P. 1
BAB II bu titik

BAB II bu titik

|Views: 701|Likes:
Published by Chandra Febrian

More info:

Published by: Chandra Febrian on Apr 17, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/29/2013

pdf

text

original

BAB II Penetapan Biaya Obat Dalam Resep

Standar Kompetensi: Menerapkan Akuntansi di bidang farmasi Kompetensi dasar: Mengkalkulasi Biaya Obat sesuai Permintaan Resep Dokter

Obat merupakan suatu komponen penting dan strategis dalam sistem pelayanan kesehatan di rumah sakit. Oleh karena itu perlu diciptakan suatu aturan di bidang pemakaian obat sehingga dapat diupayakan untuk memenuhi persyaratan efektif, aman, rasional dan murah. Pemilihan jenis obat yang tepat dan efektif sangat mempengaruhi proses penyembuhan penderita walaupun banyak faktor yang berpengaruh pada proses penyembuhan suatu penyakit (Stefanus, L, 2000). Perkembangan terakhir dalam proses pengembangan dan pemasaran obat banyak disesuaikan dengan perubahan sikap dari dokter, pejabat pemerintah, dan masyarakat terhadap obat. Pada 10-20 tahun yang lalu industri-industri farmasi banyak menekankan pada penemuan obat-obat baru, dan peta kefarmasian pada saat itu ditandai dengan cepatnya suatu molekul obat baru ditemukan. Dewasa ini, kecepatan penemuan obat baru mulai menurun, sebagian disebabkan karena sudah cukup banyak tersedia obat yang efektif untuk berbagai penyakit. Masa paten yang sudah kadaluwarsa dari berbagai macam obat seringkali menyebabkan munculnya bermacammacam produk obat yang mengandung zat aktif yang ekivalen. Sementara itu masyarakat mengharapkan obat bermutu dengan harga yang terjangkau, dan banyak industri obat mempromosikan penulisan resep obat sebagai salah satu usaha untuk meningkatkan kompetisi harga obat di antara industri obat.

A. Pengertian resep dan penetapan harga obat Pengertian resep Resep adalah suatu permintaan tertulis dari dokter, dokter gigi atau dokter hewan kepada apoteker untuk membuatkan obat dalam bentuk sediaan tertentu dan menyerahkannya kepada penderita. Disebut juga formulae medicae, terdiri dari : a. Formulae officinalis » R/ yg tercantum dalam buku Farmakope atau buku lainnya sebagai standar. b. Formulae magistralis » R/ yg ditulis oleh dokter Menurut Undang-Undang yg diperbolehkan menulis R/ adalah : a. Dokter Umum & Dokter Spesialis » tidak ada pembatasan mengenai jenis obat yg boleh diberikan kepada penderitanya. b. Dokter Gigi » ada pembatasan, hanya boleh menuliskan resep berupa jenis obat yg berhubungan dengan penyakit gigi.

c.

Dokter Hewan » ada pembatasan, hanya boleh menuliskan resep untuk keperluan hewan semata-mata. 1. Kertas Resep a. Kertas Resep » harus ditulis dengan tinta dengan ukuran yg ideal adalah Lebar : 10-12 cm & Panjang 15-18 cm b. Fungsi kertas resep » sebagai dokumentasi penting & sah untuk apotek atas permintaan obat oleh pasien dari dokter yang bersangkutan. Penyimpanan Kertas resep : a. Disimpan ditempat yang aman » menghindarkan dicuri untuk disalahgunakan oleh orang yg tidak bertanggung jawab (misalnya : menuliskan resep palsu meminta obat bius) b. Disimpan menurut urutan tanggal dan nomor unit pembuatan » untuk memudahkan penelusuran kembali bila terjadi sesuatu akibat dari obat yg diberikan c. Disimpan sekurang-kurangnya selama 3 tahun setelah lewat 3 tahun,apotek boleh memusnahkan resep tersebut dengan membuat proses verbal (berita acara) pemusnahan d. Pemusnahan R/ dilakukan dengan cara dibakar atau dengan cara lain yang memadai oleh Apoteker Pengelola Apotek bersama dgn sekurang-kurangnya seorang petugas apotek e. Pada pemusnahan R/ harus dibuat berita acara pemusnahan R/ sesuai dengan bentuk yang telah dtentukan, rangkap 4 dan dtandatangani oleh APA bersama dengan sekurang-kurangnya seorang petugas apotek Apograph (Resep Salinan) Di apotek apograph diperlakukan sama dengan resep asli dari dokter dan harus disimpan. Nama & alamat apotek Nama & nomer ijin apoteker pengelola apotek Tanda tangan atau paraf apoteker pengelola aotek d. Tanda det (detur) untuk obat yang sudah dserahkan & tanda nedet (nedetur) untuk obat yg belum dserahkan Nomer R/ & tanggal pembuatan Apograph dibuat oleh apotek atas dasar :

3.

4. a. b. c.

e.

a.

b.

Permintaan dokter » kalau ada tanda iteratur di kertas resep orisinal. Mis : tanda “iter. 1x” berarti resep itu boleh diulang sekali lagi tanpa resep baru dari dokter (resep dpt dilayani 1 + 1x ulangan). Sebaliknya tanda N.I. (ne iteratur) berarti resep tsb TIDAK BOLEH diulang (meskipun tidak mengandung obat berbahaya berupa narkotik atau obat beracun) Permintaan penderita » apograph hanya dapat diberikan apabila resep asli dari dokter tidak mengandung bahan obat Narkotika,Psikotropika atau Obat Daftar G (obat keras) APOTEK DELTA Jl. Antartika No. 25 Buduran Sidoarjo Telp. 031-8962940

.......... Tgl R/ ditulis : ...3. Model Resep Lengkap Resep yg lengkap terdiri atas : a. . Bahasa Latin Resep Alasan penggunaan bahasa latin : 1) Bahasa yg mati » tidak dipakai lagi dalam percakapan sehari-hari 2) Bahasa internasional dalam dunia/profesi kedokteran & kefarmasian 3) Tidak akan terjadi dualisme tentang bahan/zat apa yang dmaksud dlm resep 4) Pasien tidak perlu mengetahui bahan obat apa yang diberikan padanya karena alasan psikologis..1 ------------.Farm...Bcomp No. No...Apt SIP : ..1 R/ Vit.. COPY RESEP Dokter : . XV S.. S..3......dd.. : .... Nama px dbelakang kata Pro: » identifikasi penderita i........ Dibuat tgl : .. jenis/bahan obat dlm f. Alamat : .det Cap Apotek PCC Tanda Tangan APA 5... Harus ada tanda tangan atau paraf dr dokter yang bsangkutan » resep otentik (SAH) 6. Nama.....1 R/ Paracetamol 500 mg No. Aturan pemakaian obat ditulis dengan bahasa latin h........ Pro : ......alamat dan nomor ijin praktek dokter b..3. Nama kota serta tanggal resep yg ditulis dokter c..........dd. XV S.....APA : Kartikasari Saraswati.......................... Tanda R/ singkatan dari recipe yg berarti “harap diambil” d.. XV S............. R/ Thiamphenicol 500 mg No.dd.... Nama setiap jenis/bahan obat yg diberikan serta jumlahnya: e... Cara pembuatan atau bentuk sediaan yang dikehendaki g..

M : Periculum In Mora = berbahaya bila ditunda 8. dokter gigi atau dokter hewan kepada apoteker untuk membuatkan obat dalam bentuk sediaan tertentu dan menyerahkannya kepada penderita 2. Dokter Umum & Dokter Spesialis » tidak ada pembatasan mengenai jenis obat yg boleh diberikan kepada penderitanya. Pembuatannya harus didahulukan dari resep-resep lainnya. Dokter Hewan » ada pembatasan. Etiket Etiket memuat : a. Siapa saja yang berhak menulis Resep menurut Undand-undang kesehatan? Menurut Undang-Undang yg diperbolehkan menulis R/ adalah : 1.. Istilah lain CITO : .25 Buduran Sidoarjo APA : Kartikasari Saraswati...Statim : penting .7. Nama px & aturan pakai obat yang sesuai dgn petunjuk yang dcantumkan oleh dokter pd resep aslinya e. hanya boleh menuliskan resep berupa jenis obat yg berhubungan dgn penyakit gigi.I. Pada wadah dapat pula dpasang etiket tambahan. Nama & nomor Surat Ijin Pengelola Apotek dari apoteker yang bertanggung jawab c.Apt No : . Antartika No. misalnya : “TIDAK BOLEH DIULANG TANPA RESEP DOKTER” atau “KOCOK DAHULU” Contoh Etiket Apotek Delta Jl. Etiket yg dpasang pd wadah obat ada yg berwarna Putih dan Biru 1) Putih » obat untuk pemberian secara oral (mulut) atau obat dalam 2) Biru » obat untuk pemakaian luar. c... Apa yang dimaksud resep dokter? Jawab: Resep adalah suatu permintaan tertulis dari dokter.Urgent : penting .Farm..x. Nomor urut & tanggal resep yang dbuatkan d. Resep CITO ! a.. misalnya : per rektal f.. Dokter Gigi » ada pembatasan. 2. S.Sendok Takar/Tetes Sebelum Makan/Saat Makan/Sesudah Makan KOCOK DAHULU Tugas Individu Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan jelas dan benar! 1. Nani Sehari . 3.P.. Untuk px yang memerlukan Pengobatan Segera dokter memberi tanda pd bagian atas resep dgn menuliskan CITO ! (digaris bawahi & dberi tanda seru & dparaf/tandatangani dblakang Cito) b. Nama & alamat apotek b. hanya boleh menuliskan resep untuk keperluan hewan semata-mata .. 1 September 2010 Ny.

3.a. rangkap 4 dan dtandatangani oleh APA bersama dgn sekurang-kurangnya seorang petugas apotek TUGAS KELOMPOK . Pada pemusnahan R/ harus dibuat berita acara pemusnahan R/ sesuai dgn bentuk yg telah dtentukan. hanya boleh menuliskan resep berupa jenis obat yg berhubungan dgn penyakit gigi. Bagaimana cara Penyimpanan Kertas resep yang baik? Jawab: Penyimpanan Kertas resep : a. Kertas Resep » harus ditulis dgn tinta dengan ukuran yg ideal adalah Lebar : 10-12 cm & Panjang 15-18 cm b. b. Dokter Gigi » ada pembatasan. Pemusnahan R/ dilakukan dgn cara dibakar atau dengan cara lain yang memadai oleh Apoteker Pengelola Apotek bersama dgn sekurang-kurangnya seorang petugas apotek e. Disimpan sekurang-kurangnya selama 3 tahun setelah lewat 3 tahun. Apa yang membedakan antara dokte umum dengan dokte gigi dalam memberikan resep? Jawab: Dokter Umum & Dokter Spesialis » tidak ada pembatasan mengenai jenis obat yg boleh diberikan kepada penderitanya. Uraikan secara singkat ukuran dan fungsi kertas resep dokter! Jawab: a. Fungsi resep » sebagai dokumentasi penting & sah untuk apotek atas permintaan obat oleh pasien dari dokter yang bersangkutan 5. 4. Disimpan menurut urutan tanggal dan nomor unit pembuatan » untuk memudahkan penelusuran kembali bila terjadi sesuatu akibat dari obat yg diberikan c. Disimpan ditempat yg aman » menghindarkan dicuri untuk disalahgunakan oleh orang yg tidak bertanggung jawab (mis : menuliskan resep palsu meminta obat bius) b.apotek boleh memusnahkan resep tersebut dengan membuat proses verbal (berita acara) pemusnahaan d.

keuntungannya adalah volume dan kemasan racikan yang sederhana. apakah sesuai dengan indikasi pasien? keamanannya.dtd No X S3 dd pulv I —————————-paraf Resep Obat Jadi R/Amoxsan dry syr fl I 2. Resep Racikan R/Amoxycilline mg 125 Paracetamol mg 100 Codein mg 3 M. sirup dan lain-lain bobot/jumlah zat aktif per-formula: berapa dosis yang tersedia dan berapa pula yang dibutuhkan penderita untuk tiap kali pemberian? kemasan wadah farmakokinetik obat cara pemberian obat : yang sesuai apakah per oral atau parenteral? penyimpanannnya dalam keadaan yang bagaimana sebaiknya agar bahan aktif obat tidak rusak? harganya berapa? singkatan-singkatan sesuai kaedah penulisan resep yang sesuai yang bagaimana yang akan dituliskan? Resep sendiri dapat diberikan dalam formulasi bentuk sediaan jadi ataupun dalam format racikan. Kalkulasi Penetapan Harga Obat Dalam dunia pelayanan kesehatan. bagaimana harganya? Apakah terjangkau oleh pasien? Dan berapa cost (biaya) yang harus dikeluarkan pasien untuk pengobatan yang diberikan? ketersediaan.11 kg. pengobatan dan akhirnya evaluasi pengobatan.a. . apakah tablet. Tahap-tahap tersebut secara umum dapat kita kelompokkan sebagai pedoman diagnosis (3 langkah pertama) dan pedoman pengobatan (3 langkah terakhir). pulv. 3 tahun. apakah ada efek samping yang perlu diwaspadai kesesuaian. Masing-masing memiliki keuntungan dan kerugian. demam. pemeriksaan. diantaranya: aimana khasiat obat. malas makan. Hanya saja untuk meracik diperlukan ketrampilan khusus dalam hal meracik dan pengetahuan mengenai interaksi obat. dibawa oleh ibunya ke dokter dengan keluhan menangis. Setelah ditentukan diagnosis maka akan ditentukan pengobatan apa yang paling sesuai untuk pasien. apakah ada kontraindikasi? harga (cost).f. Setelah dilakukan pemeriksaaan Ucok didiagnosis Tonsilofaringitis akut dan akan diresepkan obat untuk penggunaan 3 hari yang terdiri dari: Amoxycilline 25-50 m/kgBB/hari Paracetamol 100 mg/kali beri Codein 1 mg/tahun usia/kali beri Dari kasus di atas maka dapat kita buat resep dalam bentuk racikan dan resep obat jadi sebagai berikut: 1. apakah memang ada tersedia di apotik di daerah yang diresepkan? Hasil pertimbangan pemilhan obat tersebut akhirnya akan dituangkan dalam bentuk resep. pemilihan obat. Dalam menulis resep juga perlu dilakukan dengan mempertimbangkan beberapa hal di bawah ini: zat aktif : apakah hanya satu atau lebih dari zat aktif. mudah dibawa dan harga lebih murah. mulai dari anamnesis. kemudian bagaimana khasiat masing-masing obat jika lebih dari satu macam bentuk sediaan obat: yang mana yang sesuai. diagnosis untuk menentukan problema utama penderita yang merupakan sasaran pengobatan. Beberapa pertimbangan yang dipikirkan dalam menentukan obat pilihan.B.l. Dari sisi resep dalam bentuk racikan. mual dan merasa nyaman bila dipijat-pijat. kita telaah resep pada kasus berikut ini! Tentukan mana yang lebih ideal peresepan obat racikan atau sediaan jadi dengan kajian dari sisi harga yang harus dikeluarkan! Ucok. batuk. kita mengenal adanya standard operating procedure yang terdiri dari 6 langkah.

65 =1.000 3 7.sedangkan pada kelompok resep obat jadi paling mahal Rp 104.000 2 27.625 =1. kita lihat perbedaan harganya pada tabel di bawah ini. Total harga pada resep racikan dengan nama generik lebih murah.. Codein Dosis untuk satu kali pemakaian = 1 x 3 = 3 mg Penggunaan 3 hari = 3 x 3 x 3 = 27 mg (3 tablet) Selanjutnya kita tabulasi harga untuk obat dalam nama generik dan dalam nama dagang seperti terlihat pada tabel diatas. Paracetamol Dosis untuk satu kali pemakaian= 100 mg Penggunaan 3 hari = 3 x 3 x 100 mg = 900 mg (2 tablet) 3.785 Berdasarkan tabel .000. Tabel. Pada tiap-tiap apotik juga ada variasi harga untuk tiap jenis resep.-).6 – 183. Perbedaan Harga Obat dalam Resep Racikan dan Resep Obat Jadi Apotik Resep Racikan (Rp) Resep Obat Jadi (Rp) 1 20.500 Codipront syr 23.650 48.800 100.000 Rerata 15.dibandingkan dengan total harga resep obat jadi dalam nama dagang ( Rp . Amoxycillin Dosis untuk satu kali pemakaian =(25-50)11 = 91.800.13 84.S 3 dd cth I R/Panadol syr fl I S 3 dd cth I R/Codipront syr fl I S 3 dd cth I ——————-paraf Sekarang.000 92.000 86.185 95.050 Amoxsan dr syr 15.500 5 16.650.785. Pada kelompok resep racikan paling mahal harga yang harus dibayar yaitu Rp 27. Diatas dapat kita lihat.185.500 Paracetamol 42.125 Berdasarkan table Diatas bisa kita ketahui bahwa ada perbedaan total harga resep dalam bentuk racikan dan dalam bentuk jadi.3/x beri = 125 mg Penggunaan 3 hari = 3 x 3 x 125 mg = 1125 mg (2 ¼ tablet) 2.000 90.000 7 10.-) dibanding dengan harga obat jadi (Rp 95. Harga pada resep obat racikan lebih murah (Rp 15.50 1040.500 104.000 98..55 1456.26 =100 Panadol syr 9. adanya perbedaan harga pada resep obat racikan dan resep obat jadi. yaitu Rp 2.200 Codein 485.000 6 13.Berikut kalkulasi biaya obat yang menyebabkan perbedaan harga resep obat racikan dan resep obat jadi : 1.425 TOTAL 2. Perbandingan Harga Resep Obat Racikan dalam Nama Generik dan Resp OBat Jadi dalam Nama Dagang Obat Generik Harga @ (Rp) Total Harga Obat dalam Nama Harga @ (Rp) Dagang Amoxycillin 462.000 4 12.000 100. Data dari tabel diperoleh dari harga obat di 6 apotik yang berbeda yang berada di kota X Tabel.

Nah karena target penjualan ini biasanya ada di akhir bulan. PBF atau Sub distributor Obat (Saya rangkum jadi Distributor saja). maka untuk itu Apotek biasanya kudu siap-siap setiap tanggal 25-30 untuk menyiapkan obat apa yang harus kita beli. Jika resep racikan di tambah dengan biaya peracik umumnya Rp 20. Jenis Obat .125. Kalau mau membeli obat dengan jumlah besar biasanya diskonnya juga besar. karena mereka harus mempersiapkan obat dan harus menghitung dosis dengan tepat. Namun harus diperhatikan bahwa di kota metropolitan jumlah pelanggan sangat besar jika dibandingkan daerah terpencil.300. Mendapatkan Diskon Jika beruntung distributor akan memberikan diskon sekitar 2.650. Para Distributor ini memiliki marketing/sales obat yang datang ke Apotek secara rutin dan memberikan informasi mengenai Obat baru. Uang Jasa dokter juga kadang dilibatkan juga dalam resep obat. Biasanya sales obat memberikan pelayanan Ekstra misalkan : diskon. meskipun demikian dapat juga ditemukan apotek mencantumkan harga jual apotek minus PPN.pun masih lebih murah resep racikan dibanding resep obat jadi. meskipun demikian beberapa merek tertentu bisa diberikan dalam bentuk obat misalkan : Beli 10 bonus 1. maka Apotek akan menambah harga jual sesuai dengan kebijakan apotek tersebut. keuntungan bisa mencapai 40%-80%. 3. biasanya kalau lebih dari itu jarang terjadi. kalau kebablasan beli biasanya saat tagihan datang kita kudu minta sama sales untuk ditunda dulu pembayarannya. Nilai PPN ini cenderung tetap dan standar terjadi di setiap apotek.+ Rp 20.C.= Rp 22.. ini tergantung dari dokternya karena tidak semua dokter mau menerima uang jasa apotek karena harga obatnya biasanya jadi mahal dan bikin dokter nggak laris. Pemberian Uang Resep/Jasa Nilai uang resep ini sangat tergantung dari Apotek yang melayani. 5.. 2. Pemberian Harga Jual Apotek Dari harga yang sudah ditambahkan PPN. 48. Misalkan : 10% sampai 80%. Namun untuk di daerah Kabupaten di Luar Jawa. Daerah/lokasi Apotek. Ini tergantung dari : Jenis Apotek. Selain itu Apoteker juga dituntut untuk memberikan komunikasi. 6.300 . 1. berkisar 5%-15%. maka harga obat akan ditamba Rp. dll. Bagaimana Mendapatkan Diskon Biasanya pihak distributor dan Pabrik obat memberikan diskon tertentu kepada Apotek karena mereka biasanya di kejar target penjualan.informasi dan edukasi. Diskon ini biasanya dilihat juga bagaimana rutinitas Apotek membeli Obat. 4.000. Jadi nggak usah heran kalau obat yang dibeli dengan resep tentu sedikit lebih mahal jika dibandingkan dengan obat yang dibeli tanpa resep. Disamping itu jumlah obat dan lokasi apotek juga berpengaruh dalam memberikan diskon obat. Uang ini biasanya di bagi untuk Apoteker dan Asisten Apoteker di Apotek. entertainment. yaitu Rp 2. Apotek Akan membeli Obat di Distributor Apotek akan mengadakan obat-obatan dari Distributor Obat..-). Misalkan : Di kota metropolitan keuntungan apotek sangat kecil. Obat daluwarsa dan yang paling penting nih *diskon* obat yang akan dibeli.650. misalkan 1 buah resep akan diberikan jasa Rp.5% sampai 5 %.-. tapi apotek harus mempertimbangkan bagaimana posisi keuangannya pada akhit bulan itu. Pemberian PPN 10% Setiap obat yang dibeli di distributor akan dijual oleh apotek dengan kenaikan 10% karena PPN yang harus dibayar oleh Apotek. karena kelangsungan pembelian obat juga berpengaruh pada pemberian diskon. Tapi yang penting Apotek bisa mendapatkan obat. Oleh sebab itu Harga Jual Obat Di Apotek adalah = [Harga Distributor] + [PPN 10 %] + [Harga jual Apotek] + [Uang Resep/Jasa dokter] .000. Cara menentukan Harga Obat di Apotek Berikut ini beberapa hal yang penting untuk anda ketahui dalam memberikan harga obat di Apotek.. Mereka mempunyai daftar harga dan bersaing mendapatkan Apotek untuk menjual obat-obat yang dijual.

7.5 mg = Rp. beri etiket lengkap. paten 2.000 Toeslag = 300 Total = 66. jumlah obat & harga obat) 10. Contoh 2: Tablet Obat Paten – Tunggal R/ Xanax Tab 0.25 mg = Rp. Tersedia dalam tablet 200 mg dan 400 mg 4.. Obat diserahkan.LXX: 70 x 1600 = Rp.5 mg No.400 mg Rp. pemakaian malam 1 tablet disertai label Harus dengan Resep Dokter. X . Harga resep : . obat. Resep dibundel per hari. 2. 6. berikan etiket (no.5. masukkan dalam kantong. masukkan dalam kantong.600. 8.000 . 3. bukan obat paten 2. Tulis alamat & no tilp/ hp. 9. Harga resep: 30 x 2. resep dikerjakan. Setelah 1 bulan pengeluaran & pemasukan obat psikotropik dilaporkan ke Balai POM. tgl. ambil tablet xanax. 1. Khasiat: Psikotropik 3. Dari buku resep. beri informasi (obat apa dan cara penggunaan). Bila dibeli ½ nya harus diberi salinan resep : . Setelah ada persetujuan harga.300 5. alamat. Catatan: 0 – 0 – 1 artinya pagi tidak makan obat Siang tidak makan obat Malam makan obat 1 tablet Contoh 3: Resep Dokter Kapsul – Obat Paten > 1 macam R/ Amoxan 500 No. masuk system inventory. pemakaian sehari 3 x 2 tablet dan labe “Harus Dengan Resep Dokter”) 8. Resep ditulis pada buku resep (lengkap) karena xanax obat psikotropik harian yang mencatat khusus masuk dan keluarnya obat–obat psikotropik. 1. Golongan: Obat keras. & sebutkan cara penggunaannya. catat alamat & transaksi pembayaran. diberikan informasi secukupnya. Khasiat: Antivirus (herpes) 3.200/ tab Xanax 1 mg = Rp.618/ tab 4. Ambil Acyclovir 400 mg sebanyak 70 tablet.Contoh 1: Resep dokter tablet Obat Generik – Tunggal R/ Acyclovir 400 mg LXX S 3 dd II Pro: Nn. setelah 1 bulan bundelan resep disimpan dan diberi tanda. sisanya berapa) atau dimasukkan ke computer. umur. Resep dikerjakan setelah ada persetujuan harga. 800.R/ Acyclovir 400 mg LXX .Total = Rp.S 3 dd II . Tersedia dalam: Xanax 0. Kartika 1. Golongan: Obat keras.200 = 66. 112. Resep disalin ke buku resep (nama pasien. Obat diberikan pada pasien. Harga jual 200 mg Rp. resep. obat yang keluar distok pada kartu stok (jumlah yang keluar berapa. nama.550/ tab Xanax 0.Toeslag = Rp.det 35 kalau setengah did atau det 35 7. 300 . 112. XXX S0–0–1 1.300 6.

900 .856 Untuk Promactil.200/ kap Mefinal kapl 250 mg Rp. Contoh 5: Resep Dokter Sirup Antibiotik Tunggal R/ Erythrocyn Syr fl I S 3 dd cth 1 Fani (2 ½ thn) 1. Setelah persetujuan harga. dicampur. Perhitungan harga resep: .346 . dibagi 2. Donny 1. 8/4 maksudnya yang tersedia 4 mg tetapi di resep 8 mg.Tablet Promactil 100 mg Rp. 4. 1. 297/tab .600 4. resep disiapkan. 1.160 . Tahap selanjutnya kurang lebih sama dengan tahap-tahap sebelumnya di Resep contoh 1 dan 2. setelah itu. Amoxan kaps 250 mg Rp. 1. 75/tab Digerus satu-satu.120/ kapl Total: (10 x 3. ambil amoxan 500. sirup kering dikocok dulu.500 . 49. 50 = Rp. ada mortir untuk serbuk. 60 = Rp.THF = 18 x Rp. Signa: 3 dd 1 sendok the 3. 2. 200/tab .Kapsul = 18 x Rp. 14.S 3 dd caps R/ Mefinal 500 No. Beri etiket lengkap. berikan informasi. 44. 3. 200 = Rp. pemakaian 3 x kapsul Ada mortir untuk cairan. ditambahkan akuades sesuai petunjuk.Promactil = 18 x Rp. 60/tab . Penyerahan resep.Tablet haloperidol 5 mg Rp. 3. 10 kaps dan mefinal 500.Tablet Perphenazin 4 mg Rp. 5.350 . Perhitungan harga: Erythrocyn Syr = Rp.Tablet Haloperidol = 18 x Rp. Contoh 4: Resep dokter Resep Obat – Racikan R/ Haloperidol 5 mg Perphenazin 8 mg Promactil 100 mg THF (trihexiphenidil) 2 mg mf da in cap dtd XVIII S 3 dd I 1.Tablet THF 2 mg Rp.200 Amoxan Mefinal Toeslag 3.800/ kap 500 mg Rp. 75 = Rp. berkhasiat untuk infeksi saluran pernafasan 2. 5. tutup dan beri etiket sesuai signa dan beri label “Harus dengan Resep Dokter” dan “Kocok Dahulu”. Golongan obat: Keras. Setelah ada persetujuan harga. Campuran dimasukkan dalam kapsul sebanyak 18 kapsul. 1. .120) + (2 x 500) = Rp.600 Toelag = Rp. 50. .Perphenazin = 18 x 8/4 x Rp. 680/ kapl 500 mg Rp. X S 3 dd kapl Tn. Sediaan sirup kering antibiotic erythromisin. 10 kapl kemudian masukkan dalam kantong. 297 = Rp.Toelag = Rp. paten Amoxan: Amoxicillin (Sanbe Farma) golongan antbiotik Mefinal: Asam mefenamat (Sanbe Farma) Dicek dari buku ISO/ MIMS 2. Campuran obat-obat antipsikis. dimasukkan ke kapsul.200) + (10 x 1. obat disiapkan.Total Rp. 2. 1.600 .000 Total = Rp. 3.

Taksiran jumlah resep dalam satu tahun = 8 lembar x 30 hari x 12 bulan = 2880 lembar Waktu pelayanan resep per pekan = 15 menit x 56 resep = 840 menit ~ 14 jam Rumus Biaya peracikan per resep = Biaya langsung +∑ gaji perpegawai x Jumlah pegawai peracikan total jam pegawai apotik + Jumlah resep yang diracik 1.500. 3.000. Biaya pemakaian supp.5.200 Ephedrin 0. 5. Gaji AA di bagian peracikan : 14 jam untuk pelayanan resep dari total 14 jam/pekan . Biaya profesi APA sebesar Rp 19.800.000.2.000.. 42. Contoh Kalkulasi Biaya Peracikan Resepnsebuah apotik Diketahui Apotik X memiliki laporan keuangan satu tahun sebagai berikut 1.000 Codein (1 tab = 10 mg) D. 50. Taksiran penjualan resep = 2880 x Rp. Signa: dibuat sirup 200 cc.100 Dextamin 18 tab mf sirup S 3 dd C1/ pc Catatan: aa = masing-masing 10 ml Codein = penekan batuk.500.000.000. 2. kantor = Rp. Biaya pemakaian supp.000.000.Contoh 6: Resep dokter Sirup – Racikan R/ Potio nigra Sir Thymi aa 100 Codein 0. 1.000. Perhitungan harga: Potio nigra 1 botol 100 cc (OBH combi) Rp.800.3. 4.000. Biaya Sewa = Rp. diminum setelah makan. 1. Khasiat: Obat batuk 2. signa sehari 3 x 1 sendok makan. apotek = Rp 500. biasanya Codein HCl Ephedrin = biasanya untuk susah nafas Dextamin = antihistamin. Gaji juru resep di bagian peracikan Rp 7. total gaji AA dibagian peracikan Rp 20. antialergi C1 = 1 sendok makan pc = setelah makan 1.071. Perhitungan : Biaya profesi APA di bagian peracikan : 5 jam untuk pelayanan resep dari total 14 jam/pekan = = = Rp.

5000.- 4. 2. pengobatan dan akhirnya evaluasi pengobatan 2. diantaranya: .200.= Rp.000.000.000.+ Rp.000.Total penjualan = Rp.= = = Rp.500.000.untuk tahun pertama Tugas Individu Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan jelas dan benar! Sebutkan standard operating procedure dalam dunia pelayanan kesehatan ! Jawab: Standard operating procedure yang terdiri dari 6 langkah. 551.000.800.400.Taksiran penjualan resep = 2880 x Rp. 3. 2. Jadi. 1.. 750. Gaji juru resep di bagian peracikan : 5 jam untuk pelayanan resep dari total 14 jam/pekan = = = Rp. 50.000. Biaya Sewa = Rp.000. 1. 391...Biaya pemakaian supp. Biaya tetap tidak langsung terkait dengan ruangan usaha (biaya inventaris penyusutan gedung) dialokasikan dengan menggunakan rasio ukuran yang dipakai bagian peracikan dibanding dengan total luas ruangan usaha (dalam m2). Sebutkan beberapa pertimbangan yang dipikirkan dalam menentukan pilihan obat! Jawab: Beberapa pertimbangan yang dipikirkan dalam menentukan obat pilihan..035. mulai dari anamnesis.~ Rp.- Alokasi untuk apotek = Rp. berdasarkan data estimasi yang digunakan maka biaya peracikan per resep rata-rata adalah Rp. kantor = Rp. apotek = Rp 500.Biaya peracikan per resep = = Rp.000.3.5.000.000.. pemeriksaan. pemilihan obat. 2.000.luas ruang peracikan 9 m2 dan total luas usaha 100 m2 = Rp 450. Biaya tidak tetap tidak langsung lainnya terdiri dari : Biaya pemakaian supp. diagnosis untuk menentukan problema utama penderita yang merupakan sasaran pengobatan. 144.000.000.

600.Berapakah Harga resep obat 200 mg jika toeslag Rp 300 dengan tablet 20 biji? Jawab: 20 x 800 = Rp. sirup dan lain-lain bobot/jumlah zat aktif per-formula: berapa dosis yang tersedia dan berapa pula yang dibutuhkan penderita untuk tiap kali pemberian? kemasan wadah 4.Total = Rp.000 . Khasiat: Antivirus ( 3. perbekalan kesehatan lainnya kepada masyarakat.f pulv No X t d d pulv I Pro : Shinta (3 tahun 9 bulan Berdasarkan resep jumlah bahan yang digunakan yaitu: Parasetamol yang digunakan yang kekuatannya 500 mg Tablet Ctm yang tersedia berkekuatan 4 mg Berapakah jumlah bahan yang digunakan dalam satuan tab? Jawab: Jumlah Parasetamol 500 mg Ctm TUGAS KELOMPOK UJI KOMPETENSI 2 A. a. Sebutkan hal-hal yang dipertimbangkan dalam menulis resep! Jawab: Dalam menulis resep juga perlu dilakukan dengan mempertimbangkan beberapa hal di bawah ini: zat aktif : apakah hanya satu atau lebih dari zat aktif. d. bukan obat paten 2. apakah tablet. atau e di depan jawaban yang benar! 1. 166. Tersedia dalam tablet 200 mg dan 400 mg 4. 16. disebut ….bagaimana khasiat obat. kemudian bagaimana khasiat masingmasing obat jika lebih dari satu macam bentuk sediaan obat: yang mana yang sesuai. Farmasi . Fitri 1.Toeslag = Rp. 300 . c.s m. Hitunglah biaya resep dokter Chandraberikut Resep dokter tablet Obat Generik R/ Amoksisilin 400 mg S 3 dd II Pro: Nn. Golongan: Obat keras. Tempat dilakukan pekerjaan kefarmasian dan penyaluran sediaan farmasi. b. perhatikan racikan obat berikut: R/ Paracetamol 500 mg ½ tb Ctm 1 mg S.. Berilah tanda silang (x) pada huruf a.300 5. apakah sesuai dengan indikasi pasien? keamanannya.400 mg Rp. apakah memang ada tersedia di apotik di daerah yang diresepkan? 3.L q. apakah ada efek samping yang perlu diwaspadai kesesuaian.. bagaimana harganya? Apakah terjangkau oleh pasien? Dan berapa cost (biaya) yang harus dikeluarkan pasien untuk pengobatan yang diberikan? ketersediaan. Harga jual 200 mg Rp. apakah ada kontraindikasi? harga (cost). 1. 800.

dan distribusi obat atas resep dokter c. dan 5 Yang berhak meminta salinan resep adalah . dan distribusi obat atas resep dokter. 2.. dokter penulis resep b.679/MENKES/SK/V/2003 meliputi melaksanakan pembuatan termasuk pengendalian mutu sediaan farmasi. pelayanan informasi obat serta pengembangan obat. dan 3 b. Apoteker c. pengembangan obat.. penyimpanan. Apotik d. Dokter umum b.. 4. a. penderita. Farmasi b. Dokter gigi c. 3. dan 5 e. Permintaan tertulis dari dokter. penyimpanan. 1. 1. 3. Memudahkan pengembangan obat Alasan Resep ditulis dalam bahasa latin adalah …. digunakan untuk menyelenggarakan upaya kesehatan dalam memelihara dan meningkatkan kesehatan demi tercapainya. apograph Berikut Lingkup pekerjaan Kefarmasian Asisten Apoteker. 2. disebut … a. a. Perhatikan pernyataan berikut! 1. Farmasetika e. 3. dan 4 d. apograph pembahasan: apotek merupakan salah satu sarana pelayanan kesehatan yang menurut UU RI No. Menjaga kerahasiaan 3. Dokter hewan d. apoteker c. bahasa mati. Apoteker . Melaksanakan pembuatan dan pengendalian mutu sediaan farmasi b. Pusat pengembangan obat-obatan pembahasan: Lingkup pekerjaan Kefarmasian Asisten Apoteker pada Keputusan Menteri Kesehatan No. petugas kesehatan atau petugas lain berwenang menurut peraturan perundang-undangan. ahli kimia d. 4. bahan obat dan obat tradisional. dokter hewan kepada apoteker untuk menyediakan dan menyerahkan obat bagi pasien. dan 4 c. 4. Menyamakan persepsi (dokter dan apoteker) 4 Bahasa paling mudah dipahami 5. 23 tahun 1992 tentang Kesehatan. Apoteker c. dokter gigi. a. pengadaan. Resep d. bahasa medical science 2. pelayanan informasi obat d. 3.. Berarti hubungan yang terjadi dan saling terkait yaitu antara yang membuat resep yaitu dokter. pengadaan. a. bahan obat dan obat tradisional e. 2. kecuali ….2. Bahasa universal. 6. Farmasetika e. b. Menurut UU tidak ada pembatasan mengenai jenis obat yg boleh diberikan kepada penderitanya khususnya bagi …. 5. ahli gizi e. perawat pembahasan: Yang berhak meminta salinan resep adalah dokter penulis resep. dan yang mengawasi peracikan/pembuatan resep yaitu apoteker lalu yang membuat/ meracik sediaan obat sesuai dengan resep adalah tenaga teknis kefarmasian atau Asisten Apoteker.

kemudian bagaimana khasiat masing-masing obat jika lebih dari satu macam bentuk sediaan obat: yang mana yang sesuai. antara lain sebagai beriku. a. Tanda tangan atau paraf dokter penulis resep sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. a. kesuali …. kecuali dengan resep baru dari dokter. disebut …. Tanggal penulisan resep (superscriptio/inscriptio) b. Beberapa pertimbangan yang dipikirkan dalam menentukan obat pilihan. opium e.e. apakah ada kontraindikasi? harga (cost). Dokter penulis resep b. Cito b. Tanda tangan atau paraf Apoteker 10. nama setiap obat atau komposisi obat (invocatio/inscriptio) c. Terapis kesehatan 9. apakah ada efek samping yang perlu diwaspadai kesesuaian. Departemen kesehatan 8. rumah sakit c. Tanda R/ pada bagian kiri setiap penulisan resep. Resep dimana salah satu obat/bahan obatnya tergolong narkotika. Pasien penderita d. apakah tablet. apakah sesuai dengan indikasi pasien? keamanannya. bagaimana khasiat obat. Terapis kesehatan e. dan setiap resep yang mengandung . Dokter tidak boleh memberi obat sendiri langsung kepada pasien pada daerah yang telah ada …. Praescriptio/ordonatio d. Statim d. a. atau dokter hewan. maka Apoteker berkewajiban menanyakan kepada …. Nama.. bagaimana harganya? Berapa jumlah obat yang dipesan? Pembahasan: Hasil pertimbangan pemilhan obat tersebut akhirnya akan dituangkan dalam bentuk resep. PIM pembahasan: Resep yang mengandung obat narkotika tidak boleh diulangi penyerahan obatnya atas dasar resep yang sama. dokter gigi. alamat dan nomor izin praktek dokter.. Dibawah ini merupakan yang memuat bagian resep. Terapis 7. dikenal istilah …. Urgent c. Pasien penderita e. Aturan pemakaian obat yang tertulis (signatura) e. apotik b.. a. Asisten apoteker c. Resep yang tidak dapat dibaca secara jelas atau tidak lengkap. Dalam menulis resep juga perlu dilakukan dengan mempertimbangkan beberapa hal di bawah ini: zat aktif : apakah hanya satu atau lebih dari zat aktif. Asisten apoteker d. Signatura e. Subscriptio 12. a. a. Invocatio c. kecuali ….. sirup dan lain-lain bobot/jumlah zat aktif per-formula: berapa dosis yang tersedia dan berapa pula yang dibutuhkan penderita untuk tiap kali pemberian? kemasan wadah farmakokinetik obat 11. inscription b.

Perhatikn Contoh copie resep Apotek Diponegoro Jl.800 d.Abdul Muluk Tgl ditulis resep : 06-09-2013 No. Rp 4. Bila dosis obat yang diberikan melebihi dosis terapeutik terutama obat yang tergolong racun ada kemungkinan terjadi keracunan.750 15. toxic b.narkotika alat penderita harus diketahui dengan jelas. Urgent d.A. 500 .d. Perrhatikan resep berikut Kapsul – Obat Paten > 1 macam R/ Aminophilin 500 No.No. m. Rp 44.Kapsul = 15 x Rp. 06-09-2013 Salinan Resep Resep Untuk : A. 550 = Rp. C.dtd.Tgl.200 b.pulv.XV da in caps s. 13.Syamsuni. Rp 8750 e. a. resep ini diberi tanda khusus.06-09-2013 R/ Acetosal 500 mg Codein HCl 20 mg C. X S 3 dd kapl Tn. Untuk menghindari kekeliruan. 8250 . Rp 8790 Pembahasan: .f. Codein HCl 20 mg Rp 200/ tab.Total Rp. Cito c. 8. a. Rp 44.5914007 Apoteker: Drs. Rp 7900 c.600 c.Pembuatan : 113.Syamsuni. X S 3 dd caps R/ Luminal 500 No.T.c Yang menyalin: Drs. 550/ tab. 1.c. 3959/B Jakarta.M 4 mg Rp.Apt SIK: No. Rp 4. H.. dinyatakan sebagai dosis …. a. Statim e Invocatio 14.Faruk Resep dari : Dr.M 4 mg S. Ismail JIka Toeslag 500 total biaya resepnya sebesar ….000/ tab dengan toeslag 500. Rp 8250 d.t.d caps I detur Cap apotek p. Diponegoro 48 Tlp. Rp 7240 b.Toelag = Rp.968 .T.L qs. total biaya R/Acetosal adalah ….Apt Jika R/ Acetosal 500 mg Rp.

18. jumlah cc digoksin yang harus perawat berikan untuk Ibu S adalah …. agar setelah 3 bulan dapat memudahkan dilakukan pemusnahan obat yang kadaluarsa d. 65 tahun.b.200/ kap Luminal kapl 250 mg Rp. 1. tablet antibiotic yang perawat harus berikan pada Bp. 3. 4 cc e.125 mg = 1 cc. Ambilah. 4 tablet e.25 X = 2 cc Diketahui jumlah biaya profesi AA sebesar Rp 20.25 mg 1 cc X 0. 19. 44. Rp. Opa d. 5 cc pembahasan: Dosis digoksin yang harus Ibu S terima = X cc. Red Fungsi penyimpanan kertas resep menurut urutan tanggal dan nomor unit pembuatan adalah …. Pada vial / kemasan obat tersebut tertulis 0. Diketahui: 1 tablet = 200 mg Maka: X = 400 mg/tablet X= 400 mg /200 mg X = 2 tablet Ibu S.000.- . 1. harus diberikan obat antiaritmia (digoksin) sebanyak 0. Ova e. berikan Bp.120/ kapl Total: (10 x 3.16. Rp 4.200 Amoxan Mefinal Toeslag Obat yang sudah diserahkan dalam resep dikenal istilah …. e. Rp. semua jawaban benar Tanda R/ ini singkatan dari Bahasa Latin yakni Recipe artinya ….25 mg per intra vena (IV). 1 tablet b. memudahkan pelaksanaan system administrasi obat e. kalkulasikan d. a. 20.cc c. jumlahkan c.071.800/ kap 500 mg Rp. Nedet b. Det c. a. 1.120) + (2 x 500) = Rp. 2. a. a.200) + (10 x 1.171. 0. 5 tablet Pembahasan: Jika tablet yang harus diberikan = X Tablet. R adalah …. 1 cc b.500. 1. sebarkan b. e. 3 tablet d. a. 21. 2 tablet c.000 serta 6 jam untuk pelayanan resep dari total 15 jam/pekan dengan jumlah jam kerja 86 jam maka Biaya profesi APA di bagian peracikan sebesar …. menghindarkan dicuri untuk disalahgunakan oleh orang yg tidak bertanggung jawab c. 680/ kapl 500 mg Rp. a. 3. tablet antibiotic yang tersedia adalah 200 mg.125X = 0. 17. R membutuhkan 400 mg antibiotic sesuai dengan resep yang ada.125 mg = 0.000.cc d.970 pembahasan: Aminophilin kaps 250 mg Rp. untuk memudahkan penelusuran kembali bila terjadi sesuatu akibat dari obat yg diberikan b.

pemberian tanpa resep dokter Bila dokter menginginkan resepnya diulang maka dokter akan menulis tanda …. Dosis terapi b. Urgen pada resepnya c..000 Obat yang diberikan kepada penderita dipengaruhi oleh …. Praescriptio/ordonatio d. PIM pada resepnya d. pemberian dengan resep dokter e. Invocatio c. 24. dokter akan menulis tanda N. pemberian dengan resep dokter e. 25. Rp 1. disebut dosis …. pemberian obat luar c.e. 1. penggunaan bahan obat yang mahal dan berkualitas c. kemampuan dokter dalam menganalisa e. Signatura e. a.395. inscription b.000. pemberian secara oral d.272. a. 1. a.. pemberian secara oral d.000 pembahasan: 20. Dosis minimum c. Dosis toksik d. 23.d. cara pemberian obat tersebut dan keadaan penderita b. pemberian obat luar c. Rp. disebut ….I = Ne iteretur = Tidak boleh diulang Istilah lain dari copie resep (salina resep) ialah ….395. a. yaitu . Rp. Farmasetika e.22. pemberian secara injeksi b. 27. Farmasi b. Ne iteretur pada resepnya pembahasan: Bila dokter menginginkan resepnya diulang maka dokter akan menulis tanda iter pada resenya. Dosis d. keinginan penderita untuk sembuh Etiket yg dpasang pada wadah obat ada yang berwarna Putih artinya …. a. pemberian secara injeksi b. apograph Takaran obat terkecil yang diberikan yang masih dapat menyembuhkan dan tidak menimbulkan resistensi pada penderita.500. Dosis imun Pembahasaan: Selain dosis lazim.. CITO pada resepnya e. c. a. asal mula bahan obat diperoleh d.. pemberian tanpa resep dokter Etiket yg dpasang pada wadah obat ada yang berwarna biru artinya …. 26.500.371. tetapi bila tidak ingin resepnya yang mengandung obat keras tanpa sepengetahuannya diulang. a.000 X 6/86 = Rp 1. 28. Dosis letalis e. baik untuk obat dalam maupun obat luar. Apoteker c. juga dikenal macam – macam istilah dosis yang lain. iter pada resenya b. apograph Takaran obat adalah banyaknya suatu obat yang dapat dipergunakan atau diberikan kepada seorang penderita.

misalnya: Voltaren.538 d.600 -41. 5.000.538 Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan singkat dan benar! Siapakah yang berhak menerima Pemberian Uang Resep/Jasa? Jawab: Dokter. harus mendapat resep dokter Diketahui Gaji juru resep di bagian peracikan dengan ukuran jam kerja yaitu 5 jam untuk pelayanan resep dari total 14 jam/pekan. Masing-masing memiliki keuntungan dan kerugian. harga lebih murah d. Jelaskan pengertian obat generic bermerek berikan contohnya! Jawab: Adalah obat generik tertentu yang diberi nama atau merek dagang sesuai kehendak produsen obat. Pehatikan resep berikut Sirup batukTunggal. takaran obat yang diberikan dalam keadaan biasa dan dapat menyembuhkan penderita. Rp 561.29.600 berapakah toelagnya? Jawab: Total = Rp. B. takaran obat dalam keadaan biasa yang dapat menyebabkan kematian pada penderita. kecuali …. Voren. Rp 961. 41. volume dan kemasan racikan yang sederhan b.000 per tablet. takaran obat terkecil yang diberikan yang masih dapat menyembuhkan dan tidak menimbulkan resistensi pada penderita 3. . Rp 661. 43. a. dengan PPN 10% . a. Rp 761.000 gaji juru resep perbulan adalah …. harga Sifadrosil syrup = Rp. 1. Biasanya salah satu suku katanya mencerminkan nama produsennya. harga jual 1. Voltadex. keuntungannya sebagai berikut.538 c. apoteker. Dari sisi resep dalam bentuk racikan. Dosis terapi.000 4. jumlah jam kerja sebulan 52 jam/perbulan total gaji 10.538 e. Sediaan sirup kering antibiotic erythromisin. Dosis minimum. Dosis letalis.600 =toelagnya 2. takaran obat dalam keadaan biasa yang dapat keracunan pada penderita. Di pasaran memiliki berbagai nama merek dagang.600 dengan harga jual dengan resep Rp. 30.000 dan uang jasa Rp 500 berapakah harga jual obat tersebut? Jawab: Rumus= [Harga Distributor] + [PPN 10 %] + [Harga jual Apotek] + [Uang Resep/Jasa dokter] = Rp 1000 +100+1000+500 = Rp 2. Resep sendiri dapat diberikan dalam formulasi bentuk sediaan jadi ataupun dalam format racikan.600 3. 6. 2.538 b. 2. Dosis toksik. 43. 4. dan lain-lain. jumlah obat dapat dingoisasikan e. Rp 861. berkhasiat untuk infeksi saluran pernafasan 2. mudah dibawa c. 1. Sifadrosil syrup kering 125 mg S 3 dd cth 1 Fani (2 ½ thn) 1. Signa: 3 dd 1 sendok teh 3. Klotaren. Contoh: natrium diklofenak (nama generik). Divoltar. Jelaskan pengertian obat paten! Jawa: Adalah hak paten yang diberikan kepada industri farmasi pada obat baru yang ditemukannya berdasarkan riset. Jelaskan pengertian obat generik! Jawab: Obat generik adalah obat yang hak patennya sudah kadaluarsa sehingga boleh diproduksi oleh berbagai produsen farmasi di dunia yang mengetahui formula obatnya. dan Asisten Apoteker Seorang detailer mendatangi apotik dengan menawarkan obat merk Renin seharga Rp 1.

.000/kap Diketahui jasa resep Rp 300. Resep Racikan R/Amoxycilline mg 125 Paracetamol mg 100 Codein mg 3 M. Mengapa masyarakat kurang begitu percaya terhadap obat generic? Jawab: Hal ini dikarenakan kuangnya pengetahuan masyarakat akan khasiat obat generic dengan harga lebih muah tapi memilki kandungan yang sama dengan obat bermerk.berisi 50 tablet dan HET (Harga Eceran Tertinggi) = Rp 13.7.. hanya saja lebih murah 9.000+900 = Rp 42. 8.per tablet. Tanpa promosi. Harganya sudah ditetapkan.000/kap Codein mg 3 Rp 2. Tidak bisa diotak-atik lagi.a. selain itu adanya sikap gengsi pada sebagian masyarakat 10.000 +20.900 .000) + (10 x 2.000) + (3 x 300) : 12.dtd No X S3 dd pulv I —————————-paraf Harga jual : R/Amoxycilline mg 125 Rp. pulv. Diketahui Natrium diklofenak 50 mg. Apa kelebihan obat generic dibandingkan obat bermerk? Obat generik memiliki khasiat yang sama dengan obat paten. para produsen obat yang memproduksinya menggunakan nama generik yang sama. Itu sebabnya harga obat generik jauh lebih murah ketimbang obat generik bermerek. yakni HNA (Harga Netto Apotek) plus PPN = Rp 10.f.200/ kap Paracetamol mg 100 Rp 1.605 berapakah harga Natrium diklofenak 50 mg dan jelaskan maksudnya! Jawab: harga per tablet Natrium diklofenak 50 mg gak akan lebih dari Rp 272. 1.000 + 10. siapapun produsennya.l.884. yakni Natrium diklofenak dengan label generik. tanpa upeti dan tanpa biaya-biaya non produksi lainnya.200) + (10 x 1. berapakah total biaya resepnya? Jawab: Total: (10 x 1.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->