Soal UTS Dasar Penyuluhan Dan Komunikasi Nama Nim Prodi : MUH. LUTHFI .S.

: 632410049 : teknologi hasil perikanan (B)

Mata Kuliah : Dasar Penyuluhan Dan Komunikasi

1.

Jelaskan pengertian penyuluhan berdasarkan prinsip pendidikan orang dewasa..!!

Pendidikan Orang Dewasa atau Andragogi adalah ilmu tentang memimpin atau membimbing orang dewasa atau ilmu mengajar orang dewasa. Pendidikan orang dewasa berbeda dengan konsep pendidikan untuk anak-anak, yang sering disebut dengan istilah pedagogi. Perbedaan antara konsep andragogi dan pedagogi adalah bahwa konsep andragogi berkaitan dengan proses pencarian dan penemuan ilmu pengetahuan yang dibutuhkan manusia untuk hidup, sedangkan konsep pedagogi berkaitan dengan proses mewariskan kebudayaan yang dimiliki generasi yang lalu kepada generasi sekarang. Ada juga beberapa pemikir yang mendefinisikan tentang pengertian Pendidikan Orang Dewasa. Antara lain :

1.

Menurut Shef field dan Houle Pada dasarnya orang dewasa telah memiliki satu rentang hidup dalam fase kehidupannya. Ketika tumbuh dia telah memiliki berbagai peranan yang jauh berbeda dengan apa yang telah dialaminya semasa ia masih anak-anak atau remaja. Peranperan inti kemudian memiliki konsekuensi bagi dirinya serta tuntutan yang harus dipenuhinya. Proses pemenuhan akan tuntuhan serta kebutuhan yang disadarinya terhadap dirinya melahirkan kebutuhan untuk belajar. Maka dengan pertimbanganpertimbangan ini pembelajar (orang dewasa) melaksanakan proses pembelajaran. Dengan demikian dapat disimpulkan terdapat orientasi-orientasi tertentu bagi orang dewasa dalam melaksanakan proses pembelajaran. Orientasi belajar orang dewasa menurut pakar ini dapat dibedakan: Learning orientation, Sociability orientation, Personal goal orientation, societal goal orientation, need fulfillment (pemenuhan kebutuhan) orientation.

seluruh warga Indonesia harus mau mengangkat harkat mereka. yang berlandaskan pada kepercayaan kepada Tuhan Yang Maha Esa. dan secara cepat mampu mengantisipasi permasalahanpermasalahan di daerah dan tidak menunggu petunjuk/restu dari pusat. penyuluh diberi kewenangan secepatnya mengambil inisiatif sendiri. 1989). Dalam setiap permasalahan yang dihadapi. dan (2) pentingnya kemauan penyuluh memahami budaya lokal yang seringkali mewarnai local agricultural praktis. Penyuluhan tidak selalu dibatasi oleh peraturan dari pusat yang kaku dan sentralistis. Penyuluh selain memberikan ilmunya kepada pelaku utama dan pelaku usaha agribisnis. sangat membatasi kemerdekaan mereka mengambil keputusan bagi usahanya. demi kemanusiaan dan keadilan sosial. Padahal . Pelaku utama dan pelaku usaha agribisnis berhak memperoleh keleluasaan mengembangkan dirinya. Jelaskan falsafah penyuluhan sesuai prinsip demokrasi dan humanistik.. Falsafah penyuluhan berpijak pada pentingnya pengembangan individu dalam menumbuhkan masyarakat dan bangsa. Falsafah penyuluhan berakar pada falsafah Negara Pancasila. yang membawa konsekwensi pada: (1) perubahan administrasi penyuluhan dari yang bersifat relatif sentralisme menjadi fasilitatif partisipatif. Landasan falsafah penyuluhan seperti itu mengandung pengertian: 1. yang akan dan harus diterapkan.! Falsafah berarti pandangan. mereka bisa mengambil keputusan berdasarkan pertimbangan untuk dapat menyelamatkan keluarganya.2. menghargai prinsip demokrasi. ia harus mau belajar untuk mengembangkan dirinya (belajar dianggap tidak rasional. terutama pada sila Kemanusiaan Yang Adil dan Beradap. dan Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia. Bhinneka Tunggal Ika. Jika pelaku utama dan pelaku usaha agribisnis diminta bekerja keras meningkatkan produksinya. 2. serta demi tercapainya persatuan bangsa (Margono Slamet. Administrasi yang terlalu regulatif. Dalam hal seperti itu. Falsafah penyuluhan berlandaskan pada falsafah Pancasila. penyuluh menganggap rasional adalah petunjuk pusat).

2. sering sangat rasional. menggerakkan. Penyuluh harus bekerjasama dengan masyarakat. dan swakelola bagi terselenggaranya kegiatan guna tercapainya tujuan. harapan dan keinginan-keinginan masyarakat sasarannya. 1990). serta memelihara partisipasi masyarakat.praktek-praktek usahatani yang berkembang dari budaya lokal. swadaya. agar memiliki kemampuan berswakarsa. Penyuluhan harus mampu mendorong terciptanya kreativitas dan kemandirian masyarakat. . Kehadiran penyuluh harus mampu menumbuhkan. Penyuluhan harus mengacu pada terwujudnya kesejahteraan ekonomi masyarakat dan peningkatan harkatnya sebagai manusia. Falsafah penyuluhan itu mengandung pengertian: 1. bukan sebagai penentu atau pemaksa. bukan bekerja untuk masyarakat (Adicondro. karena telah mengalami proses trial and error dan teruji oleh waktu. Falsafah penyuluhan adalah: Bekerja bersama masyarakat untuk membantunya agar mereka dapat membantu dirinya meningkatkan harkatnya sebagai manusia.