P. 1
harmonisasi

harmonisasi

|Views: 28|Likes:
Published by ERisya DiraMina

More info:

Published by: ERisya DiraMina on Apr 17, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/23/2013

pdf

text

original

Perbedaan kepentingan ini merupakan salah satu hambatan dalam usaha penyeragaman akuntansi nasional ke dalam standar akuntansi internasional. Amerika Belanda Inggris Australia .Perbedaan Sistem Akuntansi Perbedaan kepentingan antara satu bangsa dengan bangsa yang lain menimbulkan perbedaan sistem akuntansi yang dianut.

. gains.  Sistem Lingkungan ◦ Sistem lingkungan yang berbeda antara negaranegara ini merupakan sumber kesulitan penyeragaman standar akuntansi nasional ke standar akuntansi internasional. Semantika ◦ Hambatan semantika ini ditemukan dalam kosa kata bahasa dan istilah yang mempunyai arti berbeda. ◦ Contoh:  cost dan expense = biaya atau beban  Earnings. profits. income = laba atau keuntungan.

Faktor Penghambat yang bersumber dariSistem Lingkungan Hukum Kepercayaan Politik Sistem Lingkungan Pendidikan Sosial Budaya .

◦ Terdapat hubungan yang erat antara kestabilan politik dan kstabilan ekonomi. pada likuidasi bank di Indonesia. • Politik ◦ Pada ekonomi terpusat tidak ada ekuitas bisnis yang dimiliki swasta. Ketidakstabilan politik merupakan penghalang investasi di suatu negara. pemerintah ikut campur tangan melindungi para deposan dari kerugian atas deposito mereka. ◦ Misalnya. . semua dikuasai negara.• Hukum ◦ Hukum yang berlaku mempunyai pengaruh langsung pada akuntansi di negara yang bersangkutan.

 Hasilnya. pemerintah memberi bantuan dana yang jumlahnya triliunan rupiah. sehingga membawa perekonomian Jepang ke kedudukan yang terpandang di dunia. . ketika terjadi krisis moneter.  Sedangkan di Indonesia. bukan penagihan secara intensif. Hal ini menjadi sangat memberatkan perekonomian negara. akan tetapi kredit ini semua macet. sejak akhir 1990-an terkenal Big Bang akuntansi yang menjadikan perusahaan Jepang lebih terbuka dan lebih sesuai dengan standar internsional.◦ Sosial budaya  Rasio utang yang tinggi pada bank di Jepang tidak dianggap sebagai tanda bahaya karena perusahaan merasa malu jika tidak dapat membayar utangnya. karena kebiasaan penanganan kredit macet dilakukan melalui pemutihan atau penghapusan utang.  Disini kita dapat melihat bahwa perusahaan-perusahaan di Jepang dapat memanfaatkan kredit yang diberikan oleh bank dengan baik.

umumnya terlatih baik dan mempunyai kompetensi dan keahlian yang baik.◦ Pendidikan  Pengguna informasi yang terdidik dengan baik dapat memahami informasi akuntansi yang mutakhir. ◦ Keyakinan Agama  Di sejumlah negara. sehingga memerlukan penyajian informasi akuntansi yang khusus kepada masyarakat bisnis dunia.  Namun untuk meningkatkan mutu pendidikan merupakan pekerjaan yang memakan waktu dan biaya. . bunga uang tidak dibenarkan. Juga akuntan pada suatu negara dengan standar pendidikan yang tinggi.

Perbedaan-perbedaan Ketidakefisienan penggunaan laporan keuangan Ketidaktepatan waktu dalam pengambilan keputusan yang dibutuhkan .

Pengguna Utama ◦ MNCs. Akuntansi internasional dibutuhkan oleh perusahaan yang menginginkan saham-sahamnya listed di pasar modal dunia. yang merupakan salah satu anggota konsultatif IASC. Sebagian besar dari negara penyumbang MNC menjadi anggota OECD (organization for ecconomic cooperation and development). Termasuk juga perusahaan/organisasi yang mempunyai hubungan kerja dengan perusahaan-perusahaan tersebut.  . Bagi MNCs penggunaan standar akunansi internasional berarti penghematan biaya dan waktu.

International Standards of Accounting and Reporting (ISAR). ◦ Uni Perdagangan Internasional  Uni perdagangan internasional dan organisasi yang berkepentingan dengan MNCs juga pengguna akuntansi internasional. . dan Organization for Economic Cooperation and Development. ◦ Trade Unions dan The European Trade Union Confederation  Kelompok-kelompok ini ikut serta dalam kegiatan IASC. Penggunaan standar akuntansi intrenasional mendorong klien untuk menggunakan jasa-jasa mereka.◦ Perusahaan Akuntansi Internasional (International Accounting Firms)  Pekerjaan International Accounting Firms adalah memberi layanan akuntansi dan auditing pada klien.

. International Organization of Securities Commissions (IOSCO) ◦ IOSCO bekerja untuk mendaftarkan saham perusahaan asing pada bursa efek nasional. ◦ IOSCO mensyaratkan perusahaan menyusun laporan keuangannya berdasarkan standar akuntansi internasional. ◦ Dukunganya terhadap usaha-usaha mengharmonisasikan standar akuntansi dan auditing berpengaruh banyak pada pasar modal global.

Leases. Pensiun. Metode penyusutan. Transaksi dan translasi valuta asing. . Pajak yang ditangguhkan. Perorangan ◦ Banyak penulis yang melakukan riset perorangan dalam rangka meningkatkan usaha penyeragaman. Penilaian persediaan. De Bryjne pernah melakukan penelitian yang mengungkapkan beberapa masalah akuntansi yang paling tidak seragam diantara berbagai negara:  Akuntansi goodwill. Kebutuhan pengungkapan laporan keuangan. Penilaian aset tetap. Konsolidasi laporan keuangan. ◦ D.

Meksiko. (10 negara) ◦ Sekarang ini jumlah negara yang menjadi anggota IASC meningkat menjadi 110 negara. . Jepang. Irlandia. Jerman. Australia. ◦ Negara pendiri IASC: Amerika Serikat (AS). Belanda. Lembaga Standar ◦ Lembaga standar yang paling aktif dalam usaha penyeragaman standar akuntansi adalah IASC. Kanada. dan Prancis. Inggris.

yg tertarik pada LKI 13 mewakili organisasi profesi akuntansi . IASC dipimpin oleh suatu dewan yang terdiri dari 17 anggota ditambah dewan konsultatif internasional Dewan konsultatif intrnasional 4 dari org.

maka steering commite dibentuk untuk membahasnya. ◦ Dalam steering commite termasuk perewakilan dari kelompok konsultatif dan diketuai oleh salah satu anggota dewan. Jika disetujui oleh dewan. . ◦ Sekarang ini IASC berganti nama menjadi IASB.◦ Tiap anggota IASC dapat menyampaikan saran mengenai ‘standar akuntansi’ yang baru.

◦ Tujuan IASB:  Merumuskan dan menerbitkan standar akuntansi untuk penyajian laporan keuangan dan mendorong penggunaannya di seluruh dunia. .  Memperbaiki dan mengharmonisasikan standar akuntansi serta prosedur yang berhubungan dengan penyajian laporan keuangan.

◦ Dalam beberapa tahun belakangan ini orang dari berbagai negara dan organisasi profesional seperti kerasukan ingin mengadopsi standar IAS. Masyarakat Dunia ◦ IOSCO berpengaruh signifikan dalam penerimaan IAS oleh masyarakat dunia. .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->