MAKALAH LAPORAN LABA RUGI

NAMA KELOMPOK: 1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. NAMA: NAMA: NAMA: NAMA: NAMA: NAMA: NAMA: NPM: NPM: NPM: NPM: NPM: NPM: NPM:

LAPORAN LABA RUGI BAB 2. LAPORAN NERACA BAB 3.DAFTAR ISI BAB 1. LAPORAN ARUS KAS DAFTAR PUSTAKA .

dan sebagainya perusahaan dapat menganut salah satu dari 2 perlakuan berikut ini:  ALL INCLUSIVE Pencatatan kerugian dari pos luar biasa tsb dapat disajikan dalam laporan laba rugi.BAB 1 Laporan Laba-Rugi (income statement) Laporan laba-rugi adalah salah satu laporan keuangan dalam akuntansi yang menggambarkan apakah suatu perusahaan mengalami laba atau rugi dalam satu periode akuntansi. sedangkan jika selisih tsb negative disebut dengan rugi. Untuk menyajikan pos luar biasa seperti kebakaran.  MULTIPLE STEP Yaitu bentuk laporan yang disusun secara bertahap penghasilan dan beban disajikan sesuai dengan uturan aktivitas yaitu kegiatan usaha diluar usaha dan luar biasan. SINGLE STEP Yaitu bentuk laporan yang disusun dengan menggabungkan semua penghasilan menjadi suatu kelompok dan semua biaya dalam satu kelompok lainnya yang terjadi dalam suatu periode. Selisih positif antara kelompok penghasilan dengan biaya disebut dengan istilah penghasilan bersih atau laba. Sehingga untuk menghitung laba rugi bersih hannya memerlukan satu langkah yaitu mengurangkan total penghasilan dengan total biaya. gempa. sedangkan dalam laporan laba yang ditahan hanya berisi net income yang ditransfer dari laporan rugi laba deklarasi (pembayaran dividend). penyisihan dari laba (appropriation of retained earning)  CURRENT OPERATING PERFORMANCE/NON CLEAN SURPLUS CONCEPT .      Unsur-unsur laporan laporan laba rugi biasanya terdiri dari: Pendapatan dari penjualan o Dikurangi Beban pokok penjualan Laba/rugi kotor o Dikurangi Beban usaha Laba/rugi usaha o Ditambah atau dikurangi Penghaslan/beban lain Laba/rugi sebelum pajak o Dikurangi Beban pajak Laba/rugi bersih Format atau bentuk laporan laba rugi dapat disajikan dalam 2 bentuk  B. A.

C.Pecatatan kerugian dari pos luar biasa tidak boleh disajikan dalam laporan laba rugi melainkan disajikan dalam laporan laba ditahan atau laporan perubahan modal maka laporan laba rugi hanya menentukan hasil dari operasi normal periode tersebut. dagang dan industri hanya terdapat perbedaan pada rekening-rekening rugi laba yang terdapat pada masing-masing perusahaan tersebut misalnya :  Perusahaan jasa tidak memiliki persediaan.3). sehingga dalam laporan rugi laba tidak terdapat komponen harga pokok persediaan  Perbedaan nama rekening misalnya nama rekening penghasilan pada perusahaan dagang “Penghasilan Penjualan “ sedangkan pada perusahaan jasa adalah “Penghasilan Jasa”  dll. Contoh laporan Laba Rugi Berdasarkan kertas kerja Perusahaan ADHI JAYA Medan per 31 Desember 2005 (Tabel 8. maka laporannya dapat disusun sebagai berikut. . D. Perbedaan laporan Rugi laba perusahaan jasa.

datanya diambil dari modal awal dan prive pada kolom neraca.3). Laporan Perubahan Modal (Capital Statement) Laporan perubahan modal adalah laporan yang menunjukkan sebab-sebab adanya perubahan modal pada akhir periode akuntansi. Contoh: Berdasarkan kertas kerja Perusahaan ADHI JAYA Medanper 31 Desember 2005 (Tabel 8. . Menyusun laporan perubahan modal yang bersumber dari kertas kerja.E. dan laba atau rugi bersih yang datanya diambil dari laporan laba/rugi. laporan perubahan modal dapat disusun sebagai berikut. Modal suatu perusahaan disebabkan oleh adanya laba atau rugi usaha dan pengambilan pribadi dari pemilik atau prive.

Medan per 31 Desember 2006 (Tabel 8. Neraca atau laporan posisi keuangan (bahasa Inggris: balance sheet atau statement of financial position) adalah bagian dari laporan keuangan suatu entitas yang dihasilkan pada suatu periode akuntansi yang menunjukkan posisi keuangan entitas tersebut pada akhir periode tersebut. kewajiban. Contoh Neraca Multi Step: Berdasarkan kertas kerja Perusahaan ADHI JAYA. .Neraca (Balance Sheet) Di dalam akuntansi keuangan. caturwulan. atau tahunan). dan ekuitas yang dihubungkan dengan persamaan berikut:  aset = kewajiban + ekuitas Informasi yang dapat disajikan di neraca antara lain posisi sumber kekayaan entitas dan sumber pembiayaan untuk memperoleh kekayaan entitas tersebut dalam suatu periode akuntansi (triwulan.3) dapat disusun neraca sebagai berikut. yaitu aset. Neraca terdiri dari tiga unsur.

00 Rp 800.550.000.00 ( Rp 500.000.000.000.700.550.00 Rp 20.00 Rp 2. Perusahaan ADHI JAYA.000. Medan per 31 Desember 2006 (Tabel 8.Sabil Jumlah Passiva Rp 158.750.Contoh Neraca Single Step: Berdasarkan kertas kerja Perusahaan ADHI JAYA.00) Rp 173.500.kantor Jumlah Aktiva PASSIVA Utang Usaha Utang gaji Rp Rp 13.00 Modal Tn.850.000.000.00 .00 Rp 15. Medan NERACA Per 31 Desember 2006 AKTIVA Kas Piutang Usaha Perlengkapan Kantor Sewa dibayar di muka Peralatan kantor Akum peny.000.00 Rp 135. Perlt.000.000.000.000.000.000.3) dapat disusun neraca sebagai berikut.00 Rp 173.00 1.

com/2008/03/24/laporan-rugi-laba/ http://www.com/bse/laporan-keuangan-dari-neraca-lajur .bapepam.org/wiki/Laporan_laba/rugi http://ilmumanajemen.id/ http://gurumuda.go.wikipedia.DAFTAR PUSTAKA http://id.wordpress.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful