Nasional

Fakir Miskin Gugat UU Jaminan Sosial ke MK
UU ini sebelumnya juga pernah digugat ke MK. Dianggap tak memberikan jaminan sesuai UUD.
KAMIS, 2 FEBRUARI 2012, 20:11 WIB

Eko Huda S, Nur Eka Sukmawati

Follow @vivanews

Sidang di MK (ANTARA/Widodo S. Jusuf) BERITA TERKAIT

    

Derita Pasien Miskin di Surabaya MK: Jaminan Sosial Tetap Pungut Iuran Anggota Hatta: BPJS Dorong Pertumbuhan Ekonomi Dibalik UU BPJS, Keputusan di Rumah Wapres DPR Sahkan Undang-undang BPJS VIVAnews - Undang-undang Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN) kembali digugat ke Mahkamah Konstitusi. Kali ini, gugatan diajukan oleh 14 orang, salah satunya fakir miskin. Para penggugat merasa UU ini tidak dapat memberikan jaminan sosial, khususnya kepada fakir miskin dan anak-anak terlantar. "Kami menguji undang-undang ini karena merasa hak-hak konstitusi kami terabaikan, tidak terpenuhi atau minimal dikurangi karena adanya UU ini," ujar pengacara para pemohon, Fathul Hadie Utsman, dalam sidang pemeriksaan pendahuluan di Gedung MK, Jakarta, Kamis 2 Februari 2012. Meski sudah mengatur tentang jaminan sosial, UU SJSN ini dianggap tetap tidak bisa memenuhi hak-hak warga negara yang diatur konstitusi. "Untuk fakir miskin dan anak-anak terlantar hanya mendapat jaminan kesehatan saja," kata Fatkhul Hadie. "Itu pun bagi mereka yang sudah mendapatkan kartu jaminan kesehatan masyarakat miskin, kartu keluarga miskin atau sejenisnya. Bagi yang tidak dapat kartu tersebut jangan berharap mendapat layanan jaminan kesehatan." Aturan yang disoal oleh para pemohon di antaranya pasal 14 Ayat (1) dan penjelasannya, serta pasal 17 ayat (5). Dalam pasal tersebut disebutkan bahwa fakir miskin secara bertahap akan didaftarkan oleh pemerintah untuk ikut suatu jaminan sosial. Selain pasal-pasal itu, masih banyak aturan UU ini yang digugat. Tidak Dijamin

Amandemen. Qomari (dosen).CO. 29. pensiun. dan menyampaikan pendapat secara tulisan maupun lisan. di Jakarta. Ke-14 penggugat itu adalah Imam Rofii (fakir miskin. Fathul Hadie Utsman (Direktur ACC/Sergap). Pasal 29 menyatakan bahwa Negara berdasar pada Asas Ketuhanan Yang Maha Esa. seperti kecelakaan. dan Sanusi Affansi (guru). "Pasal-pasal tersebut merupakan penerjemahan langsung Pancasila yang merupakan dasar hukum bangsa ini.vivanews. Abdul Kholiq Syafaat.id/produk%20hukum/uu_no. Sewaktu-waktu bisa diubah. dan hari tua. Pasal-pasal tersebut adalah Pasal 27. Pada pasal 17 hanya mengatur bahwa pemerintah akan membayar iurannya secara bertahap. Hamdanah dan Raisal Haq (mahasiswa).Dalam pasal-pasal selanjutnya juga tidak ada ketentuan atau norma jaminan sosial. (ren) http://nasional.com/news/read/285147-fakir-miskin-gugat-uu-jaminan-sosial-ke-mk 13-04-2012 21:22 http://www. Pasal 33 menegaskan soal kemandirian ekonomi bangsa. Pasal 27 ayat 2 menyatakan bahwa setiap warga negara berhak mendapat pekerjaan dan penghidupan yang layak. hanya ada undangundang. Imam Mawardi (petani penggarap). Sumilatun.Undang-undang Dasar (UUD) a1945 telah mengalami lima kali amandemen. Pasal pada amandemen I-IV juga menyangkut hak-hak warga negara lainnya. oleh karena itu tidak boleh berubah. dan M. Abdul Halim Soebahar.ID. 31. Tjahjo Kumolo dalam forum Pekan Konstitusi. serta Afkar Rara dan Raidal Libar (pelajar). Pasal 31 memberi landasan bagi hak warga negara untuk mendapat pendidikan. Tidak ada ketentuan. JAKARTA . ." kata Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dalam sambutan yang dibacakan Sekjen PDIP.13-2011." kata dia. Hadi Purnomo. dan Masa Depan Bangsa. ada enam pasal dalam UUD 1945 yang harus tetap dipertahankan. berkumpul. "Kami beranggapan bahwa fakir miskin ke depan tidak dapat jaminan apa-apa.go. Namun demikian.id/users/dicksan/2011/depsos.go. 28. bisa dihindari karena tidak ada jaminan fakir miskin mendapat jaminan haknya yang telah dijamin oleh konstitusi. nelayan). UUD1945. Pasal 28 menjamin kemerdekaan untuk berserikat.depsos. Dia menyebtukan. Sementara Pasal 34 mengatur kewajiban negara untuk memelihara fakir miskin dan penyediaan layanan kesehatan.pdf uu no 13-2011 REPUBLIKA. dan 34 yang menyangkut hal-hal sangat prinsipil sehingga tidak boleh diubah dan bersifat tetap. Senin (30/1). Jaelani (kepala dusun). 33.

Koperasi.. sebenarnya sudah ada hanya pelaksanaan yang setengah-setengah.. Nepotisme. Orang miskin bukan hanya yang sekedar berpenghasilan pas2xan. berdiri di atas kaki sendiri di bidang ekonomi dan berkepribadian dalam kebudayaan.. tingkat keseriusan yang rendah dan juga yang terpenting adalah karena angka kemiskinan yang tidak juga menurun... harus menjadi momentum untuk meluruskan kembali liberalisasi politik dan ekonomi yang telah mengaburkan gambaran ideal rakyat sebagai negara berdaulat berdasarkan Pancasila. pembangunan panti asuhan maupun panti jompo. sebenarnya Pasal itu jangan hanya diartikan bahwa kaum miskin harus dikasih BLT atau santunan atau apa. kursus2x ketrampilan.. dll. bermental pengemis dan tidak punya pendidikan. kredit pinjaman bunga ringan. tapi yang lebih peting dari itu Pasal itu harus diiplementasikan dalam program pengentasan kemiskinan. kembangkan harga diri dengan semangat untuk maju dan menggali potensi diri. panti Rehabilitasi. anak2x terlantar. mental pimpinan berpengaruh terhadap rakyat. hanya saja semua itu belum optimal dan tidak memenuhi target terpeliharanya fakir miskin dan anak2x terlantar.. amandemen kelima yang sebelumnya banyak disuarakan oleh Dewan Perwakilan Daerah (DPD)."Pasal-pasal itulah yang menjamin kedaulatan negara dalam bidang politik. saya tidak bisa bilang tidak ada. Redaktur: Ramdhan Muhaimin Sumber: Antara http://www. jangan mudah meminta bantuan dan merengek2x sumbangan...Dipilih oleh Suara Terbanyak Implementasinya belum maksimal... Korupsi.. karena berbagai masalah seperti pada adminsitrasi dan manajemen pendataan penyaluran dana yang nyangkut dimana-mana. Apakah anda sudah melihat implementasi yang dilakukan pemerintah negara kita dlm mewujudkan pasal ini? Kalo iya. yang dibangun atas dana pemerintah... bangun kepercayaan diri bangsa.. dll. Kolusi. janda. adapun yang harus diberi perhatian lebih adalah kaum gelandangan. orang miskin adalah orang yang miskin harga diri." kata Mega. Siapa orang miskin itu??. Mega mengatakan. Negara juga harus memberi contoh yang baik. sehingga semua fasilitas itu tidak dapat menampung semua fakir miskin dan anak-anak terlantar.. tentu saja ini perlu campur tangan pemerintah dengan menggalakan pendidikan. di mana. mental miskin inilah yang harus dibenahi. . cacat. dalam wujud apa? kalo nggak.. selama ini sudah ada program pemerintah kearah sana seperti Program jaminan Sosial. dll... kenapa pula mesti ada pasal ini dalam UUD kita kalo gak pernah digubris?   4 tahun lalu Lapor Penyalahgunaan Blue Mountain Jawaban Terbaik ..id/berita/nasional/umum/12/01/30/lylx6i-megawati-enam-pasal-uudtidak-boleh-diubah Pasal 34 UUD 45? Bunyinya kan : "Fakir miskin dan anak2 terlantar dipelihara oleh negara". nyatanya pemerintahanpun banyak yang bermental miskin seperti memohon2x bantuan luar negri atau IMF... SLB untuk anak cacat..republika. manula..co.

Pasal itu ada sebagai pegangan kita dalam mengkritik kebijakan pemerintah yang tidak sesuai dengan pasal tersebut.answers..com/question/index?qid=20080113182811AA3FgJr 21:32 .  4 tahun lalu http://id...yahoo.