1. Tujuan utama kedatangan pasukan Sekutu ke Indonesia adalah … . a. berkuasa dan menjajah Indonesia b.

membantu Belanda untuk menjajah Indonesia kembali c. membebaskan bangsa Indonesia dari penjajahan Jepang d. menerima penyerahan kekuasaan dari tangan Jepang 2. Perjuangan rakyat Surabaya terhadap pasukan Sekutu salah satu penyebabnya dipicu oleh Civil Affairs Agreement tanggal 24 Agustus 1945 yang isinya … . a. ancaman Inggris terhadap rakyat Surabaya agar menyerahkan senjata b. tentara Inggris diberi wewenang untuk menguasai Surabaya c. Inggris akan menyerahkan pelaksanaan pemerintahan sipil di Indonesia kepada Belanda d. melegalkan kedatangan pasukan Belanda yang bernama NICA dengan membonceng pasukan Sekutu 3. Puputan Margarana merupakan wujud semangat rakyat Bali dalam menegakkan kedaulatan RI sekaligus sebagai wujud ketidaksetujuannya atas pembentukan … . a. Negara Sumatra Timur b. Negara Indonesia Timur c. Negara Pasundan d. Republik Maluku Selatan 4. Keberhasilan TKR mengusir Sekutu dari Ambarawa menjadi satu peristiwa penting, sebab …. a. TKR memiliki strategi baru yaitu infantri b. TKR dapat mempertahankan Ambarawa yang letaknya strategis c. mengangkat karier dan pangkat Jenderal Soedirman d. berhasil mengamankan Jawa Tengah dari pendudukan Sekutu 5. Dampak Serangan Umum 1 Maret 1949 yang menunjang perjuangan diplomasi adalah … . a. meningkatkan semangat juang TNI dalam pertempuran

Belanda membumihanguskan kota Bandung d. mempersatukan rakyat Sumatra untuk bersama-sama mengusir penjajah d. menegakkan kedaulatan dan membentuk Komite Nasional Indonesia di Sumatra 9. Renville b. Setelah Mr. pasukan Belanda melucuti senjata penduduk Bandung c. Indonesia semakin mendapat simpati dari negara lain c. Linggarjati c. . Indonesia semakin dijauhi oleh negara lain 8. Dampak yang ditimbulkan dari perjuangan diplomasi beras yang dilakukan bangsa Indonesia antara lain … . kedatangan pasukan Sekutu yang diboncengi NICA di Bandung 7. KMB 10. kondisi ekonomi bangsa Indonesia semakin baik b. Faktor yang melatarbelakangi terjadinya peristiwa Bandung Lautan Api adalah … . menjadi landasan dibawanya masalah Indonesia dalam forum PBB d. Agresi Militer Belanda I merupakan bukti pelanggaran Belanda terhadap isi perundingan …. a. Roem-Royen d. a. menunjukkan bahwa TNI masih ada dan terorganisasi c. melindungi rakyat Sumatra dari tindakan semena-mena pasukan Belanda c. dan Madura merupakan salah satu isi dari Perjanjian … . Teuku Hassan ditunjuk dan diangkat sebagai gubernur untuk wilayah Sumatra. Belanda mengakui secara de facto kekuasaan Republik Indonesia atas Jawa. a. dapat dikuasai Yogyakarta selama 6 jam 6. meningkatkan taraf hidup masyarakat untuk mencukupi kebutuhan hidupnya b. Sumatra. maka tugas pertama yang dilakukan adalah … . a.b. Belanda menuntut agar pasukan TRI meninggalkan Bandung b. hubungan luar negeri Indonesia mendapat banyak gangguan d.

a. . kedatangan pasukan Sekutu yang diboncengi NICA di Bandung 12. a. Arti penting pembentukan Pemerintahan Darurat Republik Indonesia di Bukittinggi dari sudut ketatanegaraan adalah … . Konferensi New Delhi memiliki makna tersendiri bagi bangsa Indonesia sebab … . mematahkan anggapan bahwa Indonesia telah hancur b. letak Yogyakarta lebih dekat dan strategis b. Indonesia semakin mendapat dukungan di dunia internasional b. negara-negara Asia menggalang kekuatan untuk melawan negara-negara Barat c. pendudukan wilayah Jakarta oleh Sekutu c. a.a. a. Hasil Perundingan Renville mendapat reaksi keras dari kalangan partai politik maupun TNI sebab … . mendukung perjuangan fisik yang dilakukan oleh tentara c. Pada tanggal 19 Desember 1948 Belanda melancarkan agresi militer II dengan tujuan … . Belanda membumihanguskan kota Bandung d. Belanda tidak mau mengakui keberadaan partai politik dan TNI di Indonesia d. Belanda mulai melunakkan pendiriannya dalam menghadapi Indonesia d. Pemindahan ibukota RI dari Jakarta ke Yogyakarta pada bulan Januari 1946 dilatarbelakangi oleh … . KMB 11. keputusan Perundingan Renville mengakibatkan wilayah RI menjadi semakin sempit 15. bangsa Indonesia harus tunduk kepada Belanda b. mempertahankan kelangsungan pemerintahan Indonesia setelah Agresi Militer Belanda II 14. menarik dukungan dan simpati internasional d. Belanda mengakui kedaulatan negara RI 13. Linggarjati d. partai-partai politik dan TNI mendapat tekanan keras dari Belanda c. Renville b. Roem-Royen c.

a. menguasai kota-kota yang strategis bagi kepentingan militer c. a. a. membentuk pemerintahan transisi di Indonesia b. menahan para pimpinan pemerintahan Indonesia d. diserahkan kepada pemerintah Indonesia untuk mengelola daerah Irian Barat c. Prancis 17. merintis pembentukan Negara Kesatuan Republik Indonesia d. menghancurkan Republik Indonesia dan mengakhiri sebagai satuan ketatanegaraan b. yaitu … . membantu mengembalikan kekuasaan Republik Indonesia 19. Australia c. menghancurkan kekuatan Belanda 18. Tugas utama yang dibebankan PBB terhadap United Nations Commission for Indonesia (UNCI) adalah … . dibentuk pemerintahan transisi dari Belanda ke pemerintahan Republik Indonesia Serikat . akan diadakan perundingan lagi dalam waktu satu tahun setelah penyerahan kedaulatan kepada RIS b. Ketentuan mengenai Irian Barat menurut perjanjian Konferensi Meja Bundar. menentang usaha pembentukan Republik Indonesia Serikat c. Belgia b. menjaga perdamaian di Indonesia c.a. Amerika Serikat d. Komisi Tiga Negara beranggotakan negara-negara berikut. a. melumpuhkan sarana militer dan menahan para pimpinan pemerintahan 16. kecuali … . Penyelenggaraan Konferensi Inter-Indonesia antara pemerintah Indonesia dengan BFO memiliki tujuan … . menggalang sikap bersama untuk menghadapi Belanda dalam KMB b. menghentikan tembak-menembak antara Indonesia dengan Belanda d.

Belanda mengakui kedaulatan Republik Indonesia Serikat d. antara RIS dan Belanda akan diadakan kerja sama b. a. RIS mendapatkan kapal perang dan korvet dari Belanda c. tentara kerajaan Belanda ditarik dari Indonesia .d. Salah satu isi KMB yang sangat penting bagi bangsa Indonesia yaitu … . untuk sementara waktu Irian Barat di bawah Dewan Perwalian PBB 20.