b.a. Pajak Objektif . Bea dan Cukai. Bargaining ( Tawar-Menawar) 2. Akomodasi. yaitu pajak yang pembayaran beban pajaknya tidak dapat dialihkan kepada pihak lain. Pajak Langsung. Jenis Pajak menurut Golongannya. Contoh Pajak Penghasilan b. Adjudikasi (Adjudication) 19. Mediasi 5. 2. Arbitrasi 4. contoh : 1. Pajak tak Langsung. Contoh Pajak Penjualan. yaitu pajak yang pembayaranbeban pajaknya dapat dialihkan kepada pihak lain. Kooptasi (Cooptation) 3. Kerja Sama. Toleransi 7. Pajak Bumi dan Bangunan. Joint Venture b. Koersi (Coercion) 2.

b. Angka harapan hidup penduduk rata-rata tinggi 3. Pajak Negara. Ini berarti semakin rendah harga suatu barang. Kurva Penawaran mempunyai slope Positif. sehingga berslope negatif. Pendapatan rata-rata perkapita penduduk tinggi 4. Bentuk Kurva Penawaran cenderung bergerak dari kiri bawah ke kanan atas. Tingkat pendidikan penduduk tinggi .3. semakin banyak jumlah barang yang ditawarkan. Masih tergantung pada impor hasil industri dan ekspor hasil pertanian b. Mengalami masalah tekanan penduduk 3. 20. Dengan demikian. yaitu : 1. Sangat kekurangan modal 5. yaitu : 1. Ciri-ciri Negara Maju dan Berkembang a. jumlah barang yang ditawarkan berbanding lurus dengan harga barang. Angka pertumbuhan penduduk rendah 2. Artinya. Ciri-ciri Negara Berkembang. Banyak SDA yang belum diolah dan dimanfaatkan 4. Produktivitas barang-barang Primer masih dominan 2. Ciri-ciri Negara Maju. Pajak Daerah. Jenis Pajak menurut Lembaga Pemungutnya a. Kurva Permintaan dan Kurva Penawaran Bentuk Kurva Permintaan cenderung miring dari kiri atas ke kanan bawah. maka akan semakin besar permintaan terhadap barang tersebut. yaitu pajak yang dipungut oleh pemerintah pusat melalui Direktorat Jenderal Pajak dan Kantor Pelayanan Pajak dibawah Departemen Keuangan. Semakin tinggi harga. yaitu pajak yang dipungut dan dikelola oleh pemerintah daerah. 21.

c. Polandia (yang sekarang bernama kota Gdanks) pada tanggal 1 September 1939 ditepi Laut Baltik. Sebelum RIS terbentuk. Pasukan RI yang berada di daerah kantong harus ditarik ke daerah RI. RIS mempunyai kedudukan yang sejajar dengan Negara Belanda dalam Uni IndonesiaBelanda. Sebab khusus Perang Dunia ke II Sebab khusus Perang Dunia ke II adalah Serangan Jerman ke kota Danzig. Sebagian besar penduduk tinggal di daerah perkotaan 22. b. Republik Indonesia merupakan bagian dari RIS. Membentuk Uni Indonesia-Belanda dengan Ratu Belanda sebagai Ketuanya. e. Angka kematian sangat kecil 7. Peta hasil Perundingan (Linggarjati dan Renville) 1. Belanda mengakui secara de facto Republik Indonesia dengan wilayah yang meliputi Jawa. Hasil KMB status Negara RI . d.5. d. Hasil Perundingan Linggarjati. Belanda dapat menyerahkan sebagai kekuasaannya kepada pemerintah federal sementara. b. Kualitas kesehatan penduduk tinggi 6. Membentuk Negara Indonesia Serikat dengan nama Republik Indonesia Serikat yang salah satu Negara bagiannya adalah Republik Indonesia. 23. Belanda tetap berdaulat atas seluruh wilayah Indonesia sampai kedaulatannya diserahkan kepada Republik Indonesia Serikat (RIS) yang segera dibentuk. 2. c. yaitu : a. yaitu : a. Perjanjian Linggarjati ditandatangani oleh Belanda pada tanggal 25 Maret 1947. Sumatera. dan Madura. 24. Hasil Perundingan Renville.

Sikap masyarakat yang tradisional b. Keadaan penduduk yang Heterogen f. 25. Kurang hubungan dengan masyarakat lain c. Ketidakpuasan masyarakat terhadap keadaan dalam bidang tertentu c. Rasa takut terjadi kegoyahan kesatuan bangsa h. Adanya sikap Toleransi g. Faktor pendorong atau penghambat perubahan Sosial Budaya 1. Anggapan bahwa hidup ini buruk dan tidak bisa diperbaiki g. Sistem pendidikan formal yang maju 2. Lambannya perkembangan pengetahuan d. Faktor pendorong a. Faktor penghambat a.Dalam KMB status kedaulatan dan kemerdekaan Republik Indonesia sudah diakui oleh Belanda namun bentuk Serikat (RIS). Prasangka buruk masyarakat terhadap hal-hal baru e. Adanya sistem terbuka pada Lapisan masyarakat h. Adat atau Kebiasaan yang kolot f. Kontak dengan budaya lain b. Menyikapi budaya Asing dalam era Global . Adanya kepentingan yang tertanam kuat (Vested Interest) 26. Sikap menghargai karya orang lain dan keinginan untuk maju d. Adanya orientasi ke masa depan e. Hambatan ideologis i.

00 = 1 gram perak. Pada mata uang logam. Contoh adalah Rp.100. pemindahan kantor Bank Memberikan persetujuan atas kepemilikan dan kepengurusan Bank Pengawasan Bank oleh Bank Indonesia langsung maupun tak langsung 29. Dengan demikian. Nilai Intrinsik adalah nilai yang terlihat dari bahan tang digunakan untuk membuat uang. Tugas Pokok Wewenang Menetapkan dan Melaksanakan Menetapkan sasaran moneter dengan memperhatikan Kebijakan Moneter sasaran laju inflasi yang ditetapkan Melakukan pengendalian moneter 2.100. penutupan. Mengatur dan Mengawasi Bank Menetapkan ketentuan perbankan yang memuat prinsip kehati-hatian Memberikan izin dan mencabut izin usaha Memberikan izin pembukaan. Ciri perdagangan Luar Negeri 30.1. nilai nominal = nilai intrinsik. Tugas Bank (Table Bank Sentral) No.27. 1. b. Contoh untuk membuat uang Rp.000. Interpretasi Simbol Peta . 28. Mengatur dan Menjaga Melaksanakan dan memberikan persetujuan atau izin atas penyelenggaraan jasa system pembayaran Mewajibkan penyelenggara jasa sistem pembayaran untuk menyampaikan laporan kegiatannya Menetapkan penggunaan alat pembayaran Kelancaran Sistem Pembayaran 3. Rp.00. Nilai Nominal ditulis atau dicek dengan angka atau huruf pada mata uang tersebut.00 diperlukan logam perak 1 gram. Nilai Uang (Gambar) a. Nilai Nominal adalah nilai uang yang tertulis atau tertera pada mata uang. nilai nominal > nilai intrinsiknya. Namun pada mata uang kertas.

daerah hutan. Simbol Daerah. Mayoritas Agama di Brunei Darussalam adalah Islam 9. yaitu satu di bagian utara disebut Benua Laurasia yang sekarang menjadi Benua Amerika Utara. 2.a. Mayoritas Agama di Filiphina adalah Katholik Roma 5. berguna untuk menggambarkan tempat seperti ibukota. dan sebagainya. Bagian timur bergeser terus ke timur menjadi Benua Afrika. Benua Pangea terpecah menjadi dua bagian dan bergeser secara horizontal. daerah rawa. dan sebagainya. daerah pertanian. Mayoritas Agama di Laos adalah Budha Theravada 32. Benua Gondwana diselatan terpecah menjadi beberapa bagian. Proses terjadinya Benua Menurut Alfred Wegener. Mayoritas Agama di Vietnam adalah Budha 7. jalan. Mayoritas Agama di Kamboja adalah Budha Theravada 10. Bagian barat bergeser terus ke barat menjadi Benua Amerika Selatan. yakni sebagai berikut : 1. Pada zaman sebelum Zaman Carbon (+ 300 juta tahun lalu) di dunia ini hanya ada satu benua besar yaitu Benua Pangea. Simbol Titik.daerah pemukiman. . b. Mayoritas Agama di Myanmar adalah Budha 8. Di bagian selatan disebut Benua Gondwana. berguna untuk menggambarkan batas wilayah seperti sungai. c. Simbol Garis. Mayoritas Agama di Indonesia adalah Islam 2. 31. Mayoritas Agama di Singapura adalah Kong Hu Cu 6. berguna untukmenggambarkan ketampakan daerah misalnya. Peta Asia Tenggara berdasarkan Agama (Mayoritas) 1. kota. gunung. Mayoritas Agama di Thailand adalah Budha 4. Mayoritas Agama di Malaysia adalah Islam 3. seorang ahli meteorology asal Jerman dalam bukunya yang berjudul “The Origin of Continents and Oceans”. dan sebagainya.

denga Laut Weddel. Peta Dunia : Benua dan Samudera (Lokasi) a. benua terkecil di dunia yang juga merupakan nama sebuah Negara yang terletak antara 10o41’ LS – 43o39’ LS dan 113o09’ BT – 153o39’ BT. dan pecahan bagian barat terus bergerak ke selatan. Benua Australia. Benua Asia adalah wilayah yang menjadi tempat matahari terbit yang berada di seberang Laut Mediterania. Karakteristik Benua (Table) 1. 4. benua yang terletak antara 9o BB – 60o BT dan 80o – 35o BT. 33. benua yang terletak antara 17o BB – 53o BT dan 40o LU – 38o LS. . Bagian yang lebih kecil di bagian timur bergeser terus ke arah timur laut menjadi India. Satu bagian lagi terpecah menjadi dua. dan Samudera Pasifik di Selatan. dengan Samudera Atlantik di Timur serta dengan Samudera Pasifik di Barat. 4. 3. benua yang terletak antara 26o4’ – 160o BT dan 77o41’ LU – 11o LS. Benua Afrika berbatasan dengan Laut Tengah di Utara. Benua Antartika 34. 2. yaitu di bagian timur terus ke timur laut. Benua Afrika. 5. Samudra Atlantik. Benua Amerika 4. Benua Afrika 3. Benua Asia 2. Benua Amerika berbatasan dengan Samudera Arktik di Utara. serta dengan Samudera Atlantik di Barat. Benua 1. Benua Eropa mempunyai arti tempat matahari terbenam. Benua Australia 6. benua yang terletak antara 170o – 35o BB dan 83O LU – 55O LS. Benua Eropa 5. Benua Eropa.3. Benua Amerika. Benua Asia. dengan Samudera Hindia di Selatan dan Timur.

Tahap Infiltrasi (sampai akhir 1962) 2. Gambar Peristiwa G 30 S/PKI 37. benua yang satu-satunya yang belum di huni oleh manusia. Adanya keinginan pemerintah untuk terus-menerus mempertahankan kekuasaanya 3. Samudera Arktik. Adanya keinginan masyarakat untuk Reformasi Total 38. samudera yang berupa cekungan besar berbentuk lingkaran dan terletak di ujung utara atau bagian ujung atas bola dunia (globe). yaitu : . 2. Benua ini terletak di Kutub Selatan. Adapun titik barat daya di Tanjung Harapan. Terjadinya krisis yang melanda Indonesia 4. Tahap Konsoidasi (awal 1964) 36. 35. samudera dengan bentanan yang luas dari pantai barat Benua Amerika hingga pantai timur Benua Asia dan Australia. Australia Barat. Samudera Pasifik. Samudera Atlantik.6. Ketidakpuasan dan tidak percayanya rakyat pada pemerintah 5. Upaya perjuangan merebut Irian Barat (Tahapan) 1. samudera yang membentang dari pantai barat Eropa dan Afrika sampai pantai timur Benua Amerika dari Tanjung Horn sampai Pulau Greenland. ujung Benua Afrika dan titik paling tenggara di sebelah Perth. samudera yang membentuk segitiga raksasa dngan titik utara di Laut Arabia dan Teluk Benggala. Peran Indonesia dalam Organisasi Internasional Peran Indonesia dalam Organisasi Internasional. yaitu : 1. 4. Terjadinya penyelewengan terhadap nilai-nilai Pancasila dan UUD 1945 2. Samudera Hindia. Runtuhnya Orde Baru Penyebab runtuhnya Orde Baru. Samudera 1. b. 3. Benua Antartika. Tahap Eksploitasi (mulai awal 1963) 3.

Perilaku yang bersifat Negatif. Indonesia berperan dalam menciptakan perdamaian dunia 2. Indonesia secara aktif ikut menyempurnakan struktur Organisasi ASEAN ketika KTT di Bali tahun 1976 d. Sekretariat tetap ASEAN ditetapkan di Jakarta f. Gerakan Non Blok (GNB) a. Indonesia menjadi tuan rumah pada tahun 1992 dalam KTT GNB X c.1. Indonesia mengirimkan pasukan perdamaian ke berbagai kawasan yang membutuhkan b. Menjadi tuan rumah penyelenggaraan KAA c. Munculnya sikap Westernisasi atau Kebarat-baratan 2. Indonesia sebagai salah satu pelopor yang ikut menandatangani Deklarasi Bangkok yang menandai berdirinya ASEAN b. Assosiation of South East Asian Nation (ASEAN) a. Indonesia mencetuskan upaya menghidupkan kembali dialog Utara-Selatan 4. Indonesia beberapa kali dipercaya menjadi tuan rumah penyelenggaraan KTT ASEAN c. Salah satu pelopor dan pemrakarsa KAA b. Memainkan peran yang aktif dalam penyelesaian masalah di Kamboja e. Munculnya sikap Hedonisme atau Materialisme 3. Ikut aktif membantu menyelesakan masalah Moro di Filiphina 3. Contoh : 1. Munculnya sikap Individualisme b. Indonesia berperan sebagai pelopor berdirinya GNB b. Perilaku yang bersifat Positif. Contoh : 1. Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) a. Konferensi Asia Afrika (KAA) a. Indonesia aktif menjaga perdamaian dunia 39. Nilai-nilai kehidupan di era Global a. Indonesia memprakasai kerja sama teknis di beberapa bidang d. Munculnya perilaku Patriotisme .

Disosiatif adalah bentuk hubungan sosial yang mengarah pada perpecahan atau merenggangnya hubungan sosial antara dua belah pihak atau lebih. Terpenuhinya kebutuhan dalam negeri 2. Danau c. yaitu : 1. Rawa 42. Ingin mencari keuntungan 44. Memperluas lapangan pekerjaan Uraian 41. Meningkatkan produktivitas dalam negeri 3. Membedakan Proses Sosial (Disosiatif dan Asosiatif) 1. SuperSemar . Faktor penyebab Perdagangan Internasional Faktor penyebab Perdagangan Internasional. Sungai b. Adanya keinginan untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri 2. Mempererat persahabatan antar Negara 4. Munculnya kesadaran akan Hak dan Kewajiban masyarakat 3. Manfaat Peraiaran Darat a. Meningkakan pendapatan Negara melalui Ekspor 5. Asosiatif adalah proses interaksi yang cenderung menjalin kesatuan dan meningkatkan solidaritas anggota kelompok. Ingin menjalin hubungan yang baik antar Negara 3. yaitu : 1. Munculnya perilaku Demokratis 40. 43. 2. Manfaat kerja sama ekonomi antar Negara Manfaat kerja sama ekonomi antar Negara.2.

Preiden Soekarno mengajak partai politik dan organisasi massa untuk mendukung Tritura. Tanggal 11 Maret 1966. berlangsung siding cabinet paripurna yang dipimpin oleh Presiden Soekarno. Sebelum berangkat. Beliau pun mengizinkan dan menitipkan pesan kepada Presiden bahwa ia sanggup untuk memulihkan keadaan jika diberi kebebasan untuk bertindak. Dataran Tinggi 3. Bukit atau Perbukitan 4. Relief Muka Bumi (Gambar) a. Yusuf (Menteri Perindustrian). Dalam siding tersebut hadir tiga perwira tinggi TNI AD. Brigjen M. ketiga Perwira AD mengadakan pembicaraan dengan Presiden yang didampingi ketiga Waperdam. Pegunungan . dilaporkan adanya pasukan tidak dikenal d sekeliling Istana Merdeka. dan Brigjen Amir Mahmud (Pangdam V Jayakarta) yang sepakat menyusul Presiden ke Bogor untuk menunjukkan bahwa Presiden Soekarno tidak ditinggalkan oleh ABRI.Pada tanggal 10 Maret 1966. Dataran : 1. Di Istana Bogor. mereka meminta izin terlebih dahulu kepada Letjen Soeharto (Menteri Angkatan Darat). 45. Dataran Rendah 2. Surat itu lebih dikenal dengan Surat Perintah Sebelas Maret (Supersemar). Pembicaraan itu menghasilkan keputusan perlunya dibuat surat perintah kepada Letjen Soeharto yang isinya adalah kepada Letjen Soeharto agar mengambil tindakan untuk menjamin keamanan. Pada saat siding berlangsung. dan kestabilan pemerintah demi keutuhan bangsa dan Republik Indonesia. Basuki Rahmat (Menteri Urusan Veteran dan Demobilisasi). yaitu Mayor Jend. Gunung 5. Presiden segera meninggalkan siding diikuti Waperdam I dan II (Soebandrio dan Chairul Saleh) mereka menuju Istana Bogor. Presiden Soekarno melangsungkan pertemuan dengan partai-partai politik. ketertiban.

Lereng Benua 3. Gunung Laut . Lereng Depresi b. Punggung Laut 7. Lubuk Laut (Basin) 5. Dangkalan 2. Ambang Laut 6. Palung Laut (Trog) 4.6. Dasar Laut : 1. Lembah 7.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful