P. 1
Teknik+Pembuatan+Pupuk+Organik

Teknik+Pembuatan+Pupuk+Organik

|Views: 736|Likes:
Published by Muja Yanto

More info:

Published by: Muja Yanto on Apr 17, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

02/20/2013

pdf

text

original

Cara bikin Effective Micro-organisms 4 (EM-4) Sediakan ember yang mempunyai tutup.

Campurkan 5 liter air pencuci beras + 5 liter air kelapa ( cari di tukang jual kelapa di pasar )= cincangan sayur, klu bisa dtambah kulit jeruk + 1 butur ragi + 1 kg gula jawa yang sudah dicairkan. Aduh jadi satu dalam ember, tutup dan buka serta kacau . Perlakuan buka, aduk dan tutup kembali ini dilakukan 4 x selang waktu 4 haru=i, pas di hari ke 17 em-4 dah jadi. Sayuran bisa jadi kompos. Ok Dengan cara memperbanyak dari benih bakteri yang ada: Cara Pembiakan Bakteri Untuk menghemat biaya, bibit bakteri EM4 yang dibeli di toko atau koperasi Saprotan dapat dikembangbiakkan sendiri, sehingga kebutuhan pupuk organik untuk luas lahan yang ada dapat dipenuhi. Adapun prosedur pembiakan bakteri EM4 adalah sebagai berikut: Bahan dan Komposisi: 1 liter bakteri 3 kg bekatul (minimal) ¼ kg gula merah/gula pasir/tetes tebu (pilih salah satu) ¼ kg terasi 5 liter air Alat dan Sarana: Ember Pengaduk Panci pemasak air Botol penyimpan Saringan (dari kain atau kawat kasa) Cara Pembiakan: Panaskan 5 liter air sampai mendidih. Masukkan terasi, bekatul dan tetes tebu/gula (jika memakai gula merah harus dihancurkan dulu), lalu aduk hingga rata. Setelah campuran rata, dinginkan sampai betul-betul dingin! (karena kalau tidak betul-betul dingin, adonan justru dapat membunuh bakteri yang akan dibiakkan). Masukkan bakteri dan aduk sampai rata. Kemudian ditutup rapat selama 2 hari. Pada hari ketiga dan selanjutnya tutup jangan terlalu rapat dan diaduk setiap hari kurang lebih 10 menit. Setelah 3-4 hari bakteri sudah dapat diambil dengan disaring, kemudian disimpan dalam botol yang terbuka atau ditutup jangan terlalu rapat (agar bakteri tetap mendapatkan oksigend dari udara). Selanjutnya, botol-botol bakteri tersebut siap digunakan untuk membuat kompos, pupuk cair maupun pupuk hijau dengan komposisi campuran seperti yang akan diuraikan dibawah ini. Catatan: Ampas hasil saringan dapat untuk membiakkan lagi dengan menyiapkan air kurang lebih 1 liter dan menambahkan air matang dingin dan gula saja. APLIKASI EM-4 DI BIDANG PERTANIAN Tanaman Padi, Palawija, Sayuran, bunga dan tanaman setahun lainnya. Dosis dan Perlakuan Sebagai pupuk dasar, gunakan BOKASHI sebanyak 3-5 ton per Ha. Untuk penyemprotan gunakan EM-4 sebanyak 3-10 ml per liter air dilakukan setiap satu minggu sekali, disemprotkan secara merata ke tanah dan tubuh tanaman. APLIKASI EM-4 DI BIDANG PETERNAKAN Manfaat : 1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. Mengurangi polusi bau khususnya pada kandang ternak dan lingkungan sekitarnya. Mengurangi stres pada ternak Menyehatkan ternak Menyeimbangkan mikroorganisme di dalam perut ternak Meningkatkan nafsu makan ternak Menekan penyakit pada ternak Meningkatkan kualitas dan kuantitas produksi ternak

selanjutnya disiram larutan EM-4 sebanyak 4 liter/ha dan dibiarkan selama 2 minggu. kemudian disemprotkan ke dalam pakan ternak. Untuk mencegah bau kotoran dan kandang ternak. APLIKASI EM-4 DI BIDANG PERIKANAN Manfaat : 1. 2. kotoran udang / ikan menjadi senyawa organik yang bermanfaat. Menguraikan bahan-bahan sisa makanan. Menekan serangan mikroorganisme patogen. 4.org/category/em-indonesia/em-4-pertanian/ . Larutkan 1 cc EM-4 per satu liter air. 5. Meningkatkan kualitas dan kuantitas produksi tambak. Interval waktu pemberian EM-4 adalah 1 bulan sekali atau tergantung pada kondisi air tambak ————————————————————————————————————————————————— ———————sumber: http://em-indonesia.Cara Pemakaian : • • Sebagai air minum ternak. larutkan EM-4 dan Molas ke dalam air dengan perbandingan 1:1:100 kemudian disimpan dalam tempat yang tertutup rapat selama 1-2 hari kemudian dipergunakan untuk menyemprot kandang dan pada badan ternak dengan dosis 10 cc larutan dalamn 1 liter air. 3. Memperbaiki mutu air tambak. Larutkan 1 cc EM-4 per satu liter air minum setiap hari. Pada saat masa pertumbuhan diberikan EM-4 sebanyak 16 liter per hektar. Menekan hama dan penyakit Cara Pemakaian : • • Pada saat pengolahan dasar tambak diberikan Bokashi sebanyak 5 ton/ha.

5 kg Kacang panjang segar 0. Campurkan gula pasir dan tuak dalam ember tadi dan aduk hingga rata.MEMBUAT EM4 SENDIRI DENGAN MUDAH 2:41 PM MASPARY Sebagai starter mikroorganisme pada proses dekomposer EM4 menjadi begitu penting dalam dunia pertanian organik. 2.5 kg Pisang matang atau kulitnya 0.25 kg Batang pisang muda bagian dalam 1. Ampas dari hasil penyaringan larutan bisa digunakan sebagai pupuk kompos. 8. kacang panjang.5 kg Nanas matang atau kulitnya 0. 4. kangkung dan batang pisang muda dihancurkan hingga ukuran menjadi agak halus. Wadah ditutup rapat dan disimpan selama 7 hari 5. 2. 6. 3. pisang. campuran bahan tersebut dimasukkan dalam ember. nanas.5 liter CARA PEMBUATAN: 1. Jika kita harus membeli EM4 tersebut harganya lumayan mahal.5 kg Gula pasir 1 kg Air tuak dari nira 0. Larutan tersebut disaring dan dimasukkan kedalam wadah yang tertutup rapat.25 kg Kangkung air segar 0. Salah satu caranya adalah sebagai berikut: BAHAN: 1. Pepaya matang atau kulitnya 0. 7. 3. 4. Pepaya. . 7. Setelah dihancurkan. Larutan tersebut adalah EM4 yang siap digunakan dan dapat bertahan hingga 6 bulan. Setelah 7 hari larutan yang dihasilkan dikumpulkan secara bertahap setiap hari hingga habis. padahal ada berbagai cara untuk membuat EM4 sendiri dengan harga bahan baku yang sangat murah. Buah harus yang sudah matang atau dapat juga digunakan kulit buah yang tidak dimakan. 5. 6.

pisang.5 cm (Banyak mengandung unsur N dan K 4) Menggunakan Keong Emas dan Limbah Ikan. Gula Merah : ¼ Kg 2). Air bekas rebusan kedelai : ± 10 Liter b. Kotoran hewan baru keluar (sapi. Lapisan berturut-turut dari bawah adalah : jerami. Cara Membuat : Bahan Organik disusun berlapis-lapis. Ciri-ciri kompos yang sudah jadi yakni apabila dikepal tidak panas dan remah. mahluk hidup berupa satwa atau tumbuhan) yang diubah menjadi bahan humus yang stabil. Kegunaannya : 1. Bahan : a. Tumpukan Bahan Organik ini ditutup dengan plastic. Bahan : a. Gula Merah ¼ Kg c.FAUZAN : PL II SLT TGA 2009 Pupuk organik Padat / Kering Pupuk organik Padat / Kering dapat terbuat dari serasah tanaman. Gula Merah : ¼ Kg c. Ada Lima macam cara Pembiakan MOL yang mudah dibuat. Untuk Pembuatan KOMPOS 2. Limbah Ikan (laut) secukupnya d. Dedak / Bekatul : 5 Kg . dedaunan dan dedak. diaduk sampai rata lalu ditutup dengan kain. Ada beberapa Pupuk Organik Padat / Kering yang dapat dibuat : Pupuk KOMPOS dan Pembiakan Mikro Organisme Lokal (MOL) Pupuk KOMPOS beasal dari jerami atau sisa-sisa tanaman. yakni : 1). Setiap lapisan disiram dengan MOL. Buah-buahan busuk (papaya. Empon-empon { Kunyit ± ¼ Kg. rerumputan. Menggunakan air bekas rebusan kedelai : Bahan : a. dll yang rasanya manis) : Banyak mengandung Kalium. Air kelapa : ± 10 Liter b. Pengadukan dilakukan setiap 10 hari. Menggunakan Kotoran Hewan Bahan : a. Gula Merah : ¼ Kg c. PEMBIAKAN MOL CARA PEMBIAKAN MOL : Semua bahan-bahan dihancurkan/ dihaluskan kemudian dicampur dalam ember. 3). Berikut Cara Pemuatan KOMPOS : PEMBUATAN KOMPOS Bahan-bahan : Jerami. Lakukan pengadukan setiap hari selama 7 s/d 15 hari (Proses Fermentasi). Batang pisang (Ati) : 0.TEKNIK PEMBUATAN PUPUK ORGANIK OLEH BARIMAN. dedak. daun. Menggunakan air Kelapa : Bahan : a. ranting yang jatuh ke tanah dan akar-akar / bagian tanaman yang telah mati. Bahan-bahan tersebut secara cepat dan tepat akan dimetabolisme oleh mikroorganisme (jasad renik. Untuk mempercepat p[ngomposan ditambahkan STARTER. Keong Emas 2 Kg. dedaunan yang proses pelapukannya menggunakan kotoran hewan . Gula Merah ± ½ Kg c. Ketebalan masing-masing lapisan 10 s/d 15 Cm. Bahan siap diaplikasikan/digunakan. kotortan hewan. kerbau) ± 10 Kg b. dedaunan dan bahan organik lainnya. Menggunakan Batang Pisang . Diaplikasikan langsung ke tanaman dengan dosis 1 Liter untuk 10 liter air. Air Kelapa ± 10 Liter b. SP :PL I SL TGA 2009 IR. Lengkuas ± ¼ Kg} banyak mengandung K 5). semangka. Air Kelapa : ± 10 Liter b.

Larutkan EM 4 dan gula ke dalam air 2. Bila adonan doikepal dengan tangan air tidak keluar dari adonan dan bila kepalan dilepas. 2. EM4 200 ml (20 sendok makan) : Berlaku untuk berbagai macam bahan organik. EM4 200 ml (20 sendok makan) 6. Adonan digundukkan di atas tempat yang kering dengan ketinggian tumpukan 15 s/d 20 cm. b. air tidak keluar dari adonan dan bila kepalan dilepas adonan akan terurai. Pengecekan suhu dilakukan setiap 5 jam. kemudian ditutup dengan karung goni selama 3 s/d 4 hari. bukalah karung penutup dan gundukan adonan dibolak-balik kemudian ditutup lagi dengan karung goni. Siramkan larutan EM4 secara perlahan-lahan ke dalam adonan secara merata sampai kandungan air adonan mencapai 30%. 4. Suhu yang tinggi dapat mengakibatkan bokashi menjadi rusak karena terjadi proses pembusukan. Larutkan EM4 dan gula ke dalam air 2. Gula 10 sendok makan 5. Cara Pembuatan : 1. Bila adonan dikepal dengan tangan. Dedak 10 kg 3. II. bukalah karung penutup dan gundukan adonan dibolak-balik kemudian ditutup lagi dengan karung goni. 4. kemudian ditutup dengan karung goni selama 3 s/d 4 hari. Jika suhu lebih dari 50ºC. 3. Siramkan larutan EM4 secara perlahan-lahan ke dalam adonan secara merata sampai kandungan air adonan mencapai 30%. biasanya untuk membuat 1 ton bokashi 6. Jerami 200 kg termasuk berbagai jenis rumput / pupuk hijau dipotong-potong sepanjang 5 s/d 10 cm 2. . Pertahankan suhu gundukan adonan 40 s/d 50 ºC. 5.Arang Bahan : 1. Bokashi Pupuk Kandang Bahan: 1. Gula (10 sendok makan) 5. Setelah 4 hari Bokashi telah selesai terfermentasi dan siap digunakan sebagai pupuk orgaik. EM4 200 ml (20 sendok makan) 6. Pupuk kandang. 4. 3. 6. maka adonan akan merekah. 4. Dedak 10 kg 3. Adonan digundukkan di atas tempat yang kering dengan ketinggian tumpukan 15 s/d 20 cm. sekam dan dedak dicampur secara merata 3. Air secukupnya. kemudian ditutup dengan karung goni selama 3 s/d 4 hari. Jerami. air secukupnya Larutkan EM4 dan gula ke dalam air Cara Pembuatan : 1. Air secukupnya. Bokashi Pupuk Kandang . Jika suhu lebih dari 50ºC. sekam dan dedak dicampur secara merata. Dedak 10 kg 3. 6. CARA PEMBUATAN BOKASHI a. Adonan digundukan di atsi tempat yang kering dengan ketinggian adonan antara 15 s/d 20 cm. CARA PEMBUATAN : 1. Air Kelapa Secukupnya (Untuk Mengaduk sampai basah). Bila adonan doikepal dengan tangan air tidak keluar dari adonan dan bila kepalan dilepas. Pupuk kandang. Bokashi Jerami : Bahan : 1. Pertahankan suhu gundukan adonan 40 s/d 50 ºC. arang sekam arang serbuk gergaji dicampur secara merata. Pengecekan suhu dilakukan setiap 5 jam. Arang Sekam / arang serbuk gergaji 100 kg 4. Gula pasir 10 sendok makan 5. Pupuk kandang 2. maka adonan akan merekah. Setelah 4 hari Bokashi telah selesai terfermentasi dan siap digunakan sebagai pupuk orgaik. c. 5.d. Suhu yang tinggi dapat mengakibatkan bokashi menjadi rusak karena terjadi proses pembusukan. Siramkan larutan EM4 secara perlahan-lahan ke dalam adonan secara merata sampai kandungan air adonan mencapai 30%. dedak. Sekam 200 kg. Pupuk kandang 200 kg 2. Sekam 200 kg 4.

Air secukupnya 6. sapi dalam keadaan kering. Kotoran kambing. Jika suhu lebih dari 50ºC. 5. Siramkan / Semprotkan 2 CC EM4 / liter air ke dalam tanah 4. kemudian ditutup dengan karung goni selama 3 s/d 4 hari. d.5. Kotoran ayam. itik. e. Suhu yang tinggi dapat mengakibatkan bokashi menjadi rusak karena terjadi proses pembusukan. Bokashi Expres telah selesai terfermentasi dan siap digunakan sebagai pupuk orgaik. Bila adonan doikepal dengan tangan air tidak keluar dari adonan dan bila kepalan dilepas. Pertahankan suhu gundukan adonan 40 s/d 50 ºC. BOKASHI EXPRES 24 JAM Bahan : 1.5 s/d 1 ml setiap 1 liter air minum ternak Cara Penggunaan : 1. Setelah 4 hari Bokashi telah selesai terfermentasi dan siap digunakan sebagai pupuk orgaik. 6. Formula B : Bahan : 10 bagian sebagaimana Formula A ditambah dengan dedak 5 bagaian. Suhu yang tinggi dapat mengakibatkan bokashi menjadi rusak karena terjadi proses pembusukan. bukalah karung penutup dan gundukan adonan dibolak-balik kemudian ditutup lagi dengan karung goni. 2. Siramkan larutan EM4 secara perlahan-lahan ke dalam adonan secara merata sampai kandungan air adonan mencapai 30%. Jika suhu lebih dari 50ºC. Pengecekan suhu dilakukan setiap 5 jam. Air secukupnya Cara Pembuatan : 1. 3. Pertahankan suhu gundukan adonan 40 s/d 50 ºC. Biarkan Bokashi selama seminggu. EM4 200 ml (20 sendok makan) 6. kambing. Pada tanah sawah pemberian Bokashi dilakukan pada waktu pembajakan dan setelah tanaman padi berumur 14 hari dan 1 bulan. Bokashi yang sudah jadi 20 kg 3. babi. Dedak secukupnya Gula pasir 2 sendok makanatau molases / tetes tebu 10 ml 5. Penggunaan penutup tanah (mulsa) Dari jerami atau rumput-rumput kering sangat dianjurkan pada tanah tegalan. 2 bagian 2. konsentrat 2 bagian dan jagung 2 bagian Cara Pembuatan : Formula A dan Formula B dicampur menjadi satu kemudian dapat langsung digunakan sebagai pakan ternak. Larutkan EM4 dan gula ke dalam air 2. Gula pasir 5 sendok makan 5. EM4 (10 ml) 4. 2. Dedak 20 kg 4. Formula A : Bahan: 1. 4. Tanah subur yang bersih 1 genggam. Adonan digundukkan di atas tempat yang kering dengan ketinggian tumpukan 15 s/d 20 cm. . Pengecekan suhu dilakukan setiap 5 jam. maka adonan akan merekah. Cangkul / bajak tanah untuk mencampurkan Bokashi ke dalam tanah. Bokashi Pakan Ternak dari Pkotoran Hewan Manfaat : Untuk pakan ternak ayam. Untuk ayam petelur diberikan setelah ayam berumur 3 bulan 2. Jerami kering / daun-daun kering / sekam / serbuk gergaji atau bahan apa saja yang bisa difermentasi sebanyak ± 200 kg. bukalah karung penutup dan gundukan adonan dibolak-balik kemudian ditutup lagi dengan karung goni. Setelah 24 jsm. Jerami kering (atau bahan-bahan apa saja yang bisa difermentasikan) dicampur dengan Bokashi yang sudah jadi dan dedak secara merata. 3. 3 s/d 4 genggam Bokashi setiap meter persegi disebar merata di atas permukaan tanah pada tanah yang kurang subur dapat diberikan lebih. 6. Cara Penggunaan Bokashi Pakan Ternak dan Pakan Ternak Tambahan: 1. kemudian bibit siap ditanam. Pemberian larutan EM4 dapat dilakukan setiap hari pada air minum ternak dengan konsentrasi 0. 1 bagian 3. Kadar air 30% 7. Dapat menekan biaya pakan ternak lebih dari 30% Syarat : Kotoran ayam.

Bokashi Jerami dan Bokashi Pupuk kandang baik dipakai untuk melanjutkan fermentasi penutup tanah (mulsa) dan bahan organik lainnya di lahan pertanian.Bokashi Pupuk Kandang dan Bokashi pupuk kandang – Tanah baik dipakai untuk pembibitan dan menanam bibit yang masih kecil. dan siramkan 2 CC EM4 / liter air setiap 2 minggu sekali. 4. Bokashi disebar merata di permukaan tanah / perakaran tanaman. juga banyak diugnakan pada tanah sawah karena ketersediaan bahan yang cukup. Bokashi Expres baik digubanakan sebagai penutup tanah (mulsa) pada tanaman sayur-sayuran dan buah-buahan. . 3.asing lahan pertania.5. 2. Cara Penggunaan Khusus : 1. . Pemuatan Bokashi dapat disesuaikan dengan ketersediaan bahan di masing-m. Untuk tanaman buah-buahan.

3. 4. Ragi tape 15 butir 5. Panci Cara membuat: 1.Cara Pembuatan EM 4 Bahan : 1. Ember ditutup rapat dan diikat dengan tali dan disimpan ditempat yang lembab . Gula 1 kg 2. dimasukkan kedalam ember satu persatu diaduk sampai rata. Dadak 1 ½ kg 4. Tunggu sampai dingin 3-4 jam kemudian dimasukkan ragi yang sudah ditumbuk halus kedalam ember dan diaduk. Air 5 liter Alat : 1. Kompor 4. gula. Air dimasak sampai mendidih kemudian dituangkan kedalam ember 2. Ember 2. dedak. Pengaduk 3. Terasi ¼ kg 3. Terasi.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->