Perkembangan Islam di India

Untuk awal masuknya Islam di India dapat dibagi menjadi empat periode, yaitu periode Nabi Muhammad, periode Al Khulafa rasydun, dan dinasti Umayyah, periode Ghazni, dan pereode dinasti Ghuri . Pada masa nabi, banyak orang dari suku Jat (India) menetap di Arab. Di antaranya, ada yang mengobati dan menyembuhkan Aisyah, istri Rasulullah, kemudian manjadi khamdim-nya. Pada masa Al khulafa rasiydun, berbagai upaya dilakukan untuk menyebarkan Islam di wilayah India. Pada tahun 16 H (636 M) Khalifah Umar mengirimkan pasukan ke Persia di bawah pimpinan Saad bin Abi Waqas. Beliau berjuang selama 16 tahun, akhirnya dapat menguasai seluruh Persi kemudian diperluas ke Khurasan dan diteruskan ke India. Pada masa Khalifah Usman, dikirimlah Hakim bin Jabalah ke India, untuk menjelajahi mengenal negeri India yang luas itu. Dan pada masa Khalifah Ali bin Abi Thalib, tahun 38 H (659 M) Al Harrits Murrah Al Abdi ke India untuk menyelidiki jalan-jalan India, ilmu pengetahuan dan adat istiadat India. Namun demikian, beberapa ekspedisi ke India melalui laut

tidak berhasil karena tenggelamnya armada, di samping tentara Arab kurang ahli laut. Invasi melalui laut selanjutnya dilarang oleh Umar bin Khatab. Pada 643-644 M, tentara Arab berhasil menguasai Kirman, Sizistan sampai Mekran. Setelah itu tidak ada kemajuan yang berarti kecuali hanya investigasi adat istiadat dan jalur menuju India. Pada masa Muawiyah ibn Sofyan, dinasti Umayyah, tentara Islam hanya mencapai kabul, ibu kota Afganistan sekarang. Pada zaman Walid ibn Abdul Mail, terjadi drama pembajakan terhadap orang-orang Islam di wilayah kekuasaan raja dahir. Menurut catatan Firistha, anak-anak dan istri-istri para pedagang Arab yang meninggal dunia di Jaziratulyaat (jawa) karena wabah, dikembalikan kepada Khalifah Al Walid 17051715 M, melalui Hajjaj disertai delapan kapal sarat hadiahhadiah. Di dekat Debal, mereka dibajak. Seseorang berhasil menyelamatkan diri dan melaporkan kepada Hajjaj yang kemudian protes keras kepada Dahir, agar para tawanan dan hadiah-hadiah dikembalikan disertai ganti rugi, dan para pembajak agar dihukum.

Dahir menolak menghukum para pembajak dengan alasan laut itu wilayah internasional dan tidak punya

Peristiwa ini mendorong gubernur jendral Al Masyriq (wilayah timur).000 orang suku Jat dan Med berkasta rendah yang tertindas. Jumlah tentara yang dipersiapkan 15.000 pasukan berkuda. Seperti 4. dan 3000 pasukan unta yang mengangkut alat-alat perang pada 708 M malalui Sirah dan Mekran. 6000 pasukan unta. dari shahwand (shewand) yang bertemu dengan ibn Qasim. seluruhnya masuk Islam secara sadar dan secara . untuk menaklukan India dengan dua sebab lainya Dahri membantu Persia ketika pasukan Arab melakukan invasi ke sana dan menolak mengembalikan para pembangkang. Dalam perjalanan ia mengumpulkan tentara tambahan termasuk pribumi sebagai penunjuk jalan. Hajjaj ibn Yusuf.000 terdiri dari 6. Hajaj mengirim ibn Qasi untuk mempimpin pasukan menuju Sind ketika itu usinya baru 17 tahun.kekuasaan menghukum mereka. sampai di Debal pada tahun 711 M.

digantikan oleh saudaranya. India bagian barat laut (Sind dan Punjab) dapat ditaklukan dan dikuasai. Riwayatnya justru berakhir menyedihkan akibat pertikaian politik antar Hajjaj dan Sulaiman. Penggantinya. membayar jizyah atau memilih perang. 1908. Kemudian. tetapi lebih ditujukan bagi penyiaran Islam. Saksi Perkemangan Islam India . Setelah itu tidak ada penguasa baru. Dalam ekspedisinya ke Sind. hanya bertahan 18 hari akibat pemberontakan rakyat. yang hanya menguasai daerah Alor. Ibn Qasim menjalankan pemerintahan secara manusiawi. Taj Mahal.suka rela menjadi penunjuk tentara Arab ke Sind. Hanya dalam waktu 4 tahun lebih. Qasim menawarkan tiga pilihan.masuk Islam. Daerah itu tetap dalam kekuasaan Islam sampai datangnya dinasti Ghazni Ali. Habib Al Muhallab. Yazid ibn Abu Kabshah Al Suksuki.

terletak di pinggir Sungai Yamuna.000 orang. menunjukkan kepada dunia betapa peradaban masyarakat muslim sudah sedemikian maju. Istana pilihan yang di dalamnya terdapat makam mulai dibangun tahun 1632 dengan mempekerjakan 20. stabilitas di tengah penduduk yang majemuk namun kepemimpinan raja bijak. Taj Mahal menjadi lambang kejayaan Dinasti Mogul. India sekitar 190 kilometer dari New Delhi. Hal itu merepresentasikan kemajuan masyarakat muslim pada zamannya. meski menganut ajaran Islam tapi tetap memberikan hak hidup terhadap beragam agama dan keyakinan. Bangunan indah dan megah itu sumbangan peradaban masyarakat muslim. total biaya mencapai 40 juta rupee. sebuah karya arsitektur yang sangat tinggi.Taj Mahal yang di dalamnya berdiri bangunan masjid. Taj Mahal yang dibangun Syah Jehan Raja Mogul V untuk menghormati istrinya Arjuman Banu Begum atau Mumtaz Mahal. satu dari tujuh keajaibah dunia. Syah Jehan mewarisi kebijakan . Agra. Bangunan inti selesai tahun 1643 dan secara keseluruhan selesai tahun 1654.

perpaduan karya arsitek terkemuka yang mengadopsi corak bangunan dari India. Antara satu bagian dengan lainnya dibatasi bidang empat persegi panjang. Kompleks Taj Mahal berbentuk bujur sangkar.pendahulunya dalam kepemimpinan sehingga tampil sebagai pemimpin yang sukses. sebanyak 11.4% menganut ajaran Islam. tinggi bangunan tujuh meter dan puncak kubahnya mencapai 26 meter. namun memberikan sumbangan peradaban yang sangat berarti bagi dunia. Pintu gerbang di bagian selatan dan mausoleum sebagai bangunan utama dilingkupi dua bangunan simetris. Peranannya . Sebuah kerja yang mengagumkan sehingga mendatangkan kekaguman di sepanjang zaman melintasi batas ruang dan waktu. Konsultan pembangunan didatangkan dari Turki. Di sepanjang sejarahnya masyarakat muslim India meski merupakan kelompok minoritas. Ustadz Isa seorang arsitek terkemuka ketika itu. Taj Mahal merupakan gabungan berbagai arsitektur yang berkembang zaman itu. Mausoleum berbentuk segi delapan dan di atasnya ditutup kubah. Di bagian barat terdapat masjid dan timur ruang jawaban. Di tengah terdapat taman bungan dengan kolam air mancur yang sangat menawan. membujur dari utara ke selatan terdiri tiga bagian. Pesia dan Asia Tengah. India yang berpenduduk 871 juta jiwa (tahun 1990). Dinding bagian dalam dilapisi batu pualam warna kemerah-merahan dan di bagian luar sudut-sudutnya terdapat menara yang menjulang tinggi.

Pada masa Bani Umayyah di bawah panglima Muhammad bin Qasim melanjutkan ekspedisi dan menguasai Sind dan mulai tahun 871 kaum muslimin mulai menetap di sana. raja mengundang Zahiruddin Muhammad Babur dari Kabul yang di kemudian hari berhasil mendirikan Kerajaan Mogul tahun 1526. Masyarakat muslim mulai masuk anak benua India sejak abad pertama hijriyah berlangsung secara bergelombang. masa kekuasaan Kerajaan Mogul. Akbar Khan menggantikan dan memerintah 49 tahun sehingga puncak masa kejayaan dapat diraih setelah berhasil mempersatukan daerah. baru 15 tahun kembali berkuasa dan meninggal dunia setahun kemudian. Khalji. sepeninggal khalifah orang-orang Arab membuka jalan dengan menguasai Bakra di Baluchistan. orangorang Turki mulai masuk abad keduabelas dan orang-orang Afghan masuk abad keenambelas. Ketika terjadi kekacauan di negerinya. orang-orang Arab masuk sekitar abad kedelapan. Mahmud Gaznawi tahun 1020 mengembangkan pengaruhnya dan mampu mengajak raja-raja setempat dalam Islam. Sepeninggal Mahmud Gaznawi muncul dinasti kecil seperti Mamluk. . masa penjajahan Inggris dan masa kontemporer hingga sekarang. Sepeninggal Babur Mogul dipimpin putranya Humayun namun kalah menghadapi Bahadur Syah dari Gujarat. Tugluq dan terakhir dinasti Lody yang didirikan Bahlul Khan Lody. Khalifah Umar bin Khattab memerintahkan ekspedisi pada tahun 643.dapat dilihat dari beberapa sejak sebelum Kerajaan Mogul.

golongan dan agama di India. sejarah. Sedang perpustakaan di Agra mengoleksi lebih 24 ribu buku. kemudian mendirikan kerajaan dan sekaligus bersamaan . Dalam bidang ekonomi umat Islam di Mogul berhasil mengekspor sejumlah produk ke Eropa. selain bangunan masjid. Melwa. Lahore. Di masdrasah pelajaran meliputi ilmu tafsir. Bengal. Berar. Multan. Bihar. geometri. banyak bangunan indah yang dihasilkan pada masa pemerintahan Mogul. fiqih. Puncak karya arsitektur paling tinggi ketika itu yang dapat disaksikan hingga hari ini adalah Taj Mahal. Saluran pertama adalah melalui kegiatan perdagangan. Luasnya membentang meliputi Kabul. Tajore dan Trichinopoli. Masuknya Islam di India Islam yang masuk ke India pada abad ke-7 disebarkan melalui beberapa saluran. Dalam bidang arsitektur berkembang sangat mengagumkan. Bajipur. Ahmadnagar. geografi. politik dan matematika. Ousra. Sekolah tinggi terkemuka dibangun pada masa itu. Allahabad. Agra. madrasah dan perpustakaan. Mereka membangun masjid. istana dan makam para pembesar kerajaan. Ajmer. Galkanda. hadis. Oud. Delhi. Kandes. Benteng Merah menjadi salah satu bangunan megah. Sedang dalam bidang pendidikan dan ilmu Mogul berhasil mencapai prestasi cemerlang. Pengajaran terdiri berbagai ilmu seperti logika. Gujarat. Mogul di masa jayanya berhasil membangun peradaban bahkan menjadi negara adikuasa dengan menguasai beberapa wilayah. filsafat.

Kerajaan-kerajaan yang pernah berdiri di India di antaranya: a. maka masyarakat Islam India wakut itu dapat dibagi menjadi dua: 1. Golongan keturunan asing yang datang ke India membawa agama Islam. Kerajaan Ghori Kerajaan ini berdiri pada tahun 1186. 2. Rajanya yang terkenal ialah Muhammad Abul Mudzaffar bin . Kemudian dibawah penggantinya yaitu Mahmud Ghazna berhasil memasuki perbatasan India. Kemudian ia digantikan oleh menantunya yang bernama Sabaktigin (Mahmud Sabaktigin bin Alp Takin dari Ghazna). Kerajaan Ghazna Cikal bakal kerajaan ini adalah sebuah kerajaan kecil yang berdaulat penuh dengan ibu kotanya Ghazni. negara tetangga yang kaya raya dan sangat diidam-idamkan para leluhurnya itu.dengan itu datang pula para penyebar Islam (da’i / muballigh) yang mendakwahkan agama Islam kepada masyarakat India. Pendirinya ialah Alaiddin Husen bin Husen. Dengan penyebaran Islam seperti itu. Golongan penduduk asli yang tadinya memeluk suatu agama tertentu dan kemudian masuk Islam melalui berbagai cara dakwah secara bertahap dalam periode tertentu. pamor Kerajaan Ghazna menjadi pudar. Pendirinya adalah seorang hambasahaya dari Kerajaan Turki yang dapat memerdekakan dirinya. Namun sepeninggal Mahmud Ghazna. Dan namanya adalah Alpitigin. b. Dibawah pemerintahannya Kerajaan Ghazna semakin luas berkembang sampai Afganistan.

kemenakannya sendiri.1320 M) Kerajaan ini didirikan oleh Jalaluddin. Sepeninggal Abul Muzaffar. Malik Syamsuddin Iltutmiah / At Tamasy (1211 . Kerajaan Khilji / Khiljia (1290 . yang menjadi raja adalah dari dinasti hamba sahaya (mamluk) seperti Qutbuddin Aibak (1206-1211 M). Pada masa pemerintahannya kerajaan berada dalam keadaan aman. dan Bulban (1236 1287 M). tidak diketahui siapa penerusnya.1526 M) Setelah dinasti Tughlaq runtuh pada tahun 1388 M. Namun pada tahun 1414 M muncul Khizir Khan yang mendirikan dinasti Sayyid. Kerajaan ini mencapai kejayaan pada masa Firus Syah Tughlak. Gujarat. Benares. .Husein Al Ghari yang berhasil menaklukkan Delhi. Bihar. Kerajaan Lodi (1451 . c. Sepeninggal Bulban. Dinasti Lodi ini berakhir karena dikalahkan oleh orangorang Mughal. Kanuj. e.1388 M) Kerajaan Khilji runtuh akibat serangan Syamsuddin Malik dari dinasti Tughlak. dan Benggala.1236 M). Tetapi dinasti Sayyid akhirnya dikalahkan oleh dinasti Lodi (1451-1526 M) dengan rajanya yang terkenal bernama Ibrahim Lodi. Peninggalan mereka adalah masjid “Jami” di Delhi dan menara “Khuttub Mini” yang menjulang tinggi. Akan tetapi raja akhirnya terbunuh oleh Alauddin. Kerajaan Tuglaq / Kesultanan Delhi (1321 . Pada masa inilah orangorang Mongol (di India disebut orang Moghul atau Mughal) mulai memasuki India dan berangsur-angsur menetap disana. Kerajaan Ghori runtuh. And. d.

dan kebudayaan. Kerajaan Mughal (1256 . Hindu memulai . villa dan masjid-masjid yang indah. Pada masa akbar dibangun Istana Fatepur Sikri di Sikri. Pada masa Syah Jehan dibangun masjid berlapiskan mutiara dan Taj Mahal (makam istri Syah jehan yang bernama Arjumand Bano / Mumtaz Mahal) di Agra. Universitas Osmaniyyah dan Akademi Dairatul Maarif di Heiderabad. Meski demikian umat Islam berusaha bertahan.1530). panglima Muslim. Meskipun India lama dikuasai oleh pemerintahan Islam. Menurut mata2. Seni.1258 M) Kerajaan Mughal didirikan oleh Zahiruddin Babur (1482 . Tekanan-tekanan terhadap umat Islam sering kali sangat keras. dan arsitektur berkembang. namun orang Islam di India tergolong minoritas. Mereka berusaha menggerakkan bidang pendidikan. ekonomi. Misalnya Darul Ulum dan Nadwatul Ulama di Lucknow. namun yang dapat dinikmati sekarang lebih banyak berupa karya arsitektur. sastra. Masa pemerintahan Kerajaan Mughal merupakan puncak kekuasaan muslim di India. Sabuktagin menggunakan mata2 utk mempelajari taktik perang Hindu. Cara kaum Rajput Hindu merongrong Muslim selama 500 tahun Cara Muslim memanfaatkan aristokrat Hindu Thn 980. Masjid Raya Delhi dan istana indah di Lahore. Organisasi-organisasi mahasiswa Islam juga berkembang di berbagai universitas. Sekolah-sekolah dan akademi-akademi serta universitas Islam sebagai peninggalan kerajaan-kerajaan Islam terdahulu sampai sekarang tetap berjalan.f. salah satu keturunan kelima dari Timur Lenk (penghancur Kota Delhi).

Madaghaskar. Keesokan harinya. satu hari sebelum tanggal perang yg sudah ditetapkan dan keduanya saling mengirimkan utusan utk menyetujui permulaan perang pada saat matahari terbit keesokan harinya. Tapi malam itu juga Muslim menyusup masuk kamp Hindu dan membantai sebagian besar tentara Hindu. Keduanya sampai pada tempat yg ditentukan. sambil dikejar Muslim. Zanjibar. Masuknya Islam di India dan Asia tenggara The Source: indonesia. dan Asia mulai dari India hingga Indonesia. . Negara-negara yang mereka tuju antara lain Afrika Timur. Kubha . Hindu semakin terdesak ke timur. dakwah adalah sebuah motivasi bagi hadharim (etnis hadhramaut). Pantai Gading. Sabuktagin menantang raja Jayapal Shahiya utk berperang dan keduanya menyetujui tempat dan waktu perang.29/5/2008  Peran Hadharim Dalam berhijrah ke suatu negeri.perang pada saat matahari terbit dan mengakhirinya pada saat matahari terbenam.info/indo . Setelah mempelajari taktik in. Kota itupun direbut Muslim dan menamakan kota itu. sisa2 tentara Hindu mengundurkan diri ke ibukota mereka. KABUL.

di manapuan dan kapan pun. Kenyataan ini terukir dalam sejarah. Sehingga masyarakat pribumi dengan senang hati memeluk agama Islam dan menyerap ajaran-ajaran Islam. ajaran Islam selalu sesuai dengan segala aspek kehidupan. hadharim bahu-membahu dengan pribumi melakukan perjuangan perlawanan terhadap imperialisme barat.Tidak semua hadharim yang berhijrah bertujuan mengais rejeki. hadharim sanggup menyebarkan Islam di beberapa penjuru dunia dalam masa yang relatif singkat. Spanyol dan Portugal) mengirimkan pasukan perang salib dan melebarkan sayap imperialisme ke segala penjuru dunia Islam. Bantuan pada pribumi bukan saja dalam sektor ekonomi dan . Hal itu bisa dilihat tatkala Andalus sebagai pusat peradaban Islam justru sedang mengalami kekalahan. Hadharim telah terbukti partisipasinya dalam mengagungan Islam. Ini mendalilkan. Meski dengan fasilitas apa adanya. Hadharim mempunyai tempat yang spesial di mata pribumi. Namun dengan tetap mengkokohkan ajaran Islam. Banyak dari pribumi yang kemudian mengawinkan putri-putrinya dengan hadharim. Saat pertama kali bangsa Eropa (Inggris. Sebagian ada yang diangkat sebagai pemuka masyarakat. dan daerah–daerah yang sulit dijangkau pemerintahan Usmani (Ottoman). Namun di antara kelompok „muhajirin‟ itu juga mempunyai misi dakwah. Mereka merintis suatu kulturisasi peradaban dan kebudayan pribumi dengan peradaban Islami. Mereka juga mampu memberikan jawaban dan tantangan. Penganut tasawwuf banyak melakukan reformasi dalam bidang sosial kemasyarakatan dan sangat berpengaruh dalam merubah corak sosial negara yang baru di tempatinya.

 Kronologi Masuknya Islam ke India dan Asia Tenggara Mayoritas sejarawan menguatkan pendapat. Ini terjadi sebelum datangnya Imperialis Barat ke Afrika. penyebaran Islam tidak bisa langsung seperti menggebyah uyah ke berbagai daerah dalam satu waktu. menyebarkan Islam juga. Penganut tasawwuf yang menghindar dari perpolitikan di Hadramaut. Begitu pula keterlibatan mereka dalam perang melawan kolonial Potugal. melibatkan diri dalam perpolitikan negeri singgahannya. Bahkan seorang hadhrami pernah menjadi Amir (pemimpin) di sebagian pemerintahan daerah sepanjang pantai Afrika Timur. Sekaligus. Hadharim mempunyai pengaruh besar di Madagascar. Bani Alawy berhasil memimipin tampuk pemerintahan di Juzurul Qomar (Comoro). Lalu hubungan ini bertambah baik pasca kedatangan Islam. yang merupakan hasil dari pertumpahan darah antar kabilah yang tak berujung. Islam meluas ke daerah-daerah secara kontinyu hingga kurun kesebelas melalui imigran dari . Hanya saja. Dalam pemerintaha Omman. dari Somalia sampai ke Mozambik. Sebelumnya telah terjadi hubungan baik dalam bidang dagang antara Yaman dan Afrika sejak pra Islam. tapi juga di bidang politik militer dan siasat perang. Tepatnya pada kurun keenam Hijriyah. mereka juga mempunyai pengaruh yang kongkrit. Hadharim ikut serta dalam perjuangan rakyat melawan penjajah Eropa. Dalam sejarah Afrika.budaya. Namun Islam masuk dalam berbagai tempat yang berbeda dan dalam waktu yang tidak bersamaan. masuknya Islam ke India dan Asia Tenggara sudah dimulai sejak kurun pertama Hijriyah.

Pengaruh positif yang dirasakan itu juga merembet ke medan perpolitikan regional. perjuangan melawan penjajah. Mereka datang bukan untuk berperang dan menjajah. tetapi juga mencakup bidang-bidang kehidupan lain. Bahkan. Di samping juga melalui orang India. Hubungan itu terus berkembang sampai kehadiran Islam. tidak semua hadharim yang hijrah hanya untuk mencari rejeki.Hadhramaut. Faktor-faktor yang memotifasi mereka untuk terjun dalam aktivitas politik pribumi antara lain untuk menyebarkan Islam. Hadharim dikenal dengan sifat-sifat terpuji yang menyebabkan penduduk setempat tertarik dan simpati. ataupun Indonesia . dan motivasi-motivasi lain.  penyebaran Islam dan Walisongo Seperti telah disinggung. Yaman juga terkenal mempunyai hubungan dagang yang baik dengan India dan Asia Tenggara semenjak pra Islam. Namun banyak sekali kalangan dai dan . Hubungan ini tidak sebatas pada bidang dagang. para pribumi menganggap mereka sebagai simbol bangsa yang mampu membumikan kemaslahatan dan keinginan pribumi di daerah tersebut. Persi. Para ahli sejarah hampir sepakat tentang masuknya Islam ke India dan Asia Tenggara melalui perantara Hadharim.

Para dai tersebut mempunyai posisi penting di mata raja-raja India Muslim. Di antaranya. Juga untuk menyebarkan Islam di beberapa wilayah. Mereka hijrah menuju India. Karena itu. aliran kebijakan kerajaan yang asalnya Syiah. Hal itu dilakukan sebab mereka membutuhkan kehadiran ulama yang dapat dijadikan panutan dalam rangka menopang pemerintahanya dalam menghadapi rakyat yang beragama Hindu. terutama pada kelompok Mabila. yang kemudian berdomisili di Gujarat dalam kurun waktu yang cukup lama. khususnya pada pribadi Sultan Ibrahim Adil Syah. Ia disambut oleh Raja Sulthan Mudhaffar bin Mahmud Bahbikroh. Otomatis. Demikian juga as-Sayyid Abdullah al-Idrus (W 1632 M) yang hidup pada masa kerajaan Bayjayyur. dan disambut baik oleh raja-raja India Muslim. . para musuh berfikir keras untuk melenyapkan dan melakukan tipu muslihatnya dengan cara meracuni hingga ia meninggal dunia. sebagai ganti baju model Persi. al-„Alamah as-Sufi as. sebagai tumpuan dalam menghadapi pengaruh orang-orang Hindu dan para Brahmana. Pengaruhnya sangat kuat. baju resmi kebesaran kerajaan berganti dengan model Arab.Syekh Muhammad bin Umar Bahroq (W 1524 M). Ia mempunyai kedudukan terhormat dalam kerajaan dan masyarakat. Selain itu.ulama yang juga hijrah untuk menyebarkan Islam. berubah menjadi Sunni.

Siam (Thailand) dan Kamboja. para pembesar dan para ulama di sana. Ia mempunyai pengaruh besar pada kerajaan India. Keluarga Abdul Malik Juga mendapat julukan Ali Adzamat Khan. Itu berlangsung sebelum terjadi gejolak politik di India yang menyebabkan putra-putranya mengungsi ke China. Keturunan Abdul Malik telah mempunyai hubungan baik dengan kerajaan India. Keluarga besar ini punya nilai penting bagi masyarakat Muslim India. Terbukti dengan jabatannya sebagai salah satu menteri di India dalam waktu yang cukup lama. Tak heran bila keluarga ini bisa menyebar di segala penjuru India. Mereka datang dari Hadhramaut ke India pada akhir abad ke-6 Hijriyah. Yaitu Ahmad bin Abdullah bin Abdul Malik.Keluarga yang mempunyai pengaruh paling besar di India dan Asia Tenggara adalah keluarga Abdul Malik bin Alawi (Ammul fagih) bin Muhammad (Shahib Mirbath). Salah satu cucu Abdul Malik merupakan salah satu dari Wali Songo yang masyhur di Asia Tenggara. .

yaitu Afghanistan dan Turki. Asia Timur. melalui Pantai Barat India. Pertama. . Menurut Hamka dalam bukunya. sebagai pintu masuk Islam dari Semanjung Arab Selatan. pada tahun 684 M. Hubungan antara dua negeri tersebut hanya melalui jalur laut. terutama dalam hubungan perdagangan.Islam masuk ke India melalui dua jalan. Hampir keseluruhan pantai barat India menjadi tempat berlabuhnya kapal-kapal Arab yang hendak berlayar ke Cina. Sejak lama ramai orang-orang Arab yang berlayar ke India untuk berniaga dan mencari bahan makanan. Sejarah Umat Islam. dan Asia Tenggara. Banyak kapal layar bangsa Arab dan India hilir-mudik di perairan Laut Arab dan Teluk Persia dan terdapat juga yang terus ke bagian selatan Semenanjung Arab menuju Yaman dan Laut Merah. Hubungan antara negara Arab dan India sebelum kedatangan Islam sudah lama terjalin baik. Kedua. melalui bagian Barat Laut.

Malabar.atau pada abad pertama Hijriyyah. Jadi dari thn 715 sampai 980. Muslim tidak maju2 dari Sindh. Cara kaum Rajput Hindu merongrong Muslim selama 500 tahun Setelah menjajah Sindh. Dan sudah menjadi kelaziman pula kapal-kapal bangsa Arab singgah di Pantai Barat India untuk menambah persiapan bahan makanan dan kelengkapan yang diperlukan. sebagaimana yang terjadi di Nusantara. Jadi orang Arab memang sudah lama berlayar mengarungi Lautan India dalam perjalanan mereka menuju Asia Tenggara dan Cina. dan Bombay merupakan pusat perdagangan dan tempat pertukaran barang-barang yang datang dari Timur dan Barat . Di samping itu buku-buku sejarah memang banyak menyebutkan bahwa pantai barat India. . Delegasi Utsman RA Jalur pelayaran bangsa Arab melalui lautan India dan sering kali kapalkapal mereka singgah di sekitar pantai barat India. seperti Gujarat. Muslim menyerang Punjab tapi kalah. mereka pun berusaha menyebarkan agama Islam ke India. di bahagian barat Sumatera terdapat satu perkampungan Arab. Di samping menjalankan perniagaan. Kerala. merkea dikalahkan para Chalukya (Solankis) dari Anahilwada. Muslim bisa menyerang India lagi. tetapi kalah oleh Raja Bhoj. Kemudian mereka menyerang Rajputana. dan saat mereka menyerang Gujarat. Hanya di thn 980.

atau Pakistan Selatan sekarang. pada masa Khalifah Abdul Malik bin Marwan. Setelah melihat keadaan sekitarnya. mereka pulang menghadap Khalifah dan menceritakan keadaan wilayah Sind dengan bersyair: Air di sana sangat sedikit pencurinya garang tanahnya tandus Jika dikirim ke sana tentara yang banyak mereka akan mati kelaparan dan jika dalam jumlah sedikit mereka akan lenyap dan musnah Mendengar keterangan tersebut. Khalifah Al-Walid mengirim pasukan sebanyak enam . khalifah ketiga yang berkuasa antara 23 H hingga 25 H/644-656 M pernah mengirim utusannya ke India untuk melihat dari dekat dan mempelajari situasi India. Setelah melewati beberapa pergantian kekhalifahan. berhasil masuk wilayah Sind. Tahun 87 H/706 M. khalifah kelima Dinasti Bani Umayyah. hingga ia mengetahui dengan lebih dekat adat-istiadat masyarakat setempat dan juga dapat mengetahui jalan yang menghubungkan Arab dan India hingga tidak menjadi kesulitan yang besar untuk “menaklukkan” benua kecil itu pada suatu saat kelak.Khalifah Utsman RA. Rombongan utusan. Namun ia beroleh manfaat dari kabar yang dibawa delegasi tersebut. Namun usaha penaklukan India baru terlaksana pada masa pemerintahan putra Abdul Malik yang bernama Al-Walid atas saran gubernur Irak. keinginan Khalifah Utsman RA untuk mengirim tentaranya tertahan. muncullah inisiatif untuk menaklukkan India. yang dipimpin Hakam bin Jabalah Al-Abdi. Hajjaj bin Yusuf Ats-Tsaqafi.

Muhammad bin Qasim Ats-Tsaqafi. pasukan muslimin berhasil merebut benteng pertahanan kota ini dan menguasainya. saat itu Kerajaan Dahar menjadi penghalang bagi masuknya Islam ke tanah India. dengan seorang pembantunya. Abul Aswad Jahm bin Zuhair Al-Ju‟fi. Namun. Penaklukan Kota demi Kota Muhammad bin Qasim bersama pasukan perangnya berangkat ke India melalui jalur darat dan melintasi wilayah Sind. dan Dibul. yang berpusat di kota Dibul.Di kota Dibul. Setelah itu. berkat kesungguhan dan keteguhan Muhammad bin Qasim. Kota Makran pun dapat ditaklukkan dengan mudah. termasuk Qanzbur. Dikisahkan. karena kota tersebut merupakan pembuka jalan pada penaklukan selanjutnya.ribu orang ke wilayah Sind di bawah pimpinan seorang panglima yang masih muda. panglima terpaksa menghadapi tantangan yang sangat hebat dari penduduk kota tersebut. . Muhammad bin Qasim terlebih dulu merancang untuk membuang batu penghalang tersebut. Karenanya. ibu kota Kerajaan Dahar. yang ketika itu baru berusia 17 tahun. kota demi kota. Wilayah Sind ketika itu di bawah kekuasaan Kerajaan Dahar. pun jatuh ke tangan pasukan kaum muslimin. Armail. Muhammad bin Qasim mengerahkan tentaranya ke kota Makran.

Akan tetapi pasukan kaum muslimin terus mengepungnya dan akhirnya raja itu dapat ditangkap. seperti Sawandai. Demi mengingat jasa-jasa besar yang ditorehkan pemuda Muhammad bin Qasim. Boleh jadi India saat ini menjadi negara Islam yang kuat. Tiga abad kemudian. Namun demikian nama Muhammad bin Qasim tetap harum dan dikenang oleh masyarakat muslimin India. Muhammad bin Qasim Ats-Tsaqafi meneruskan serangannya ke kotakota lain. raja Dahar berupaya melarikan diri menuju kota Makran. Hanafiyah dan Syafi’iyah Setelah Muhammad bin Qasim wafat. Rurr. dan Multan. Tindakan Khalifah Sulaiman terhadap Muhammad bin Qasim tersebut dilatarbelakangi adanya faktor intrik politik antara dirinya dan keluarga Hajjaj bin Yusuf Ats-Tsaqafi. barulah kedudukan mereka . Sementara pihak menilai. seandainya panglima muda ini tidak dipanggil pulang ke Damaskus. kedudukan kaum muslimin mulai goyang dan melemah. terutama di daerah Sind dan sekitarnya. dan Muhammad bin Qasim termasuk dalam keluarga Hajjaj bin Yusuf. seorang penyair Arab memujinya: Dalam usia tujuh belas tahun ia sudah dapat membangun negeri Sedangkan kawan-kawan sebayanya ketika itu sedang asyik bermain Tak lama setelah itu terdengarlah berita bahwa Muhammad bin Qasim wafat di dalam penjara. sehingga keseluruhan wilayah Sind itu dapat dikuasai. tentu keadaan India tidak seperti sekarang ini.Setelah mengetahui berita jatuhnya kota itu.

Pemahaman agama atau madzhab yang dianut kaum muslimin India. yaitu berada di bawah kekuasaan Islam secara mutlak. melalui bagian Barat Laut. Sementara kaum muslimin India yang menetap di bagian utara dan timur. sebab mereka menerima ajaran Islam dari orang-orang Afghanistan dan Turki. Syaikh Mu’inuddin Al-Jisyti (w. sebagai pintu masuk Islam dari Semanjung Arab Selatan. 448 H/1056 M). Syaikh Fariduddin Al-Ajwadi (w. yang telah mengislamkan ratusan ribu penduduk Ajmir. Dapat disimpulkan. yang lebih mementingkan kedudukan dan perluasan daerah kekuasaan. Peristiwa ini terjadi di akhir abad keempat Hijriyyah. Dan kedua. Dengan kedatangan Sultan Mahmud. melalui Pantai Barat India. 627 H/1230 M). Pertama. menunjukkan kenyataan sejarah tersebut. Islam masuk ke India melalui dua jalan. yang kebanyakannya bermadzhab Hanafi. yang berhasil mengislamkan puluhan ribu penduduk Lahore. Orang-orang seperti ini pulalah yang membawa agama Islam ke tanah Melayu dan sekitarnya. yang berhasil mengislamkan sebagian besar penduduk India lainnya. yang bermadzhab Syafi’i. Sultan ini berjasa dalam mendirikan kerajaan Islam di tanah India tersebut. Mereka datang semata-mata untuk mensyiarkan agama. 664 H/1266 M) dan Syaikh Ali bin Syihab Al-Hamdzani (w. Selain raja-raja. menembus Genting Khaibar yang terkenal curam. yang turut berdakwah dan menyebarkan agama Islam di India bersama para saudagar Islam yang berjiwa dakwah. Masih banyak lagi kaum ulama yang berjasa besar dalam dakwah Islamiyah di kalangan masyarakat India.menguat kembali dan sangat berpengaruh setelah kedatangan Sultan Mahmud Al-Ghaznawi dari Afghanistan. karya Sayyid Abul Hasan Ali AnNadwi. seperti yang disenaraikan dalam kitab Al-Muslimun fi al-Hind. Selain para ulama yang datang dari lereng pegunungan Afghanistan. seperti Yaman dan Hadhramaut. hampir keseluruhannya bermadzhab Hanafi. nama-nama kaum ulama dan dai juga banyak memenuhi halaman-halaman buku sejarah India. Kebanyakan kaum muslimin yang menetap di India sebelah barat dan selatan menganut Madzhab Syafi’I. yaitu Madzhab Hanafi dan Madzhab Syafi’i. Di antara ulama yang terkenal ialah Syaikh Ismail Al-Lahori (w. yaitu Afghanistan dan Turki. Pengaruh mereka di tengah-tengah masyarakat lebih kuat dan mendalam dari pengaruh para raja. 784 H/1382 M). India diramaikan pula dengan kedatangan para ulama dari Semenanjung Arab Selatan. Gerakan yang dipimpin Sultan Mahmud Al-Ghaznawi datang melalui celah-celah gunung yang curam di Afghanistan. karena mereka menerima Islam dari Semenanjung Arab yang dibawa oleh orang-orang Yaman dan Hadhramaut. India mulai membuka lembaran baru dalam sejarahnya. .

Ag KELAS : XI TPHP 1 Smk negeri 2 pinrang .NAMA NIS : YULIANA SALAM : 20911331 BY ABDUL RAZAK S.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful