1 | Buletindo ● Download Gratis Buletin Komputer Terbaru di : http://komputer.buletindo.

com

Edisi 048 | Desain Grafis | Senin, 01 Februari 2010

BULETIN KOMPUTER ● Jurnal Pembelajaran Komputer ● www.buletindo.com

Buletindo
Oleh : Andi Yujayanto (andiyujayanto@yahoo.com)

Teknik Menyimpan Foto dan Membuat Animasi untuk Web dengan Adobe Photoshop
Bagi Anda yang memiliki problem berupa website Anda yang terasa berat saat loading karena adanya foto berukuran terlalu besar, maka penulis akan berbagi sedikit teknik tentang penyimpanan foto untuk web agar foto tidak memberatkan pengunjung saat loading halaman web Anda. Selain itu, penulis juga akan menjelaskan cara membuat animasi untuk halaman web Anda agar terlihat indah. Beberapa tool dan panel ataupun palet yang terkait akan penulis jelaskan secara gamblang, sehingga diharapkan Anda mudah untuk memahaminya.

Menyimpan dengan Save As
Cara menyimpan foto untuk web dengan Save As biasanya digunakan untuk menurunkan kualitas. Caranya : 1. 2. 3. Buka foto (File > Open). Pilih menu File > Save As. Ketikkan nama pada kotak File Name dan pilih ekstensi JPEG atau GIF. Pilih GIF jika gambar memiliki warna-warna flat atau terdiri dari warna solid, seperti kartun atau animasi. Pilih JPEG jika foto Anda memiliki warna natural. Klik Save. Pilih Low atau Medium kotak JPEG Options. Perhatikan perbedaan yang terjadi jika Anda memilih antara Low, Medium, High pada Size. Klik OK.

Memotong Foto Menggunakan Slice Tool
Jika dimensi foto Anda terlalu besar, maka gunakan Slice Tool untuk membaginya menjadi beberapa bagian. Caranya : 1. 2. Buka Foto dalam Adobe Photoshop. . Pada baris Properties ada Pilih Slice Tool beberapa style yang dapat Anda pilih, yaitu Normal, Fixed Aspect ratio atau Fixed Size. Jika Anda bingung, pilih saja Normal.

4. 5.

Klik Save. hanya ukuran file-nya saja yang menjadi lebih kecil.html). Mengatur Blur Atur Blur jika diperlukan saja. 6. dengan pilihan GIF. Anda masih bisa mengatur sehingga ukurannya lebih kecil lagi.com 3. BULETIN BEBAS DIGANDAKAN DAN DIDISTRIBUSIKAN KEMBALI UNTUK KEPENTINGAN NON KOMERSIAL . dimensi/luas gambar berukuran tetap. tanpa memotongnya dengan Slice Tool. Pilih foto dengan size yang kecil. Kini simpan potongan tersebut dengan menggunakan fitur Save for Web. Lebih Lanjut dengan Save for Web Buka foto dengan tab 4-up. 9. Pilih menu File > Save for Web. 8. Semakin blur maka membuat size foto kecil. Memilih Preset Pilih Preset yang ada. 5. yaitu HTML and Image (*. Jpeg dan PNG.buletindo. Tampilkan foto dengan tab 4-Up.2 | Buletindo ● Download Gratis Buletin Komputer Terbaru di : http://komputer.html). Angka kecil membuat size foto juga kecil. Tip: Anda juga dapat menyimpan gambar berukuran file besar agar menjadi lebih kecil dengan fitur Save for Web. yaitu dengan mengiriskannya baik dari atas ke bawah atau dari kanan ke kiri.jpg) dan HTML only (*. Melalui cara ini. 4. Potong langsung pada foto. Pilih foto dengan ukuran yang kecil. Ada 3 pilihan. Klik Save. Pilih Save As Type-nya pada kotak Save Optimized As. Atur luasan potongan dengan menggeser tepat pada titik-titik yang dihasilkan. 7. Mengatur Quality Atur Quality dengan menggeser slider atau memasukkan angka. Image Only (*.

Proportions agar 2. 3. Background sebagai contoh menggunakan warna gradasi. teks International tampil dan diikuti dengan Jurnalist. 3. Mode Color: RGB Color. . Pengaturannya meliputi : 1. Ketikkan International. Menjaga warna agar ikut tak terbuang. Anda dapat berkarya membuat animasi iklan. Bicubic. Mengatur Width (panjang) dan Height (lebar/tinggi) foto. Memilih warna untuk dijadikan warna transparan dengan cara klik Menggunakan Tab Image Size Di dalam tab ini Anda dapat mengatur ukuran foto. Bilinear. Memilih warna untuk palet warna web. 4. Membuat Animasi Iklan Cara mengatur warna-warna ini adalah : • Membuang warna yang sama dengan cara klik warna yang akan dibuang dan kemudian klik tong sampah . Jurnalist dan Yogyakarta. DILARANG MENGUBAH SEBAGIAN ATAU SELURUH ISI BULETIN TANPA IJIN TERTULIS DARI BULETINDO . misal ukuran 125 x 125 pixels. Hati-hati dengan fitur membuang warna ini. lalu klik dari tengah menuju bawah dokumen untuk membuatnya. Buat dokumen baru. selanjutnya ornamen dan Yogyakarta. Desainlah terlebih dulu iklan yang Anda inginkan. Klik Apply. Bicubic Smoother atau Bicubic Sharper.Teknik Menyimpan Foto dan Membuat Animasi untuk Web dengan Adobe Photoshop | 3 Menggunakan Tab Color Table Warna-warna dalam Color Table ini muncul bila Anda memilih GIF pada kotak Preset. Sebagai contoh. Gunakan tool Gradasi . Centang Constrain tetap proporsional. yaitu dengan klik . Atur jenis dan besar font. dengan durasi 5 detik. • Pengaturan Quality yang dapat Anda pilih yaitu Nearest Neighbour. yaitu dengan cara klik warna tersebut dan klik Kunci • • . 2. dan Background putih. Berikut cara membuatnya : 1. Resolution 72 pixels/inch.

com Lakukan Preview dengan cara tekan Spacebar pada papan keyboard Anda. Bagi Anda yang hanya ingin mendapatkan output image-nya saja. Abimanyu VI / 22 Semarang . Untuk memastikan lagi jalannya animasi. Anda tidak perlu takut dengan kepesatan yang ada ini. Selanjutnya aktifkan palet animasi dengan cara pilih menu Windows > Animation. Palet animasi ini memiliki kemajuan dari versi CS2-nya yang masih sederhana dan CS4 yang sudah mendekati fitur-fitur yang terdapat dalam Adobe After Effects ataupun Adobe Premiere.30 detik. 6. Palet animasi ini dapat Anda temukan dalam Adobe Photoshop mulai versi CS2 hingga CS4.4 | Buletindo ● Download Gratis Buletin Komputer Terbaru di : http://komputer. 4. Atur sedemikian rupa agar tampak menarik. Selamat berkarya ! Buletindo www. Geser garis penunjuk tepat pada angka 0:00:05:00 (5 detik). (024) 3560597 Redaksi: redaksi @ buletindo. Pilih menu File > Save for web & Device. BULETIN BEBAS DIGANDAKAN DAN DIDISTRIBUSIKAN KEMBALI UNTUK KEPENTINGAN NON KOMERSIAL . maka pilihlah Images only (*. tekan tombol Play. 4. 3. Jika sudah merasa cukup. maka tekan tombol Save.com Kerjasama & Iklan: marketing @ buletindo. Geser keseluruhan timeline pada ujung kanan menuju garis ini. Caranya yaitu : 1. Geser juga untuk layer jurnalist lebih ke kanan. 2. Tambahkan ornamen sebagai pemanis iklan dengan menggunakan brush.50131 Telp. 5. Geser tepat pada ujung kiri layer International ke kanan. Selanjutnya klik timeline sesuai obyek masing-masing: 1.buletindo.gif) pada pilihan Save As type. 2. Pilih ekstensi GIF pada pilihan Preset. 5. Secara default rentang waktu keseluruhan adalah 9. Sedangkan Photoshop pada versi CS dan sebelumnya palet ini ada dalam Adobe Image Ready yang terbundel jadi satu dengan Adobe Photoshopnya. Tetapi. 5.com Kontak: Jl.buletindo. 3. Pilih pada tampilan yang memiliki ukuran kecil. Anda tinggal melakukan klik dan geser pada timeline (garis tebal berwarna hijau) obyek yang ingin Anda lakukan animasi.com 4. Lakukan hal yang sama untuk timeline ornamen dan Yogyakarta. Langkah terakhir adalah menyimpan desain animasi Anda.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful