Konsep Dasar Bisnis - Bisnis menuru Griffin adalah organisasi yang menyediakan barang ataupun jasa dengan maksud

mendapatkan laba - Bisnis adalah suatu kegiatan yang terorganisasi dengan mengelola faktor-faktor produksi untuk menghasilkan barang dan jasa yang mempunyai nilai tambah (value) bagi masyarakat dengan tujuan untuk memperoleh keuntungan yang optimal dan memberikan manfaat kepada kebutuhan masyarakat dan memperhatikan kepentingan dari pemangki kepentingan (stakeholder). - Faktor-faktor produksi : 1. Man 2. Money 3.Material 4.Machine 5.Method 6.Market 7.Informasi 8.Enterpreneurship Barang  Bentuknya berwujud  Barang itu tidak dapat disimpan  Banyak menggunakan proses mesin  Barang diproduksi dahulu lalu di konsumsi  Kualitas bersifat objektif Jasa  Tidak berwujud  Tidak bisa disimpan  Banyak menggunakan proses atau tenaga manusia  Diproduksi bersamaan waktunya dengan dikonsumsi  Kualitas bersifat subjektif Tujuan bisnis :  Profit / laba  Gwoth / pertumbuhan  Survive / bertahan Stakeholders : pemangku kepentingan Stock holders : pemegang saham Fungsi-fungsi bisnis  Produksi : menghasilkan barang / jasa  Pemasaran : memasarkan produk yang dihasilkan  Keuangan : mengatur / mencatat transaksi di perusahaan  SDM : untuk mengelola manusia sesuai dengan tempatnya  Sistem informasi : sebagai pendukung untuk fungsi bisnis yang lain Etika dan Tanggung Jawab Sosial - Etika (ethos) : akhlak, watak, perasaan, sikap, cara berfikir - Menurut Griffin Etika adalah keyakinan mengenai tindakan yang benar dan yang salah atau tindakan yang baik dan yang buruk yang mempengaruhi hal lainnya.

Bertanggung jawab dalam menepati perjanjian-perjanjian yang disepakati bersama 3. Menciptakan iklim bisnis yang bersemangat dan nuansa persaingan yang sehat 3. Pelanggan Perusahaan bertanggung jawab atas produksi barang dan jasa yang dihasilkan dan informasi yang diterima dan keselamatan konsumen dan pelayanan konsumen selain itu perusahaan juga bertanggung jawab untuk mempertahankan kualitas produk serta penetapan harga produk yang wajar.Tanggung jawab untuk memberikan kompensasi yang layak (upah) . pemasok. Prilaku terhadap organisasi 3. Prilaku terhadap agen ekonomi lainnya (pelanggan. Tanggung jawab sosial terhadap investor : .Keselamatan kerja dan rasa aman karyawan . Menjaga keselarasan antara perusahaan dengan lingkungan perusahaan (lingkungan bisnis) 2.Mengelola perusahaan dengan sebaik-baiknya Insider trading : praktek illegal dengan menggunakan informasi perusahaan untuk mendapatkan keuntungan pribadi 4.Etika manajerial : standar perilaku yang memandu manajer dalam pekerjaan mereka yang meliputi 1.Menganggap karyawan sebagai bagian dari tim .Memperlakukan kariawan dengan adil . Prilaku terhadap kariawan 2. Beberapa tanggung jawab pada karyawan .Menjaga hubungan yang baik .Bertanggungjawab atas pengelolaan dana . pemegang saham) . Tanggung jawab kepada pemasok .Bertanggungjawab atas pengembalian dana / modal . Konsumerisme : bentuk aktivitas sosial yang ditujukan untuk melindungi hak konsumen dalam persetujuan jual beli dengan dunia bisnis 2. Tanggung jawab social perusahaan (CSR) meliputi tanggung jawab kepada : 1.Memberikan informasi yang tepat tentang kinerja perusahaan .- Menurut Griffin etika bisnis adalah perilaku etis atau tidak etis yang dilakukan oleh manajer atau pemilik suatu organisasi / perusahaan . pesaing.Fungsi etika bisnis : 1. supplayer. Mewujudkan integrasi perusahaan terhadap lingkungan masyarakat dan pemerintah Tanggung jawab social (dorporate social responsibility) Tanggung jawab social (CSR) : usaha suatu bisnis dalam menyeimbangkan komitmennya terhadap individu dan kelompok dalam lingkungannya yang meliputi konsumen bisnis lainnya atau pesaing karyawan investor dan komonitas lokal. penyalur.

5. 4. Product domestic bruto d. spt pemerintah. 4. Lingkungan hukum dan politik Pada lingkungan ini dapat terlihat hubungan antara dunia bisnis dengan sistem hukum dan politik dan stabilitas politik 3. Lingkungan ekonomi 2. Standar hidup c. komonitas lainnya. Lingkungan ekonomi adalah : a. Produktivitas f. Lingkungan hukum dan politik 3. 3. Sikap akomodatif : pendekatan CSR yang ditetapkan perusahaan apabila diminta dalam memenuhi komitmennya terhadap lingkungan sosial. Lingkungan Bisnis Lingkungan : sesuatu yang ada di sekitar kita Lingkungan eksternal bisnis terdiri dari (lingkungan umum) 1. msyarakat luas. Lingkungan tekologi 5. Lingkungan industry 6. lingkungan Untuk mengimplementasikan program CSR perusahaan dapat menggunakan beberapa pendekatan : 1. Sikap defensif : pendekatan yang ditandai dengan perusahaan hanya memenuhi persyaratan hukum secara umum atas komitmennya terhadap kelompok dan individu dalam lingkungan sosialnya. Sikap obstruktif pendekatan CSR yang melibatkan tindakan seminimal mungkin dan mungkin melibatkan usaha-usaha menolak atau menutupi pelanggan yang dilakukan sikap ini biasa melakukan usaha seminimal mungkin untuk memecahkan masalah sosial dan lingkungan 2. Jumlah output / jumlah produk yang dihasilkan b. Lingkungan global Alat untuk mengukur pertumbuhan ekonomi di dalam 1. Neraca pedagangan g. Sikap proaktif : pendekatan CSR dengan cara aktif mencari peluang untujk memberikan sumbangan demi kesejahteraan lingkungan sosial. Lingkungan sosial budaya Mencakup kebiasaan adat istiadat nilai dan karakteristik demografis masyarakat di tempat / perusahaan itu berada. Lingkungan global Kondisi yang ada di sekitar bisnis yang menentukan permintaan akan produk dan akan mengalami perubahan sehubungan dengan kondisi yang ada. Keseimbangan daya beli e. Hutang nasional 2. Lingkungan sosial dan budaya 4. .

Lingkungan industri meliputi .Kualitas manajerial dan kualitas pekerja yang terbatas .Organisasinya sederhana .Pengelolaan manajemen lebih kompleks 2.Pelanggan .Bertanggung jawab sendiri atas semua kerugian .peraturan ketentuan – ketentuan yang berlaku Lingkungan khusus .Peraturan .Pasalnya rendah Kekurangan .Permintaan industri .Modal dapat dikumpulkan dari beberapa orang .5.Kemitraan umum : secara aktif menjalankan usaha dan bertanggung jawab atas perusahaan secara tidak terbatas .Keuntungan menjadi hak pemilik terpenuhnya .Usaha mudah didirikan .Pengelolaan flexible dan bebas .Modal usaha tidak terlalu besar .Modal terbatas . Perusahaan kemitraan (partnership): bisnis yang dimiliki oleh 2 orang atau lebih yang diijinkan bersama-sama bertujuan untuk melakukan kerja sama bisnis.Kemitraan terbatas : hanya seorang / sebagian yang bertindak sebagai generasi partner dan silent partner Kelebihan .Resiko kerugian di tanggung bersama .Tanggung jawab pemilik tidak terbatas .Distributor Bentuk kepemilikan bisnis Ada 3 bentuk kepemilikan bisnsi : 1.Suplayer .Ketersediaan tenaga kerja .Pengecer . Perusahaan perseroangan Kelebihan . .Rahasia perusahaan terjamin .Persaingan industri .Keahlian lebih banyak di peroleh . Partnership ini dapat berbentuk CV dan firma CV (commanditaire vennotshaap) Ada 2 macam CV .

Apabila seorang anggota mengundurkan diri / musa perusahaan atau firma harus dibubarkan 3. Perusahaan korporasi kepemilikan umum : kepemilikannya ditawarkan untuk masyarakat luas / go public (sahamnya di masyarakat luas tbk) .Kemampuan manajemen lebih besar karena ada pembagian kerja .Akser terhadap modal mudah didapatkan .Keburukan modal lebih mudah di penuh Kelemahan : .Tanggung jawab pemilik tidak terbatas pada hutang perusahaan-perusahaan .Tanggung jawab pemilik perusahaan terbatas .Kerugian . Perusahaan korporasi kepemilikan terbatas : pemiliknya adalah sekelompok investor 2.Keanggotaan tidak dapat digantikan dengan orang lain .Kerugian harus di tanggung bersama . Perusahaan korporasi (PT / Perseroan Terbatas) Suatu persekutuan untuk menjalankan perusahaan yang mempunyai modal usaha yang terbagi atas bebreapa saham di mana setiap sekutu (persero) turut mengambil bagian sebanyak atau lebih lembar saham Kelebihan . Kelebihan .Membayar pajak yang tinggi PT ada 2 macam 1.Sebagian mitra / partner mempunyai tanggung jawab yang tidak terbatas .Kemungkinan terjadi perselisihan / kesalahpahaman antar anggota CV adalah :suatu bentuk perjanjian berusaha bersama antara orang-orang yang bersedia memimpin mengatur perusahaan serta bertanggung jawab penuh dengan kekayaan pribadinya dengan orang-orang yang memberikan pinjaman atau modelnya dan tidak bersedia memimpin perusahaan serta bertanggung jawab terbatas pada kekayaan yang di ikutsertakan dalam perusahaan itu. Firman adalah suatu persetujuan antara 2 orang atau lebih dengan nama bersama untuk menjalankan usaha dimana tanggung jawab masing-masing anggota firma tidak terbatas daun laba yang akan di peroleh dari usaha tersebut akan di bagi bersama dan demikian juga sebaliknya kerugian akan di pikul bersama.Pengelolaanya lebih professional Kelemahan .Harus saling berbagi keuntungan dan berbagi pengendalian .Biaya operasional yang tinggi .Cara mendirikannya lebih kompleks .

Peluang merantai keuntungan tanpa batas 5. Percaya diri b. Deskripsi usulan bisnis 2.Rencana keuangan 6. Tidak pantang menyerah Business Plan .Deskripsi lingkungan bisnis 3. Pro aktif (berorientasi pada tugas dan hasil c.Manfaat kewirusahaan antara lain : 1. Rencana pemasaran 5.Ciri-ciri entrepreneur a.Inovasi : kemampuan menerapkan kreatifitas dalam rangka memecahkan masalah dan menemukan peluang (doing new thing) . Pengambil risiko e. Kerja keras 3.Kewirausahaan: kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda melalui pemikiran kreatif dan tindakan inovatif demi terciptanya peluang . Kesempatan untuk melakukan perubahan 3.Kewirausahaan (Entreprenuership) . Sebagai suatu peluang untuk mengendalikan diri sendiri 2.Kreativitas : kemampuan mengembangkan gagasan baru dan menemukan caracara baru dalam memecahkan masalah dan menemukan peluang (thinking new thing) .Menurut Griffin Bisnis Plan : dokumen yang dibuat oleh wirausaha yang merangkum strategi untuk usulan perusahaan baru dan cara strategi tersebut diimplementasikan . Visioner  berfikir orientasi ke depan . Peluang untuk berperan dalam masyarakat .Rencana binis terdiri dari : 1. Leadership  mampu menghadapi dan mengatur orang lain ] d.Wirausaha meliputi : 1. Pengetahuan (knowledge) 2. memanage sumber daya yang dibutuhkan serta mengambil tindakan yang tepat dengan cara kreatif dan inovatif guna memastikan sukses secara berkelanjutan . Attitude (sikap) . Peluang untuk menggunakan potensi yang ada 4.Bisnis bisa berhasil karena : 1. Rencana SDM – rekruitmen .Entrepreneur : seseorang yang mempunyai kemampuan melihat dan menilai peluang.Bisnis plan (rencana bisnis) suatu deskripsi rinci dari suatu usulan bisnis termasuk di dalamnya deskripsi bisnis jenis pelanggan yang ingin ditarik persaingan dan fasilitas yang diperlukan untuk produksi (menurut Jeff Madura) .Rencana produksi 4. Ada kompetensi 2. Skill (Keahlian) 3.

Bentuk kepemilikan bisnis . Deskripsi usulan bisnis / profil bisnis terdiri dari : deskripsi visi dan misi bisnis dan tujuan . Laba.Alamat / lokasi usaha dan nama usaha 2. BEP.Meminimalisasi kegagalan . industri. Sistem persediaan. Deskripsi lingkungan bisnis : lingkungan eko. Rekrutmen .Menuntut wirausaha untuk sukses .Menjadi pedoman dalam perjalanan bisnis . Strategi pemasaran 5.Bahan baku. Pemeliharaan fasilitas.Jumlah karyawan .Segmentasi.Keunggulan produk / layanan yang diberikan produk barang atau jasa yang dihasilkan . Teknologi 4. Biaya operasional.Struktur organisasi dan tim manajemen serta susunan pemegang saham .Kompetensi / skill. Pangsa pasar. Strategi pengembangan produk.Meningkatkan kepercayaan diri wirausaha . Posisioning.Promosi. politik 3. Rencana keuangan .Membantu wirausaha untuk membuat rencana yang terintegrasi dengan baik . Rencana pemasaran .Manfaat bisnis plan . Target pasar. Penjadwalan.Modal / kebutuhan investasi. global. Rencana SDM . Rencana produksi . Proses produksi .Membantu wirausaha dalam mencari mitra dan investor .Pengembangan . rugi 6. Penggunaan dana. Kapsaitas produksi. Prestasi .Sebagai alat untuk membandingkan hasil dengan kinerja Rencana bisnis 1.