P. 1
Marketing Politik

Marketing Politik

|Views: 163|Likes:
Published by Titis Sari Eryadini

More info:

Published by: Titis Sari Eryadini on Apr 16, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/16/2012

pdf

text

original

“ KOMUNIKASI POLITIK “

STRATEGI MARKETING POLITIK

Oleh : Titis Sari Eryadini Finta Nurhadiyanti Demita Widhiani Novitasari Putri Priyanto Anggun Dewi Rahmawati Hanuf Syukriana Almas Ghaliya Nasoeka A 070913013 070913012 070913029 070913027 070913075 070913102 070913065

DEPARTEMEN POLITIK FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS AIRLANGGA SURABAYA 2010

Marketing politik adalah variasi dari kebijakan komunikasi pemasaran untuk mempromosikan seorang atau proyek politik dengan menggunakan model teknik pemasaran komersial sebagai mewakili seperangkat metode yang dapat digunakan oleh organisasiorganisasi politik untuk pencapaian tujuan dalam hal program politik atau dalam mempengaruhi perilaku para pemilih dengan melakukan propaganda Berdasarkan kajian Profesor Bidang Marketing DePaul University. dan memberikan contoh yang konkret dengan pembentukan partai yang mengusung kandidat. maka kami mencoba menggunakan model teori Bruce L Newman. kampanye marketing. akan dibahas juga fokus kandidat. termasuk internet. menganalisis. Caranya. Namun di sisi lain juga bisa menjadi bersifat lebih manipulatif.harus memberikan nilai lebih kepada konstituennya dengan memperbaiki kualitas hidup. mengeksekusi. serta mengelola strategi kampanye guna menciptakan opini publik untuk memenangi pemilu. Seorang politikus. Untuk berkampanye layaknya menjual produk. menciptakan banyak keuntungan. dan memperkecil pembiayaan. . Dari teori yang ada di atas. Bruce L Newman. mengembangkan. hal itu dilakukan dengan berbagai cara promosi di media masa dalam berbagai bentuk. prinsip-prinsip pemasaran yang dilakukan di bidang ekonomi juga diberlakukan dalam bidang politik. Di dalam makalah ini. kampanye politik. Penerapan prinsip marketing dalam praktik politik di satu sisi memang bisa membantu para politikus menjadi lebih tanggap akan kebutuhan konstituennya. kekuatan lingkungan.

Memberikan garis yang jelas agar partai berfungsi secara optimal dengan peranan yang signifikan di dalam seluruh proses pembangunan Indonesia baru yang dijiwai oleh semangat reformasi serta pembaharuan dalam semua bidang kehidupan kemasyarakatan. Konsep partai : Nama : Partai Kancil Visi : partai kancil bersama masyarakat mewujudkan Indonesia baru yang modern. dan perdagangan untuk menyokong sumber pendapatan masyarakat . Kontribusi untuk partai yang begitu besar yang menyebabkan partai kancil mengusungnya dalam pemilihan bupati pada tahun ini. suku dan golongan dalam rangka menciptakan masyarakat sipil yang kuat. 2. Mewujudkan cita-cita proklamasi melalui pelaksanaan pembangunan nasional di segala bidang untuk mewujudkan masyarakat yang demokratis. otonomi daerah yang luas serta terwujudnya representasi kedaulatan rakyat pada struktur lembaga perwakilan dan permusyawaratan.adil dan makmur. Profil kandidat : Almas ghaliya putri sjafrina Visi : Membangun kota yang maju . pendiri pencetus proklamasi kemerdekaan NKRI.maju. Misi : 1. 3. Memperjuangkan tegaknya persamaan hak dan kewajiban warga negara tanpa membedakan ras. agama. Produk Partai kancil mengusung kandidat yang bernama Almas Ghaliya Putri Sjafrina yang dulunya merupakan kader dari partai kancil yang memiliki integritas tinggi terhadap partai. 4. aman dan tentram . Misi :      Memberikan pelayanan yang terbaik untuk masyarakat Menjadi kota yang paling aspiratif Memajukan pendidikan untuk SDM yang lebh baik Membenahi sektor pertanian kesehatan di dalam masyarakat Meningkatkan sektor pertanian. Fokus Kandidat 1. menegakkan supremasi hukum. perindustrian. mengamalkan dan mempertahankan Pancasila sebagai dasar Negara dan ideologi bangsa demi memperoleh NKRI. 2. Menegakkan.MODEL MARKETING POLITIK BRUCE L NEWMAN A. kebangsaan dan kenegaraan ke dalam formasi semula sebagaimana telah diikrarkan oleh para pejuang.damai.bersatu. mewujudkan kesejahteraan rakyat dan HAM.

ia harus punya niat yang tulus.B. dunia politikpun membutuhkan 4p dalam strategi marketingnya atau biasa dikenal dengan marketing mix (bauran pemasaran). Yang telah tercatat masuk ke dalam daftar pemilih tetap. dan kompeten untuk dipilih. Kandidat ini merebut hati 36 persen pemilih perempuan.kampanye) . Namun. popularitas kandidat cenderung meningkat. Promotion (advertising. Place (basis masa. dan teruji. Lebih penting lagi. Segmentasi pasar Masyarakat kabupaten ini sedang membutuhkan seorang pemimpin yang punya konsep yang jelas tentang pembangunan kota ini. platform partai. publicity. pola gotong royong baik secara ekonomi dan lingkungan yang harus dikembangkan. terukur. tim sukses) 4. pembangunan kabupaten ini harus pada track yang benar dan dibutuhkan komitmen tegas pada keberpihakan pembangunan ke depannya. serta dibutuhkan keberanian dan ketegasan. lobi-lobi politik) 3. Prediksi itu diungkapkan pakar politik yang menyatakan bahwa kandidat paling banyak dipilih oleh perempuan. Kampanye marketing 1. 3.142. ada lagi satu citra kandidat yang menguntungkan. menurut Hasil survei. 2. Selain membenahi kampung secara fisik. mayoritas pemilih perempuan memang memilih kandidat kami. Selain memang mempunyai prestasi dan kompetensi. pemimpin kabupaten ke depan harus berani mempertahankan budaya lokal. Product (personal karakter. Kami optimistis bahwa faktor gender merupakan modal awal yang baik dalam pilwali.899 pemilih. Yakni. citra sebagai birokrat profesional yang jauh dari kesan politik. Di bawah mereka terdapat kandidat lain yang meraih 34 persen suara perempuan. Calon perempuan harus bisa mengartikulasikan konsepnya menjadi sebuah tawaran visi kepemimpinan yang berbasis pada layanan publik dan pemberdayaan masyarakat. Keuntungan lain. Mereka akan menggunakan hak suaranya di 4. Penjualan dan marketing 4P Dalam Politik Seperti halnya dalam dunia bisnis. yaitu : 1. Elektabilitas pasangan RismaBambang bisa dibilang cukup fenomenal.898 tempat pemuntutan suara (TPS). Posisi calon Kandidat partai ini yang diposisikan sebagai calon bupati mempunyai popularitas dan elektabilitas tinggi. Price (biaya kampanye. Profil pemilih dari semua kalangan masyrakat di kabupaten ini. modal awal tersebut harus dikelola dengan baik. Hasil karyanya jelas. Seorang calon perempuan harus mampu mengkapital-kan modal awal itu untuk menunjukkan kepada publik bahwa dia memang layak. janji-janji kampanye) 2. bukan sekedar menyampaikan wacana. mampu. Daftar Pemilih Tetap (DPT) pilbup kali ini mencapai 2.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->