KISI – KISI SOAL ULANGAN HARIAN

MATA PELAJARAN : Pendidikan Kewarganegaraan KELAS TAHUN AJARAN : VII A & VII B : 2010/2011

Oleh : LAURENSIUS, S.H. Guru Bid. Study Pendidikan Kewarganegaraan

Diketahui Oleh Kepala Sekolah SMPN 02 Siberut Selatan

AROSOKHI MENDROFA.A.Ma.Pd NIP. 196512011986031006

terganggu jiwanya b. Pernyataan ini dikemukakan oleh …. E. Utrecht. diketahui b. Drs.. berbagsa.. Mr. a. dibuat oleh lembaga kemasyarakatan 3.H. Orang yang meludah disembarang tempat sehingga mengganggu kenyamanan orang lain menunjukkan bahwa orang tersebut …… a. Norma-norma dalam masyarakat b. Menjelaskan hakikat dan arti penting hukum bagi masyarakat. a.. Kompetensi Dasar : 1. melanggar norma kesusilaan d. adapt istiadat. S.. Berikut yang tidak termasuk syarat-syarat norma adalah….. sudah ditentukan terlebih dahulu b. dipahami c. kebiasaan. tidak memandang siapa yang bersalah d. dihargai 4. peraturan yang berlaku dalam masyarakat... Dr. perintah 2. Prof. Keharusan seseorang untuk berbuat sesuatu karena akibatnya dipandang baik disebut…. Mendeskripsikan hakikat norma-norma. Materi Pokok : a. a. dan bernegara. Salah satu ciri norma hukum apabila dibandingkan dengan norma lainnya adalah dari segi sanksinya adalah. Hubungan Proklamasi Kemerdekaan dan UUD Tahun 1945 INSTRUMEN SOAL 1.Standar Kompetensi : Menunjukkan sikap positif terhadap norma-norma yang berlaku dalam kehidupan masyarakat. diabaikan d. tegas dan keras c. larangan d. Meyers . b. a. 2. Peraturan bersifat memaksa yang menentukan tingkah laku manusia dalam lingkungan masyarakat dibuat oleh badan-badan resmi berwajib. meremehkan orang lain 5. melanggar norma kesopanan c. norma b. keputusan c.

Kusukadi Pudjosewojo. hukum c. perpu b. a. kesopanan c. peraturan mengenai tingkah laku manusia b. 6. hak dan kewajiban warga Negara b. peraturan presiden d. agama b. rasa keadialan b. Berikut yang tidak termasuk unsur-unsur hukum adalah …… a. d. kesejahteraan d. norma yang berlaku dimasyarakat 7.. a. kepastian hukum c.H.. saingan usahanya d. demokrasi d. undang-undang 13. agraris 10. a. kepastian hukum c. peraturan harus dipatuhi dan ditaati . a.. dan Woerjono Sastro Paranoto. S.. kesusilaan 8. Tujuan dibuatnya peraturan Negara. Hukum harus bisa memberikan rasa keadilan bagi seluruh rakyat Indonesia tidak pandang bulu. Pernyataan ini merupakan salah satu prinsip hukum yang memiliki fungsi menjamin…. peraturan bersifat memaksa c. a. hukum adat 11. S. S.C.. Menurut Pasal 1 Ayat 33 UUD 1945. Negara Indonesia adalah Negara …. ketertiban di dalam masyarakat d. kewajiban hukum 9. penguasa setempat c. agama b.. J. Bagi yang melanggar dikenakan hukum yang berlaku.H. Menurut sumbernya hukum berasal dari…. Prof. hukum materiil c. Simorangkir. supremasi hukum 12. a. dekret c..H. yaitu untuk menjaga…. hukum formal d. Peraturan yang dibuat oleh presiden disebut…. Dalam mewujudkan hasrat dan cita-citanya. hukum publik b. a. setiap individu akan dihadapkan pada…. hukum d.c. Salah satu norma masyarakat yang memiliki sanksi tegas dan memaksa adalah norma….T. kepentingan orang lain b.

Tujuan dibuatnya peraturan negara untuk menjaga….. meningkatkan kesadaran hukum c. hukum 20. kebiasaan c. supremasi hukum c. peraturan diadakan oleh badan-badan resmi yang berwajib 14. norma/kaidah d. usagr b. a. peraturan tingkah laku manusia 21. kesusilaan c. paksaan c. kesungguhan b. agama b. membentuk Negara hukum b.. memberikan rasa keadilan d. folkways c. Memberi hormat kepada orang yang lebih tua merupakan contoh norma…. Pada dasarnya norma berisi tentang…. Dalam mewujudkan cita-cita. custom 16. Penyimpangan di dalam masyarakat. tata kelakuan d. tujuan tingkah laku manusia c.. Pada hakekadnya norma hukum dalam masyarakat berfungsi untuk…. memelihara kepastian hukum b. hak dan kewajiban warga Negara . tetapi tidak menimbulkan konsekuensi (masalah yang besar) hukuman dinamakan bentuk norma…. ketidak pastian 22. keterbatasan manusia dalam hidup b.. a.. menciptakan keberuntungan 17. a. a.. Berikut ini yang bukan merupakan pentingnya hukum bagi warga Negara adalah …. a. mores d. Menjaga kepentingan manusia supaya kepentingan itu tidak terganggu disebut….. a.. kesopanan d. melindungi penegak hukum 19. mengayomi hak-hak warga Negara c.d. menciptakan ketertiban d. setiap manusia akan dihadapkan kepada…. a. adat istiadat 18. kemampuan umat manusia d. hukum bersifat mengikat 15. Melaksanakan perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya adalah contoh penerapan norma…… a. hasil adanya hukum d. a. tujuan hukum b. cara b.

diasingkan kesuatu pulau d. Sesuatu yang harus ditinggalkan karena perbuatan itu dipandang mempunyai akibat tidak baik disebut…. ditentukan oleh undang-undang b. ancaman d. a. a. fungsi hukum c. menjamin keselarasan dan ketenteraman bersama c. diatur oleh masyarakat setempat c.b. agama b. ketertiban di dalam masyarakat d. kesopanan d. Tujuan menegakkan keadilan dan kebenaran adalah…… a. dan diasingkan dari masyarakat merupakan sanksi bagi pelanggaran norma…… a. Sanksi bagi pelanggar norma hukum adalah…. karena penting dan berguna bagi masyarakat 24.. kepastian hukum c. kesusilaan c. Kesadaran merupakan hal yang utama dalam melakukan…. Sikap menjunjung norma hukum dapat dilakukan dengan…… a. Mendapat celaan..00 itu melanggar norma…. a. kebal hukum d. melaksanakan perintah orang tua b.. beriman kepada Tuhan c. kesopanan b. mendapatkan penghargaan b. Bertamu melebihi pukul 22. meningkatkan prestasi di masyarakat d. sopan terhadap siapa saja d. agama 28. a.. agama b. kewibawaan hukum 23. kesopanan c. cemooh. tujuan hukum b. hukum 30. adat istiadat . tertib hukum 26. hukum d. larangan c. perintah b.. Seorang siswa SMPN 2 Siberut Selatan melakukan keributan di dalam kelas melanggar norma…. sanksi 27. mengindahkan rambu-rambu lalulintas 25. diusir dan dikucilkan 29. a. kesusilaan c.

... C.. Negara Indonesi memiliki hukum. Isilah titik-titik di bawah ini dengan benar ! 1.. Menurut Aristoteles bahwa manusia merupakan zoon politicon yang berarti………………. Jawablah pertanyaan-pertanyaan dibawah ini dengan benar ! 1. 5... 3. 3. 4. Pertanyaan : 40 : Buku Talentha Kelas VII : Pendidikan Kewarganegaraan Untuk SMP Karangan Sri Tutik Cahyaningsih (Gelora Aksara Pratama ) : Buku Pendidikan Kewarganegaraan Karangan Saptono (PHIBETA) TINGKAT KESUKARAN Bentuk Soal Bobot Soal Sumber Bahan ... Esay. Dasar hukum Indonesia berasal dari …………. hukum B.. Sebutkan 5 (lima) peraturan yang ada di sekolah SMPN 2 Siberut Selatan! Apakah pengertian norma itu ? Apakah pengertian hukum materiil dan hukum formal dan berikan contohnya! Apakah yang dimaksud hukum tertulis dan berikan contohnya ! Apakah yang dimaksud norma hukum dan norma agama ? : : Pilihan Ganda. Siswa yang suka merokok serta minum minuman keras melanggar aturan sekolah yang ke …….. DPR dan DPRD merupakan lembaga perwakilan rakyat untuk menyampaikan ……………………… 2. 2.. 4.d. seseorang yang melakukan pencurian akan di ……………… 5. Dalam hukum adat Mentawai...

.

.

tidak boleh mengkonsumsi narkoba c.PPKN KLS VII SMP KUNCI JAWABAN 1. D 26. A 22. A 20. D 8. UU. C 6. 5. Sedangkan hokum formal merupakan hokum yang mengatur tata cara melaksanakan dan mempertahankan isi dari hokum materiil. Tidak memburukkan nama sekolah d. Contohnya adalah hokum acara pidana dan hokum acara perdata. Denda 5. B 15. Norma adalah : peraturan yang diciptakan untuk mengarahkan tingkah laku warga masyarakat agar sesuai dengan tatanan yang dikehendaki bersama 3. C 13. Hukum Materiil merupakan hokum yang berisi perintah-perintah dan laranganlarangan. a. D 25. 4. C 23. C 14. Hukum tertulis merupakan hokum yang berupa naskah tertulis yang biasanya berbentuk peraturan perundang-undangan. Contohnya ialah UUD 1945. ketetapan MPR. C 27. D 11. D 21. C 30. B 17. A 16. 4. yang isinya mengikat setiap warga negaranya dan pelaksanaannya dilakukan oleh alat Negara . D 7. menghormati guru e. B 28. B 24. Norma hokum adalah peraturan hidup yang dibuat oleh Negara. D 18. A 29. Pancasila dan UUD 1945 KUNCI JAWABAN PERTANYAAN 1. A 19. D 2. tidak boleh merokok b. Aspirasi rakyat/Masyarakat 2. menyayangi teman-teman 2. Contohnya Hukum Pidana dan Hukum Perdata. B 10. B 3. B KUNCI JAWABAI ESAI 1. C 4. B 12. Manusia saling membutuhkan/manusia membutuhkan orang lain dalam kehidupannya 3. dan peraturan Pemerintah. B 5. C 9. peraturan yang ke ….

dan penegak hokum. larangan-larangan dan ajaran-ajaran yang berasal dari Tuhan Yang Maha Esa. Sedangkan norma agama adalah peraturan hidup yang diterima sebagai perintah-perintah. .