BAB I PENDAHULUAN 1.

1 Latar Belakang Dalam kehidupan sehari-hari kita sudah tidak asing lagi dengan nama ATM (Automatic Teller Machine), apalagi bagi masyarakat yang tinggal di perkotaan. Dengan perkembangan teknologi yang pesat saat ini transaksi apapun dapat dilakukan melalui ATM, mulai dari penarikan tunai, transfer, pemindah bukuan, pembayaran tagihan, bahkan setoran tunai maupun cetak buku dapat dilakukan di ATM, dan akses ATM juga dapat dilakukan via mobile bahkan internet. Pada umumnya pengguna ATM kurang paham bagaimana cara kerja sebuah ATM. Sebetulnya, cara kerja ini perlu diketahui agar nasabah paham cara kerja mesin yang sudah sering membantunya ini. Tentunya dengan lebih mengenal, kita dapat menggunakannya dengan lebih baik dan lebih aman. Oleh karena itu makalah ini dibuat untuk mengetahui komponen-komponen dari mesin ATM, baik hardware maupun software, serta sistem kerja dari mesin ATM. 1.2 Tujuan 1. Mengetahui sekilas pengertian ATM (Automated Teller Machine) 2. Mengetahui komponen-komponen mesin ATM dan fungsinya 3. Mengetahui cara kerja mesin ATM 4. Mengetahui jenis komputer yang digunakan

1

seperti restoran. Perlu nasabah ketahui bahwa mesin ATM tidak menyimpan data nasabah maupun PIN nasabah. bandar udara.1 ATM (Automated Teller Machine) Gambar 1 Mesin ATM ATM (bahasa Indonesia: Anjungan Tunai Mandiri atau dalam bahasa Inggris: Automated Teller Machine) adalah sebuah alat elektronik yang mengijinkan nasabah bank untuk mengambil uang dan mengecek rekening tabungan mereka tanpa perlu dilayani oleh seorang "teller" manusia. 2 .BAB II ISI 2. Ini karena prinsip kerja mesin ATM hanya menyampaikan pesan (pass through request) nasabah ke sistem komputer bank bersangkutan. pusat perbelanjaan. Banyak ATM juga mengijinkan penyimpanan uang atau cek. dan kantor-kantor bank itu sendiri. pasar. transfer uang atau bahkan membeli perangko. ATM sering ditempatkan di lokasi-lokasi strategis.

4. modem. 2. layer monitor dan kamera (optional). Sementara di dalam ATM itu sendiri terdiri dari sebuah CPU. Keyboard Keyboard merupakan peralatan magnetic yang digunakan untuk menginput teks dan juga untuk mengontrol pengoperasian komputer. Kotak Uang Di dalam mesin ATM terdapat suatu kotak sebagai tempat untuk menyimpan uang yang akan kita ambil. CPU CPU merupakan otak dari sistem ATM secara keseluruhan. 2.2 Komponen Mesin ATM Komponen ATM itu terdiri dari kotak ATM. Unit ini yang melakukan kendali proses terhadap seluruh sub sistem yang ada di dalam sistem ATM. tombol angka sebagai keyboard yang dilengkapi tombol cancel.2. tombol angka. CPU berfungsi untuk mengontrol komunikasi antara mesin dengan pengguna dan sebagai alat transaksi.Secara umum ATM terdiri dari box ATM. 3 .1 Perangkat Keras Mesin ATM (Hardware) 1. kotak uang. Modem Modem digunakan untuk mengkoneksikan mesin ATM dengan komputerisasi bank yang bersangkutan. modem. keyboard. printer kecil dan card reader. printer mini dan card reader. 2. key board. enter dan exit. kemudian sebuah layar atau monitor dan kamera (optional) yang biasa terlihat dari luar bilik ATM. 3. Sedangkan didalamnya terdiri dari satu unit computer CPU. Jika persediaan uang habis maka petugas akan membongkar dan mengisi ulang otak ini. yang biasa nampak dari luar. kotak uang.

Card Reader Card Reader (pembaca kartu) adalah mesin untuk membaca data yang tertera pada kartu. lalu data tersebut dikirim ke sistem komputerisasi bank. card reader. 8. Setelah kartu ATM dimasukkan kedalam mesin ATM. Kotak ini berfungsi untuk melindungi komponen-komponen bagian dalam mesin ATM seperti CPU. Kamera (optional) Kamera berfungsi sebagai alat keamanan dari mesin ATM. Tidak semua mesin ATM menyediakan kamera sebagai sistem keamanan.5. Karena fungsinya hanya sebagai penerima data maka magnetic card reader tidak memiliki memori yang bisa menyimpan data nasabah. 6. Bagian ini berfungsi untuk mengidentifikasi data pengguna. dan lain lain. Fungsi dari magnetic card reader hanya sebagai pembaca dan penerima data. maka kartu akan dibaca oleh magnetic card reader yang ada didalam mesin. 7. Dispenser/Presenter 4 . 9. Printer untuk mesin ATM terdapat 2 jenis. Melalui monitor pesan dari ATM ataupun Host disampaikan. yaitu printer isi ulang dan tanpa isi ulang. Monitor digunakan sebagai media komunikasi antara ATM dengan nasabah. baik Magnetic Stripe Card maupun Smart Card. Monitor Monitor berfungsi sebagai perantara antara mesin dengan pengguna. Printer dalam mesin ini berukuran kecil dan digunakan untuk mencetak hasil transaksi ketika kita selesai melakukan penarikan uang. Setelah dibaca. Printer Kecil Printer merupakan peralatan lain yang terdapat di dalam mesin ATM. printer. Kotak ATM Kotak ATM dapat juga disebut casing. 10.

Berikut beberapa jenis perangkat lunak untuk ATM. c. Host merupakan seperangkat komputer yang dilengkapi 5 .2. Data yang diinputkan berupa PIN pelanggan yang akan diproses untuk dikirim ke sistem komputerisasi bank. Tombol Angka Tombol ini berfungsi untuk menginputkan data ke dalam. 12.Dispenser adalah mesin penarik/penghisap uang dari kotak uang di dalam ATM. setiap membuat mengoprasikan mesin yang diproduksi. FDK (Function Description Key) Adalah tombol yang terletak di sebelah kiri dan kanan monitor. d. ATM dikendalikan oleh komputer pusat yang disebut Host. Tomboltombol ini digunakan untuk memilih menu transaksi. e. b.2 Perangkat Lunak Mesin ATM (Software) Terminal produsen ATM mesin juga ATM dilengkapi selalu dengan perangkat perangkat lunak lunak yang untuk mengendalikan kerja sistem secara keseluruhan. Oleh karena itu.3 Jenis Perangkat Lunak HOST Dalam keadaan on-line.2. Programmable ATM Software(PAS) NCR Direct Connect (NDC) NDC Diebold Emulation (NDE) IBM Message Compatible (IMC) NCR IBM Compatible (NIC) 2. yaitu: a. 2. 11.

ATM harus memiliki koneksi . b.terhubung. d.3 SWITCHWAREI INTERLINK/SPARROW BASE24 ON/2 ON/X SEB10 SYSTEMATICS OCM 24 ASSET Cara Kerja ATM ATM adalah merupakan sebuah terminal data yang mempunyai dua perangkat input dan empat perangkat output. h. 2. antara lain: a.dengan perangkat lunak yang disebut ATM controller. Beberapa jenis perangkat lunak ATM controller/host. Gambar 2 Sistem Kerja ATM 6 . g. c. e. f. Seperti halnya sebuah terminal data. i. Pusat proses yang disertai oleh Internet Service Provider (ISP) yg berfungsi sebagai jalur gateway untuk menuju keberbagai macam jaringan ATM dan menjadikan berfungsi bagi si pemegang kartu ATM (orang yang menginginkan uang). dan berkomunikasi melalui sebuah host processor (pusat proses).

pemakai harus memasukkan kartu yang dimiliki kedalam mesin khusus atau mesin ATM serta memasukkan nomor sandi. Dial-up ATMs terhubung ke pusat proses melalui sambungan telepon normal menggunakan modem dan sambungan nomor bebas pulsa. 2.Pada umumnya. Untuk menggunakannya. Pada magnetic strip biasanya tertulis data pribadi pemegang kartu. pointto-point. dimana hanya proses tunggal yang tersedia bagi pemilik toko atau tempat usaha. nomor pribadi serta kode access-nya. atau melalui penyedia layanan internet yang menggunakan akses nomor local. yang berisi nomor rekening. Jika dimiliki bank. Biaya yang diperlukan untuk sebuah mesin ATM dial-up kurang dari setengahnya mesin ATM leased-line. Mesin Leased-line terhubung langsung pada pusat proses melalui empat kabel (four-wire). Pusat proses mungkin dapat dimiliki oleh sebuah bank atau instansi keuangan. biasanya hanya mendukung mesin ATM bank itu sendiri. dedicated telephone line (pilihan jalur telepon). Leased-line ATMs disarankan untuk digunakan pada lokasi yang padat karena kemampuan kerja thru-put yg cukup berat. dan hanya bisa dibaca oleh komputer yang dilengkapi dengan mesin khusus untuk kartu magnetic strip tersebut. Biaya operasi mesin ATM dial-up juga hanya sebagian kecil dari biaya operasi mesin ATM leased-line. Dan tulisan ini ditulis dalam bentuk kode-kode tertentu. serta jumlah 7 . dan dial-up ATMs disarankan untuk digunakan pada toko atau lokasi yang tidak ramai dimana penggunaan hanya sekedar mengambil uang.4 Prinsip Kerja Mesin ATM Magnetic strip merupakan suatu bentuk plastik pendek yang dilapisi dengan sistem magnet dan biasanya dilekatkan pada kartu kredit ataupun kartu berharga lainnya. Mesin uang yang digunakan untuk membaca kartu dengan plastic magneticstrips ini kemudian dikenal sebagai ATM (Automated Teller Machine). atau mungkin juga dimiliki oleh penyedia layanan internet yg berdiri sendiri. pusat proses yang mendukung dapat melalui Leased-line atau jalur kontrak (sewa) maupun mesin dial-up (telepon).

4. 3. Kebanyakan minicomputer hanya untuk sebuah pekerjaan utama yang tetap. ATM akan mengeluarkan sejumlah uang sesuai dengan kebutuhan yang diperlukan. Disamping itu. Pemindahan bukuan secara otomatis akan dilakukan oleh komputer. Hubungan telekomunikasi antara mesin ATM dengan remote komputer. Remote komputer yang menyimpan dan memperbarui catatan pelanggan dan mengesahkan serta melaksanakan transaksi 3. Pada ATM (Automated Teller Machine) juga terdapat suatu satelit yang akan mengirimkan informasi tersebut kekomputer pusat. pemakai juga bisa melihat informasi saldo dari tabungan yang dimilikinya. Sistem ATM terdiri dari : 1. Komputer akan melihat. Minicomputer juga mampu melakukan pekerjaan-pekerjaan yang dilakukan mainframe namun tidak secara simultan. maka sinyal ini dikirim lagi ke-ATM dan untuk kemudian. apakah yang bersangkutan memiliki uang simpanan atau tidak. Nomor sandi ini kemudian dikirim melalui jaringan telpon kekomputer pusat. Beberapa produsen ATM : 1. berukuran lebih kecil dari mainframe. rekening giro ataupun deposito-nya. Jika memiliki. Stasiun kerja yang dapat diakses dengan kartu khusus atau disebut juga dengan mesin ATM 2.4 Jenis Komputer yang Digunakan Minicomputer.uang yang akan diambil. tetapi lebih besar dari komputer yang biasa di gunakan di rumahan. HATEF Diebold NCR IBM (Wincor Nixdorf partner) Wincor Nixdorf 8 . 5. 2. 2.

Tidel Triton 9 .6. 7.

1 Kesimpulan ATM (Automated Teller Machine) merupakan salah satu aplikasi teknologi informasi yang menerapkan konsep proses data berbasis Digital. Perangkat keras dan perangkat lunak dari mesin ATM saling bekerja sama membentuk suatu sistem kerja. dan software yang berfungsi sebagai interface yang menghubungkan user dengan sistem dalam kaitan data (informasi). 10 .BAB III PENUTUP 3. Device ini mempunyai dua bagian penting yaitu hardware yang terdiri dari Unit Pemroses dalam hal ini PC. serta sistem device interface yang menghubungkan pemakai/user melalui suatu kartu magnetik.

wordpress.blogcindario.com/2010/09/00006-cara-kerja-mesinatm.org/wiki/Automated_teller_machine http://usi2506warungpojok.html http://supri.DAFTAR PUSTAKA http://en.com/2010/11/24/mesin-atm/ 11 .wikipedia.