Pengertian Suatu kesatuan peristiwa yang terdiri dari bagian-bagian yang memuat unsur plot .

Fungsi  Memelihara kesinambungan cerita dari awal sampai akhir  Sebagai perangkat untuk lebih dapat mengungkapkan buah pikiran pengarang dan melibatkan pikiran serta perasaan penonton ke dalam ceritanya .

Relasi Struktur Dramatik-Plot-Tokoh-Ide Cerita .

Tensi Dramatik (Bertolt Brecht & Aristoteles) T E N S I O N Exposition Complication Conclusion Climax Inciting action Crisis Resolution BABAK I BABAB II BABAK III .

Exposition Bagian awal atau pembukaan dari sebuah cerita yang memberikan penjelasan dan keterangan mengenai tokoh cerita. masalah-masalah yang sedang dilakoni. tempat dan waktu ketika cerita ini berlangsung .

Inciting Action Sebuah peristiwa atau tindakan yang dilakukan seorang tokoh yang membangun penanjakan aksi menuju konflik .

Complication Penggawatan yang merupakan kelanjutan dan peningkatan dari eksposisi dan inciting action .

Crisis Berkembangnya suatu tindakan menuju klimaks. Artinya benih-benih kegentingan konflik antar tokoh mulai mengemuka menjelang klimaks .

merupakan tahapan yang paling menentukan bagi tokoh untuk tetap eksis atau tersingkir .Climax Tahapan peristiwa dramatik yang telah dibangun oleh konflikasi.

Resolution Bagian struktur dramatik yang mempertemukan masalah-masalah yang diusung oleh para tokoh dengan tujuan untuk mendapatkan solusi atau pemecahan .

dimana nasib para tokoh mendapat kepastian.Conclusion Tahapan akhir dari jalinan struktur dramatik. Bisa berupa pesan moral dari peristiwa-peristiwa yang terjadi .

.BABAK I  Membuat penonton secepatnya memfokuskan perhatian kepada film.  Membuat penonton bersimpati pada protagonis.  Membuat penonton mengetahui apa problem utama protagonis.

BABAK II  Point of attack  Jalan cerita  Protagonis terseok-seok  Klimaks .

atau rasa sedih yang ditimbulkan oleh unhappy end. . dan disini penonton diberi kesempatan meresapi kegembiraan yang ditimbulkan oleh happy end.BABAK III  Cerita sudah ada kepastian berakhir sebagai happy end atau unhappy end. Juga memantapkan kesimpulan atau isi cerita.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful