LAPORAN PENGAMATAN KAPASITAS IFILTRASI

Dosen Pengampu 2. Wahyu Setyaningsih

:

1. Dewi Liesnoor Setyowati

Di susun Oleh: 1. Irfan Purnama 3. Ganis Randy R 4. Defriyanto 3250406006 3250408004 3250408005 2. Deni Ardhinata 3250408003

JURUSAN GEOGRAFI FAKULTAS ILMU SOSIAL UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG 2010

A. ACARA

ALAT DAN BAHAN 1. Siapkan alat dan bahan. Seberapa besar laju infiltrasinya dapat dilihat dengan menggunakan penggaris yang dicelupkan didalam silinder atau pipa yang telah terisi dengan air. 2. Papan 6. Mahasiswa mampu menerapkan ilmunya langsung di Lapangan. Silinder atau pipa atau ring ±35 cm 2. Cari titik pengamatan lalu bersihkan vegetasi yang menutupi. Air 5. Waktu yang diperlukan oleh muka air untuk turun sampai garis Batas Bawah (BB) dicatat dengan stop watch dan dicatat pada tabel yang telah disiapkan. LANGKAH KERJA 1. Air dituangkan pada silinder hingga memenuhi silinder tersebut. 3. 4. 3. 2. Alat tulis D. lalu dapat dihitung . Dirigen (tempat air) 4. Penggaris 3. 5. Data yang terkumpul di ubah ke dalam tabel. Mahasiswa dapat mengetahui cara mencari kapasitas infiltrasi di Lapangan. lalu tancapkan silinder atau pipa atau ring ke titik tersebut dengan menggunakan bantuan palu dan papan hingga silinder tersebut masuk ke dalam tanah ±10 cm. TUJUAN 1. Palu 7. 6. Mahasiswa dapat memahami studi mengenai Kapsasitas Infiltrasi secara lebih dalam.“ KAPASITAS INFILTRASI” B. Waktu pencatatan pada 5 menit pertama dicatat tiap menit kemudian setelah itu waktu pencatatan tiap 5 menit. Sehingga dapat terlihat berapa besar penurunan air yang terinfiltrasi. C.

Kapasitas infiltrasi adalah kemampuan maksimum dari tanah untuk mengabsorsi air pada keadaan tertentu dinyatakan dalam mm/jam. Kemudian hasilnya digambarkan maka akan terlihat liku infiltrasi eksponensial dalam bentuk grafik kapasitas infiltrasi. E. HASIL Terlampir G. Proses masuknya air hujan melalui pori permukaan tanah 2. Tertampungnya air hujan tersebut ke dalam tanah 3. faktor-faktor yang mempengaruhi kapasitas infiltrasi adalah sifat tanah (struktur dan tekstur tanah). Proses mengalirnya air ke tempat lain (bawah.kapasitas infiltrasinya. samping. vegetasi dan penutup lahannya. Kapasitas infiltrasi melibatkan tiga proses yang tidak saling tergantung. DASAR TEORI Infiltrasi adalah suatu proses masuknya air. baik air hujan maupun air irigasi dari permukaan tanah ke dalam tanah atau profil tanah (Astuti. KESIMPULAN Tanah di Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang mempunyai kapsitas infiltrasi yang cukup baik. pada : 1. . 2000:9). atas) F.