LAMPIRAN

Lampiran 1 : RPP Kelas Kontrol RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
A. Nama Sekolah

: SMA N 78 Jakarta : Biologi : X (sepuluh) / 2 : 4 x pertemuan (4 x 90 menit)

Mata pelajaran Kelas/Semester Jumlah Pertemuan B. Standar Kompetensi

Siswa mampu menganalisis sistem organ pada organisme tertentu, serta kelainan atau penyakit yang mungkin terjadi serta implikasinya pada salingtemas.
C. Kompetensi Dasar

Mengaitkan struktur, fungsi, proses dan kelainan atau penyakit yang dapat terjadi pada sistem peredaran darah manusia dan hewan.
D. Indikator Pencapaian

a. b. c. d. e. f.

Mengidentifikasikan struktur dan fungsi komponen Menjelaskan struktur dan fungsi komponen darah Mengidentifikasi struktur dan fungsi pembuluh Menjelaskan struktur dan fungsi pembuluh darah Mengidentifikasi struktur dan fungsi jantung pada Menjelaskan struktur dan fungsi jantung pada

darah pada peredaran darah manusia pada sistem peredaran darah manusia pada sistem peredaran darah manusia pada sistem peredaran darah manusia sistem peredaran darah manusia sistem peredaran darah manusia

Siswa mampu mendeskripsikan kelainan yang terjadi pada sistem peredaran darah melalui media pembelajaran crossword puzzle berbasis web. . . Materi Pembelajaran 1. . manusia h. 3. peredaran darah manusia E.Siswa mampu mendeskripsikan struktur dan fungsi jantung pada sistem peredaran darah manusia melalui media pembelajaran crossword puzzle berbasis web. . F.Siswa mampu mendeskripsikan struktur dan fungsi pembuluh darah pada sistem peredaran darah manusia melalui media pembelajaran crossword puzzle berbasis web.g.Siswa mampu mendeskripsikan mekanisme peredaran darah pada sistem peredaran darah manusia melalui media pembelajaran crossword puzzle berbasis web. . Tujuan pembelajaran Menjelaskan mekanisme peredaran darah pada Mengidentifikasi kelainan yang terjadi pada sistem .Siswa mampu mendeskripsikan struktur dan fungsi darah pada sistem peredaran darah manusia melalui media pembelajaran crossword puzzle berbasis web. 2. • • • • Komponen penyusun sistem peredaran darah manusia: Darah Jantung Pembuluh darah Mekanisme sistem peredaran darah manusia Penggolongan darah Berbagai gangguan atau penyakit yang terjadi pada sistem peredaran darah manusia G. Metode Pembelajaran Pendekatan pembelajaran STAD dengan metode diskusi siswa.

Kegiatan Pembelajaran Pertemuan 1 (2x45 menit) 1. Guru menugaskan siswa untuk membaca materi yang akan dipelajari selanjutnya. Guru memberikan tugas untuk diskusi siswa dari materi yang telah dijelaskan sebelumnya Siswa berdiskusi mengenai tugas yang dibeikan oleh guru (konfirmasi) 3. Kegiatan Awal (10 menit) Kegiatan Guru memberi salam dan mengabsen siswa Guru menyampaikan tujuan pembelajaran Nilai karakter bangsa Religius . Menghargai prestasi Kerja sama Kerja sama Kreatif. Kegiatan Awal (10 menit) Nilai karakter bangsa Religius Kreatif dan rasa ingin tahu Kegiatan Guru memberi salam dan mengabsen siswa Guru menyampaikan tujuan pembelajaran Guru memotivasi siswa dengan mengajukan pertanyaan “apa saja yang diketahui tentang sistem peredaran darah?” 2. Pertemuan 2 ( 2 x 45’ ) 1. Kegiatan Inti (70 menit) Nilai karakter bangsa Rasa ingin tahu Toleransi. setiap kelompok terdiri dari 4 siswa. Kegiatan Akhir (1 0menit) Nilai karakter bangsa Rasa ingin tahu dan kreatif Rasa ingin tahu dan kreatif Kegiatan Siswa bersama guru mendiskusikan kesimpulan tentang komponen darah dan pembuluh darah. rasa ingin tahu dan kerjasama Kegiatan Guru menampilkan gambar berbagai macam komponen darah (eksplorasi) Guru menjelaskan mengenai materi komponen darah dengan menggunakan multimedia presentasi berbantu LCD (eksplorasi) guru membagi siswa dalam 8 kelompok. Rasa ingin tahu.H. Komunikatif.

menghargai pretasi Rasa ingin tahu dan kreatif Kegiatan Guru memberi salam dan mengabsen siswa Guru menyampaikan tujuan pembelajaran Guru memotivasi siswa dengan memberikan pertanyaan “apa yang sudah kalian ketahui tentang proses peredaran darah?” 2. Kegiatan Akhir (10 menit) Nilai karakter bangsa Toleransi. Kegiatan Inti (70 menit) Nilai karakter bangsa Religius Kreatif dan rasa ingin tahu . Kegiatan Awal (10 menit) Nilai karakter bangsa Jujur. Komunikatif. Menghargai prestasi Kreatif. 3. rasa ingin tahu dan kerjasama Kreatif.Guru memotivasi siswa dengan memberikan pertanyaan “apa yang sudah kalian ketahui tentang pembuluh darah?” 2. berbeda-beda tiap kelompok Siswa membuat charta pembuluh darah dan struktur jantung Siswa mengumpulkan tugas charta yang telah di buatnya kepada guru. Rasa ingin tahu. Kegiatan Inti (70 menit) Kreatif dan rasa ingin tahu Kegiatan Guru menjelaskan mengenai materi pembuluh darah dan struktur jantung menggunakan multimedia presentasi berbantu LCD (eksplorasi) Guru memberikan tugas siswa untuk membuat charta pembuluh darah dan struktur jantung. rasa ingin tahu dan kerjasama Tanggung jawab Kegiatan Siswa memberikan kesimpulan tentang struktur pembuluh darah dan jantung Guru menugaskan siswa untuk membuat powerpoint mengenai mekanisme peredaran darah dan kelainan pada sistem peredaran darah melalui internet ataupun buku. Pertemuan 3 (2x45 menit) 1.

rasa ingin tahu dan kerjasama Kegiatan Siswa memberikan kesimpulan tentang mekanisme peredaran darah dan kelainan pada sistem peredaran darah Guru menugaskan siswa untuk mempelajari kembali materi sistem peredaran darah Nilai karakter bangsa Jujur. Kegiatan Awal (10 menit) Kegiatan Guru memberi salam dan mengabsen siswa Guru menyampaikan tujuan pembelajaran Guru memotivasi siswa dengan memberikan pertanyaan “apa yang sudah kalian ketahui tentang sistem peredaran darah?” 2. Nilai karakter bangsa Menghargai . Komunikatif. Rasa ingin tahu. Kegiatan Akhir (10 menit) Nilai karakter bangsa Toleransi. menghargai pretasi Rasa ingin tahu dan kreatif Pertemuan 4 (2x45 menit) 1. Kegiatan Inti (70 menit) Nilai karakter bangsa Religius Kreatif dan rasa ingin tahu Kegiatan Siswa sudah duduk pada posisinya masingmasing Guru memberikan tes hasil belajar kognitif dan afektif Siswa mengerjakan tes hasil belajar kognitif dan afektif 3. Menghargai prestasi Kreatif. Kegiatan Akhir (10 menit) Nilai karakter bangsa Disiplin Tanggung jawab Kegiatan Guru meminta siswa untuk mengumpulkan tes hasil belajar kognitif dan afektif yang telah dikerjakan.Kegiatan Tiap kelompok siswa menjelaskanmengenai tugas yang telah dibeikan pada pertemuan sebelumnya Guru mempersilahkan siswa untuk berdiskusi mengenai hal-hal yang belum dipahami dari kelompok siswa yang presentasi (elaborasi) Guru melengkapi hasil diskusi siswa (Konfirmasi) 3.

....... NIP..... Sumber Pembelajaran 1.............I............ ....... Mengetahui. hasil tes belajar kognitif Aspek afektif : hasil tes hasil belajar afektif dan keaktifan siswa selama pembelajaran berlangsung (instrumen penilaian terlampir) Jakarta... Bahan presentasi power point 3.. Buku Biologi 2.... Penilaian Aspek kognitif : hasil tanya jawab........ ...... . LKS J...... Internet 4. Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran April 2012 NIP.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful