P. 1
KERANGKA ACUAN KERJA

KERANGKA ACUAN KERJA

|Views: 2,470|Likes:
Published by Ismawan Nur Laksono

More info:

Published by: Ismawan Nur Laksono on Apr 18, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/11/2013

pdf

text

original

KERANGKA ACUAN KERJA/TOR (TERM OF REFERENCE) KEGIATAN PEMBANGUNAN PENGOLAHAN LIMBAH DINAS KESEHATAN KABUPATEN BREBES TAHUN

2012 Kementerian Negara/Lembaga Program Hasil Satker Kegiatan Indikator Kinerja Keluaran Satuan Ukur/Jenis keluaran Volume : : : : : : : :

1. Latar Belakang Pembangunan pada hakekatnya adalah pembangunan manusia seutuhnya melalui proses perubahan menuju perbaikan dan kemajuan guna terwujudnya masyarakat adil dan makmur dalam keadilan, sehingga tercapainya kesejahteraan hidup. Pada dasarnya pembangunan nasional bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia. Untuk tujuan tersebut, pembangunan harus dapat menyentuh seluruh aspek sosial kemasyarakatan termasuk pembangunan di bidang kesehatan. Tujuan pembangunan kesehatan adalah memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada masyarakat untuk meningkatkan derajat kesehatan yang setinggi-tingginya yang salah satunya dengan peningkatan mutu dan efisiensi pelayanan kesehatan. Wujud upaya kesehatan masyarakat tersebut adalah dalam bentuk pelayanan kesehatan di Puskesmas. Puskesmas merupakan suatu institusi pelayanan kesehatan kepada individu pasien, keluarga, dan masyarakat dengan inti pelayanan medic dari segi preventif (pencegahan), kuratif (penyembuhan), rehabilitatif (pemulihan) dan promotif (penerangan) serta edukatif (pendidikan) yang kesemuanya dilakukan dalam suatu sistem yang terpadu agar diperoleh pelayanan yang maksimal dan optimal. Selain memberikan manfaat berupa layanan kesehatan, puskesmas juga merupakan depo terkumpulnya berbagai penyakit sesuai dengan jenis kegiatan yang dilakukan, sehingga dapat menimbulkan dampak negatif terhadap lingkungan yang secara langsung atau tidak langsung akan mempengaruhi kehidupan masyarakat, sehingga perlu adanya upaya untuk meningkatkan dampak positif (manfaat) dan mencegah agar tidak terjadi atau meminimalkan dampak negatif yang timbul. Oleh karena itu diperlukan pengelolaan limbah medis yang terpadu terhadap limbah medis tajam maupun limbah medis cair sehingga dapat mengurangi dan mencegah dampak yang timbul akibat dari kegiatan pelayanan di Puskesmas 1 Dasar Hukum

1. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2009 tentang

Pengelolaan Lingkungan Hidup 2. Peraturan Pemerintah nomor 27 Tahun 1999 tentang Analisis Mengenai Dampak Lingkungan

Pelaksanaan dan Penanggungjawab Kegiatan 13 Penerima Manfaat 14 Pelaksana Kegiatan (Sesuai dengan ketentuan dalam Perpres No. Alasan Dilaksanakan Kegiatan 10 Maksud Kegiatan (Uraian singkat maksud kegiatan yang terkait dengan pencapaian sasaran Program dan penegasan bahwa kegiatan tersebut merupakan Tugas Pokok dan Fungsi Satker) Tujuan Kegiatan 3. Keputusan Menteri Negara Lingkungan Hidup No. Peraturan Pemerintah RI Nomor 18 Tahun 1999 tentang Pengelolaan Limbah Bahan Berbahaya Beracun 4. Keputusan Menteri Negara Lingkungan Hidup No. 54 tahun 2010) 15 Penanggungjawab Kegiatan 16 6. 6. Jadwal Kegiatan . Pengadaan Incenerator sebanyak 28 Puskesmas 3 4 Batasan Kegiatan 5 6 Indikator Keluaran 7 8 Keluaran/Output 9 2. Pengadaan Instalasi Pengelolaan Air Limbah (IPAL) di Puskesmas perawatan di Kabupaten Brebes sebanyak 16 puskesmas 2.13 Tahun 2010 Tentang Pedoman Pelaksanaan Upaya Pengelolaan Lingkungan Hidup dan Upaya Pemantauan Lingkungan Hidup. Tempat Pelaksanaan Kegiatan (Alamat lengkap tempat pelaksanaan kegiatan) 5.3. 5. Keputusan Gubernur Jawa Tengah Nomor : 05 Tahun 1998 tentang Pelaksanaan Analisa Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL) dan Upaya Pengelolaan Lingkungan (UKL) dan Upaya Pemantauan Lingkungan (UPL) 2 Gambaran Umum Kegiatan 1. Cara Pelaksanaan Kegiatan 11 Metode Pelaksanaan 12 Tahapan Kegiatan (Sesuai dengan ketentuan dalam Perpres No. 54 tahun 2010) 4. 17 Tahun 2001 tentang jenis rencana usaha/atau kegiatan yang wajib di lengkapi dengan Analisis Mengenai Dampak Lingkungan Hidup.

Tanggal Penanggungjawab Kegiatan Nama NIP PEMERINTAH KABUPATEN BREBES . kapan berakhirnya. dan berapa lama pelaksanaan kegiatan tersebut) Matriks Pelaksanaan Kegiatan 7.0 Waktu Pelaksanaan Kegiatan (Diuraikan kapan mulainya kegiatan. Biaya (Disebutkan besaran biaya kegiatan secara keseluruhan dan dirinci dalam RAB terlampir) Kota.

2 Telp.000. Menteri Kesehatan Melalui : Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah Di – Semarang Dalam rangka upaya percepatan peningkatan derajat kesehatan dan peningkatan pelayanan kesehatan. dr. maka Dinas Kesehatan Kabupaten Brebes akan melaksanakan kegiatan Pengadaan Alat Kesehatan. kami sampaikan terima kasih. Sehubungan dengan hal tersebut maka kami Anggaran 2013 sebagaimana tersebut dalam lampiran surat ini. (0283) 672125 B R E B E S Brebes. 16.000.(Enam belas milyar permohonan usulan Kegiatan Dekonsentrasi dan Tugas Pembantuan Tahun . menyampaikan dengan jumlah anggaran sebesar Rp. (0283) 671846 Fax. Februari 2012 Nomor Sifat Lampiran Perihal : : Segera : 1 (satu) Bendel : Permohonan Usulan Bantuan Kegiatan Dekonsentrasi dan Tugas Pembantuan Tahun Anggaran 2013 Kepada Yth. Demikian permohonan kami.525.DINAS KESEHATAN Jl. Pembangunan Pengadaan Ambulance Gedung Kesehatan ( IPAL dan Incenerator ) dan lima ratus dua puluh lima juta rupiah).. Wahidin No. atas perkenan Bapak.

M.I NIP.Kes Pembina Tk.Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Brebes dr.Sri Gunadi Parwoko. Bupati Brebes sebagai Laporan .H. 19620707 199010 1 002 Tembusan : Yth.

(0283) 671846 Fax. Februari 2012 Nomor Sifat Lampiran Perihal : : Segera : 1 (satu) Bendel : Rekomendasi Permohonan Usulan Bantuan Kegiatan Dekonsentrasi dan Tugas Pembantuan Tahun Anggaran 2013 Kepada Yth.000.. dr. (0283) 672125 B R E B E S DINAS KESEHATAN Brebes. Wahidin No. Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah Di – Semarang Sehubungan dengan usulan Kegiatan Dekonsentrasi dan Tugas Pembantuan Tahun Anggaran 2013 yang kami ajukan kepada Menteri Kesehatan RI sebesar Rp. 16.000.525. Pembangunan Gedung Kesehatan (Pembangunan IPAL dan .(Enam belas milyar lima ratus dua puluh lima juta rupiah). yang akan dipergunakan untuk kegiatan Pengadaan Alat Kesehatan. 2 Telp.PEMERINTAH KABUPATEN BREBES Jl.

Demikian permohonan kami.Kes Pembina Tk.Incenerator) dan Pengadaan Ambulance maka kami menyampaikan permohonan rekomendasi usulan kegiatan tersebut. M.H. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Brebes dr.Sri Gunadi Parwoko. atas perkenan Bapak.I NIP. 19620707 199010 1 002 . kami sampaikan terima kasih.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->