Tata Cara/Etika Dalam Memakai Pakaian (Berpakaian) Yang Baik dan Sopan

Fri, 11/06/2010 - 1:32am — godam64 Manusia membutuhkan pakaian (sandang) untuk memenuhi kebutuhan hidup pokok dasar seharihari di samping kebutuhan akan tempat tinggal (papan) dan makanan (pangan). Pakaian dapat memberikan keindahan, proteksi dari penyakit, kenyamanan, dan lain sebagainya. Tanpa baju/pakaian dapat mengakibatkan seseorang dikatakan gila. Etiket Dalam Berpakaian 1. Menutup Aurat Bagian Tubuh Saat ini banyak kita jumpai gadis dan wanita yang tidak menutup aurat dengan bajunya, sehingga dapat memunculkan rangsangan kepada kaum laki-laki yang melihatnya. Ada banyak pilihan pakaian yang tertutup dan sopan yang bisa digunakan tanpa mengurangi kecantikan perempuan. Seharusnya pemerintah memberikan teguran dan hukuman bagi orang-orang yang mengumbar tubuhnya. 2. Sesuai Dengan Tujuan, Situasi dan Kondisi Lingkungan Jika ingin sekolah gunakanlah pakaian seragam sekolah, bukan pakaian untuk tidur (piyama), renang, kerja, dan lain-lain. Apabila suhu di luar rumah sangat dingin, gunakanlah jaket yang tebal, bukan memakai pakaian tipis. 3. Tampak Rapi, Bersih, Sehat, dan Ukurannya Pas Pakaian yang dipakai sebaiknya pakaian yang telah dicuci bersih, disetrika rapi dan jika dipakai tidak kebesaran maupun kekecilan. Pakaian yang kotor merupakan sarang penyakit bagi kita diri sendiri maupun kepada oang lain yang ada di sekitarnya. 4. Tidak Mengganggu Orang Lain Pakailah baju-baju yang biasa-biasa saja tidak mengganggu akivitas maupun kenyamanan orang lain. Misalnya menggunakan gaun wanita dengan ekor puluhan meter sangat tidak pantas jika kita gunakan di tempat seperti di bus umum. 5. Tidak Melanggar Hukum Negara dan Hukum Agama Sebelum memakai pakaian ada baiknya diingat-ingat dulu hukum di dalam maupun di luar negeri. Hindari memakai pakaian yang bertentangan dengan adat istiadat, hukum budaya yang berlaku di tempat tersebut. Di mana bumi di pajak, di situ langit di junjung.

Di dunia hiburan sendiri. Hal ini juga untuk menghindari adanya perbedaan / status sosial. Karena sewaktu-waktu. seorang chef yang berpakaiannya agak kurang rapi. bartender. Misalnya. Oleh karena itu pada perusahaan-perusahaan besar untuk membentuk image yang positif pada perusahaan tersebut. Kemudian seorang karyawan atau bahkan pimpinan yang kurang rapi secara tidak langsung mencerminkan image atau gambaran keadaan perusahaan tersebut.” terang Adel. “Sementara itu berpakaian dalam penampilan bekerja tidaklah harus mewah atau berlebihan. Jadi pada prinsipnya sebenarnya dalam profesi apapun sebenarnya penampilan perlu diperhatikan menurut kepentingan pekerjaannya. hal tersebut menunjukkan bahwa orang tersebut menaruh perhatian dengan dirinya.” ujar Adelina Situmorang. atau bagian SDM. mereka lebih ke fashionable atau mengikuti mode yang sedang in karena memang seperti itulah ritme dunianya. maka diberikan seragam pakaian kerja untuk karyawan supaya terjadi keseragaman antar karyawan. Lain halnya jika bekerja di bidang developer dan properti. Sementara itu bagi karyawan atau karyawati de ngan jabatan di perusahaan terutama yang selalu berhadapan dengan customer atau pelanggan. Berbeda lagi di perhotelan. finance. kebanyakan orang berpakaian kerja di dalam kantornya dengan tidak terlalu mengikuti aturan atau cara berpakaian kerja pada umumnya. Misalnya saja profesi seperti customer service. penampilan yang harus diperhatikan adalah bagian sales dan marketing serta public relations. yang perlu diperhatikan adalah pada bagian receptionist. Namun. food and beverage. house keeper dan bahkan chef sekalipun yang terkadang keluar dari ruang kerjanya yaitu dapur dan akan terlihat langsung oleh tamu. Namun. . HRD Manager Panbil Industrial Estate. kasir untuk di bank. Maka ketika seseorang berpenampilan rapi dalam berpakaian.Disesuaikan dengan Kepentingan Pekerjaan Penampilan adalah bagian dari gambaran atau cermin dari kepribadian seseorang. mereka akan bertemu dengan relasi. menurutnya. tentu tamu-tamu hotel akan mengimaginasikan bahwa makanan yang dimasaknya pun kurang terjamin kebersihannya. tentu sangat mengutamakan penampilan. teller. disesuaikan dengan kondisi ruang kerja dan lingkungan dia bekerja. “Pada beberapa jabatan di back office meskipun tidak langsung terkait dan tidak terlalu sering berhadapan dengan orang namun perlu juga dijaga penampilan atau cara berpakaian yang rapi. Seperti para executive dan manager di accounting.

Bisa jadi meskipun kualitas si eplamar memenuhi syarat. seorang entertaint tentu harus terus memperhatikan penampilannya di atas pentas dan di hadapan public karena ia menjadi public figure. Sebaiknya gunakan lengan panjang agak tampak rapi dan celana hitam yang netral. Usahakan juga tidak bermotif kembangkembang dalam ukuran besar. apakah selanjutnya ia akan diterima ataukah tidak. Jangan terlalu banyak aksesoris dan pakailah sepatu dengan hak yang tidak terlalu tinggi. “Jika ingin menggunakan celana warna coklat atau krem juga boleh. kenakan juga busana yang berkerah dan pilihan warna-warna cerah namun soft atau netral dengan warna yang tidak menyolok. (ika) Hindari Baju yang Menyolok Kesan pertama saat melamar kerja biasanya berpengaruh terhadap kelanjutan si pelamar. sebaiknya cari model baju yang tidak ribet atau tidak terlalu banyak model. Dengan penampilan yang good looking kita sudah satu langkah memberikan kesan yang impresif bagi yang menginterview kita. Karena jika kita mengenakan pakaian seadanya. perhatikan juga cara berpakaian ketika sedang melamar pekerjaan dan interview di perkantoran. tidak sepenuhnya demikian. Karena.” lanjut Adel. Walaupun. Yang penting disesuaikan dengan warna kemejanya supaya senada dan tidak mencolok. yang berpengaruh langsung terhadap karir lebih berkaitan dengan performance kerja dan adanya kesempatan. (ika) Kiat menjaga penampilan di pekerjaan ala Adel: -Rencanakan pakaian yang akan kita kenakan pada hari kita akan bekerja. setrika dengan rapi atau tidak terburu-buru memilih pada hari itu. Hal ini yang mungkin bisa dikatakan ada kaitannya dengan karir entertaint tersebut. Kecuali di dunia hiburan. Pilihlah warna hitam yang netral untuk semua baju. Hindari baju yang berenda-renda atau berlipit-lipit sehingga tidak berkesan penuh karena juga akan mempersulit gerak atau langkah kita. maka ia pun bisa tergeser oleh orang lain yang dianggap lebih sempurna. Untuk pelamar pria sama halnya dengan wanita. pilihlah kemeja warna-warna cerah yang soft atau netral dan bisa saja dengan motif garis-garis tipis. Saran dari adel. akan tetapi karena adanya penampilan yang dirasa kurang. Sebaiknya. “Cari motif yang polos atau motif garis-garis halus juga bisa digunakan. . cara berpakaian yang harus diperhatikan adalah kenakan pakaian yang membuat kita nyaman. Untuk itu ada baiknya. Selain itu.” ujar Adel.“Namun demikian tidaklah dapat dikatakan bahwa penampilan di kantor berpengaruh langsung kepada karir.” saran dari Adel. Kenakan sepatu untuk bekerja atau resmi dan bukan sepatu kets atau sportif .

asal-asalan. -Usahakan pakaian yang kita kenakan tidak dipakai lebih dari 1 kali dalam seminggu karena mungkin akan kotor. -Rencanakan budget untuk membeli pakaian kerja sedikitnya sebulan sekali sehingga kita tampak fresh dan memengaruhi semangat dalam bekerja. -Sebaiknya cuci pakaian kerja kita setiap kali setelah dipakai sehingga selalu tampak bersih dan wangi. -Gunangan parfum atau pewangi dengan aroma yang tidak menyolok -Dandan yang soft atau untuk siang hari agar penampilan berkesan lebih cerah. -Kenakan pakaian kerja baik dari segi motif. dan kurang sedap dipandang jika mengenakan pakaian yang sama terus menerus. dan tidak dipersiapkan sebelumnya akan berkesan tidak ada kesiapan untuk bekerja atau tidak sungguh-sungguh. (ika) . warna. dan model. berbau. corak.

07 July 2011 01:13 Fashion.Tips-Tips Berpenampilan Written by HZ-Lynxs Thursday... :D So. tapi kalau kita perpenampilan kurang baik weh weh ngarep deh bisa dianggep baik. orang-orang melihat kita dari cara berpenampilan dulu.. kita harus bener-bener memperhatikan cara kita berpenampilan biar cowok dan cewek mau ngirik kita hehehehe :D.. jika kita berpenampilan baik maka orang pun akan menganggap kita baik. kalau kita berbadan besar usahakan memakai baju yang terlalu longgar karena selain dilihat tidak enak bisa membuat badan kita terlihat semakin besar. kalian jangan menganggap remeh pakaian yang kita kenakan karena Guys. jadi harus disesuaikan dengan ukuran kita. penting banget buat remaja seusia kita atau lebih tepatnya usia belasan tahun. . misal saja jika badan kita kurus jangan deh memakai pakaian yang ketat karena disamping tidak nyaman juga membuat kurusnya badan kita semakin menonjol. ok langsung saja dah Guys berikut ini tertera tips-tips yang bisa buat penampilan kita sesuai dan bisa kalian terapkan dalam berpenampilan. Cekidot!!!!  Pakai Baju atau celana yang pas Guys baju dan celana adalah pakaian yang standar.

malah bikin kamu bisa dihargai dan dihormati orang. mana betah pacar kamu ngobrol lama-lama sama kamu. kita pakai baju semahal apapun kalau tidak nyaman y... kita harus memberikan contoh kepada orang lain. Sesuai dengan keadaan Baju yang kita kenakan hendaknya sesuai dengan keadaan atau sesuai dengan tema dan cuaca. karena nyamannya pakaian adalah hal terpenting.  Matching Usahakan saat memilih pakaian kita juga menentukan komposisi warna pakaian kita jagan sampai warna pakaian kita bertabrakan. Maka dari itu usahakan agar kita berpenampilan yang baik dan sopan untuk menunjang penampilan kita. misal kita mau kepantai tidak mungkin kan kita memakai baju yang tebal. Kita kenakan pakaian yang acak-acakan dengan kata lain tidak rapih. kenyamanan berpakaian itu sangat penting kawan-kawan. short pant. dan sandal. kan pertama yang dilihat orang kan cara berpenampilan Guys. kan bisa membuat kita semakin PD. mana mungkin di terima??? mau ngapel kerumah pacar tapi penampilannya kayak orang baru bangun tidur. karena terlihat 4L4Y atau norak.  Nyaman Dalam berpakaian kawan-kawan pastikan pakaian yang digunakan nyaman.  Sopan Dalam berpakaian kita juga harus mengutamakan sopan. nggak bagus juga kan??? Jadi dimanpun dan kapanpun kita berada kita sangat membutuhkan fashion. karena jika kepantai dengan pakaian tersebut lebih sesuai dan nyaman kita memakai serta orang yang melihat kita. :D :D :D ... cukup buat kawankawan memakai T-Shirt .percuma bukan???. kita pakai pakaian yang sewajarnya saja jangan memakai pakaian yang terbuka karena..hm. penampilan memang modal utama bagi semua orang. misal saja kalau kita mau ngelamar kerja. perpaduan warna yang pas membuat kita tampil lebih PD bukan??? juga jangan berlebihan warna atau rame warna yang terkandung dalam pakaian kita... penampilan yang baik tidak akan merugikan kok.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful