Uji Normalitas Data

Prosedur pengujian normalitas data :

1.Merumuskan formula hipotesis Ho : Data berdistribusi normal Ha : Data tidak berdistribusi normal 2. Menentukan taraf nyata (a) Untuk mendapatkan nilai chi-square tabel

dk = k – 3 dk = Derajat kebebasan k = banyak kelas interval

3. Menentukan Nilai Uji Statistik

Keterangan : Oi = frekuensi hasil pengamatan pada klasifikasi ke-i Ei = Frekuensi yang diharapkan pada klasifikasi ke-i

4. Menentukan Kriteria Pengujian Hipotesis

5. Memberikan kesimpulan

Contoh : Hasil pengumpulan data mahasiswa yang mendapat nilai ujian kalkulus I, yang diambil secara acak sebanyak 64. Dicatat dalam daftar distribusi frekuensi. Hasilnya sebagai berikut :

Menentukan mean 2.Ujilah apakah data tersebut berdistribusi normal atau tidak dengan a = 0. Menentukan Simpangan baku 3. Membuat daftar distribusi frekuensi yang diharapkan .05 ? jawab : 1.

dst untuk nilai Z-score lainnya Catatan : Tanda ( . dst. .) menunjukkan luas Z pada sisi kiri Tanda ( + ) menunjukkan luas Z pada sisi kanan (4) Mencari luas tiap kelas interval Yaitu angka baris pertama dikurangi baris kedua. Kecuali untuk angka pada baris paling tengah ditambahkan dengan angka pada baris berikutnya. angka baris kedua dikurangi baris ketiga.(2) Mencari nilai Z-score untuk batas kelas interval (3) Mencari luas 0 – Z dari tabel kurva normal .

(5) Mencari frekuensi yang diharapkan (Ei) Dengan cara mengalikan luas tiap interval dengan jumlah responden (n = 64) Tabel frekuensi yang diharapkan dan pengamatan .

data tersebut berdistribusi normal untuk taraf nyata 5% .49 = chi-kuadrat. maka Ho gagal ditolak Jadi.4) Merumuskan formulasi hipotesis Ho : Data berdistribusi normal Ha : Data tidak berdistribusi normal 5) Menentukan taraf nyata dan chi-kuadrat tabel 6) Menentukan kriteria pengujian 7) Mencari Chi-kuadrat hitung Kesimpulan Karena chi-kuadrat hitung = 3.67 < 9.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful