CARA-CARA MELAKUKAN PERAWATAN PADA KOMPONEN SEPEDA MOTOR

CARA-CARA MELAKUKAN PERAWATAN PADA KOMPONEN SEPEDA MOTOR 1. RANTAI 1.1 Cara Merawat Rantai Sepeda Motor. Salah satu komponen dalam sepeda motor yang dapat menjamin keamanan dan kenyamanan dalam berkendara adalah rantai sepeda motor. Namun, beberapa orang kurang memperhatikan komponen sepeda motor yang satu ini. Padahal jika tidak dirawat dengan benar, dapat terkena risiko kecelakaan yang fatal. Berikut ini adalah beberapa kiat bagaimana cara merawat rantai sepeda motor Anda agar tetap dalam kondisi prima. 1. Periksalah bagian-bagian lain rantai secara teliti. Salah satu bagian yang perlu Anda periksa adalah bagian pin dan sambungan rantai. Periksalah pin dan sambungan pada rantai apakah pemasangannya sudah benar. Perhatikan juga apakah ada perubahan pada posisi pin dan sambungan. Sebab, jika terjadi kesalahan dalam pemasangan atau posisi klip / penguncinya berubah, dapat menyebabkan rantai lepas dari sambungan. Biasanya hal ini terjadi ketika Anda memacu sepeda motor dalam kecepatan tinggi atau memacu sepeda motor dengan beban yang berat. 2. Ukurlah tingkat kekencangan pada rantai. Jarak simpangan atau ukuran kekencangan dapat mempengaruhi kencang atau kendurnya rantai. Oleh sebab itu, simpangan atau jarak kekencangan rantai harus diperhatikan. Informasi tentang hal ini dapat Anda lihat pada stiker yang ada di tutup rantai roda. 3. Periksalah posisi rantai dengan penutupnya agar tidak renggang. Hal ini akan menghindarkan terjadinya gesekan antara rantai dengan penutupnya sehingga dapat mengurangi keluarnya suara yang bising. 4. Pilihlah pelumas yang tepat untuk rantai. Hal ini akan membantu juga mengurangi keausan rantai dan sprocket-nya dari gesekan. Selain itu, pelumas pun akan membuat umur rantai lebih awet. 5. Segeralah periksa jika terdengar suara-suara yang aneh keluar dari rantai sepeda motor, Hal untuk menghindari berbagai macam kemungkinan yang dapat terjadi. Jika terdengar suara, segera berhentikan sepeda motor, kemudian periksa apakah penyebabnya. Biasanya, salah satu penyebab timbulnya suara adalah karena longgarnya rantai sepeda motor. 1. Periksalah kebersihan rantai sepeda motor. Perawatan rantai sepeda motor agar tetap bersih perlu dilakukan secara berkala. Hal ini penting karena dapat mempengaruhi kekuatan rantai sepeda motor Anda.

1. KNALPOT Knalpot merupakan komponen yang berfungsi untuk mengeluarkan sisa pembakaran yang terjadi pada mesin yang sangat berguna dan salah satu peredam suara salah satunya. 2.1 Cara Merawat Knalpot: 1. Bersihkan Kerak yang terdapat pada leher knalpot.

2. Periksa Ring yang terdapat antar mesin dan knalpot, Karen jika tidak akan menyebabkan kebocoran dan kemasukan air karena tidak rapat. 3. Periksa kekencangan baut pada tiap kenalpot, Karen jika kendor knalpot akan mudah bocor dan mengakibatkan knalpot bisa patah. 4. Berikan pelumas ( oli bekas) dengan memasukannya kedalan knalpot secukupnya yang bertujuan agar kenalpot tidak mudah keropos.

1. VELG Velg merupaka salah satu tumpuan pada sepeda motor yang harus dijaga kekuatanya agar tidak terjadi kekacauan dalam berkendara dan nyaman dalm perjalanan. 3.1 Cara Merawat Velg: 1. Bersihkan velg dengan menyemprotkan air bertekanan dan sabun hingga bersih kemudian dilap hinga kering . 2. Janga mencuci dengan bahan kimia yang memiliki daya abrasif tinggi (antara lain seperti senyawa chrome polish, rubbing compound, ordinary wax yang memang dibuat untuk mengkilapkan cat bodi). 3. Bila velg telah kehilangan lapisan antikarat, bersihkan permukaan velg dengan senyawa kimia seperti kompon atau mag wheel polish. Setelah bersih, idealnya velg jenis ini Anda lapisi dengan cat baru setelah sebelumnya diampelas rata pada seluruh permukaannya. Ini akan membantu menahan serangan korosi yang semakin meningkat di musim hujan. 4. Periksa kekencangan jari-jari agar velg selalu senter dan tidak oleng pada waktu jalan.

1. REM Rem merupakan komponen yang sangat penting untuk mengendalikan kencangnya laju kendaraan serta untuk memberhentikan laju kendaraan. 4.1 MACAM-MACAM REM DAN PERAWATANNYA: 1. REM CAKRAM Rem cakram merupakan rem yang menggunakan plat dengan kampas re mini sangat efektif bekerjanya yaitu dengan sedikit system hidrilik dengan pelumas oli untuk menekan. CARA PERAWATAN REM CAKRAM: 1. Bersihkan piringan cakram jangan sampaia ada benda asing yang masuk ke sela-sela antara kampas dengan piringan. 2. Periksa selalu pelumas dan jangan sampai habis. 3. Lepaskan Arm cakram jika terjadi kemacetan bonkar dan bersihkan system hidroliknya sampai keluar masuknya seperti biasa.

2. REM TROMOL. Rem tromol ini biasanya terdapat pada bagian belakang yang berguna unyik memperhentikan roda pada laju kecepatan, fungsinya sama dengan rem cakram CARA PERAWATAN REM TROMOL 1. Periksa selalu kampas rem dengan membuka tromol bagian belakang dengan melepas roda bagian belakang. 2. Jika kampas sudah tipis gantilah dengan yang baru. 3. Berikan oli pada tuas yang menarik kampas yang teradat pada bagian bawah pada lanjutan pijakan agar tidak terjadi lengket.

1. OIL Buat perawatan motor, ganti oli adalah hal yang paling penting, terutama untuk motor 4 tak yang kebanyakan ada di dunia. Karena oli merupakan bagian pelumas yang sangat penting supaya kinerja mesin tetap terjaga. 5.1 FUNGSI DARI PELUMASAN OLI PADA MESIN: 1. Mencegah gesekan secara langsung dua buah alat yang saling brputar atau pun saling berhubungan. 2. Sebagai pendingin. 3. Merdam suara pada alat-alat yang saling bergesekan. 4. Memperpanjang umur alat yang saling berhubungan 5. Merapatkan hubungan kontak – kontak alat yang saling berhubungan 5.2 CARA MENGGANTI OLI YANG BENAR: 1. Ganti oli pada saat kondisi mesin panas, tujuannya agar oli mudah mengalir pada kondisi panas. 2. buka tutup oli bagian atas kemudian buka bagiat tab ali yang terdapat di bawah. 3. Siapkan tempat untuk menampung oli . 4. Jika oli suda tidak menetes , semprotkan angin kedalam bak oli agar sisan-sia oli yang di dalam keluar. 5. Jika sudah bersih, tutup kembali baut penutup bagian bawah tang terdapat pada blok mesin bawah. 6. Isikan oli yang sudah di siapkan sesuai dengan batas oli yang ada. 7. Pasang tutup oli ,engkol mesin tetapi kontak tetap pada posisis OFF agar oli menyebar terlebih dahulu. 8. Hidupkan mesin. Note: Untuk menjaga agar mesin memiliki kemampuan yang tinggi, serta untuk menjaga umur dari sebuah mesin, system pergantuan minyak pelumas secara berkala harus di jaga baik-baik.

Ring piston rusak atau patah 5. atau di karenakan piston sudah longgar pada cylindernya. 2. Periksa oli yang terdapat pada shocbreaker apakah masih banyak ato tidak. Namun. Karen jika tidak sama akan menyebabkan lenturan yang menyebabkan tidak seimbang. yang membuat kenyamanan dalam berkendara menurun. Minyak pelumas boros: 1. 1. gantilah minyak pelumas setiap kendaraan sudah di oprasikan 1500 – 2500 Km. 1. Periksa spring antara kanan dan kiri apakah masih sam panjangnya. Kabut gas yang telah mampu di produksi oleh karburator. karena kerusakan ring piston. Bensin masuk kedalam bak carter 2. jika sudah sedikt isikan kembali denganmenguras oli terlebih dahulu. Cylinder cacat atau aus. Minyak Pelumas Cepat Encer: 1. 6. 3. Stelan karburator kurang tepat. Untuk mesin yang sudah lama. banyak yang kurang memperhatikan perawatan shockbreaker.1 CARA MERAWAT SHOCKBREAKER: 1. atau batang katu longgar dengan rumahnya 2. Siel katup rusak. Oli ikut terbakar. 5. System pengaliran udara terhambat 4. 5. maka dari itu harus rajin-rajin membersihkan karburator. Untuk mesin yang masih baru atau pecobaan ( Runing In) gantilah minyak pelumas setiap 500 Km. 3. Hindari jalan berlubang. 4. maka daya tahannya pun berkurang.1. akibat piranti berbahan logam baja tersebut letaknya tersembunyi. Karburator salah satu komponen yang paling penting. guncangan yang terasa pada bodi mobil mampu diredam. Pesawat karburator selalu terpasang pada motor-motor bensin yang berfungsi untuk memproses bahan bakar bensin dengan udara atmosfir.3 TANDA-TANDA GANGGUAN PADA SYSTEM PELUMASAN: 1. SHOCKBREAKER Shockbreaker memiliki peranan yang sangat penting untuk menunjang kenyamaman dalam berkendara. KARBURATOR. Jangan mengangkut beban berlebihan. Melalui alat ini. selnjutnya . Piston sudah longgar pada cylindernya 6. 2. Apabila shockbreaker mengalami keausan. 2. Bersihkan kotoran/debu yang menempel pada piston agar tidak terjadi goresan yang mengakibatkan kebocoran dan juga bias mengakibatkan kerusakan seal. supaya menghasilkan kabut gas. Padahal alat ini juga memiliki umur yang terbatas.

sehingga bensin tidak lancar. 7.2 GANGGUAN YANG SERING TERJADI PADA KARBURATOR: 1. Sedangkan kabut gas yang telampau banyak udara tetapi kurang bensin mengakibatkan sulit untuk di bakar. 7. Motor Tidak hidup: di karenakan pengaliran bahan bakar dari tangki ke karburator terhambat ( slang tersumbat) 2. Caranya: . sedangkan bensin atau premium saja memiliki bilangan oktan 86. 8. 5. Banyak sedikitnya bahan bakar di ruang pengabutan. Kabut gas yang terlampau banyak bensin tetapi kurang udara akan mengakibatkan hasil pembakaran kurang sempurna. 4. akan menggangu axelerasi dan hidupnya motor. 7. Stelan pelampung terlalu rendah sehingga karburator banjir. perbandingan bahan bakar dengan udara berkisar 1:6. 2. 7. 3. akan menggangu hidupnya motor. sehingga tidak dapat bergerak naik turun. Tenaga hasil pembakaran yang terjadi dalam cylinder sangat tergantung dari kwlitas gas yang di produksi oleh karburator. Piston Skep macet pada rumahnya. 3. premix memiliki bilangan oktan 98. Pada sebuah mesin kwlitas bahan bakar yang masuk kedalam cylinder motor sangat tergantung dari beberapa factor: 1. Banyak sedikitnya pengaliran udara yang terhisap oleh motor. adanya perbedaan tekanan sewaktu piston melakukan langkah penghisapan. Pelampung bocor. Motor Sulit Hidup: dikarnakan kwalitas kabut gas yang masuk cylinder tidak sebanding. secara penggunaan bahan bakar boros. sehingga tenaga motor menjadi lemah. Menyetel Pelampung Tujuannya untuk mengatur tinggi rendahnya bensin di ruang pelampung. sehingga bensin boros.1 GANGGUAN YANG SERING TERJADI PADA MOTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN SISTEM BAHAN BAKAR BIASANYA: 1.3 CARA MERAWAT KARBURATOR. Angka oktan tinggi menyebabkan motor tidak terdetonasi ( knocking). Slowjet/nedljet dan main motor jet kotor . Jarum skep aus. Nilai Oktan / kwalitas bahan bakar tersebut baik atau tidak. Bensin Boros: karena campuran bahab bakar terlampau kaya. Oleh Karen itu.sehingga bensin banjir dan motor sulit hidup. Bahan bakar yang memiliki bilangan oktan yang tinggi sifatnya akan mudah terbakar contohnya: premium super. 1. 3.dihisap ke dalam silinder motor. Pada motor bensin. Stelan pelampung terlalu tinggi. 6. 2. Karburator kotor . Baut stelan udara tidak tepat sehingga hasil pengabutan tidak sempurna.

JALUR PENGALIRAN BAHAN BAKAR PADA MOTOR. Ruang pelampung pada karburator 5. Jalur pengaliran bahan bakar ke m. Saluran slang bensin 4. Caranya:  Hidupkan motor diam di tempat dan kendorkan stelan gas kekiri sampai motor dapat hidup pada putaran yang rendah tetapi tidak pincang dan tidak mudah mati (700/800 rpm) 7. Karena mesin sepeda motor selalu terletak lebih rendah dari tangki bahan bakarnya. PESAWAT KATUP . Menyetel Hidup Stationer Tujuannya untuk mencari pposisi sewakyu motor pada putaran indling tidak mati. 1. Tujuanya untuk mencari percampuran udara dengan bahan bakar. dan OFF penutupan aliran bensin 3. Saringan bensin dan kran bensin. Robahlah posisi plat pada lidah pelampung. Untuk exelerasi tinggi motor tersendat-sendat. 1. ON bensin mengalir. dan motornya dapat hidup dengan rata/langsam. 2. Pada sepeda motor Pengaliran bahan bakar ke cylinder di sebut pengaliran arus turun. 3. Kembalikan putaran baut bila mesin akan mati. 1. Penyetelan Udara. Motor tidak dapat hidup stationernya. Ruang pengabut pada karburator.4 GANGGUAN UTAMA YANG SERING TERJADI ADALAH KARBURATOR KOTOR DAN TANDA-TANDANYA YANG KELIHATAN ADALAH. 1. Motor sulit di hidupkan. Caranya:    Hidupkan motor pada putaran stationer ( 800rpm) Putar kekanan atau kekiri baut setelan udara untuk mencari putaran terringgi. Tempat penyimpanan bensin ( tangki) 2. 1.esin adalah seperti di bawah ini: 1. tanda pada kran bensin R = cadangan.

7. Periksalah terjadi goresan atau tidak. Bukalah tutup katup IN atas dan katup EX bawah. Pada saat ROTOR di putar. Siapkan vuler. Masuk kanlah vuler 0. 2. Buka pula businya. Khususnya untuk motor Honda saat pembukaan katup IN sekitar 10o sebelum piston mencapai TMA pada awal penghisapan. 9.3 CARA MENYETEL KATUP: 1. saat vuler di tarik agak seret. ganti pila spi katupnya. dimana piston mulai melakukan langkah penghisapan. 8. apakah cylinder ngantong atau tidak. 1. 4.2 PEDOMAN PENYETELAN KATUP. dan udar menghembus keluar busi. Dengan memutar baut pada ROTOR nya. CYLINDER BLOCK. Yang di maksud dengan penyetelan katup ialah mengukur karak kerenggangan antara tatakan dan ujung katup. 1. 8. 5. Ukurlah celah bebas antara batang katup dengan jalan katup. 8. 3.Tugas utama pesawt katup terutama pad motor 4 tak yaitu sebagai pintu masuk bahan bakar gas hasil produksi karburator kedalam mesin. drei/obeng min (-) dan kunci ring. Apabila katup dig anti .05 di antara timlar dengan batang katup 8. Besar kecilnya tenaga motor di pengaruhi oleh saat pembukaan dan penutupan pesawt katup. 2. Pastikan bahwa celah katup IN dan EX sudah betul-berul tepat. dan penutupan sepenuhnya berkisar 48o setelah piston mulai akan melakukan langkah compresi.1 HAL-HAL YANG PERLU DI PERHATIKAN PADA PESAWT KATUP. 5. pastikan pula bahwa waktu vuler masuk tidak terlalu longgar. Stel celahnya dengan mengendorkan baut penyetel dan mur penguncinya 9.sedangkan untuk katup EX pembukaanya sudah di mulai pada 480 awal langkah buang sampai menutup rapat sekitar 10o setelah TMA. 6. kerenggangan harus ada sewaktu Roker Arm sedang bebas tidak ada tonjolan pada noken As. Untuk mencari TMA langkah akhir compresi. 10. Sewaktu pemasnganga natara katup IN dan EX jangan sampi salah. Periksalah. tanda pada ritor tepatkan pada TP nya. Periksalah spring katup untuk daya pengeperannya. 4. Bawah. Bila katup bocor lakukan penyekuran. 2. Oleh Karena itu secara berkala katup harus selalu di periksa untuk di setel ulang. . Periksalah. 1. Periksa kerak karbon dan keadaan muka katup. Sedangkan katup EX berfungsi sebagia jalan keluar gas hasil pembakaran dari cylinder. ukurlah cylinder pada 3 tempat atas. 3. posisikan piston pada titik TMA untuk mencari langkah akhir compresi. Penyetelan yang tepa. terjadi keretakan atau tidak 3.1 HAL-HAL YANG PERLU DI PERHATIKAN PADA SEBUAH CYLINDER BLOCK. tengah. dengan ibu jari tutuplah lubang busi 6.

4. Perksa hubungan piston dengan cylinder longgar atu tidak, batas keausas dinding cylinder yang di perbolehkan adalah 6/1000 sampai 8/1000 x D. 5. Bila cylinder cacat atau melebihi batas keausan, maka harus dicorter. Ukuran Diameter dalam Cylinder KODE ARTINYA STD STANDARD ( ORIGINAL) O/S 0.25 CORTER 1 KALI O/S 0.50 CORTER 2 KALI O/S 0.75 CORTER 3 KALI O/S 1.00 CORTER TERAKHIR 1. PESAWAT KOPLING. Pesawat kopling ialah penghubung dan pemutus antara tenaga motor dengan pesawt prosnelling. Dengan demikian tenaga mesin baru tersalurkan ke prosnelling apabila pesawat kopling ini berhubungan, atau apabila kanvas kopling terhimpit oleh plat-plat kopling. Pada kendaraan yang pada saat ini , terhimpitnya kanvas kopling oleh plat kopling, di bedakan oleh 2 cara: 1. Cara mekanis, yang menggunakan handle kopling ( biasanya di gerakan dengan tangan kiri ). 2. Secara otomatis ( pesawat berputar kopling akan bekerja secara otomatis apabila adanya gaya sentrifugal dari putaran krug As ) 10.1 Tanda-Tanda Gangguan Akibat Adanya Kerusakan Pada Pessawat Kopling Ataupun Adanya Kerja Yang Kurang Baik Pada Pesawat Kopling Memberikan Tanda-Tanda Sebagai Berikut: 1. Tenaga motor lemah Akibat kanvas kopling sudah tipis atau plat gesek aus, atau pegas kopling rusak, atau bandul kopling rusak. 2. Motor tidak mau jalan, walaupun prosnelling sudah dimasukkan. Akibat kesalahn dalam penyetelan alat-alatnya. 3. Roda belakang tidak mau berhenti berputar walaupun hubungan pesawat kopling sudah dilepas. Akibat filter plat kopling bengkok atau filter dan bandul rusak. 4. Sulit menghubungkan dengan gigi prosnelling. Akibat kesalahan dalam penyetelan atau akibat kamvas kopling habis. 5. Setiap prosnelling dihubungkan timbul bunyi, akibat kesalahan penyetelan atau salah penggunaan.

10.2 PROSEDUR PENYETELAN KOPLING YANG TEPAT 1. Matikan mesin

 

Masukkan prosnelling kegigi satu. Engkol motor berulang-ulang, bila roda belakang tidak turut berputar, tanda stelan kopling sudah tepat.

1. Hidupkan motor.
  

Tekan pedal kopling dan masukkan gigi satu. Handle kopling tetap ditekan, tambahkan putaran motor. Bila motor tidak berjalan dan mesin tidak mati, pertanda stelan kopling sudah baik.

1. Jalankan kendaraan.
 

Tekanlah handle kopling dalam-dalam. Injaklah pedal rem, bila kendaraan berhenti, dan mesin tetap hidup itu pertandastelan kopling sudah baik.

1. Untuk jenis kopling otomatis.
   

Hidupkan motor dan masukkan ke gigi satu. Tambahkan putaran motornya,roda belakang harus berputar. Lepaskan handle gas nya dan tekanlah pedal remnya. Bila motor tetap hidup pada posisi prosnelling masuk gigi berarti stelan sudah baik.

1. KRUG AS DAN PERLENGKAPANNYA. 11.1 HAL-HAL YANG PERLU DI PERHATIKAN SEWAKTU MERAKIT: 1. Ukurlah radial kepala besar stang piston pada titik simetris. (batas ukur 0.05 mm) 2. Ukur celah sisi kepala besar stang piston dengan vuler (batas service 0.6 mm) 3. Periksa diameter dalam kepala besar piston (std. 13.013 – 13.043 dan batas service 13.10) 4. Periksa keolengan poros engkol (batas service 0.1) 5. Periksa hubungan pen dengan bantalannya (dengan rumus 0.13 + 10-4D. 6. Periksa ring piston pada alur piston ( dng rumus 0.25 + D/500mm). 7. Periksa celah gap ring piston sewaktu berada di dalam cylinder ( rumus 2D/100 mm) 11.2 HUBUNGAN KRUG AS DENGAN NOKEN AS. Pada motor 4 tak, agar katup dapat membuka dan menutup di gerakan oleh noken AS. Berputarnya noken As digerakan secara langsung maupun tidak langsung oleh krug As nya. Selamnya untuk motor 4 tak, apabila krug As berputar 1x3000 maka noken As berputa 1/2x 3000. Sehinga untuk menyesuaikan kerja ini , roda gigi krug As jumlahnya ½ x jumlah gigi pada noken As nya. Pada umumnya hubunga krug As dengan noken As di bedakan dalam 2 bentuk hubungan: 1. Hubungan secara langsung gigi dengan gigi.

2. Hubungan secara tidak langsung ( menggunakan rantai). Hidup dan tidaknya mesin sangat tergantung tepat atau tidaknya hubungan antara Krug As dengan Noken As. Untuk itu sewaktu melakukan penyetelan kedua alat tersebut perlu suatu ketelitian secara khusus.untuk itu perhatikan rumus pemasanga rantai Sporkit seperti di bawah ini. 1. Putar rotor sehingga piston berada di titik TMA, atau tepatkan tanda garis T pada rotor dengan tanda O pada penyesuaian (gir). 2. Putar baut cam sporkit sehingga katup IN posisi akan awal kerja atau tanda titiknya tepat pada tanda penyesuaian. 3. Pasang rantai penghubung dengan kedua gigi tersebut, pada saat tanda paa kedua gigi tepat pada tanda TP-nya. 11.3 GANGUAN YANG SERING TERJADI PADA PERLENGKAPAN INI. 1. Hubungan gigi antara rantai slip sehingga rotor sulit atau sama sekali tidak dapat hidup. 2. Rantai sudah mulur sehingga menimbulkan bunyi. 3. Gigi timming atupun gigi sporkit aus, sehingga timbul bunyi. 4. Stelan kencangan timming tidak tepat sehingga menimbulka bunyi.

1. BAK MESIN, POROS ENGKOL, KICK STARTER,TRANSMISI. 12.1 CARA PEMBONGKARAN TROMOL PEMINDAH GIGI ( Shift Drum) 1. Cabut guide pin clip dan pin pembimbing (guide pin) garpu pemindah. 2. Lepaskan garpu pemindah dari tromol pemindah gigi. Note: Berilah tanda pada garpu pemindah kiri dan kanan untuk menjamin perakitan yang benar. 12.2 PEMERIKSAAN GARPU PEMINDAH DAN PIN PEMBIMBING ( Guide Pin) 1. Periksa garpu pemindah dan guide pin dari keausan atau kerusakan. 2. Ukur diameter dalm garpu tersebut. Batas service 34.14 mm 3. Ukur tebal cakram garpu batas service 4.60 mm. 12.3 PEMERIKSAAN TROMOL PEMINDAH GIGI ( Gearshift Drum) 1. Periksa tromol pemindah gigi dari keausan atau kerusakan 2. Ukur diameter luar tromol , batas service 39.93 mm. 12.4 PEMERIKSAAN BANTALAN TRANSMISI ( Bhearing) 1. Putar cincin dalam bantalan dengan jari-jari, Bantalan harus berputar dengan halus dan lembut, juga periksa 2. Cincin luarnya apakah terpasang kencang pada bak mesin. Ganti bantalan bila sedah tidak normal.

CARA PEMBONGKARAN: 1. 1. Paskan kick starter spindle dengan prosedur kebalikanya dari pembongkaran. Note: pasang pegas gesek. SISTEM LISTRIK PADA SEPEDA MOTOR. Note : tepatkan celah pegas pada bak mesin dengan ujung rachet. CARA PERAKITAN KICK STARTER. Periksa apakah snap ring masuk dengan baik pada alurnya dan tepatkan celah pada ujung-ujungnya dengan salah satu bukit dari pada seplain. 1. Lepaskan thrust washer dan circlip. Pasang poros utama. 2. Rakit poros utama dan poros 2. 3. Lepaskan circlip. Alat-alat sepeda motor banyak sekali menggunakan perlengkapan listik untuk menunjang perlengkapan yang ada. 1. trush washer dan kick starter pinion. KICK STARTER. 2. 1.Perakitan: 1. Secara haris besar sistem kelistrrikan pada sepeda motor dapat dibagi menjadi beberapa bagian yaitu: . 4. 1. TRANSMISI. Pemasangan : pasang poros engkol dan kick starter pada bak mesin kiri. Periksa kelembutan pergerakannya. 3. poros lawan ari tromol pemindah gigi sebagai satu kesatuan. Masukan pin pembimbing dan clip pin pembimbing ( guide pin clip). Pasang garpu pemindah gigi kiri dan kanan pada tromol pemindah gigi. 5. Lepaskan starter rhichert dan pegas gesek. 6. CARA PEMBONGKARAN KICK STARTER. Lepaskan kick starter spindle dari bak mesin kiri Lapisi tiap gigi dan bos dengan oli mesin bersih. collar dan plat pengunci tromol dengan baik dan perhatikan arah dan pelat pengunci.

Saat pembakaran gas harus tepat yaitu sekitar 5 derajat samapie 20 derajat sebelum piston mencapai TMA akhir compresi. Bateray 3. 2. Perlengkapan Lampu Besar 2. System Starter. 1. Lampu control oli 5. 2. 3. Timbulnya tenaga pada sebuah mesin adalah adanya bahan bakar gas yang bertekanan tinggi yang di bakar oleh bunga api listrik yang bertekanan tinggi yang di hasilkan oleh Busi. Relay Starter. Lampu netral 6.1 FUNGSI ALAT-ALAT PADA SISTEM PENGAPIAN: 1. 1.1. Meter mesin 4. Generator ( Alternator) 4. Platina 6. Perlengkapan Lampu Senja 3. Kunci kontak 5. SISTEM PENGAPIAN MESIN. Bateray 3. Coil 8. Adanya gas yang bertekanan tinggi di dalam cylinder 2. Penyearah Arus (Kiprok) 4. Sistem Pengisian 1. Dan hidupnya sebuah motor adlah di pengaruhi oleh factor berikut: 1. Condensator 2. Sistem Pengapian Mesin 1. Busi 9. Regulator 5. 2. Harus ada listrik beetekanan tinggi. Klakson 3. Sistem TAnda-tanda 1. Generator 4. Lampu reting ( sein) 7. Sistem Penerangan 1. Perlengkapan Lampu Belakang 5. Motor Starter 2. 16. CDI Unit 7. BATERAY dan GENARTOR . Lampu rem 6. 3.

CONDENSATOR Berufungsi mencegah loncatan bunga api listrik untuk sementara. sewaktu platina dalam keadaan terbuka. BUSI Berfungsi untuk meletikan bunga api istrik bertegangan tinggi hasil produksi Coil di dalam Cylinder motor. Pada sepeda motor di kenal dengan 2 jenis Coil yaiti Coil AC dan DC. Yang di maksud dengan menyetel saat pengapian ialah mengatur peletikan bunga api listrik dari busi tepat di mana piston hamper mencapai TMA akhir compresi. KUNCI KONTAK Bertugas untuk mengatur penggunaan arus listrik setiap alat yang membutuhkan sesuai dengan kebutuhan 7. Pada system ini tidak perlu melakukan penyetelan saat pengapian. Pada setiap motor tanda saat pengapian tepat hamper semua sama. tetapi dapat di gunakan pedoman. System penyalaan dengan Cdi tidak menggumakan Platina. garis /F pada rotor tepat pada tanda TP-nya. 4. 5. 6. yang di ginakan untuk menjaga tegangan yang di hasilkan sesuai spesifikasinya.Berfungsi menyimpan arus listrik AC maupun DC yang nantinya akan di robah oleh Coil menjadi sekitar 10. Pada penyalaan system CDI selalu terpasang unit pembangkit Pulsa. karena sudah dis et dari pabriknya. Yaiti tept di mana busi mulai meletik.000 Volt untuk membakar gas di dalm cylinder.000 Volt sampai 20. 16.sebelum piston mencapai TMA akir compresi. bahwa semua motor saat pengapianya jatuh berkisar antara 5 derajat sampai dengan 20 derajat.2 PENYETELAN SYSTEM PENGAPIAN. Sehingga arus primere Coill tidak mengakibatkan platina rusak dan berlubang. . Saat pengapian pada setiap jenis motor berbeda-beda . PLATINA Berfungsi untuk kontak pemutus dan penghubung arus primer dari Coil ke massa. COIL Berfungsi untuk bekerja sam dengan platina dan condensator merubah arus lisrik ari bateray atu generator yang memiliki kapasitas 6 – 12 volt menjadi 10. seperti halnya konvensional. Plaitina juga berfungsi agar medan magnet yang ada pada coil berubah-ubah sehingga terjadi induksi agar Coil mampu memproduksi arus lisrik bertegangan tinggi. 3.000 Volt. CDI UNIT Sebuah yunit penyala yang menggunakan komponen transistor dan unit amplifier. 2.

Buka tutup rotor magnet Pasangkan kabel yimming light ke kabel tegangan tinggi busi Hidupkan motor sekitar 800 rpm Arahkan timming light ke rotornya Arti hasil pemeriksaan:     Garis /F tepat pada tandat TP-nya.2 MEMERIKSA SAAT PENGAPIAN DENGAN LAMPU TESTER 1. 4. 16. berate penyalaan lambat. Untuk lebih jelasnya ikuti contoh di bawah inh: 16. pada posisi Top compresi Tepat pada posisi Top. sebelumnya penguasaan penyetelan tersebut harus di kuasai betul-betul. 2. sewaktu putaran motor di naikan. Motor dalam keadaan mati Posisi kunci kontak ON Hubungkan kabel positif lampu dengan platina positf Hubungkan negative lampu dengan mesin. berate penyetelan tepat. 3. FUNGSI PENYETELAN PLATINA Hampir sebgaian besar ganguan yang ada pada sebuah sepeda motor di akibatkan oleh kondisi platina atau punsetelan platina yang kurang tepat.2. 2. Tanda TP diantara T dan F . berarti penyetelan tepat. gerakan rotor kekiri dan kekanan sehingga lampu hidup terus mati.1 MEMERIKSA SAAT PENGAPIAN DENGAN TIMMING LIGHT 1.2. Tanda TP tepat pada garis //. Putar rotor searah putaran mesin. 5. berarti penyalaan Voor. Lakukan prosedur sepeti menggunakan lampu. bila yanda TP tepat garis /F berate penyalaan tepat. Tanda TP diantara F dan //.Untuk mendaptakan saat penyetelan ynag tepat sering di gunakan alat bantu penyetelan antara lain:     Timming light Multi tester Lampu tester Radio tester Apabila akan melakukan penyetlan dengan mengunakan alat bantu tersebut . 3. 16.3 MEMERIKSA PENGAPIAN DENGAN VOLT METER. 1. 5. Hubungkan kabel-kabel tester dengan platina + dan -. Ganguan-ganguan yang terjadi platina atupun setelan platina akan berpengaruh pada:  Besar kecilnya listrik teganan tinggi pada Coil .2. 2. 4. 6. 3. 1. Tanda pembacaan tanda pengetesan sama dengan keternagan di atas.

TIDAK ADA PERCIKAN BUNGA API PADA ELEKTRODA BUSI 1. 16. Geser platina untuk menapatkan celah sesuai dengan spesifikasinya. 2. Kumparan spull terbakar.40.1 PROSEDUR PENYETELAN SEBUAH PLATINA. Dari penjelasan di atas dapat di simpulkan betapa pentignnya kondisi sebuah platina. Mungkin beberapa kabel longgar / kendor. 4. Dengan sendirinya akan mempengaruhi pula. ataupun betapa pentingnya ketelitian sewaktu mengadakan peyeltelan platina. 6. Cepat atau lambatnya saat penyalaan. Mengeser posisi starter. Pasang baut platina.   Kuat atau lemahnya tenga hasil pembakaran. atau kurang kerengganganya. Boros dan tidaknya pengggunaan bahan bakar. 3. Merubah jarak renggang / sudut hubung platina. Tempatkan platina pada dudukannya 2. kit juga harus meghiting sudut bubungnya. Merubah posisi firing order plat dudukan platina.4 GANGUAN YANG SERING TERJADI PADA ALAT-ALAT SISTEM PENGAPIAN: 1. Penyetelan platina adlah mengatur jarak lamanya kontak pemutus saling berhubungan. 2. atau mengatur gap antara platina duduk dengan platina pemukul. Platina terbakar. Busi kotor. Karena besarnya sudut bubung sangat berpengaruh terhadap output coil: Untuk Menyetel Platina Ikuti Prosedur Di Bawah Ini: 1. konsleting. akibat kondensor rusak. atau putus pada:   Antara Alternator dan CDI unit Antara CDI unit dan kunci kontak . sementara jangan di keraskan dulu 3. Kumparan coil terbakar. proses cepata atu lambatnya pembangkitan magnet di dalm Coil. Keraskan baut pengunci apabla betul-betul sudah tepat 7. Posisi platina hammer dan platina duduk tidak tepat. Putarlah rotor searah putaran mesin sehingga luas plaitna pada posisi puncak Cam tertinggi.5 GANGGUAN – GANGGUAN PADA MOTOR SISTEM CDI 1. 5. Di samping itu sewaktu kita menyetel platina. Lupa memutar kontak pada posisi ON. 3. 4.70 mm. 5. Pengukuran alat akan mendapatakan setepat-tepatnya apabila menggunakan alat bantu poin cheker atau dwell angle. 16. 16. celahnya. 6.60 – 0. Spesifikasi celahpenyetelan dengan vuller 0. 2. pada beberapa jenis kendaraan yang menggunakan system pengapian elektronik.30 – 0.3. Spesifikasi kerenggangan busi antara 0. Pedoman saat penyetelan saat pengapian untuk berbagai konstruksi sepeda motor dapat dibedakan menjadi 3 macam: 1.

untuk untuk mencegah arus balik sewaktu kendaraar sewaktu tidak di gunakan. Kunci kontak sebagai penghubung dan pemutus hubungan Accu dengan alternator. 1. Periksa rangkaian primer pengapian     Coil pengapian rusak CDI rusak Pembangkit pulsa rusak Komponen rangkaian kendor atau kurang kontak 1.1 ALAT-ALAT YANG ADA PADA SISTEM PENGISIAN. Busi lemah atau mati 2. pada sepeda motor di lengkapi dengan system pengisisan Batrray. 2. akan mempengaruhi kerja motor tersebut. untuk di simmpan ke dalam Accu. Dikarenakan banyaknya alat-alat pada motor menggunakan kebutuhan arus listrik. 5. menggunakan banyak alat yang membutuhkan arus listrik yang besar seaktu motor berputar lambat. Alternator / Generator. MESIN HIDUP HANYA SEMENTARA TAPI MATI LAGI 1. maka untuk menjaga agar arus listrik yanga ada pada sumber listrik tidak habis. Bateray sebagai pentimpan arus listrik. MESIN TIDAK DAPAT HIDUP DENGAN STATIONER ( LANGSAM ) 1. Waktu pengapian tidak tepat 2. 3. Pada motor-motor system magnet yang tidak menggunakan arus bateray. Waktu pengapian tidak tepat    Pembangkit pulsa rusak CDI rusak Kumparan pembangkit alternator rusak 1.       Antara CDI unit dan coil pengapian Antara coil pengapian dengan busi Antara pembangkit pulsa dan CDI unit Antara CDI unit dangan massa Coil pengapian rusak Kunci kontak rusak Kumparan pada alternator rusak 1. Kiprock/ Rectifier untuk menyearahkan arus listrik hasil produksi alternator. 4. alat yang mampu memproduksi listrik. 17. Periksa rangkain sekunder pengapian  Busi kotor 1. SISTEM PENGISIAN. . Regulator alat yang mampu mengatur aga tegangan yang di hasillkan akan selalu constant pada putaran cepata atu lambat.

Penyearah arus listriksistem Alternator. 1. ALTERNATOR Prinsip kerja alat ini hamper sama dengan generator . 1. 1. Cara Melepaskan Regulator / Regtifier: 1. pada saat putaran lambat alat cepat. REGULATOR Alat ini bertugas:   Mencegah arus balik dari bateray Mengontrol tegangan listrik yang di hasilkan. dan langsung membagi sebagian ke accu dan sebagian ke alat yang membutuhkannya. kelebihan alternator bila di bandingkan dengan generator terletak pada:    Kumparan rotor/Stator hanya sedikit Kemampuan produksi arus listrik lebih baik Regulatornya cukup sederhan. yang merupakan hasil pemotongan garis-garis gaya magnet. . 2. Generator bejerja dengan cara mengubah energy meckanis menjadi energy listrik. REGTIFIER. Periksa tahanan dia antara katup-katup terminalnya. Lepaskan tutup samping kiri 2.2 PRINSIP KERJA ALAT-ALAT PADA SISTEM PENGAPIAN. 2. Lepaskan regulator / regtifier denganmelepaskan baut pengikatnya. Penyearah arus listrik pada sistem generator. 1. 3. 2. Gantilah regulator / regtifier bila pembacaan tidak berada dalam batas-batas pembacaan yang telah di tentukan.17. GENERATOR Alat ini berfungsi untuk suplai arus listrik kea lat-alat yang membutuhkan. Pemerikasaan. melalui kawat. Penyearah arus listrik system Generator magnet ke Accu. KIPROCK GANDA. KIPROCK TUNGGAL. Lepaskan hubungan kopler regulator / regtifier 3.

8. 2. Pada dasarnya tugas kedua jenis starter itu sama.Note: untuk mendapatkan hasil tes yang telitiperlu memakai tester yang di tentukan. 1. Pada sepeda motor banyak sekali yang di lengkapi dengan 2 sistem starter antara lain: 1. yaitu untuk menggerakan sumbu engkol yang pertama kali supaya motor hidup. Sikat / coldboster. MOTOR STARTER. PUTARAN MOTOR STARTER BERAT ATAU LAMBAT. 18. 3. MOTOR STARTER TIDAK MAU BERPUTAR (Penyebab):     Bateray rusak atau lemah Tombol starter rusak Relay starter rusak Motor starter rusak. mengggunakan tester yang tidak tepat atau pengukuran skala yang tidak tepat akan mengakibatkan bacaan yang salah. Menggumakan starter manual / kick starter 2. Mengunakan motor starter. 18. 7.   Tahanan yang berlebihan pada rangkaian Ada listrikyang macet di dalam motor starter 1. Jangkar / amatur Relay starter Tombol starter. MOTOR STARTER MAU BERPUTAR TAPI TIDAK MAU HIDUP. 4. 6. 1. yang mengunakan tenaga listrik. 1.   Kopling starter rusak Gigi starter rusak .1 ALAT-ALAT YANG ADA PADA MOTOR STARTER.2 GANGGUAN YANG SERING TERJADI PADA MOTOR STARTER: 1. Rantai transioner Kopling starter Collector / komitator. 5.

 Sproket / cakra dan rantai starter rusak. Periksa kontinuitas antara pasangan batang-batang pemutar. Pasang gigi starter pada rumahnya. 9. Kumparan pada relay starter kotor Kunci belum ON. 6. MESIN TIDAK MAU HIDUP atau SULIT DI HIDUPKAN 1. Pasang gasket pada pemegang sikat 11. 12. Ujung amature pada pemegang sikat. Periksa lubang untuk ujung roda gigi starter dari pada pemegang sikat terhadap keausan atau kerusakan. 1.      Kolektor kotor Colboster sudah pendek Kumparan field konslet / terbakar. CARA MENGATASI KESUKARAN/KESULITAN PADA SEPEDA MOTOR. 2. 5. Pasang rumah starter. 18. ( tidak boleh ada hubungan kontinuitas) 18. Saringan kasa bahan bakar tersumbat. Pasang rumah gigi starter pada motor starter.3. 2. Jika bensin tidak masuk ke dalam karburator kemungkinan penyebabnya:     Tidak ada bensin di dalam tanki. Periksa juga tekanan listrik pada masing-masing batang komutator dengan poros Amutare. 4. Beri gemuk / gris pada ujung lobang dan juga pada gigi starter. 13. Saluran bensin antara tanki dan karburator tersumbat. 1. Periksa apakah bensin masuk ke karburator. TERJADI KEMAGNETAN PADA MOTOR STARTER. 1. 10. dengan merenggangkan sikat-sikat keluar. Periksa apakah cincin luar bantalan menempel dengan kencang pada rumah gigi starter. Periksa bantalan roda gigi starter dengan cara memutar dengan jari – jari Bantalan yang baik harus berputar lembut dan halus. Pasang pegas sikat dan sikat-sikat pada pemegang sikat. 7. Katup pelampung tersumbat. Perksa juga apakah cincin dalam bantalan menempel dengan kencang pada roda gigi. 8. . Pasang O-ring yang bari dan beri sedikit pelumas. 1. 3.1 PERAKITAN STARTER LISTRIK.3 PENGETESAN ALAT-ALAT PADA STARTER.

         Busi risak Busi kotor CDI Unit rusak. 1. .      Pedal kick starter slip hingga tidak dapt memutar mesin. Renggang/celah katup terlalu kecil. Coil pengapian putus / konslet. Waktu tertib pembukaan katup tidak tepat. Periksa tekanan compresi Cylinder dengan menjalankan kick starter. Busi lemah atau tidak ada letikan Api. Katup terbuka terus / macet. Note: jika Compresi normal.    Karburator banjir. Busi basah. Waktu pengapian tidak tepat. Cylinder atau torak aus. Hidupkan mesin dengan mengikuti prosedur starter normal. Compresi rendah. Mesin hidup kemudian mati lagi. Lepaskan busi. Kunci kontak rusak. 1. Periksa busi dan letikan Api-nya. Element saringan bahan bakar tersumbat. Note: jika mesin tidak mau hidup maka lepaskan busi dan keringkan/bersihkan 1. Kabel tegangan tinggi putus atau konslet. Ada udara luar masuk melalui pipa masuk. Tutup kepala busi longgar. Note: jika letikian Api busi kuat. hidupkan mesin dengan mengikuti prosedur starter normal. Pembangkit pulsa rusak.     Cuk karburator tertutup berlebihan Skrup udara karburator terbuka berlebihan. Cuk tertutup berlebihan Katup gas terbuka berlebihan. Kumparan pembangkit generator tidak dapat memutar mesin. periksa tekanan kompresi Cylinder dengan menjalankan kick starter. 1.

Note: jika kecepatan sepeda motor bertambah .ak Kecepatan sepesa motor tidak bertambah. Periksa tekanan udara roda Tekanan udara terlalu rendah   Ban bocor. Coba berakselerasi dengan cepat dari gigi satu ke gigi tinggi. Note: Roda berputar bebas.Busi kering. Mur roda belakang terlalu kencang. Roda tidak berputar dengan bebas. Rantai roda terlalu kencang. . Coba berakselerasi dengan cepat dari gigi satu ke gigi tinggi. Coba berakselerasi dengan ringan.  Hidupkan mesin dengan cuk tertutup. TENAGA MESIN KURANG. Coba berakselerasi dengan ringan 1. Note: jika tekana udara roda normal. 1. Naikan standarkan 2 dan putar dengan tangan. 1.      Rem menyangkut Bantalan rem rusak/aus. 2. naikan standarkan 2 dan putar dengan tangan. PERIKSA 1. Pentil roda rusak.    Kopling slip Piringan kanvas kopling aus. Kecepatan tidak cukup bertambah. Piringan kanvas kopling tidak rata/bengkok.   Cuk karburator tertutup. Bantalam roda kurang pelumas. Aliran bahan bakar tersumbat.

Dudukan katup aus. 1. Periksa waktu pengapian dengan menggunakan Timing Light. Cylinder atau torak Aus. . Waktu pengapian tidak tepat. Basket kepala cylinder rusak. Periksa apakah karburator tersumbat. Periksa apakah karburator tersumbat. Periksa waktu pengapian dengan menggunakan Timing Light. Lepaskan Busi. 1.     Katup terbuka terus.    CDI Unit rusak Pembangkit pulsa rusak. Periksa Compresi Cylinder dengan menjalankan Kick starter.   Saringan kasa bahan bakar rusak Karbuarator kurang mendapat perawatan Note: jika karburator tidak tersumbat. 1. Note: jika Tekanan compresi normal.  Lupang pernapasan tanki tersumbat. Waktu pembukaan katup tidak tepat. Kumparan pembangkit rusak. Periksa renggang katup. 1. 1. Tekanan Compresi rendah. Note: jika renggang katup normal. Periksa apakah karburator tersumbat. Knalpot tersumbat. Periksa Compresi Cylinder dengan menjalankan Kick starter. Note: ketika saat pengapian tepat. maka periksa renggang katup. Note: jika kecepatan bertambah. Renggang katup tidak tepat   Penyetelan renggang katup tidak tepat. Karburator tersumbat.

lepaskan tutup lubang pemeriksaan katup kepal cylinder untuk mengetahui apakah paralatan katup terlumasi dengan baik. Campuran bahan bakat/udara terlalu sedikit. Peralatan katp tidak terlumas dengan baik. Mesin menggelitik ( berdetonasi)  Cincin torak ( ring piston ) dan Cylinder Aus. .   Busi kurang mendapat perawatan. 1.    Permukaan terlalu tinggi mengakibatkan tenaga kurang. Menyak pelumas kotor Pompa minyak pelumas tidak bekerja. Kopling slip. Note: jika mesin tidak terlalu panas. 1. Penggunaan bahan bakar yang kualitasnya jelek.     Permukaan pelumas terlalu rendah. Note: jika busi tidak kotor dan tidak berubah warna. Periksa tinggi permukaan pelumas oil. Mesinterlalu panas. Periksa apakah mesin terlalu panas.     Terlalu banyak karbon di dalam ruang bakar.Busi kotor atau berubah warna. Minyak pelumas sudah membusuk. Saluran minyak pelumas tersumbat. Periksa tinggi permukaan pelumas oil. 1. Permukaan pelumas terlalu rendah / tinggi. periksa terhaap kotoran. Permukaan terlalu rrendah. Penggunaan busi tidak repat dengan derjat panas yang di haruskan. Coba Berakselerasi aatu menjalankan dengan kecepatan tinggi. Note: jika peralatan katup terlumasi dengan baik. Periksa apakah mesin terlalu panas. lepaskan tutup lubang pemeriksaan katup kepal cylinder untuk mengetahui apakah paralatan katup terlumasi dengan baik. Note: jika tinggi pelumas tepat. Coba Berakselerasi aatu menjalankan dengan kecepatan tinggi. periksa terhaap kotoran. 1.

Tidak tepat. PRESTASI MESIN KURANG PADA PUTARAN STATIONER DAN KECEPATA RENDAH.     Renggang katup tidak tepat. Periksa penyetelan skrup udara karburator. Peluru kemudi cincin atau peluru atau konus rusak. Pengendalian kemudi terasa berat. 1. . Velg bengkok Pusat roda tidak terpasang dengan baik. Mur ulur poros kemudi terlalu kencang. Tidak tepat. PERIKSA.    Periksa tekanan ban/roda. Periksa tegangan pegas katup 1. 1. Roda beleakng atau depan bergoyang berlebihan. CDI Unit rusak Pembangkit pulsa rusak. 3. Campuran bahan bakar / udara terlalu banyak ( putar keluar untuk memperbaiki ). Waktu pengapian terlampau maju.   Campuran bahan bakar atau udaraterlalu sedikit ( putar kedalam untuk memperbaiki). Periksa waktu pengapian dan renggang katup. 1. Note : jika normal dan tepat. Penyetelan skrup udara karburator. Periksa tegangan pegas katup  Pegas katup sudah jelek. Terlalu banyak karbon di dalam ruang bakar. 1.   Campuran bahan bakat/udara terlalu sedikit. Kumparan [embangkit rusak. Note: Jika normal.    Kelonggaran berlebihan di dalam bantalan/ bearing roda.

Berikut Penjelasannya Arti Warna Kabel Kelistrikan Sepeda Motor : . ARTI WARNA KABEL KELISTRIKAN SEPEDA MOTOR Warna kabel tiap merek motor berbeda-beda. depan belakang) Reda depan dengan belakang tidak center . Pada dasarnya warna kabel itu hanya mewakili muatan positif (+) dan negatif (-). Lengan ayun belakang bengkok. 1.   Bos engkol lengan ayun aus berlebihan. Kendaraan terasa menarik ke satu arah sewaktu berjalan.     Shockbreaker tidak seimbang ( kanan kiri. Garpu depan bengkok. Rangka / chasis bengkok. Penyetelan rantai roda tidak benar.

dll) : (+) pulser CDI : (+) rem. YAMAHA         Hitam : Hijau : Merah : Kuning : Coklat : Hijau : Putih-Merah Hijau-Hitam (-) masa. :            Kuning : (+) arus beban ke saklar lampu Biru : (+) lampu jauh Abu-abu : (+) flasher Biru Laut : (+) sein/reting kanan Oranye : (+) sein/reting kiri Coklat : (+) lampu kota Hitam-Merah : (+) spul CDI Hitam-Putih : (+) kunci kontsk Hitam-Kuning : (+) koil Biru-Kuning : (+) pulser CDI Hijau-Kuning : (+) lampu rem. 1. SUZUKI. 1. berlaku untuk semua negative (+) arus beban penerangan (+) arus positif dari aki (+) lampu jauh (+) sein/reting kiri (+) arus beban (penerangan.            Hitam-Putih : (-) masa. . (+) lampu dekat. HONDA     Hijau Merah Hitam Putih : (-) masa. : (+) aki. berlaku untuk semua negative Putih-Merah : (+) pengisian dari magnet Putih-Biru : (+) koil ke CDI Putih-Hitam : (+) lampu rem Kuning-Putih : (+) penerangan/lampu Biru-Kuning : (+) pulser ke CDI Merah : (+) aki Oranye : (+) kunci kontak Abu-abu : (+) lampu belakang Hijau Muda : (+) Sein/reting kanan Hitam : (+) sein/reting kiri. berlaku untuk semua negative. : (+) kunci kontak : (+) alternator pengisian.1.

Bahwa setiap sepeda motor yang di pergunakan untuk kebutuhan sehari-hari harus di perhatikan dan selalu di rawat guna memperlancar dalam penggunaannya. maka dapat di tarik kesimpulan sebagai berikut: 1. 5. agar sepeda motor tersebut tidak mengalami kerusakankerusakan yang tidak semestinya di derita motor tersebut. Pergantian busi. Maret 15. agar di kemudian hari tidak akan terjadi kerusakan yang lebih parah maupun kecelakaan yang tidak di inginkan. Jangan menambah ataupun mengurangi komponen-komponen pada sepeda motor karena akan lebih cepat merusak sepeda motor itu sendiri. 2.1. Dalam perawatan sepeda motor yang baik yaitu harus sesuai dengan prosedurprosedur yang telah di tentukan 3. Pergantian kanvas rem. KAWASAKI          Hitam-Kuning : (-) masa. Dan dalam penggunaan sepeda motor harus sesuai dengan kapasitas dan kemampuan sepeda motor tersebut. Sebaiknya dalam perawatan sepeda motor perlu di perhatikan dan jangan pernah meremehkan tentang perawatan sepeda motor. Dan jangan pernah sekali-kali melakukan perhitungan terhadap perawatan sepeda motor. berlaku untuk semua negative Putih-Merah : (+) aki Merah-Hitam : (+) lampu jauh Merah-Kuning: (+) lampu dekat Abu-abu : (+) Sein/reting kanan Hijau : (+) sein/reting kiri Biru : (+) lampu rem Merah : (+) lampu belakang Coklat : (+) klakson KESIMPULAN Berdasarkan makalah yang telah saya buat. 1. 4. 2011 . agar di kemudian hari kita tidak akan mengeluarkan biaya yang lebih besar untuk perawatan. Pergunakanlah buku panduan yang di berikan oleh pembuatnya sebagai acuan untuk mengecek kerusakan maupun masa berlaku dari part-part tersebut. 2. Seperti :    Pergantian oli. Diposkan oleh Budi Susanto Date Selasa.

Yuk belajar bareng bersama tentang EPS. . mekanisme hidraulis berganti menjadi gerakan dinamo yang mengandalkan arus listrik. Artinya motor listrik bekerja langsung dalam [img]membantu gerakan kemudi. 2009 — gadogadosaya forumbebas. Misalnya seperti pada Chevrolet Zafira dan Mercedes Benz A-Class. seperti pada Toyota Yaris dan Vios. EPS ini jarang ditengok. Pertama dengan sebutan fully electric. Bahkan baru paham setelah kejadian. di tempatkan pada gearbox steering. Putaran motor elektrik hanya dimanfaatkan untuk mendorong hidraulis. Perbedaaannya bisa dibagi dua. Ini sebagai pengganti pompa power steering yang menempel di mesin dan diputar oleh sabuk V-belt. Nah karena bebas rawat. Kedua model semi electric. Bahkan pada generasi awal yang diterapkan Mazda Vantrend lansiran 1995 ataupun Toyota Crown keluaran 2005. technical trainee PT Toyota Astra Motor. Baik yang letaknya menempel pada batang kemudi. “Dalam hal perawatan pun didesain menjadi free maintenance dan enggak bikin repot lagi seperti model konvensional. Model Fully electric cenderung paling responsif Semua EPS yang diaplikasikan. Namun masih mengandalkan minyak untuk meringankan gerak setir.com/printthread. Perangkat EPS yang digunakan tentunya tidak lagi menempel pada mesin.php?tid=38828 Teknologi Electric Power Steering(EPS) dibuat untuk mengerti kita. Suzuki Karimun dan Swift. Biasanya perangkat ini juga masih menggunakan slang tekan dan slang balik dari minyak. Pada EPS.” bilang Iwan Abdurachman. Problem yang terjadi juga tidak dikenali. Juga yang letaknya menempel pada rack steer seperti Honda Jazz.(Tips) Bedah Perawatan Electric Power Steering (Sistem Kemudi Mobil) August 11. pada dasarnya tetap menggunakan tenaga bantuan motor elektrik.

Semakin lambat laju mobil. Adanya tekanan hidraulik dalam sistem ini berarti kerja simultan mulai dari sensor. Terutama buat yang letaknya tergabung dengan racksteer atau di kolong mobil. PERAWATAN Sebagai komponen yang relatif tanpa perlu lagi melakukan perawatan. Setelah ada gerakan setir yang cepat ataupun lambat. Walau komponen tersebut didesain tidak mudah rusak. umumnya harus mengganti satu rangkaian. Jika terjadi kerusakan. Terutama pada mekanisme fully electric. Misalnya model steer column yang tergabung dengan dinamo atau dengan racksteer. gir reduksi. sensor dan komponen kecil lainnya belum dijual di pasaran. Hasil perhitungan modul EPS akan mengatur besaran arus yang sesuai dengan kebutuhannya. Seperti saat cuci mobil. “Bisa ditutupi dengan balutan lakban. modul EPS dan peranti pendukung ECU lainnya. akan dideteksi juga untuk disesuaikan menurut laju kendaraan.” tambah Iwan. Atau bisa dengan menambahkan pelindung komponen yang bisa kemasukan air. “Sebaiknya air jangan masuk ke motor elektrik. Selanjutnya setelah kecepatan dinamo menciptakan tekanan minyak PS tertentu. meringankan rangkaian racksteer pada PS konvensional. Pasalnya.Dinamo masih harus meneruskan oli untuk membuat tekanan dalam racksteer Hadirnya sistem ini memang relatif sebagai penyempurnaan sistem PS model lawas atau konvensional. Gerakan kiri-kanan oleh setir bakal diterima oleh sensor untuk diatur modul sebagai otaknya. Pasalnya. Mulai dari bagian soket. dinamo berarus DC.. Misalnya saat melakukan cuci kolong diperiksa kondisi kabel penghubungnya. Pada umumnya terdiri dari sensor gerak (torque sensor). Sedangkan mekanisme semi electric cenderung lebih repot. menurut Rachman komponen EPS sebaiknya diperiksa secara rutin waktu mobil dalam kondisi terangkat. . Umumnya sebatas melakukan perawatan pada komponen luar rangkaian motor elektrik. “Respons terhadap gerakan kemudi juga semakin baik dan lebih disesuaikan kondisi dibanding model biasa. artinya akan semakin besar juga kebutuhan daya oleh motor eletrik.” beber Rachmansyah Nasution. Sehingga kerja power steering secara elektrik hanya pada tahap awal saja. modul dan dinamo masih diteruskan ke hidrolis lagi. parts pengganti seperti dinamo. Kerja dinamo dalam meringankan putaran kemudi dideteksi pertama kali oleh sensor yang kebanyakan letaknya pada poros batang kemudi (steering column). komponen yang digunakan juga lebih banyak dibanding model fully electric. Sebagai perawatan.” pesannya.

Selain itu. modul. Jika berat seperti yang dirasakan Firman. Setelah lampu menyala. biasanya disebabkan karena suplai arus ke dinamo yang tidak normal. korosi hingga putus dalam boks sekring pusat yang letaknya dalam ruang mesin. Jika joint steer dan bagian tie rod mulai oblak artinya perlu penggantian juga seperti merawat PS biasa saja. Biar enggak bermasalah. dinamo ataupun sensor setir dan sensor kecepatan. Namun paling mudah bisa dilakukan sendiri dengan cara memeriksa kondisi sekring. komponen penunjang lain seperti karet boot steer dan joint steer bisa dirawat seperti biasa. Kemungkinan kerusakan terjadi pada komponen lain yang harus diperiksa oleh bengkel. Atau diganti setelah tampak kendur. Pada bengkel resmi sudah pakai alat scan untuk mendiagnosa secara elektronik. Mendeteksi problem perlu menggunakan alat khusus. bisa semprot dengan cairan sejenis pembersih atau contact cleaner. Pastikan kondisi sekring tidak longgar. sistem EPS secara otomatis akan tidak berfungsi alias terasa berat diputar. Baik pada bagian soket penghubung.Sekring EPS yang umumnya tertancap dalam kotak sekring dalam kabin mesin perlu diperiksa juga. Sebagai tanda ada problem. DETEKSI Permasalahan yang ditemukan dalam sistem EPS tentu macam-macam. Jika tampak sobek hingga getas pada sistem semi electric artinya perlu penggantian segera. UBAH SEMI ELEKTRIK JADI FULL HIDRAULIK . lampu indikator EPS umumnya akan menyala.

Selamat mencoba !! . Minimal mobil Anda dapat bergerak hingga mencapai bengkel terdekat.Mengandalkan putaran AC ataupun waterpump Dari semua model power steering (PS) elektris. sistem hidraulis ini bisa terpasang berikut beberapa tambahan kedudukan. Setelah semuanya selesai dihubungkan. Jakbar. jelas bikin berat. Kabel kondensor AC yang telah terputus bisa Anda hubungkan dengan kabel kondensor mesin. Apa yang dituliskan diatas merupakan tips yang digunakan bagi kendaraan yang menggunakan sistem pendingin elektromotor. Untuk kendala kedua yang disebutkan ada satu tips yang dapat Anda lakukan. Dan tentu saja hal itu dapat dilakukan apabila elektormotor tidak berfungsi dengan baik. Sementara apabila overheat terjadi akibat radiator yang bekerja kurang optimal. komponen ini masih tergolong mahal. Kalau motor listrik PS ini rusak. Matikan sejenak mesin kendaraan anda dan biarkan radiator dingin. Lebih murah dan mudah perawatannya. Saat segalanya terpasang. Setelah dingin. 3. Nah. Nah buat yang mengaplikasi sistem elektronik-hidraulik. Anda tak dapat menikmati sejuknya AC selama dalam perjalanan. Tidak bisa untuk yang full elektrik. ada solusi alternatif daripada mengganti motor PS hingga modul pengatur kerja motor. Karena masih pakai cairan PS. motor dan perangkat modul jebol pasti bikin putaran setir berat. Sayangnya. Pada dasarnya tips ini bekerja dengan prinsip kendaraan Anda dapat bergerak kembali dengan sistem pendingin yang berasal dari kondensor AC. Tips : 1. sistem pompa elektrik itu bisa diganti dengan pompa mekanis yang mengandalkan putaran mesin. 4. upayakan agar mesin dalam keadaan hidup. Merogoh kantong pun lebih ringan. Dua dintara penyebab over heat yakni radiator bocor atau mungkin sistem pendingin mesin yang tidak bekerja optimal/ rusak. Jangan terburuburu untuk membuka tutup radiator. Hanya dengan dana Rp 3.” papar Wawan. Kabel ini biasanya terletak tak jauh dari kompesor ac. Bukalah penutup mesin mobil Anda dan putuskan kabel penghubung kondensor AC.5 juta.” ujar Purwanto dan Paulus Dwi Eriawan dari MW Power Steering di Lebak Bulus. “Makanya hanya bisa digunakan untuk sistem elektrik-hidraulik. Tips Menghadapi Over Heat Saat asyik berkendaraan terkadang mobil sukar diajak kompromi. harganya mencapai Rp 10 juta. Sambil mengisi air kedalam radiator. Sehingga resikonya saat kendaraan Anda dapat bergerak menuju bengkel terdekat. maka Anda jangan lupa untuk melepas magnit kompresor. sapaan akrab Paulus Dwi Eriawan. Terlebih jika masalahnya ternyata terletak pada mesin yang “over heat”. Karena tidak bisa memutar pompa lagi. 2. Tipe PS elektrik hidraulik ada pada Chevrolet Zafira. maka Anda tinggal menyalakan mesin berikut ac. “Lebih baik diganti model hidraulik saja. baru buka tutup radiator dan masukkan cairan pendingin ataupun air secukupnya. Mercedes-Benz A-Class atau Peugeot 307.

Kesulitan menghidupkan mesin seperti kasus di atas terkait dengan masalah sempurna atau tidak sempurnanya pembakaran. Dan ini sering dialami mobil dengan bahan bakar mesin. Selain itu. atau gasket silinder head retak. Kompresi Bila kompresi yang dihasilkan mesin lebih rendah dari yang dibutuhkan. Bisa pula karena ring piston aus. Pengapian Percikan bunga api yang kurang kuat dan kurang tepat juga dapat menyebabkan mesin susah hidup. Mesin tidak langsung hidup dan kita mesti mengulangi beberapa kali mengulir kontak ke posisi start. lemahnya daya serap kondensor atau pun karena nilai tahanan kumparan pada coil pengapian sudah tinggi akibat panas. Tapi setidaknya ada tiga kemungkinan yang bisa menjadi penyebabnya. dan posisi awal penyalaan atau percikan bunga api masih akurat dan bunga api masih bagus. 2. Terlalu rapat / renggang pada setelan Idle Mixture Adjusting Screw (IMAS) di karburator. terutama yang masih menggunakan sistem pengapian platina. saringan bahan bakar dan saringan udara.udara yang tepat.Dalam kondisi normal. Praktis mesin sulit hidup. Kondisi ini merupakan permulaan dari kekurangberesan pada kelistrikan dan mesin. banyak kerak karbon pada kepala dan dudukan katup. percikan yang lemah dan tidak tepat juga dapat disebabkan oleh tahanan kabel busi . Ditandai nyala api biru pada ujung busi. Banyak kemungkinan yang menyebabkan mesin kurang fit.) Juga bisa disebabkan karena kotornya saluran bahan bakar. (Pada mesin dengan sistem injeksi. Kerusakan pada komponen-komponen di atas dapat menyebabkan kebocoran kompresi sehingga tekanan yang dihasilkan mesin rendah. 3. pada kondisi tertentu terjadi sebaliknya.com . hal ini biasanya terjadi karena setelan pada variabel resistor tidak tepat. Namun. campuran bahan bakar . Campuran Bahan Bakar Kekurangtepatan tepatan campuran antara bahan baker dan udara. begitu kunci kontak pada posisi "on" dan kunci diulir menuju titik start. dinding silinder aus. selain bisa karena mutu bahan bakar juga bisa disebabkan oleh setelan karburator yang kurang tepat. terjadi keausan pada dudukan dan kepala katup. mesin langsung menyala. Kekurangtepatan ini bisa terjadi karena celah katup yang tidak tepat. 1. Kondisi ini biasanya dipicu oleh platina yang sudah aus. Pembakaran akan berlangsung sempurna dengan syarat: kompresi masih bagus. sudah tentu akan mempersulit terjadinya pembakaran. Jika komponen-komponen itu masih bagus bisa disebabkan oleh berubahnya awal pengapian dan ukuran celah platina yang telah berubah. Stel ulang sesuai standar.Waspadai Mesin Kurang Greng Saat Start KapanLagi.

Selain demi kenyamanan dan keamanan. Perhatikan pula keadaan kabel koil yang menghubungkan arus listrik ke busi. (astraworld/rsd) Setiap pengendara motor tentu ingin tunggangannya terawat dengan baik. Cek Filter Karburator Menurut Deny. dan irit bahan bakar seperti sepeda motor 4 tak. Nah. dari sana problem-problem kecil akan dicegah agar tidak membesar. “Setelah jarak tempuh motor mencapai maksimal 3000 km. sebutan bagi para pengendara motor. pada saat ini akan dilakukan penyetelan-penyetelan dan pemeriksaan komponen-komponen mesin. bila sudah cukup umur. dibersihkan dengan menggunakan bensin lalu dilumasi oli setelahnya.” jelas Deny.” papar pria berusia 23 tahun ini. yaitu tinggal disemprot dengan kompresor. Untuk mereka yang menggunakan motor sebagai kendaraan operasional. “Umumnya motor keluaran tahun 1990-2000-an. Kerja Bakti.” tambahnya.” jelas Deny yang lulusan Sekolah teknik Mesin (STM). Jangan lupakan engine tune up secara periodik. setingan mesin yang mendukung kesempurnaan sistem pembakaran dapat terjaga apabila pengendara tidak mengabaikan jadwal engine tune up secara periodik. Karena. seandainya masih layak pakai. terlihat ada retakkan dan pengerasan di kabel. Sedang motor keluaran tahun 2000 ke atas. oli mesin harus diganti. sebaiknya segera diganti. ada berbagai macam perawatan dan pemeliharaan yang harus Anda lakukan secara berkala. yaitu jenis basah dan kering. apabila terjadi campuran yang tidak tepat (pembakaran yang tidak sempurna) yang jelas konsekuensi berikutnya adalah tenaga mesin berkurang dan konsumsi bahan bakar menjadi boros. “Cek businya. Cara perawatannya cukup mudah. Jakarta Timur. Padahal. Baterai dapat soak karena pemakaian arus listrik yang berlebihan pada saat start. apabila dibiarkan bukan tak mungkin muncul dampak yang jauh lebih buruk: baterai soak misalnya. “Tapi model ini juga memiliki kelemahan. Sebetulnya. menggunakan model filter basah seperti ini. diantaranya adalah: 1. Jadi. biasanya menggunakan tipe kering. Periksakan Busi Sepeda Motor Busi sangat vital bagi kelancaran mesin motor. tentu berharap kendaraannya akan berumur panjang. Selain baterai soak. sebaiknya businya di ganti. merawat kondisi mesin dan atribut motor adalah hal yang wajib. Kebanyakan pengendara mendiamkan saja jika mengalami kasus mesin yang sedikit susah hidup. . yaitu wajib diganti setiap mencapai 25 ribu km dan tidak boleh terkena oli atau minyak. filter karburator terbagi dua. Model filter basah. dapat dipergunakan kembali. Untuk para bikers. Tapi kalau sudah mencapai 12 ribu km. ingat.yang tinggi dan celah busi yang terlalu besar. mekanik dari bengkel Clinic di Jl. Mungkin karena mesin masih dapat dihidupkan setelah beberapa kali kunci kontak diputar. 2.

yaitu motor keluaran 2000 ke atas. menggunakan filter oli dan wajib di ganti setiap kurang lebih 10 ribu km. karena akan membuat pipa knalpot menguning. Tapi kalau kering. Untuk tipe Vakum. maksimal putarannya 2 ½ berlawanan arah jarum jam. menurut Deny. wajib di ganti. Membersihkan Karburator Bersihkan bagian pilot dan main jet motor.” kata Deny. juga menyarankan Anda untuk tidak lupa memeriksa kondisi gir. cukup 1-2 menit saja. 6. juga sama yaitu dengan membersihkan pilot dan main jet. Ciri-ciri aki basah yang kondisi sudah lemah adalah. Untuk menyetel angin motor tipe manual (buatan tahun 90 hingga 2000-an). untuk tipe ini. rantainya tidak dapat disetel dan wajib diganti setiap 25 ribu km. Untuk penyetelan klep motor 4 tak.” 3. lekas ganti. Khusus motor jenis Matic yang menggunakan V/Belt. “Tidak perlu lama-lama memanaskannya. Periksa Setelan Rantai dan Gir Jangan biarkan rantai terlalu kendor atau terlalu kencang. Deny tidak menyarankan untuk memaksa motor menyala dengan cara di dorong.” Penghobi motor sejak SD ini. karena ini dapat merusak gigi transmisi.” terang Deny.” lanjutnya. tetapi untuk jenis motor tahun 2000 ke atas. “Bedanya hanya disetelan angin. “Sedangkan motor yang menggunakan aki basah. agar sirkulasi oli dapat melumasi seluruh bagian dalam mesin yang bergerak. cukup diolesi dengan oli khusus rantai (chain lube).Filter oli pun harus diperhatikan. Fungsinya. namun Anda akan merasa puas karena lebih tahan lama dan kualitasnya pun terjamin di banding yang palsu. Bila rantai dan gir sudah beres. sekalian periksa kampas rem depan dan belakang. Bila air akinya kering. ganti bila sudah terlihat menipis. 5. motor tidak mampu di starter. Panaskan Mesin Motor Panaskan mesin motor sebelum dijalankan. “Bila rantainya kendor. “Motor tahun 90-an tidak menggunakan filter oli.” paparnya. Biasanya. 4. “Jika sudah tajam. perlu di cek setiap 10 ribu km. adalah setiap 12 ribu hingga 18 ribu km. Cek Kondisi Aki Motor-motor buatan tahun 2000 ke atas. cukup disetel. Gunakan Sparepart (Suku Cadang) Asli Meski suku cadang asli sedikit lebih mahal. . umumnya telah menggunakan jenis aki kering yang tak memerlukan perawatan khusus (non maintenance).” 7. maksimal. tutup baut setelan angin dan buka perlahan berlawanan arah jarum jam. “Tapi setiap tiga tahun. tidak perlu lama-lama. karena kalau tidak rantai dapat putus secara tiba-tiba. maksimal 1/2 putaran. rantai harus diganti kalau sudah mencapai 25 ribu hingga 35 ribu km. segera diisi.

Deny juga mengingatkan para bikers untuk selalu memeriksa tekanan ban Anda.id LANGKAH KERJA TUNE . Multimeter.Selain beberapa hal di atas. meliputi : kompresor. feeler gauge dan mistar baja. Jika Anda bersahabat dan rajin merawat kendaraan. Spring scale. Pekerjaan setelah mesin dipanaskan.UP 1. meliputi pemeriksaan : o o o dwell angle Putaran idle saat pengapian 5. meliputi :    celap katup kerja karburator stel putaran idle . Radiator cup tester. maka motor kesayangan Anda pun akan selalu tampil prima. (TIS) halohalo. meliputi pemeriksaan :       minyak pelumas sistem pendingin tali kipas filter bensin filter udara sistem pengapian 4. namun bila tak punya waktu atau kurang mengerti caranya. air gun dan kain lap bersih. Radiator Tester. hidrometer. “Tekanannya jangan terlalu keras dan jangan kurang. meliputi : Tune-up tester. Pekerjaan saat mesin hidup. Pekerjaan saat mesin dingin.” Perawatan di atas sebenarnya dapat Anda lakukan sendiri. karena dapat mengakibatkan kembang ban motor menjadi rusak. 3.co. Siapkan peralatan kerja    Tool set Alat ukur. Perlengkapan servis lain. carilah bengkel tempat servis langganan atau yang dapat Anda percayai. Pasang perlengkapan servis kendaraan      Fender cover Grill cover Steering cover Floor cover Seat cover 2. kunci momen (torque wrench).

3.  kompresi tes jalan MINYAK PELUMAS 1. Periksa kualitas dan kapasitas air pendingin 8.2 Kg/Cm2) 6.1. Sirkulasi air pendingin (dilakukan saat mesin panas dan hidup) SARINGAN BAHAN BAKAR 1.kompresor) 11. Apabila ringan : berarti bersih. pompa abnormal 12.keluar. 4. 2. SARINGAN UDARA (Air filter) 1. Lepas klip 2. dari luar .saluran buang.keluar. 3. Tiup ( dengan mulut ) dari saluran masuk dan buangnya. Lihat perubahan warna pada oli mesin SISTEM PENDINGIN 1. dari dalam . Semprot elemen saringan udara dengan urutan : dari dalam . Periksa suara bearing.11 mm (untuk pompa air . lap ujungnya. periksa slang radiator periksa klem periksa kebocoran sirip-sirip periksa kran penguras Tes kebocoran sistem pendingin (menggunakan radiator tester beri tekanan sampai 1. Lepas pole baterai (terminal (-) terlebih dahulu. Saat mengembalikan tali kipas berilah tekanan 10 Kg dan defleksi tali kipas : 7 .saluran masuk. 4. Pemeriksaan tutup radiator (menggunakan radiator cup tester beri tekanan 0. perhatikan tanda panah yang ada pada tutup rumah saringan. saluran masuk . 5. .alternator) 11 . Lap rumah saringan udara. dan kembali masukkan. Periksa secara visual elemen saringan udara 3. 5. 2.6 . Tarik batang pengukur. Periksa tali kipas : secara visual periksa dari kemungkinan retak/aus 10. apabila berat harus diganti. Periksa volume tangki cadangan 9.14 (untuk engkol . lepas filter bahan bakar Perhatikan saluran masuk dan buangnya Semprotkan udara bertekanan rendah Urutan penyemprotan : saluran buang . saluran buang . 3.2 Kg/Cm2) 7. Pasang. Tarik kembali dan periksa volume oli (diantara Full dan Low) serta kualitas oli dengan melihat warna dan kepekatan oli.saluran masuk. BATERAI 1.ke dalam. 2. 5. 4.

semprot dengan udara bertekanan dari kompresor 6. Kabel busi.. dudukan platina bergerak) 9. bersihkan tutup distributor dengan lap bersih Periksa secara visual. Angkat baterai (posisikan tangan dibawah kotak baterai) Periksa kotak. 5.25 .6 Ω) 2. dari kemungkinan retak.27) 7.5 . Busi. 4. Vacuum advancer (kondisi baik bila diisap ...9 Ω) KEKERASAN BAUT KEPALA SILINDER Pengencangan dengan kunci moment dimulai dari tengah kemudian keluar.. 2. Periksa volume elektrolit Periksa lubang penguapan pada tutup.. 4. putar rotor (kondisi baik bila rotor segera kembali ke tempat semula) 8. bersihkan dan stel Governor advancer. Insulator Ulir busi Keausan elektroda Gasket Busi Kondisi elektroda busi Celah busi B. Periksa tegangan dengan menggunakan Voltmeter KOMPONEN SISTEM PENGAPIAN A. C. seperti prinsip obat nyamuk bakar.. Distributor 1.2. 4. Octan selector (posisikan Std/ tengah) IGNITION COIL 1. Periksa resistor koil (1.5 KΩ) 3. Periksa tahanan primer koil (1. 6. Periksa berat jenis elektrolit. 5. periksa... Periksa tahanan sekunder koil (10. 3. dengan ohmmeter periksa resistance dari kabel (kondisi baik bila kurang dari 25 KΩ.1.14. 5.1. 7. aus Bersihkan terminal dalam Periksa panjang brush Rotor.3 . Periksa kondisi dari pole/terminal 8.shvoong. 3. menggelembung. 3. dari kemungkinan retak. Sumber: http://id. 6.7 . dengan menggunakan hidrometer (kondisi baik bila pada skala diantara 1. periksa : 1. 2.com/internet-and-technologies/1895222-tune-motorbensin/#ixzz1OghQqWdx .1. bersihkan dengan kain lap Platina.

Seperti yang sudah pernah kita singgung di tulisan sebelumnya bahwa di dalam mesin banyak sekali komponen mesin yang bergerak. Langkah selanjutnya dari proses tune-up adalah membersihkan sistem pasokan bahan bakar. pada mesin konvensional langkah-langkah yang dilakukan antara lain:   Penyetelan kembali sistem pengapian. Setelah busi diganti. permukaan bagian dalam dari throttle body akan disemprot dengan injector cleaner. apabila sudah terjadi keausan. dilanjutkan dengan pengaturan derajat pengapian sesuai dengan standarnya dengan cara memutar distributor (montir kerap menyebutnya dengan delko) dengan bantuan timing light sebagai indikatornya. Apabila kendaraan kita menggunakan sistem CDI sebagai penghantar arusnya. Untuk oli transmisi dan .Pentingnya Tune Up Mobil Anda By Taufik Eko Yudanto Posted in: Mesin. Perawatan Secara harfiah. Pembersihan sistem pasokan bahan bakar. Oli mesin idealnya diganti secara berkala. sama dengan langkah diatas. Selain penyetelan dan pembersihan tadi. Selanjutnya adalah pengecekan kondisi busi. maka busi harus diganti. dan elektrodanya sudah aus. Pada kendaraan yang masih menggunakan platina dan kondensor sebagai penghantar arus listrik dari koil ke busi. yang intervalnya bergantung pada jenis oli yang dipakai. Semua busi sebaiknya dilakukan penggantian agar kondisi pengapian tidak pincang. apabila busi sudah berwarna hitam pada bagian bawah elektrodanya. dilakukan penyetelan derajat pengapian. langkah yang dilakukan cukup dengan penggantian busi dan pada kendaraan yang derajat pengapiannya masih bisa distel secara manual. Untuk kendaraan yang masih menggunakan karburator. Gerakan-gerakan komponen kendaraan dalam kurun waktu tertentu akan menyebabkan komponen-komponen tersebut berubah setelannya. Saat ini rata-rata oli sintetis maupun semi sintetis menganjurkan penggantian oli setiap 5000 km hingga 10000 km. kondisi platina dan kondensor akan diperiksa. Untuk mesin bensin. sebaiknya saat tune-up juga dibarengi dengan penggantian oli kendaraan. Langkah-langkah yang dilakukan kurang lebih sama antara mesin bensin dan mesin diesel. Hal yang sama juga dilakukan pada mesin dengan sistem injeksi bahan bakar elektronik. setelah rumah saringan udara dicopot karburator akan disemprot dengan cairan carburator cleaner. Pada kendaraan bermotor tune-up bermakna penyetelan kembali mesin kendaraan agar dapat kembali atau mendekati kondisi kerja optimum. tune-up berarti penyetelan. maka platina dan kondensornya akan diganti.

(sekrup penyetel) dan akan terbuka full apabila pedal gas diinjak penuh. ada baiknya memeriksa kondisi dari timing beltnya. Pertama adakanlah penyetelan pada bagian bawah dari pedal gas. Pada saat pedal gas bebas. untuk memperoleh hasil kerja mesin yang maksimum dan efisien. Ada kendaraan yang mensyaratkan penggantian timing belt setiap 20000 km. didekat karburator ada penyetel yang menyatu dengan kabel gas. namun rata-rata penggantian oli transmisi dan gardan berlaku pada interval 10000 km. penyetelan. trotel harus menutup full. Dengan demikian karburator merupakan bagian yang penting. untuk mesin kendaraan yang menggunakan timing belt. Rangkaian Tune Up Mesin Kijang. sehingga trotel tampak terbuka penuh. Sebagai tambahan. Apabila ternyata trotel tidak bekerja seperti petunjuk maka dapat mengadakan penyetelan pada dua tempat. <!–[if !supportLineBreakNewLine]–> <!–[endif]–> Kedua. dan bahan bakar bisa lebih boros. pembersihan pada karburator harus dilaksanakan. untuk memperoleh campuran udara dan bensin sesuai dengan kondisi kerja dari suatu mesin. digunakan karburator. 40000 km bahkan 100000 km TUNE UP MOBIL Posted on Agustus 30. bisa berpatokan pada informasi yang terdapat pada buku pedoman pemilik kendaraan/owners manual book. 2008 by sawal Tenaga mesin pada motor bakar bensin dihasilkan dari pembakaran campuran udara dan bensin. . atau sebesar RPM ideal.gardan (untuk kendaraan berpenggerak roda belakang) sebaiknya diganti mengikuti anjuran dari pabrikan oli masing-masing. Kabel gas tidak boleh terlalu tegang dan kaku karena hal itu akan meyebabkan pada saat deakselerasi (peal gas dibebaskan) RPM mesin terlambat ke posisi stasioner. Katup Trotel Trotle harus bergerak bebas tidak terganjal-ganjal dan membuka full. pekerjaan pemeriksaan. Sebagai acuan umur pakai timing belt.

Transmisi pada posisi netral (N) dan waktu pengapian telah tepat (5 . atau berkaratnya boll bearing. Pada saat kendaraan hendak ditambah kecepatan. Didalam pompa akselerasi juga terdapat klep dari sebuah boll bearing. sehingga bensin tersemprot dari saluran ke ruang inlet dari karburator. Mungkin karburator sudah sangat aus. suhu kerja mesin 85-90 derajat celcius dan semua perlengkapan tambahan dimatikan. Penyetelan putaran idle sangat penting mengingat menyetel ini juga mempengaruhi campuran idle bensin dan udara yang bermanfaat mempertahankan tingkat kerja yang maksimum dari mesin. Penyetelan Putaran Idle. atau kulit pompanya sudah rusak. pedal gas ditekan. Dari lubang atas karburator tampak semburan bensin. Sebelum mengadakan penyetelan idle pada mesin 5K Kijang. bensin akan masuk ke ruang pompa dan klep akan menutup begitu ditekan. sehingga pompa tidak dapat bekerja dengan baik. Apabila hasil semburan tidak lancar atau bahkan tidak ada dapat disebabkan oleh dua hal.Periksa Pompa Akselerasi. mesin mobil membutuhkan bahan bakar lebih banyak. Waktu pompa diangkat. hendaknya memperhatikan hal-hal sebagai berikut: saringan udara sudah dibersihkan dan terpasang kembali pada tempatnya. Pompa akselerasi mempunyai tugas itu. Sering kali karburator yang terbuat dari bahan aluminium itu mengalami korosi sehingga merusakan sifat dari klep pompa akselerasi.

Konsentrasi CO pada gas buang.derajat) serta tacho-meter dan CO meter sudah terpasang. Konsentarsi CO yang tepat: 1% – 2%. Masukan pengindra (testing probe) CO ke dalam ujung knalpot sekurang-kurang 40 cm dan ukurlah konsentrasi CO dalam waktu yang singkat. Penyetelan idle mesin dengan CO meter. Putarlah penyetel RPM (1) sampai tacho meter menunjukkan 800. putarlah sekrup penyetelan putaran idle untuk mencapai harga konsentrasi spesifikasi. kemudian putarlah sekrup penyetel idle (2) sampai meter menunjukkan putaran mesin maksimum. . sekalipun sekrup putaran idle telah diputar maka penyebabnya bisa jadi. putarlah sekrup katup penyetel putaran idle dan campuran idle. Mengukur kensentrasi CO pada ujung knalpot. Periksa bahwa meter CO dalam keadaan sempurna. saringan udara tersumbat karena kotoran debu. maka kemungkinan ada kerusakan pada komponen lainnya. Setelah itu kembali sekrup penyetel RPM diputar sampai RPM mencapai 800. Konsentrasi CO yang tetap tinggi. katup PVC tersumbat atau kesalahan pada karburator. Naikan putaran mesin hingga putaran 2000 RPM dan tunggu 1-3 menit agar konsentrasinya stabil. Bila harga konsentrasi tidak dapat diperbaiki dengan penyetelan sekrup penyetel campuran idle. Bila konsentrasi CO diluar harga spesifikasi.Bila konsentrasi dalam harga spesifikasi berarti penyetelan telah sempurna. untuk mendapatkan spesifikasi konsentrasi pada putaran idle.

saatnya untuk mengganti oli mesin dengan yang baru. Kalau sudah mencapai jarak tempuh 5000 Km. Apakah oli perlu ditambah lagi dengan aditive? Jawabnya : oli kemasan Pertamina sudah (harus) mengandung adetive yang di maksud. Penyelesaiannya sangat halus dan membersihkan sisa-sisa bahan mesin dengan menggunakan mesin changi. penggantian oli mesin dipercepat. tidak perlu dituruti. tidak ada alasan bagi kita untuk merasa khawatir terhadap mesin mobil.000Km. Hal ini disebabkan oleh. Jenis dan jumlahnya telah diukur untuk mampu menempuh suatu jarak tertentu. Tentang oli ini memang ada alasan dan ceritanya. . kwalitas oli masih rendah (API Service hanya SA atau SB). Amerika (cuaca berbeda dan kurang berdebu) dan Eropa. Bila dikehendaki untuk menembah aditive. Hal ini sangat dimungkinkan. Mesin mobil yang normal. Kapan seharusnya mengganti oli mesin? Apakah oli mesin perlu ditambah dengan adetive? Pemilik lain mengatakan : “Kami terpengaruh dengan kartu servis yang disertakan pada mobil yang mengatakan bahwa. Tentang anjuran kembali pada Km tertentu setelah menempuh 2.500 Km. hanya pada kemasan Pertamina tidak diperinci. dimana sisa-sisa pembakaran dapat masuk ke karter. Kalau kurang. Dengan menggunakan oli Mesran Super atau Mesran Spesial (API Servis SE). Mengenai penggantian oli mesin.000Km. API Servis SF dapat diperoleh dari produksi Pertamina dengan merk dagang Mesran Super. Bahkan di Jepang. artinya terawat dengan baik dan tekanan kompresinya masih tinggi mengganti oli mesin setiap 5. mengganti oli mesin setiap 1. seharusnya cukup ditambah saja dengan oli baru. sedangkan jarak tempuhnya baru 3000 Km. Periksa kualitas oli. Selain itu permukaan mesin yang saling bergesek sudah dikerjakan dengan sangat teliti. API Servis sendiri menunjukkan komponen-komponen kimia yang ditambahkan pada oli. seharusnya jarak tempuh ditambah. Bagi mesin yang sudah tua.Pekerjaan Tune Up Mesin juga termasuk memperhatikan kondisi oli mesin. Dahulu memang dianjurkan. dan dari tahun ke tahun telah berkembang sampai Api Servis SF (huruf S menunjukkan oli untuk mesin motor bakar dengan bahan bakar bensin). oli dengan API Servis SE baru di ganti setelah 10. kemungkinan telah kotor dan terasa berpasir.000 Km. Periksalah oli tersebut. banyakpernyataan yang sampai ke penulis. karena disamping kedua alasan diatas . kembali setelah 2000 Km”.

SB. sedangkan tidak memiliki alat khusus. Bagian ini baru dibuka begitu saringanhendak dipasang pada tempatnya. setiap penggantikan oli tanpa ganti filter. Hitam. Pada Toyota Kijang.000 kilometer harus menambah oli 1 liter. Apabila mengganti saringan dibutuhkan oli 3. Mengganti saringan oli (filter) membutuhkan peralatan khusus. Catatan : API Service oli yang beredar ada. apakah ring rusak.5 liter. dengan API Servis SE. Apakah ring piston sudah aus atau seal klep rusak. bisa mencapai bearing kruk as. oli mesin berubah warnanya. karena dikuatirkan bagian dalam dari saringan terdapat sisa-sisa benda yang dapat merusakkan bearing crank shaft atau menggunakan kertas mutu rendah. Pertama. perhatikan bahwa tidak ada kebocoran oli di sekitar saringan oli. SF. karena mesin yang kotor atau pembakaran yang tidak normal. Mengencangkan saringan tidak perlu menggunakan kunci. diperlukan oli 3 liter. Kedua. SC. Supaya efisen maka mesin mobil harus dapat beroperasi pada putaran yang sesuai dengan yang dikehendaki misalnya pada saat di butuhkan untuk cepat maka mesin harus berputar cepat atau sebaliknya. Kotoran yang ada pada permukaan saringan maupun blok mesin. SA. Kalau kompresi baik maka penyebab lainya adalah seal klep. dan sebaiknya diperiksa lebih teliti. SE.Dapat juga terjadi. pastikan bahwa semua bagian ada dalam keadaan yang bersih. Warna Coklat susu. Bagi yang ingin mengganti sendiri. tidak menggunakan saringan imitasi. Pembakaran gas juga harus dapat mengikuti kondisi mesin tersebut. cukup dengan tangan saja dan setelah mesin dihidupkan. Bila mobil setiap 1. dapat menggunakan rantai bekas sepeda. sebelum memasang saringan baru pada blok mesin. waktu mengganti saringan oli. SD. Kondisi ini sangat berbahaya. Kejadian ini harus berlaku secara otomatis dan untuk itulah maka pada mesin dilengkapi . Dua hal perlu diperhatikan. ini menandakan ada yang tidak beres pada mesin. Dengan menggunakan alat test kompresi dapat memberi indikasi. bila mesinnya berputar cepat maka saat pengapian juga harus lebih awal dan sebaliknya. Pada bagian atas dari saringan oli ada plastik pengaman. biasanya menandakan bahwa oli mesin telah bercampur dengan air.

Periksa cara kerja percepatan vakum (vacuum advance). Campuran yang gemuk ini dengan sendirinya membutuhkan waktu pembakaran yang lebih lambat.dengan alat pemajuan pengapian yang sebanding dengan putaran mesin. Bila terjadi loncatan bunga api. dan kondisi dari campuran (atomisasinya) itu sendiri. maka karena adanya kelengkapan-kelengkapan pada system karburator akan menyebabkan campuran bahan bakar dan udara menjadi gemuk. saat pengapian yang diperlambat. Apabila mesin tiba-tiba diakselerasi. Rotor bekerja berputar didalam tutup distributor. Rotor yang sudah rusak dapat berupa retak dan rusak sifat isolasinya. tekanan campuran. alat tersebut lebih dikenal dengan sebutan Governor Advancer. temperatur campuran. Kecepatan perambatan api pada suatu campuran bahan bakar dan udara dipengaruhi oleh beberapa faktor misalnya: perbandingan campuran. . Karena alasan inilah maka pada system pengapian ditambahkan suatu alat pemacu yang dapat memajukan pengapian pada saat mesin sedang diakselerasi. Bagi isolasi yang rusak dapat dicoba dengan mendekatkan kabel busi yang dari koil sambil mesin di start. membagi arus ke busi sesuai dengan urutan pembakaran mesin mobil. Bagian ini harus diperiksa. Alat itu sering disebut dengan Vacuum Advancer. Kondisi muatan dari mesin kendaraan juga bermacam-macam misalnya kendaraan bermuatan ringan dan kendaraan berjalan dengan kecepatan lambat serta pada jalan yang rata. maka dapat dipastikan sifat isolasinya sudah rusak. apakah dapat bekerja dengan baik? Kerusakan pada bagian ini biasanya disebabkan oleh melemahnya per dan bantalan bola ( bearing) yang kotor dan berkarat.

Ada dua macam baut yang perlu dikencangkan. Pada saat kendaraan hidup dan diakselerasi maka oktan selektor harus bergerak. Oktan selektor yang tidak bergerak menandakan ada yang tidak beres dengan system kerjanya. . Adakalanya ada mesin yang penyetelan katupnya diminta pada temperatur dingin. Namun pada mesin 5K. Kencangkan kembali baut kop.4 Kg-m untuk baut penunjang batang penumbuk (baut rocker arm shaft). Akibat keausan bahan. Penyeletelan Celah Katup. 5. dan berbeda momen pengencangannya.4-6. <!–[if !supportLineBreakNewLine]–> <!–[endif]–> Cara penyetelan katup.6 Kg-m untuk baut kepala selinder dan 1. Cara pengencangan harus dari titik tengah kepala selinder dan satu persatu ke sisi-sisi lainnya. Kemudian putarlah baut yang terdapat pada ujung luar kruk as dan cocokkan tanda yang terdapat pada puly tali kipas dengan angka 0 yang terdapat pada tutup mesin. dan baut kepala selinder maka baut-batu itu perlu dikencangkan kembali.Prinsip kerja dari vacuum advancer ialah dengan memanfaatkan kevacuuman yang terjadi pada karburator. tersumbat)? Apakah diaframa rusak? Atau. Kerugian akibat oktan selektor dan governor yang tidak bekerja dengan baik ialah: mesin berat tidak mau lari. apakah setelah mengganti platina dan mengganti baut baru yang lebih panjang? Baut yang terlalu panjang akan tersangkut dengan bagian di bawahnya. untuk Kijang diminta temperatur mesin 80 derajat celcius.8-2. paking. sehingga oktan selektor tidak dapat bergerak. Apakah pipa karet dari karburator rusak (putus. baik mesin. penggunaan bahan bakar lebih boros.

Bila rajin merawat mobil maka akan mempertahankan performa Anda. 2010 perawatan berkala pada mobil Filed under: mobil — makinmurah @ 4:54 am Untuk mempertahankan keadaan mobil Anda agar senantiasa baik dan jarang mogok maka diperlukan perawatan. Penyetelan katup yang tidak tepat.20 mm untuk katup hisap 0.30 mm katup buang. . Perhatikan jumlah air yang tersisa di reservoir lewatbindikator. Perawatan berkala mingguan. yang pada akhirnya menyebabkan kerja mesin tidak efisien serta boros bahan bakar kitaweb January 14. Delapan katup yang kendor dapat langsung distel. membuat katup membuka dan menutup tidak sesuai kebutuhan kerja dari mesin. Segera cek lebih lanjut ke bengkel terpercaya Anda sebelum kerusakan semakin parah. Hal itu menandakan adanya kebocoran pada radiator anda. jangan sampai kekurangan air. Untuk itu perlu dilakukan perawatan berkala secara teratur : 1. Waspadalah bila penambahan air lebih dari satu liter. tentunya perawatan ini tidak hanya dilakukan sekali atau dua kali saja. Lakukan perawatan ringan. putar sekali lagi sampai 360 derajat dan stel 8 yang lain. perawatan mobil yang baik dilakukan secara berkala/teratur. misalnya memeriksa air radiator. bila kurang maka segera ditambah. Fuller yang diletakkan antara ujung katup dan roker arm (penumbuk katup) tidak boleh seret sampai menekan katup menjadi terbuka. namun juga tidak bolehterlalu longgar. Gunakan fuller ukuran 0.Putar puli kruk as sampai ada tanda 0. Jangan pernah air di radiator sampai habis. dan juga akan lebih menghemat biaya pemeliharaan dan operasional.

Cek dengan cara mencabut stik oli yang menempel di mesin mobil Anda. Jangan sampai jumlah oli dibawah dari garis batas oli. Pemeriksaan berkala bulanan Perawatan perlu dilakukan juga dalam waktu bulanan.000 km Lakukan tune up pada mesin mobil anda agar pembakaran terjadi sempurna dan tidak boros BBM. 2. bersihkan secara hatihati. Bila air accu tidak pernah kurang dari garis bawah level indicator maka accu Anda akan awet. Lebih nyaman bila Anda menggunakan ban tubeless untuk kendaraan. cek apakah ada kerusakan yang mungkin terjadi seperti retak atau kering. Jadi untuk depan 30 psi dan belakang 32 psi. segera tambahkan air accu bila kurang. Bila tali kipas kendur maka dapat menyebabkan kerja alternator terganggu sehingga proses pengisian ke accu terganggu. Pemeriksaan berkala enam bulan atau setiap 5. ganti filter bensin bila mobil anda telah menempuh jarak 30. Bersihkan jamur/kotoran sisa reaksi kimia di kutub (postif dan negatif) accu. Bila membawa beban tambahan maka tekanan angin di tambahkan sekitar 2 psi. Keterlambatan dalam mengisi air accu akan menyebabkan meningkatnya kecepatan rusaknya accu Anda. bila batas oli berada di bawah garis normal. 3. Bila dalam satu minggu Anda harus menambah oli sebanyak satu liter maka perlu segera memeriksakan kondisi mobil anda ke bengkel langganan sebab ada kemungkinan terjadi kebocoran.000 km . Perhatikan kebersihan filter bensin. Kalau tekanan angin kurang. Lakukan penggantian oli mesin. Perhatikan tekanan angin ban mobil anda. bila hal ini terjadi maka akan menyebabkan pompa power steering rusak. jangan sampai minyak power steering habis.Perhatikan juga air accu dengan mengecek level indicator (bisa dilihat dengan menerangi dengan senter lewat bagian belakang accu). Pemeriksaan berkala setiap 10. lakukan pengecekan pada minyak rem. kuras dan bersihkan. Perhatikan juga minyak power steering. ban bisa rusak juga boros bensin. standar tekanan ban normal untuk mobil keluarga adalah 28 psi (depan) dan 30 psi (belakang). Bersihkan dengan air panas dan segera lap dengan kain. Kondisi air accu jangan sampai kurang dari garis bawah standar. dan biaya perbaikannya sangat mahal. Perhatikan kekencangan tali kipas. 4. Perhatikan juga oli mesin. itu tandanya minyak hampir habis. karena ban tubeless karena lebih aman. bila minyak rem habis maka dapat menyebabkan rem kendaraan menjadi blong. jangan sampai steer/kemudi terasa berat dan tidak nyaman. bersihkan dulu stick dengan lap bersih lalu masukkan kembali dan angkat lalu perhatikan oli yang menempel di stick tadi mengikuti batas standar garis oli. Perhatikan juga filter udara. apalagi bila mobil sering di gunakan di daerah yang berdebu. tambahkan dengan oli yang biasa Anda pakai.000 km. tidak langsung kempes bila tertusuk oleh benda tajam.

bila kurang maka segera ditambah sebaiknya gunakanlah cooller radiator. segera tambahkan air accu bila kurang. dan juga akan lebih menghemat biaya pemeliharaan dan operasional. Bila rajin merawat mobil maka akan mempertahankan performa Anda. Perawatan berkala mobil Saturday.Lakukan pernggantian rutin pada filter oli. kerusakan lebih parah akan terjadi bila filter mampet. jangan sampai terlambat. Kondisi air accu jangan sampai kurang dari garis bawah standar. Perhatikan air accu dengan mengecek level indicator (cara melihat dengan menerangi dengan senter lewat bagian belakang accu). . Waspadalah bila penambahan air lebih dari satu liter karena menandakan adanya kebocoran pada radiator anda. sehingga oli tidak bisa masuk kembali ke mesin dan akan menyebabkan seluruh komponen mesin rusak. 16 May 2009 23:21 Direktori Auto . Perawatan berkala mingguan. tentunya perawatan ini tidak hanya dilakukan sekali atau dua kali saja. bila hal ini terjadi maka filter tidak akan menyaring kotoran sampai bersih sehingga kembali lagi ke mesin. Lakukanlah perawatan ringan. Untuk itu perlu dilakukan perawatan berkala secara teratur : 1. perawatan mobil yang baik dilakukan secara berkala/teratur. Perhatikan jumlah air yang tersisa di reservoir lewatbindikator. misalnya memeriksa air radiator. Keterlambatan dalam mengisi air accu akan menyebabkan meningkatnya kecepatan rusaknya accu Anda. Jangan pernah biarkan air dalam radiatorhabis. Bila air accu tidak pernah kurang dari garis bawah level indicator maka accu Anda akan awet. jangan sampai kekurangan air.Car Care Untuk mempertahankan keadaan mobil Anda agarselalu baikdan tidakmogok maka diperlukan perawatan.

Perhatikan oli mesin. Jangan sampai jumlah oli dibawah dari garis batas oli. Kalau tekanan angin kurang. Bila dalam satu minggu Anda harus menambah oli sebanyak satu liter maka kemungkinan terjadi kebocoran. bila batas oli berada di bawah garis normal. Perhatikan tekanan angin ban mobil anda. bila minyak rem habis maka dapat menyebabkan rem kendaraan menjadi blong. Pemeriksaan berkala bulanan Perawatan perlu dilakukan juga dalam waktu bulanan. standar tekanan ban normal untuk mobil keluarga adalah 28 psi (depan) dan 30 psi (belakang). tidak langsung kempes bila tertusuk oleh benda tajam. karena ban tubeless karena lebih aman. Bila membawa beban tambahan maka tekanan angin di tambahkan sekitar 2 psi. Lebih nyaman bila Anda menggunakan ban tubeless untuk kendaraan. jangan sampai . lakukan pengecekan pada minyak rem. 2. ban bisa rusak juga boros bensin. bersihkan stick dengan lap bersih lalu masukkan kembali dan angkat lalu perhatikan oli yang menempel di stick tadi mengikuti batas standar garis oli. tambahkan dengan oli yang biasa Anda pakai. Cek dengan cara mencabut stik oli yang menempel di mesin mobil Anda. Perhatikan juga minyak power steering. Jadi untuk depan 30 psi dan belakang 32 psi.

Pemeriksaan berkala enam bulan atau setiap 5.000 km Lakukan tune up pada mesin mobil anda agar pembakaran terjadi sempurna dan tidak boros BBM. jangan sampai terlambat. Perhatikan kebersihan filter bensin.[fjr] Perawatan Berkala untuk Mobil Anda    Feb 25. 4. kuras dan bersihkan.000 km. bila hal ini terjadi maka akan menyebabkan pompa power steering rusak. ganti filter bensin bila mobil anda telah menempuh jarak 30.steer/kemudi terasa berat dan tidak nyaman. jangan sampai minyak power steering habis. 3. bersihkan secara hati-hati. cek apakah ada kerusakan yang mungkin terjadi seperti retak atau kering. Bila tali kipas kendur maka dapat menyebabkan kerja alternator terganggu sehingga proses pengisian ke accu terganggu. Bersihkan dengan air panas dan segera lap dengan kain. 2011 Rico Setyawan 2 Comments . Perhatikan kekencangan tali kipas. Perhatikan juga filter udara. Bersihkan jamur/kotoran sisa reaksi kimia di kutub (postif dan negatif) accu. apalagi bila mobil sering di gunakan di daerah yang berdebu.000 km Lakukan pernggantian rutin pada filter oli. bila hal ini terjadi maka filter tidak akan menyaring kotoran sampai bersih sehingga kembali lagi ke mesin. Pemeriksaan berkala setiap 10. itu tandanya minyak hampir habis. dan biaya perbaikannya sangat mahal. kerusakan lebih parah akan terjadi bila filter mampet. Lakukan penggantian oli mesin. sehingga oli tidak bisa masuk kembali ke mesin dan akan menyebabkan seluruh komponen mesin rusak.

tentunya dengan spesifikasi yang sesuai dengan rekomendasi pabrik.000 km untuk interval penggantian oli mesinnya. masuk ke garasi kita dan mulai menunaikan tugasnya. liburan. bahkan ada transmisi manual yang diharuskan memakai oli transmisi otomatis. tentu akan sangat mengganggu bukan? Perawatan berkala pada umumnya dikategorikan berdasarkan jarak tempuh mobil dalam kilometer (di beberapa negara digunakan mil sebagai ukuran jarak). genangan air.000 km. Ada hujan.000 km. menjadi satu dan bekerja sama untuk membuat mobil kita dapat berjalan. Kapan oli komponen penggerak (drive train) perlu diganti? Di mobil kita terdapat komponen penggerak selain mesin. coba hubungi bengkel resmi mobil tersebut. dari sejak mobil tersebut keluar dari ruang pamer. Nah. walaupun memang ada beberapa mobil baru saat ini yang merekomendasikan jarak 10. Sebagai contoh. perhatikan spesifikasi olinya karena ada oli transmisi yang memakai oli yang sama dengan oli diferensial tetapi ada beberapa transmisi manual yang menggunakan oli yang tingkat kekentalannya sama dengan oli mesin. terintegrasi. oli perlu diganti setiap 10. tanjakan curam dan turunan curam saat kita berlibur ke luar kota. akan diulas secara garis besar mengenai perawatan berkala sebuah mobil sesuai anjuran umum dari beberapa pabrikan: Kapan oli mesin dan filternya diganti? Oli mesin perlu diganti setiap 5. berapa banyak komponen yang ada di mobil kita.000 km. Kemudian untuk mobil dengan transmisi otomatis. ada kemacetan luar biasa saat jam berangkat dan pulang kantor. seandainya disaat seperti itu. yaitu diferensial yang umumnya disebut gardan dan ada transmisi yang memungkinkan kita untuk meningkatkan kecepatan tanpa memaksakan mesin.000 km. Untuk oli transmisi manual. Harus diingat bahwa oli bekerja lebih berat disaat kita sedang berkendara di tengah kemacetan lalu lintas. mengantar kita ke kantor. mobil kita mogok atau mengalami gangguan hanya karena kita mengabaikan perawatan berkala. ganti setiap 10. gunakan cairan pendingin khusus siap pakai supaya tidak repot mencampur lagi.000 km. apabila buku tersebut tidak ada.Mengapa mobil harus dirawat secara berkala? Coba bayangkan. Oli diferensial perlu diganti setiap 10. Air pada radiator adalah media supaya mesin dapat melepaskan panasnya. Tentunya air radiator juga perlu diganti setiap 20. Selain itu pendingin jenis ini melindungi radiator dan .000 km. panas terik. mengantar anak-anak ke sekolah mereka dalam situasi dan kondisi cuaca serta jalan yang berbeda-beda. tanyakan kepada pihak bengkel mengenai spesifikasi oli mobil kesayangan kita. kuras dan gantilah oli di tempat yang memiliki alat khusus penguras oli transmisi otomatis setiap 25. jadi jangan sampai salah memakai oli. Untuk filter oli. darimana kita tahu? Lihat anjuran mengenai spesifikasi oli di buku petunjuk pemilik mobil kita. Gunakan oli yang memang sesuai untuk mesin mobil kita.

Jadi jangan pernah ragu untuk merawat mobil kesayangan. Apabila sampai putus saat mesin bekerja. Supaya komponen rem awet dan terbebas dari karat. Setelah filter oli. jadi jangan sesekali mengabaikan komponen ini. ingat satusatunya peranti penghenti laju mobil adalah rem. ganti kalau hasil sapuannya sudah tidak merata. maka kuras dan gantilah minyak rem setiap 20.untuk itu ada baiknya kita ikuti tips2 berikut. aus atau lemah maka akan membuat pengendalian kurang baik dan membuat suara-suara yang mengganggu dari kolong mobil. Peredam kejut (shock absorber) perlu diganti bila sudah lemah karena akan membuat mobil tidak nyaman dan sulit dikendalikan. Lalu ada komponen lain yang perlu diganti sesuai kondisi. pompa air dan kipas mesin. Cek battery / accu. Bagi mobil yang menggunakan timing belt.000 km. Komponen lain yang tak kalah penting adalah tierod. apalagi dia tidak terlihat alias tersembunyi dibalik penutupnya.000 km atau sesuai kondisi. 27 Januari 2009 20 langkah perawatan berkala sepeda motor kendaraan pastilah memerlukan juga perawatan terhadapnya. Ada beberapa kondisi pengendaraan khusus yang mana mobil memerlukan perawatan ekstra misalnya mobil yang digunakan untuk keperluan menarik beban dan melintasi medan off road setiap hari. ada filter lain yaitu filter udara dan filter bahan bakar. Timing belt dan drive belt. Untuk drive belt atau tali kipas. . Filter bahan bakar dan udara yang kotor akan dengan mudah mengurangi kemampuan mobil kita. kita akan mengeluarkan biaya besar untuk memperbaiki kerusakan mesin yang ditimbulkan. jangan sepelekan komponen ini. apabila sudah getas atau retak sebelum waktunya. berikan yang terbaik untuk mobil kita maka kita akan mendapatkan kemampuan terbaik pula dari mobil tersebut rowse » Home » artikel .mesin kita dari korosi. gunakan minyak rem yang sesuai spesifikasi mobil. segera ganti. ball joint dan link stabilizer. air ledeng ataupun air mineral karena dapat memicu terjadinya korosi. ganti tiap 30. alternator. Beberapa uraian diatas adalah perawatan berkala secara umum yang harus senantiasa kita lakukan dalam kondisi pengendaraan normal. Hindari penggunaan air tanah. Komponen penyaring ini pun ada batasan masa pakainya. Tips » 20 langkah perawatan berkala sepeda motor Selasa. apabila sudah tipis segera ganti. gantilah kedua komponen ini setiap 20.000 km supaya performa mobil tetap terjaga. sabuk penggerak ini memutar banyak hal seperti power steering. apabila salah satu dari komponen ini sudah rusak. Perhatikan juga kondisi sepatu rem dan kanvas rem mobil kita.( ohya sumbernya saya lupa darimana. gantilah setiap 50. long tierod. jadi segeralah ganti bila perlu. Perhatikan fisiknya setiap kita membuka kap mesin. seperti karet wiper. Catat waktu penggantiannya supaya kita tahu kapan saat penggantian berikutnya.maaf bagi yg merasa punya) 1.000 km.

8. Pastikan semua lampu dan sinyal bekerja dengan baik. karena akan berpengaruh pada sistem sirkulasi oli mesin dan jangan pula terlalu tinggi. periksa oli rem yang terdapat di reservoir. 2. Handel gas Handel gas harus diberi oli/gemuk agar putarannya lancar sehingga waktu menarik gas lebih ringan.Agar sistem elektrik bekerja baik. Lampu dan sinyal Ini adalah fungsi yang sangat penting bagi keselamatan. Rem belakang Proses ceknya sama dengan rem depan. Jari-jari Jari-jari sangat berpengaruh pada kestabilan saat jalan. Shock breaker depan Shock breaker depan menyerap getaran yang diterima roda depan. jangan sampai berada dibawah lower level. Tekanan ban Pada dasarnya. Rem depan Untuk rem cakram. 10. 6. belakang 2. indikator oli samping juga sinyal belok. karet ban dalam berpori-pori halus sehingga tekanan ban akan berkurang setelah pemakaian. kemudi akan terasa lembut dan tidak melelahkan. Pastikan semua dalam kondisi baik. battery yang baik adalah syarat utama. 4. Tes putaran langsam / idle Setelah motor dinyalakan. Stel jarak main (free play) tuas / pedal rem agar bener-bener pas. biarkan tanpa tarik gas. . Ban yang kempes akan tersa tidak stabil sedangkan bila ban terlalu keras. Cek ketinggian airnya. Jika banyak yang kendor. 7. Jika suara terdengar sember (tek-tek) berarti kendor. peredaman shock absorber juga tidak optimal sehingga tidak nyaman dikendarai. 5. Jangan terlalu rendah. 3. Putaran mesin saat langsam stel di 1400~1600 rpm. 9. tegangannya dan sambungan-sambungan kabelnya. Perhatikan juga ketebalan kampas remnya. Kekencangan yang baik ditandai suara yang jernih (ting-ting). Baut-baut Luangkan waktu untuk melihat-lihat lebih dekat keseluruh bagian motor anda dan cek apakah ada baut yang kendor. Dengan shock breaker yang bagus. Jadi pastikan tekanan ban standard ( depan 2 kgf/cm2. ban akan terasa oleng. Perhatikan juga indikator pada speedometer seperti fuel meter. Cara melakukan tes dengan memukul perlahan jari-jari dengan menggunakan obeng. Jari-jari yang kendor harus dikencangkan agar lingkar velg / rim benar-benar bagus.25 kgf/cm2).

Rantai Kekencangan rantai harus distel. 15. resikonya bisa overheat. usahakan agar kita mendapatkan feeling yang bagus di setiap level kecepatan. Sedikit mengenai rasio campuran bahan bakar Untuk mengetahui apakah campuran bahan bakar yang masuk ke dalam ruang bakar mempunyai . Bebas geraknya diatur sebesar 1~2 cm. yang akan merusak mesin. buka tutup klep (valve) di head cylinder. 18. keausan prematur. Setelan klep (valve clearance) Klep mengatur masuknya bahan bakar ke dalam ruang bakar dan mengatur pembuangan gas sisa pembakarannya. 12. Busi Cek kerenggangan busi serta ketebalan electrode nya dan bersihkan dari kerak-kerak yang menempel. Test ride Ini langkah terakhirnya yaitu dengan test jalan. Kemudi Periksalahlah kelurusan kemudi juga kekencangannya. Aliran oli Oli berfungsi untuk mendinginkan. Filter udara Filter udara harus dibersihkan dari kotoran agar udara yang bersih yang tercampur dengan bahan bakar dan juga alirannya akan lancar. jadi periksalah apakah shock absorber anda masih nyaman dipakai. kemudian di-kick starter. ada kebocoran oli atau tidak. Shock absorber belakang Bagus tidaknya kerja shock absorber sangat berpengaruh pada kenyamanan berkendara. menjadi bantalan bagi komponen-komponen dalam mesin. Jika oli terlihat memercik berati oli mengalir 14. Sebaiknya jangan hanya berputar dihalaman yang sempit. Oli mesin Kapan anda terakhir kali ganti oli mesin? Untuk motor empat tak disarankan mengganti oli mesin setiap 2000 km agar mesin mendapatkan pelumasan optimal 20. 17. Jika setelan klep terlalu rapat. akselerasi yang mantap dan kenyamanannya optimal. 19. saat memuai bisa terjadi kebocoron kompresi namun jika terlalu renggang akan berisik dan bukaannya juga tidak maksimal. Karburator Bersihkan dan stel karburator agar performa mesin maksimal 16.11. Jika tidak tersirkulasi dengan baik. melumasi. 13. Untuk memeriksanya.

ratio yang tepat kita bisa melihat kondisi motor di bagian ruang bakar dan performa saat dinyalakan. ratio udara banding bahan bakar yang tepat adalah 15:1. contohnya sbb: Start mesin dingin 2~3 : 1 (choke dioperasikan) Start mesin yang sudah panas 7~8 : 1 Stasioner/langsam 8~10 : 1 Kecepatan rendah 10~12 : 1 Kecepatan menengah 15~17 : 1 Kecepatan tinggi / beban berat 12~13 : 1 Secara umum. Untuk mendapatkan ratio yang tepat. bisa ditandai dengan kondisi sbb: * Electrode pada busi berwarna putih * Stasioner / langsam tidak stabil * Mesin terasa cepat panas * Mesin sulit distart * Ngelitik / detonasi Campuran yang terlalu gemuk/kaya bisa ditandai dengan kondisi sbb: * Electrode busi berwarna hitam dan basah * Knalpot berasap hitam * Bahan bakar sangat boros * Putaran mesin tidak stabil * Banyak deposit karbon di dalam ruang bakar * Mesin sulit distart Campuran yang tepat akan menghasilkan pembakaran yang sempurna sehingga busi berwarna coklat keabu-abuan dan kering. Contoh kode Imperial 4. karburator disetting agar aliran udara yang masuk sesuai dengan bahan bakar yang dikabutkan. Ada dua macam kode ban yang biasa digunakan yaitu kode Imperial dan Metric.60 menyatakan lebar ban ( dalam satuan inchi ) • H menunjukkan batas kecepatan pemakaian (untuk scooter max 100 km/jam) N max 140 km/jam . peruntukan ratio yang baik sbb: 12~13 : 1 Adalah ratio yang menghasilkan tenaga yang paling besar / maksimum 15 : 1 Adalah ratio yang memungkinkan pembakaran bensin secara sempurna 16~17 : 1 Adalah ratio untuk pemakaian bensin yang paling irit Demikian sekilas tentang ratio campuran bahan bakar. Namun mesin memerlukan kondisi campuran yang berbeda bergantung pada kondisi kerja.60-H-18 4PR atau 130/90-16 67H. Secara teoritis. deposit karbon tidak banyak terbentuk. putaran mesin stabil dan mesin mudah distart.60-H-18 4PR • 4. Informasi apa yang bisa kita dapat dari kode tersebut? Dibawah ini kita bahas sebagian diantaranya. semoga memberikan sedikit gambaran bagi yang awam tentang masalah ini. untuk membakar bensin secara sempurna. Campuran yang terlalu kurus/miskin. Membaca kode ban Pada ban sepeda motor terdapat kode yang berupa angka atau huruf misalnya 4.

• H menunjukkan batas kecepatan pemakaian (sama seperti pada contoh diatas) Jadi ketika kita akan membeli ban dengan merk yang berbeda perhatikan kodenya. usahakan saat mengganti ban dengan yang baru. 1. Untuk kode Imperial. kapasitas pembebanan dan kecepatannya. Merawat ban Untuk mendapatkan kinerja maksimal. maka tinggi ban 90 % x 130 mm = 117 mm. pastikan karet pelindung rim dalam kondisi . • 16 menunjukkan diameter velg / rim (dalam satuan inchi) • 67 menunjukkan beban maximum yang diperbolehkan (load index / LI). namun banyak pengguna motor yang tidak memperhatikan. Jika lebar 130 mm. Contoh kode Metric 130/90-16 67H • 130 menunjukkan lebar ban (dalam satuan mili meter) • 90 menunjukkan perbandingan tinggi ban terhadap lebarnya. ganti juga pentilnya karena pada pentil terdapat O ring yang terbuat dari karet yang akan berubah sifat kekerasan dan elastisitasnya seiring dengan waktu. 2.S max 180 km/jam H max 210 km/jam V max 250 km/jam • 18 menunjukkan diameter velg / rim ( dalam satuan inchi ) • 4PR menunjukkan kekuatan ban yang didasarkan pada kekuatan serat kain ban/ ply rating 4PR berarti penggunaan lapisan kain dari bahan nilon didalam carcass berindikasi kekuatan setara dengan 4 lapisan kain ban. dan periksa apakah sama spesifikasinya dengan ban yang sebelumnya kita gunakan. Gunakan tipe ban yang tepat sesuai dengan kondisi penggunaan. 90 berarti perbandingan tinggi ban 90 % dari lebarnya. Walaupun hal ini sangat penting dan mudah untuk dilakukan. O ring yang sudah mengeras biasa saka retak sehingga mengakibatkan kebocoran. Jika anda memakai ban tubeless (tanpa ban dalam).Tutup pentil akan mencegah masuknya kotoran dan juga berfungsi sebagai penyekat tambahan. Berikut panduannya. Tekanan ban harus dijaga sesuai spesifikasi pada masing-masing penggunaan. aspect ratio (perbandingan tinggi ban terhadap lebar ban) didasarkan pada nilai 100 % (tinggi ban sama dengan lebar ban). LI 67 berarti beban maksimum yang dapat ditanggung sebesar 307 kg. 4. 3. 5. Aspect ratio yang kecil akan meningkatkan stabilitas dan handling kendaraan. Usahakan selalu memasang pentil dalam kondisi bersih dari debu dan tutup dengan tutup pentil yang sesuai. Kadang terjadi penurunan tekanan yang disebabkanh oleh pentil dan tutup pentil yang tidak terpasang dengan baik atau sudah aus.. ban harus dirawat dengan baik. Jika anda menggunakan rim/velg biasa dengan jari-jari.

Stel kembali kelurusan roda setiap kali roda belakang dilepas agar ban tidak mengalami keausan yang tidak merata. 6. Sinar matahari dan panas akan mempercepat degradasi kualitas karetnya. penurunan lebih lambat yaitu 0.00 kgf/cm2 • Ban Belakang 2. ban dalam juga diganti bersamaan. Karet pelindung rim adalah karet yang berfungsi melapisi bagian dalam rim yang terdapat tonjolan kepala jari-jari sehiingga menjaga ban dalam agar tidak rusak karena tonjolan tsb.3 kgf/cm2 dalam waktu sebulan. 10. ban sepeda motor mempunyai pori-pori yang sangat halus yang memungkinkan udara menerobos keluar mengakibatkan berkurangnya tekanan angin. 7. Berbeda dengan . tidak stabil. simpanlah dalam tempat yang dingin dan gelap. Berkendaralah dengan baik. efek peredaman kejut menjadi berkurang. sudah meregang dan jika dimasukkan ke dalam ban luar yang baru bisa saja tidak pas sehingga tidak berfungsi optimal. jika sudah berkurang pompalah kembali. Tekanan angin standard sebesar: • Ban Depan 2. Perlu diketahui bahwa secara sifat alami material. Coba kita rasakan kalau kita sedang mengendarai sepeda motor dengan ban yang sedikit kempes. Jangan menunggu ban benar-benar gundul. updated:8 Apr 2005 Tekanan Angin Ban Tekanan angin ban perlu untuk selalu dijaga.8 mm. Ban dalam juga disarankan untuk diganti jika sudah terlalu banyak tambalan. Dengan sedikit perhatian lebih. 8.3 kgf/cm2 dalam waktu seminggu sedangkan ban yang terbuat dari butyl rubber. Sebaiknya ban diganti jika kembang ban sudah tinggal sedalam 0.25 kgf/cm2 updated:8 Nov 2004 Perawatan Rem Type Cakram Rem type cakram menggunakan system hidrolik sebagai media penyalur tekanan. Namun jika tekanan ban terlalu besar. penurunan tekanan ban kira-kira 0. walaupun belum pernah bocor. Untuk ban yang terbuat dari natural rubber. Ban yang aus akan berkurang kemampuannya baik dalam ketahanan maupun fungsi traksinya. sepeda motor menjadi tidak nyaman dikendarai.2~0. Tekanan angin yang tidak tepat juga akan mengakibatkan keausan ban yang tidak merata. 9.2~0. Ban dalam yang sudah lama dipakai. Sepeda motor kadang-kadang akan terasa oleng. Pada umumnya ban terbuat dari natural rubber jadi periksalah tekanan angin secara rutin seminggu sekali untuk memastikan masih sesuai. Kalau anda mempunyai ban yang tidak akan langsung dipakai. Terlalu sering berakselerasi dan juga sering melakukan pengereman mendadak memperberat kerja ban sehingga akan mengurangi umur pakai ban. diharapkan didapat manfaat yang optimal pada motor kita. Disarankan saat mengganti ban luar.bagus.

Keduanya terhubung melalui pipa/hose. Cell battery/accu akan cepat rusak jika tidak terendam cairan aki. jadi perawatan selama pemakaian harus diperhatikan agar didapat hasil yang optimal. Pada master cylinder terdapat penampung minyak rem. Namun jika baterry/accu tidak bekerja dengan baik. updated:26 Oct 2004 Perawatan Battery/accu Sepeda motor umumnya dilengkapi dengan electric starter sehingga tidak perlu menggunakan kick crank atau pedal starter yang memerlukan injakan kaki. Hal ini tentu akan sedikit mengganggu. pastikan bahwa ukuran dudukan penyetel rantai sebelah kiri dan kanan telah sesuai dan mempunyai skala yang sama pada lengan ayun (swing arm). Periksalah dan jika dirasa sudah mendekati batas minimal. Dibutuhkan pemakaian yang baik agar rantai awet. maka bagian tsb akan mudah pecah/retak. pastikan agar pada saat service berkala dilakukan penambahan isi minyak rem oleh mekanik. Jika kita menekan tuas rem. Minyak rem lama-lama akan berkurang. Ada dua bagian utama yaitu master cylinder dan calliper. Perlu diperhatikan saat pemasangan kembali battery/accu agar selang pernapasannya tidak terjepit. Dengan mengatur mur penyetel. biasanya terdapat tanda yang dapat dijadikan patokan volume minyak rem. . Jika anda mengisikannya sendiri. Pada penampung minyak rem di master cylinder. Calliper adalah bagian yang menjepit disc / piringan. minyak rem akan tertekan dan melalui pipa rem (brake hose) tekanan akan diteruskan ke piston didalam calliper. Perawatan rantai Rantai adalah komponen vital dalam meneruskan daya mesin ke roda. Salah satu cara pemakaian yang baik adalah dengan selalu memastikan roda belakang benar-benar tepat pada simetrinya.rem tipe tromol yang menggunakan kabel rem. Didalamnya terdapat piston yang bergerak berdasarkan tekanan hidrolik dari master cylinder. Jika tanpa sengaja ada tumpahan yang mengenai bagian sepeda motor. Tekanan ini menyebabkan piston bergerak terdorong keluar dan menekan brake pad. Brake pad akan menjepit disc/cakram sehingga menghasilkan efek pengereman. Kinerja battery/accu sangat dipengaruhi oleh kondisi perlakuan saat pemakaian di unit sepeda motor. Jika kena bagian plastik. Bila tidak tepat akan dipengaruhi keausan rantai karena gesekan sisi rantai dengan sproketnya. Tambahkan air aki/ air destilasi (aqua destilata) jika ketinggian cairan aki sudah mendekati batas bawah namun jangan sampai melebihi batas atas (upper level). langsung dilap secepatnya dengan lap kering sampai bersih. Master cylinder adalah bagian yang berhubungan dengan tuas rem atau pedal rem. jangan sampai ada tetesan yang tumpah di bagian sepeda motor karena akan merusak cat. Sangat dianjurkan kepada pemakai sepeda motor untuk melakukan pengecekan ketinggian cairan aki setiap bulan agar jangan sampai ketinggian cairan aki dibawah batas minimal (lower level). Minyak rem mengandung bahan yang dapat melarutkan cat dan membuat material plastik menjadi rapuh. electric starter juga tidak bisa bekerja.

Seiring dengan pemakaian. Oleh karena itu. • Minyak pelumas untuk mesin dua langkah Untuk mesin dua langkah. Bila setelah dibersihkan dan diberi oli. Caranya sebagai berikut: • Pasang di standar tengah pada posisi gigi netral • Ukur freeplay (ketegangan rantai) usahakan pada 1 ~ 2 cm • Cobalah memutar roda belakang dan perhatikan lekukan rantai pada sproket. Bersihkan dahulu kemudian lumasilah dengan menggunakan oli. penyekat. bantalan. Penggantian sproket sebaiknya satu set dengan rantai dan sproket pasangannya Penggunaan Minyak Pelumas / Oli Minyak pelumas atau lebih sering disebut oli berfungsi sebagai anti gesek. digunakan untuk melumasi bagian dalam mesin terutama bagian transmisi misalkan untuk melumasi kopling dan gigi transmisi. atau bila telah aus secara berlebiha. Oli yang tidak bagus akan menghasilkan kerak pada busi. pertimbangkan untuk mengganti dengan yang baru • Periksalah keausan sproket. Untuk melepaskan. pendingin dan lain-lain tergantung pada komponen yang dilumasi. misalkan piston dan dinding cylinder sehingga sebagian oli ini akan ikut terbakar. minyak pelumas yang digunakan ada dua macam yaitu: 1. Namun oli ini disalurkan ke seluruh bagian mesin melalui mekanisme pompa oli. Untuk melumasi rantai lakukan sebagai berikut : Bersihkan dengan oli deterjen dengan memakai sikat kemudian teteskan oli secukupnya. didalam rantai sudah terdapat grease sehingga tidak perlu sering dilumasi. jika kualitas minyak pelumas yang digunakan tidak baik atau tidak sesuai dengan spesifikasi yang disarankan. . Bila giginya telah aus harus diganti. Oli mesin atau lebih sering disebut oli samping (oli 2T) Oli samping adalah oli yang dicampur dengan bahan bakar di karburator dan digunakan untuk melumasi ruang bakar dan ruang kompresi. rantai mungkin akan bertambah panjang sehingga harus diperiksa secara rutin. Pastikan minyak pelumas yang digunakan sesuai dengan spesifikasi yang ditentukan di buku manual.Rantai juga harus selalu dilumasi. buka dulu washer pengunci dengan obeng baru lepaskan murnya. berarti pada posisi tersebut sudah tidak terlumasi dengan baik. oli yang digunakan sama dengan oli transmisi pada mesin dua langkah. Biasanya menggunakan spesifikasi SAE 20W 40/50 API Service SE atau SF. Jika ada yang kaku dan tidak melekuk dengan tepat. Dan untuk membersihkannya tidak boleh menggunakan bensin atau cairan lain yang merusak karet karena akan merusak o-ring. cylinder head dan kepala piston juga di knalpot yang akan menurunkan kinerja mesin. Tidak perlu terlalu banyak karena akan mempermudah menempelnya kotoran. rantai tetap kaku untuk digerakkan. Rusaknya o-ring akan membuat grease yang ada didalam terbuang keluar dan pelumasan akan berkurang. Oli transmisi atau biasa di sebut oli mesin Oli transmisi / mesin adalah oli yang dimasukkan dalam crank case. 2. Untuk tipe rantai yang memakai o-ring (sealed tipe). Minyak pelumas biasanya diklasifikasi dalam dua standard yaitu SAE dan API Service. maka dapat menyebabkan penurunan kinerja mesin karena komponen-komponen yang bergerak tidak mendapatkan perlindungan yang optimal. • Minyak pelumas untuk mesin empat langkah Untuk mesin empat langkah.

Ada beberapa penyebab timbulnya masalah ini. Jika bahan bakar yang kita masukkan banyak mengandung kotoran. Kita akan bahas beberapa diantaranya. Umumnya berasal dari komponen didalam karburator atau namun bisa juga dari fuel cock (keran yang berada dibawah tangki bahan bakar) Langkah pertama. 2. Cobalah untuk membongkar dan membersihkan komponen ini dan bila memungkinkan sekalian menguras dan membersihkan tangki bahan bakar. Sebenarnya. satu ke karburator sebagai saluran bahan bakar. maka bahan bakar yang mengalir ke karburator akan melebihi tinggi saluran pipa overflow. Namun bisa juga bila jarum pelampung sudah aus atau baret atau terganjal kotoran maka jarum tsb tidak akan dapat menutup dengan sempurna. Selamat mencoba!!! Kebiasaan-Kebiasaan yang Kurang Tepat dalam Menggunakan Sepeda Motor Ada beberapa kebiasaan atau pemahaman yang banyak beredar di masyarakat namun sebenarnya tidak tepat bahkan salah kaprah. Karena pada putaran ini semua fungsi pelumasan sudah bekerja dengan sempurna.Carburettor over flow Mungkin motor anda pernah mengalami kondisi dimana bensin menetes dari selang buang di karburator. Menambah cairan aki dengan accuzuur Jangan gunakan accuzuur / asam sulfat (H2SO4) untuk menambah cairan aki. periksa apakah screw untuk menutup pipa overflow karburator sudah terpasang dengan kencang. maka lama-lama akan menyebabkan gangguan kerja di fuel cock. Potensi masalah yang lain adalah kebocoran di fuel cock. pompa oli belum bekerja dengan optimal sehingga pelumasan tidak bagus akibatnya bisa merusak komponen-komponen didalam mesin. itulah yang disebut karburator overflow/banjir. Jika putaran terlalu rendah. jangan sampai rusak. Ada dua tipe fuel cock: Standard yaitu yang terdapat tuas untuk membuka atau menutup saluran (posisi ON. Bila pelampung terlalu tinggi. Dicirikan dengan adanya dua pipa keluaran. satu lagi ke lubang isap (intake manifold) sebagai pipa vacuum. Bersihkan diapraghma yang ada didalam fuel cock secara perlahan. 1. setting putaran yang ditetapkan dimanual yaitu 1400 ~ 1600 rpm adalah setting yang paling pas. Jupiter dan Vega R. Menyetel putaran langsam / stasioner mesin yang sangat rendah Banyak pengguna motor yang ingin suara mesin sehalus mungkin saat stasioner menyetel putaran pada putaran yang terlalu rendah. Fuel cock selain berfungsi sebagai keran juga sebagai saringan bahan bakar. periksalah ketinggian pelampung dan jarum pelampung. Jika sudah. Cukup gunakan air murni / destilasi yang bebas mineral karena berkurangnya cairan diakibatkan penguapan kandungan . sehingga bahan bakar luber keluar. OFF dan RES) secara manual contohnya pada motor RX King dan Scorpio Vacuum yaitu tipe yang memanfaatkan tekanan vacuum dari lubang isap (intake manifold) sebagai tenaga pembuka mekanisme keran sehingga buka tutupnya berlangsung secara otomatis contohnya pada F1Z R. Ingat agar selalu berhati-hati ketika anda harus berkerja dekat dengan bahan bakar agar terhindar dari bahaya. bahan bakar tetap mengalir sehingga luber keluar.

Pertama. Service disembarang bengkel Saat service kendaraan. Tekan tombol starter electric paling lama 5 detik kemudian istirahatkan 5 detik baru ulangi lagi. Dengan begitu. Jika oli mesin terlalu banyak. Dampak lain yang merugikan adalah campuran bahan bakar akan mudah terlepas keluar mesin sehingga mesin mudah panas . Selain itu. Menggunakan elektrik starter terlalu lama atau malah tidak digunakan sama sekali Saat mesin susah untuk dihidupkan dengan electric starter. perubahan pada knlapot belum tentu memberikan hasil positif. bengkel resmi menggunakan peralatan dan . Jika sudah berkali-kali tidak mau hidup. pendinginan mesin tidak optimal. jika keluar api berarti battery masih baik. Mesin cukup dipanaskan 2~3 menit saja pada kondisi langsam. Namun jika terlalu lama akan berdampak negatif karena saat dipanaskan dalam kondisi berhenti. Namun jangan pula anti terhadap penggunaan electric starter karena takut battery cepat rusak.airnya sedangkan asamnya masih tetap. Electric starter dirancang untuk kenyamanan dalam pengunaan sepeda motor. 4. cobalah gunakanlah kick starter. 7. putaran mesin akan terasa berat dan menimbulkan dampak lain seperti borosnya bahan bakar. 8. bengkel resmi mempekerjakan mekanik yang sudah ditraining. Kedua. dan dapat menyebabkan piston mengalami kecacatan (baret) atau macet 6. biasakan untuk melakukannya di bengkel resmi. Melepaskan saringan knalpot Knalpot standard sudah dirancang sedemikian rupa agar performance mesin optimal. Ingat bahwa kita bekerja didekat tangki bensin dimana bahan bakar mudah menguap. Menghubungsingkatkan kabel waktu mengetes kerja battery Jika system listrik pada sepeda motor tidak bekerja. Ingat bahwa pendinginan mesin didapat melalui mekanisme aliran udara saat motor bergerak. karena percikan api yang keluar saat terminal dihubungsingkatkan dapat menyebabkan bahaya kebakaran. menjadikan hubung singkat). Hal ini sangat tidak dianjurkan. Penarikan arus yang sangat besar ini. jika saringan dilepas. Electric starter menggunakan arus yang sangat besar dari aki. Mungkin banyak yang melakukan jalan pintas mengecek battery dengan menghubungsingkatkan antar terminalnya. Volume yang direkomendasikan oleh pabrik sudah diuji dengan teliti sehingga akan berfungsi optimal dan ekonomis. jika berlangsung terus dalam selang waktu yang pendek dapat mengurangi umur aki. maka tinggkat keasaman menjadi terlalu tinggi yang mengakibatkan kerusakan pada pelat positif dan negatif (pasta pada pelat larut. janganlah dipaksakan untuk terus menggunakannya. 5. salah satu point yang utama adalah kondisi battery. Mengisi oli mesin lebih dari ukuran yang direkomendasikan Kadang orang beranggapan bahwa dengan menambah isi oli mesin maka pelumasan akan lebih baik. gunakanlah secara wajar. Jika digunakan accuzuur. kurangnya akselerasi dll. 3. suara knalpot akan memekakkan telinga sehingga mengganggu lingkungan sekitar. Memanaskan mesin terlalu lama Memanaskan mesin pada saat mesin dingin sangat baik bagi mesin karena akan meratakan sirkulasi pelumas.

Carilah posisi sekrup yang menghasilkan suara paling pas. Siapkan alat-alat untuk membuka klakson juga obeng / screw driver plus kecil dan kabel untuk menghubungkan klakson ke battery/accu. Memperbaiki klakson (horn) yang tidak berbunyi atau bersuara sember Kadang-kadang kita mendapati bunyi klakson kita tidak lagi nyaring / sember bahkan lama-lama menjadi tidak berbunyi.standar pengerjaan yang sudah baku. jangan langsung menutupnya dengan cara mendadak. 1. selayaknya kita alihkan ke kebiasaan yang tepat agar didapat manfaat yang optimal. Saat mengurangi kecepatan tutuplah handle gas secara perlahan. 3. Penutupan secara mendadak akan meningkatkan tingkat kevakuman di saluran Hisap yang tinggi.5 putaran. Pastikan battery dalam kondisi yang baik. sesuai Standar..13 mm.Hisap = 0. Dan jika volume mesin semakin besar. Ada kemungkinan untuk diperbaiki jika sumber kerusakannya adalah berubahnya setting screw frequency. 2. Atau bisa sesekali melakukan me”racing” 1 kali saat putaran mesin turun. Langkah-langkahnya sbb: 1. arus maupun tegangannya. Untuk mengurangi gejala suara nembak dari motor Scorpio Anda. Itu beberapa kebiasaan yang mungkin masih banyak dilakukan oleh pengguna sepeda motor. Stel putaran Pilot Screw (bahasa Bengkelnya : Stelan Angin). Stel Celah Klep sesuai standart. sehingga kadar campuran menjadi berubah secara tiba-tiba. terkadang akan terdengar suara meledak di knalpot saat mengurangi kecepatan dengan melepas gas. Anda mungkin harus membuka cover-cover dahulu sebelum dapat membuka klakson. Stelan Klep yang tidak tepat (terlalu rapat). 3. Nembak di knalpot utamanya adalah karena kegagalan pembakaran di ruang bakar sehingga gas yang tidak terbakar tadi akan terbakar dengan sendirinya saat berada di ruang knalpot. Putaran Pilot Screw yang dianjurkan adalah antara 3 – 3. Jika kita masih punya kebiasaan yang kurang pas. klakson kita akan kembali bernyanyi dengan merdu. Hal ini bisa terjadi pada motor 4 Tak 1 cylinder dengan volume mesin diatas 150cc. Ketiga garansi unit baru mensyaratkan pengguna untuk selalu melakukan service di bengkel resmi. Celah Klep Standar untuk Scorpio adalah : .!!! Bagi pemilik motor Scorpio. Untuk Motor ber CC besar seperti Scorpio. 2. dapat memicu timbulnya suara ledakan dari knalpot. Kemudian putarlah screw frequency – sekrup kecil yang terdapat di bagian belakang pada klaksondengan menggunakan obeng plus. Garansi akan batal jika anda service di bengkel sembarang. . Lepaskan dudukan klakson dan sambungkan kabelnya secara langsung ke terminal battery/accu. Menghindari suara nembak Scorpio Menghindari Suara Nembak dari knalpot Scorpio. ada beberapa cara yang dapat anda lakukan . Buang = 0. Tidak terbakar disebabkan dari campuran yang terlalu miskin. maka efek timbulnya gas tidak terbakar tadi juga semakin besar.08 mm. Dengan mengembalikan settingnya ke posisi yang tepat.

hanya sebagai petunjuk untuk menolong mengatasi masalah dalam kesulitan yang biasa terjadi. 6. Usahakan untuk selalu mengisi bensin Scorpio anda ditempat SPBU kepercayaan. Crancksahft macet. Periksa celah busi. Perlu diingat. jangan membuka gas terlalu besar karena akan menyebabkan bahan bakar yang masuk terlalu banyak. sepeda motor dilengkapi dengan “system choke” yang dapat diaktifkan dengan menarik tuas choke yang ada di switch handle atau di karburator. Pencet tombol electric starter berkali-kali masih belum berhasil. sehingga campuran bahan bakar akan menjadi lebih kaya. Karena perubahan nilai oktan bensin yang digunakan dapat memicu timbulnya ledakan. System choke secara otomatis akan meningkatkan konsentrasi bahan bakar yang masuk.6 – 0. unung kecil konekting rod macet.4. piston macet. . Untuk itu jaga dan usahakan celah businya agar tidak melewati standart. Campuran yang lebih kaya akan lebih mudah terbakar. Mesin tidak mau start / susah start Mesin Tidak mau berputar :    Silinder. Untuk mengatasinya.7 mm. Kevakuman yang tidak baik pada saluran Hisap dan Buang dapat mengakibatkan kadar campuran terganggu sehingga memicu timbulnya ledakan di saluran knalpot. Jaga Oktan Bensin. biarkan beberapa menit agar mesin mencapai suhu kerja dan sistem pelumasan juga telah optimal. Periksa kevakuman di saluran Hisap (In manifold) dan Buang (Ex Manifold). Jika mesin sudah menyala. bensin yang digunakan cukup premium saja. 5. untuk memberikan semua penyeba persoaalan. campuran bahan bakar sulit untuk terbakar didalam ruang bakar. Dalam kondisi ini. bahwa jika tuas choke sudah diaktifkan. Ditambah menggunakan pedal starter yang menguras tenaga masih belum nyala juga. Yang anda yakinkan bahwa SPBU tersebut tidak mencampur bensinnya dengan minyak tanah. Celah busi standar untuk Scorpio adalah 0. Hal ini biasanya disebabkan oleh pengabutan bahan bakar yang tidak sempurna dan terlalu sedikit sehingga campuran bahan bakar menjadi terlalu miskin. dipublish kembali ole Petunjuk Troubleshooting ( Mengatasi Masalah ) Pada kendaraan Roda 2 #1 Ini adalah bukanlah daftar yang lengkap. mesin 4 Tak ber CC besar seperti Scorpio celahnya harus lebih rapat dari motor 4 Tak ber CC sedang atau kecil. kadang kita kesulitan untuk menyalakan mesin. Campuran yang terlalu kaya juga tidak mudah terbakar. air dan lainnya. Kegunaan Choke Pada pagi hari.

kran bensin terusmbat. jarum pelampung macet. Kran bensin pada posisi OFF. balancer bearing macet. pegas pembalik kick shaft putus. .    gigi atau bearing transmisi macet. ventilasi udara pada tutup tangki bensin tersumbat. Bensin Tidak mengalir :      Tangki bensin kosong. Gigi kick ratched tidak bekerja.