Karya llmiah Pergaulan di Kalangan Remaja

Disusun oleh :   S.Reyneta Carissa Muthia Mirsya Ali

Padang

Reyneta Carissa Anwar Muthia Mirsya Ali Pada Tanggal : 20 Februari 2012 Selesai tanggal : 24 Februari 2012 2 .Pengesahan Abstrak Nama Kegiatan Judul : : Lomba karya Tulis Ilmiah SMAPSIC VII + Jr 3 : Pergaulan di Kalangan Remaja Disetujui oleh : Guru Pembimbing Disusun oleh : S.

Akhir kata kami ucapkan terima kasih Wassalammualaikum wr. Wb Puji syukur kita ucapkan kepada kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan karunianya kepada kita bersama sehingga kami dapat menyelesaikan Karya Ilmiah ini yang berjudul Pergaulan di Kalangan Remaja. Karya ilmiah ini menjelaskan tentang bagaimana pergaulan remaja dikalangan masyarakat jauh lebih rinci.wb Penyusun 3 .Kata pengantar Assalammualaikum wr. Tujuan penulis membuat Karya ilmiah ini adalah untuk mengikuti ajang perlombaan SMAPSIC VII + Jr 3. Kami mohon maaf apabila ada kekurangan atau kesalahan dari pihak kami sebelumnya.

........................................................................................................................................................................................................................................................................................................ 6 Tujuan Penelitian ... 16 *Lampiran Biodata ........................ 17 .............................2 Kata Pengantar ....................................................................................................................... 9 Bab IV ...........................................................................................................................................................3 Daftar isi......3 1..................................................... 6 Ruang lingkup kajian .................................................................................... 6 Metode Pengumpulan Data ......................................... 4 ...............................................5       Rumusan Masalah ................................................................. ...............................................................................................1 Pengesahan Abstrak ..................................................................................................................................................................................................................................................... 5 1............................................................................................Daftar Isi      1...........................................4 1............................................................... 10 Bab V 15 Daftar Pustaka......................................................... 7 Bab II 8 Bab III .....................................................................2 1..........................1 Halaman Judul ............................4 Bab I Latar Belakang................................................................................................

Latar Belakang Sebagai makhluk sosial. manusia tak bisa lepas dari orang lain. gaya mereka cenderung mengikuti tren. diharapkan kepada masyarakat terutama keluarga agar lebih memperhatikan perkembangan yang terjadi pada diri remaja tersebut dan bisa diarahkan kepada hal-hal yang positif seperti menyediakan wadah untuk menyalurkan bakat dan hobi remaja tersebut. banyak remaja yang mudah terpengaruh oleh lingkungan disekitarnya. Contohnya lingkungan sekolah. Yang perlu dicermati adalah bagaimana cara remaja itu berinteraksi dengan lingkungannya dan dengan siapa ia bergaul.Bab I Pendahuluan A. 5 . Sebagian dari mereka banyak yang tidak sadar akan hal itu. Banyak hal positif yang bisa didapat. Salah satu contohnya adalah pergaulan bebas. Padahal jika diperhatikan. Begitu pula dengan remaja. Maka dari itu perlu dikaji lagi mengenai pergaulan dikalangan remaja pada saat sekarang ini karena banyak masalah yang telah ditimbulkan. Di zaman sekarang. Selain itu. Oleh karena itu melalui penelitian ini. dampak negatif yang cenderung mendominasi pergaulan dikalangan remaja. Ia memerlukan interaksi untuk membentuk kepribadiannya. namun tidak sedikit pula pengaruh-pengaruh negatif yang bisa mempengaruhi kepribadiaan remaja tersebut. masyarakat terutama media massa.

seperti kenakalan remaja. C. 2. tentu ada dampak negatifnya. dan lain sebagainya. hal yang akan dibahas adalah :    ini ?  Apa solusi dan penyelesaian dari masalah tersebut ? Bagaimana pergaulan remaja saat ini ? Masalah apa saja yang ditimbulkan dari pergaulan bebas dikalangan remaja ? Faktor apa yang menyebabkan terjadinya permasalahan pada pergaulan remaja saat D. Membantu orang tua dalam mengenal kepribadiaan remaja secara lebih jelas. Rumusan Masalah Pergaulan dikalangan remaja tidak hanya menimbulkan dampak positif saja. Dari dampak negatif itulah timbul berbagai masalah. narkoba. Tujuan penelitian : Tujuan penelitian ini adalah 1. Menyadarkan para remaja tentang pergaulan yang baik dan tidak baik 6 . 3. seks bebas. Ruang Lingkup Kajian Dalam penelitian ini. Membahas tentang pergaulan remaja saat ini.B.

7 . Studi Pustaka Pada metode ini. Metode Pengumpulan Data Teknik Pengamatan Langsung Pada teknik ini penulis terjun langsung meneliti ke lokasi tempat masyarakat 2. 1.E. Teknik Wawancara Tujuan dari teknik wawancara ini adalah agar diperoleh gambaran yang lebih mengenai kasus yang dibahas. 3. penulis membaca buku-buku dan tulisan yang berhubungan dengan penulisan karya ilmiah serta yang berkaitan dengan masalah lingkungan hidup dan perilaku rem aja.

Oleh karena itu. yakni keluarga (orangtua). Namun. Dalam masa ini. seorang remajamemerlukan arahan dan teladan dari orang-orang di sekitarnya dan orang terdekat yang bisa memberikan bimbingan. Mereka cenderung lebih suka berhura-hura. Pada kenyataannya fenomena perilaku negatif yang dilakukan para remaja. Hal ini semakin di perparah dengan fakta yang memprihatinkan maraknya tawuran antar pelajar dan penggunaan narkoba. remaja akan mengalami proses perubahan pola pikir yang disertai dengan perubahan perilaku. Melihat keadaan tersebut banyak kalangan yang merasa pesimis dan takut di kalangan remaja terhadap masa depan (pemuda) Indonesi 8 . kenyataannya sering kita mendapatkan para pemuda yang tidak peduli dengan keadaan lingkungan sekitarnya. Saat ini. Orangtua Lebih menyalahkan remaja tanpa memahami gejolak kejiwaan mereka Masalah lingkungan hidup adalah masalah kita semua. Pemuda adalah bagian dan masyarakat. Pemuda adalah masa depan suatu bangsa. sudah seharusnya manusia peduli terhadap kelestarian alam. Masa remaja sering dianggap sebagai masa transisi seseorang dari masa anak-anak menuju dewasa. Segala aktivitas manusia sangat ditentukan oleh alam. Di tangan generasi muda inilah keadaan suatu bangsa ditentukan. Orangtua sering menganggap kenakalan remaja lebih banyak disehabkan oleh faktor diri mereka sendiri sehingga ketika berperilaku negatif. Manusia pada dasarnya selalu bergantung pada alam sekitarnya.Bab II Teori Dasar Masa remaja adalah suatu masa penting dalam kehidupan manusia. Pernyataan tersebut sudah begitu saring kita dangar.

Untuk lebih rincinya akan dijelaskan pada bab IV 9 . Juga melihat kondisi dari bagaimana cara bergaul.Bab III Pelaksanaan Dan Hasil Penelitian Pelaksanaan Penelitian : Dilaksanakan di beberapa tempat dengan mewawancarai beberapa orang. kemudian mencari informasi di beberapa media elektronik dan media massa. Banyak faktor yang menyebabkan hal tereebut dan ada solusi dari permasalahn tersebut. Hasil Penelitian : Pergaulan remaja zaman ini banyak menimbulkan banyak negatifnya dibandingkan dengan dampak negatifnya.

Contoh. orang lain. Harus masuk kedalam geng-geng. dan apa saja dampak pergaulannya itu bagi dirinya. sering nongkrong diberbagai tempat seperti mall. Untuk itu kita lihat terlebih dahulu pengertian pergaulan. Yang perlu dicermati adalah bagaimana seorang remaja itu bergaul. Pergaulan berasal dari kata gaul. Begitu pula dengan remaja.Bab IV Pembahasan Hasil Penelitian A. game center dan lain-lain. Pergaulan itu sendiri maksudnya kehidupan seharihari dalam persahabatan ataupun masyarakat. baju yang dipakai itu modelnya harus sesuai dengan mode-mode yang berkembang di dunia internasional saat ini. gaul dimensi remaja akan menimbulkan budaya konsumtif. dan lingkungannya. mode. dengan siapa. Gaul menurut dimensi remaja-remaja yang katanya modern itu adalah ikut dalam trend. dan hal lain yang behubungan dengan keglamoran hidup. manusia tak bisa lepas dari yang namanya orang lain. Yang patut disayangkan pula dari “gaul” kebanyakan remaja saat ini adalah standar nilainya diambil dari tradisi budaya ataupun cara hidup masyarakat non muslim. Yang mana pada akhirnya. tempat wisata. Dan bisa kita lihat pakaian-pakaian tersebut jarang sekali ada yang cocok dengan kriteria pakaian yang pantas secara islam. 10 . Namun tidak demikian dikalangan kebanyakan remaja saat ini. Pergaulan Sebagai makhluk sosial. Ia memerlukan interaksi dengan orang lain untuk mencapai kedewasaannya.

dan yang tak kalah pentingnya adalah peran kita sendiri sebagai remaja yang akan menjalani kehidupan dalam bingkai kata “gaul” itu sendiri 11 . Kalau tidak ikut kegiatan-kegiatan geng ataupun teman nongkrong bisa dianggap tidak “setia kawan”. Dengan “setia kawan” itu pula kebanyakan remaja mulai merokok. baik orang tua. Semua itu memerlukan sinergi dari semua pihak. pemerintah. pemuka masyarakat. Sebenarnya dengan tindakan itu mereka telah merusak kemurnian makna dari solidaritas dan kesetiakawanan itu sndiri. merubah sesuatu yang sudah mendarah daging disebagian remaja saat ini tidaklah mudah. keluarga. mengonsumsi narkoba.Solidaritas dan kesetiakawanan sering dijadikan landasan untuk terjun kedunia hurahura. standar nilai yang sesuai dengan syariat islam dan juga budaya timur yang penuh dengan tata karma dan kesopanan. Hanya saja. dan bahkan sex bebas. Jika ditinjau lebih dalam “gaul” tidak akan menimbulkan banyak dampak negatif jika standar nilai yang dipakai untuk mendefinisikan gaul itu. Paradigma seperti itulah yang menggerayangi pikiran sebagian remaja masa kini. minum minuman keras.

12 . mengikuti trend dan gaya hidup. justru keinginan untuk mencoba-coba. Kenakalan remaja Kenakalan remaja merupakan kumpulan dari berbagai perilaku remaja yang tidak dapat diterima secara social hingga terjadi tindakan criminal. Walaupun semua kecenderungan itu wajar-wajar saja. Masalah yang ditimbulkan dari pergaulan remaja zaman sekarang Seperti yang telah dijelaskan diatas.A. serta bersenang-senang besar sekali. beberapa contoh masalah yang ditimbulkan dari pergaulan remaja zaman sekarang yaitu : 1. Narkoba Pada masa remaja. tetapi hal itu bisa juga memudahkan remaja untuk terdorong menyalahgunakan narkoba. 2. Data menunjukkan bahwa jumlah pengguna narkoba yang paling banyak adalah kelompok usia remaja.

Hal ini telah terbukti dari pemakaian narkoba melalui jarum suntik secara bergantian .   Seks bebas Banyak factor yang menyebabkan para remaja melakukan seks bebas Pengaruh teman dan lingkungan yang kurang baik Mempunyai kelainan / gangguan psikologis 13 . Kehilangan remaja sama dengan kehilangan sumber daya manusia bagi bangsa . 3.Masalah menjadi lebih gawat lagi bila karena penggunaan narkoba. para remaja tertular dan menularkan HIV/AIDS di kalangan remaja.Bangsa ini akan kehilangan remaja yang sangat banyak akibat penyalah gunaan narkoba dan merebaknya HIV/AIDS.

Krisis identitas: Perubahan biologis dan sosiologis pada diri remaja memungkinkan terjadinya dua bentuk integrasi. atau penolakan terhadap eksistensi anak. 2. 2. Pendidikan yang salah di keluarga pun. Faktor eksternal: 1. Pertama. Teman sebaya yang member pengaruh buruk Komunitas/lingkungantempattinggal yang kurangbaik 14 . Kontrol diri yang lemah: Remaja yang tidak bisa mempelajari dan membedakan tingkah laku yang dapat diterima dengan yang tidakdapatditerima akan terseret pada perilaku „nakal‟. tercapainya identitas peran. Faktor Penyebab Masalah Pada Pergaulan Remaja Faktor internal: 1. bisa menjadi penyebab terjadinya kenakalan remaja. seperti terlalu memanjakan anak. tidak adanya komunikasi antar anggota keluarga. 3. Kedua. namun tidak bisa mengembangkan control diri untuk bertingkah laku sesuai dengan pengetahuannya.B. Kenakalan ramaja terjadi karena remaja gagal mencapai masa integrasi kedua. Keluarga dan Perceraian orang tua. tidak memberikan pendidikan agama. terbentuknya perasaan akan konsistensi dalam kehidupannya. Begitu pun bagimereka yang telah mengetahui perbedaan dua tingkah laku tersebut.atau perselisihan antar anggota keluarga bisa memicu perilaku negative pada remaja.

komunikatif. bagaimana cara kita untuk menganggapi pengaruh yang didapatkan remaja Saran : Menurut kami. 15 . Remaja harus bisa mendapatkan sebanyak mungkin figur orang-orang dewasa yang telah melampaui masa remajanya dengan baik juga mereka yang berhasil memperbaiki diri setelah sebelumnya gagal pada taha pini.\ Bab V Simpulan Dan Saran Simpulan : Kita sebagai remaja harus pandai memilah milih pergaulan. cara untuk mngatasi maslah pergaulan remaja :  Kegagalan mencapai identitas peran dan lemahnya control diri bisa dicegah atau diatasi dengan prinsip keteladanan. Remaja membentuk ketahanan diri agar tidak mudah terpengaruh jika ternyata teman sebayaataukomunitas yang adatidaksesuaidenganharapan.   Remaja pandai memilih teman dan lingkungan yang baik serta orang tua member arahan dengan siapa dan di komunitas mana remaja harus bergaul. mana yang baik dan yang buruk. dan nyaman bagi remaja.  Adanya motivasi dari keluarga. Karena semua itu tergantung kita. teman sebaya Kemauan orang tua untuk membenahi kondisi keluarga sehingga tercipta keluarga yang harmonis. guru.

kompas.wikipedia. sosiologi SMA www.com Margiono .com www.2001.google.com 16 .Daftar Pustakai www.

co.com : 087895348989 17 .*Lampiran Biodata Nama Tempat tanggal lahir Sekolah Email Telepon : S. 16 Januari 1996 : SMA N 10 Padang : thia_hiamii@yahoo.id : 083181878864 Nama Tempat tanggal lahir Sekolah Email Telepon : Muthia Mirsya Ali : Padang. 21 Oktober 1996 : SMA N 10 Padang : reynetacarissaanwar@yahoo. Reyneta Carissa Anwar : Padang.

18 .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful