DAFTAR ISI

HAIAMAN JUDUL.............................................................................. HALAMAN PENGESAHAN.................................................................i KATA PENGANTAR..........................................................................ii MOTTO..........................................................................................iii DAFTAR ISI.....................................................................................iv BAB 1.PENDAHULUAN.....................................................................1
A.Latar belakang......................................................................................1 B.Tujuan...................................................................................................1 C.Waktu dan Tempat pelaksanaan...........................................................2

BAB 2. KEGIATAN PRAKERIN............................................................3
A. Kegiatan Umum....................................................................................3 B. Kegiatan Khusus....................................................................................3 1.Teori Kwh Meter...........................................................................4 2. Pemasangan Kwh Meter..............................................................5 3. Alat Dan Bahan............................................................................6 4. Gambar Kerja...............................................................................6 4.1 Langkah Kerja..........................................................................7 4.2 Keselamatan Kerja...................................................................7 BAB 3. PENUTUP..............................................................................8 A.Kesimpulan............................................................................................8 B.Saran.....................................................................................................8

maka dianjurkan bagi siswa-siswi SMK untuk melaksanakan prakerin dalam jangka waktu yang telah ditetapkan. A Latar Belakang Prakerin merupakan salah satu program kegiatan SMK.yaitu mengadakan praktek kerja industri (PRAKERIN) bagi sekolah-sekolah kejuruan.diantaranya: 1 Meningkatkan Keterampilan siswa 2 Mendapatkan ilmu-ilmu baru yang mungkin belum didapatkan di sekolah .BAB 1 PENDAHULUAN Dalam rangka mencapai sasaran dalam tujuan pendidikan nasional.yang salah satunya adalah peningkatan mutu pendidikan dalam lingkungan Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah. B Tujuan Adapun tujuan ini sangat banyak. sekaligus membantu program pemerintah dalam mengurangi pengangguran dan tercapainya masyarakat yang adil dan sejahtera. Selain itu prakerin juga sangat banyak manfaatnya bagi siswa-siswi untuk mendapatkan ilmu-ilmu dan keahlian-keahlian yang mungkin belum didapatkan di sekolah.

3 Mengefisiensikan cara belajar siswa menjadi manusia yang berguna bagi bangsa dan negara 4 Memenuhi persyaratan-persyaratan seperti ujian sekolah maupun ujian nasional 5 Mengenal lebih dini kualitas dan calon wirausaha dan teknisi. Tempat prakerin dilaksanakan langsung di lapangan sesuai dengan jurusan masing-masing siswa. terhitung tanggal 16 november 2011 sampai dengan 18 februari 2012.dari waktu yang singkat tersebut siswa dapat menguasai ilmu-ilmu dan keahlian-keahlian sesuai dengan yang diinginkan dan sesuai dengan tujuan kurikulum. prakerin periode ke-1 tahun ajaran 2011/2012.gedung Universitas Bengkulu bagian Rumah Tangga yang beralamatkan di jalan WR Supratman Kandang Limun Bengkulu. Harapanya. 6 Mendorong siswa untuk berkarya 7 Memperluas pengalaman siswa tentang teknologi lingkungan kerja yang dimilikinya C Waktu dan tampat pelaksanaan Prakerin ini dilaksanakan selama tiga bulan. Adapun dunia usaha tempat saya melaksanakan prakerin yaitu. .

Pemasangan kabel Telepon.Pemasangan grounding 5. A. penulis tidak dapat menyebutkan secara terperinci semua kegiatan di atas. Pada kegiatan khusus ini penulis hanya membahas salah satu dari .Pemasangan Kwh_meter 4. Kegiatan umum Adapun Kegiatan umum yang akan dijelaskan adalah: 1.maka dihalaman kegiatan kami akan menjelaskan kegiatan-kegiatan tersebut dalam dua kegiatan yaitu kegiatan umum dan khusus.Pemasangan instalasi 3 lampu dan 1 fhase 2.Pemasangan panel 3 fhase 3. Kegiatan Khusus Dengan adanya keterbatasan waktu.DLL B.BAB.sehingga apabila di jelaskan secara terperinci semua kegiatan itu sangatlah sulit karena membutuhkan waktu tidak sedikit.2 KEGIATAN PRAKERIN Kegiatan prakerin itu sangatlah banyak sekali.

Kesekiannya banyak kegiatan yaitu masalah”Pemasangan Kwh meter” 1. tetapi cukup diberi otomatis saja.tidak diberi Kwh meter. terdri dari -kumparan arus -kumparan tegangan -rotor -penumpu -magnet tetap 2. Kontruksi Kwh Meter: 1.kotak pelindung.register. Selain pembatas arus dilengkapi pencatat pemakaian listrik (Kwh Meter).Teori Kwh Meter Kwh Meter Adalah suatu alat ukur yang berfungsi sebagai pencatat pemakaian listrik yang bekerja berdasarkan induksi. Semua pemakaian tenaga listrik tentu diberi pembatas arus listrik(limiter) untuk menjaga keamanan pemakai. Bagian utama.terdiri dari: -plat dasar . di samping itu pemberi tenaga listrik(PLN) dapat mengatur pemakaian sesuai dengan ketentuan yang berlaku.terdiri dari: -pointer -cyclometris 3. Untuk pemasangan 300 Watt.

Pemasangan Kwh Meter Dalam kegiatan praktek kerja industri(prakerin)ini penulis dapat memahami dari beberapa kegiatan di UNIB terutama pada pemasangan Kwh meter. 6. K_W_H: Kilo_Watt_Hower= artinya 1000 watt perjam .fungsinya untuk merubah fluks bolak-balik menjadi bentuk putaran.-tutup Kegunaan masing-masing bagian: 1. 4.rotor(piringan) digunakan sebagai bagian yang berputar.register digunakan untuk mencatat banyaknya perputaran dari piringam 7.Kwh meter berfungsi untuk pembatas pemakaian serta untuk mengetahui jumlah pemakaian konsumen per Kwh.Kumaparan arus di gunakan untuk membangkitkan fluks bolak-balik yang berbanding lurus dengan arus beban. 3. 2.kotak pelindung di gunakan untuk melindungi semua komponen Kwh meter 2.Kumparan tegangan di gunakan untuk membangkitkan fluks bolak-balik yang berbanding lurus dengan tegangan beban.penumpu di gunakan untuk tempat sandaran poros berputar 5magnet tetap digunakan untuk mengontrol secara otomatis kecepatan dari piringan yang berbanding lurus dengan momen putar.

Bor B.Kabel TC F.Baut D.Obeng -Plus -Minus E.Kabel NYM E.Tespen 4.Isolasi G.Tang -Kombinasi -Potong -Lancip D. Gambar Kerja *Bahan-bahan A.Kwh meter B.Pixer C.Konektor I.3.MCB dan kotak MC .Alat dan Bahan yang diperlukan Alat dan bahan yang digunakan untuk pemasangan Kwh meter adalah: *Alat-alat A.Mata Bor C.Klem H.

Kerjakan semuanya dengan teliti 3.Gunakan alat dan bahan dengan fungsinya dengan benar 5.Mulailah bekerja dengan teliti 5. Berikut ini yang harus kita perhatikan: 1.kita juga harus memperhatikan dan mengutamakan keselamatan kerja.Adakah kerja sama yang untuk menghindari kesalahan pada rangkaian 7.4.2 Keselamatan kerja Selain memperhatikan segala hal yang berhubungan dengan apa yang kita kerjakan. Perhatikan terlebih dahulu gambaran rangkaian yang akan di kerjakan 3.perhatikan laju arus positif dan negatif 4. Cari tempat uang sesuai/tempat yang diinginkan konsumen 4.Hindari bergurau pada saat praktek 6.Memperhatikan keselamatan kerja 6.Membongkar dan menyusun kembali alat dan bahan dengan teliti 4.1 Langkah Kerja 1.Mendeteksi hasil kerja 7.Meletakan Alat dan bahan di tempat kerja dengan baik dan benar 2.Karena apabila terjadi sedikit saja kesalahan. Menyiapkan Alat Bahan yang diperlukan 2.bahkan membahayakan nyawa kita.maka akibatnya sangat fatal.jangan mencoba sumber tegangan sebelum ada pengaman .

Wassalamua’laikum wr. Dalam menjalani semuanya.Kesimpulan Laporan tugas merupakan bentuk evaluasi dari pelajaran produktif bagi siswa yang telah selesai melaksanakan pratikum.maupun gangguan dari luar.Saran Dalam melaksanakan prakerin ini.baik gangguan di bidangnya.saya tekankan kepada para pembaca sekalian.laporan tugas mempunyai frospek yang sangat baik untuk meningkatkan keterampilan siswa di bidang keahlianya. Sekedar untuk paduan dan acuan.adalah 450 VA dengan titik cahaya yang ideal 6-8 titik.sebenarnya banyak sekali kekurangan dan kesalahan pada diri saya.bersungguhsungguh dan teliti dalam melaluinya.maka dengan itu siswa dapat mengatasi masalah tersebut.Maka dari itu. B.bahwa daya yang terpasang untuk 1fhase 1 group.wb .persiapkanlah diri anda sebelum menghadapi hal-hal yang tergolong sulit dan penting seperti prakerin ini.kita juga dapat mengetahi gangguangangguan yang terjadi.juga sebagai bekal untuk terjun kedunia usaha.selain menambah pengalaman dan meningkatkan keterampilan siswa.kita dituntut untuk sabar. Semoga laporan ini dapat berguna bagi generasi yang akan datang.BAB 3 PENUTUP A.misalnya pencurian.