Uji Normalitas Data

Prosedur pengujian normalitas data :

1.Merumuskan formula hipotesis Ho : Data berdistribusi normal Ha : Data tidak berdistribusi normal 2. Menentukan taraf nyata (a) Untuk mendapatkan nilai chi-square tabel

dk = k – 3 dk = Derajat kebebasan k = banyak kelas interval

3. Menentukan Nilai Uji Statistik

Keterangan : Oi = frekuensi hasil pengamatan pada klasifikasi ke-i Ei = Frekuensi yang diharapkan pada klasifikasi ke-i

4. Menentukan Kriteria Pengujian Hipotesis

5. Memberikan kesimpulan

Contoh : Hasil pengumpulan data mahasiswa yang mendapat nilai ujian kalkulus I, yang diambil secara acak sebanyak 64. Dicatat dalam daftar distribusi frekuensi. Hasilnya sebagai berikut :

Membuat daftar distribusi frekuensi yang diharapkan .Ujilah apakah data tersebut berdistribusi normal atau tidak dengan a = 0.05 ? jawab : 1. Menentukan mean 2. Menentukan Simpangan baku 3.

Kecuali untuk angka pada baris paling tengah ditambahkan dengan angka pada baris berikutnya. angka baris kedua dikurangi baris ketiga. dst.) menunjukkan luas Z pada sisi kiri Tanda ( + ) menunjukkan luas Z pada sisi kanan (4) Mencari luas tiap kelas interval Yaitu angka baris pertama dikurangi baris kedua.(2) Mencari nilai Z-score untuk batas kelas interval (3) Mencari luas 0 – Z dari tabel kurva normal .dst untuk nilai Z-score lainnya Catatan : Tanda ( . .

(5) Mencari frekuensi yang diharapkan (Ei) Dengan cara mengalikan luas tiap interval dengan jumlah responden (n = 64) Tabel frekuensi yang diharapkan dan pengamatan .

maka Ho gagal ditolak Jadi. data tersebut berdistribusi normal untuk taraf nyata 5% .4) Merumuskan formulasi hipotesis Ho : Data berdistribusi normal Ha : Data tidak berdistribusi normal 5) Menentukan taraf nyata dan chi-kuadrat tabel 6) Menentukan kriteria pengujian 7) Mencari Chi-kuadrat hitung Kesimpulan Karena chi-kuadrat hitung = 3.67 < 9.49 = chi-kuadrat.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful