SOAL LATIHAN BAB I TIPE I 1. Yang menyatakan bahwa atom yang sejenis pasti identik adalah . . . A.

John Dalton B. Thomson C. Rutherford D. Henry Moseley E. Niels Bohr 2. Dari percobaan yang berhubungan dengan sinar katode, pernyataan berikut ini yang benar kecuali . . . . A. menghasilkan penemuan elektron B. elektron mengalir dari katoda C. elektron mempunyai sifat materi D. elektron tidak mempunyai massa E. Dilakukan oleh Thomson 3. Pernyataan mengenai atom berikut yang benar menurut model atom Dalton, . . . . A. lebih banyak ruang hampanya B. paling kecil C. bermuatan listrik D. dapat bergabung dengan atom lain E. ada yang sifat kimianya sama tetapi sifat fisiknya berbeda 4. Percobaan hamburan partikel alfa merupakan tes terhadap model atom . .. A. Dalton B. Thomson C. Chadwick D. Rutherford E. Bohr 5. Partikel dipergunakan oleh Rutherford dalam percobaan hamburan partikel alfa mempunyai sifat-sifat . . . . A. Tidak mengalami pembelokan bila berada pada medan magnet/listrik B. tidak mempunyai massa C. mempunyai massa sama dengan massa proton 29 D. bermuatan negatif E. merupakan inti atom He 6. Aliran elektron dalam tabung sinar katode, dapat memutar kincir yang dilalui. Fakta ini membuktikan bahwa elektron. . . . A. mempunyai massa B. mempunyai muatan positif C. mempunyai muatan negatif D. dapat bergerak di ruang hampa E. merupakan partikel terkecil 7. Dua eksperimen sinar katode, menggunakan gas berbeda sebagai pengisi tabung sinar katode. Jika pada tabung pertama digunakan gas hidrogen sedang tabung kedua menggunakan gas nitrogen, maka sifat sinar yang dihasilkan adalah . . . . A. muatan listrik sinar dari tabung pertama lebih besar B. sinar katode dari tabung kedua bermassa lebih besar C. tabung pertama tidak menghasilkan sinar katode karena gas hidrogen terlalu ringan D. sinar katode dari tabung kedua lebih bernyala terang karena massa relatif nitrogen besar E. tidak ada perbedaan sifat sinar katode dari kedua percobaan tersebut 8. Sinar katode selanjutnya diberi nama . ... A. elektron B. proton C. netron D. alfa E. sinar kanal 9. Yang membuat model atom kue kismis adalah . . . .

elektron beredar mengelilingi inti C. proton B. sinar katode E. . Millikan 10. . M dan N C. kecuali . 9. inti atom bermuatan positif E. Moseley D. Inti atom bermuatan positif dan elektron beredar pada lintasan jauh dari inti. elektron bermuatan negatif 15. 4. . . hamburan partikel D. L 18. Banyaknya elektron maksimum kulit lintas N adalah . . .8 x 10 19 C − D. A. . netron D. 1. Di antara angka berikut yang tidak mungkin merupakan besarnya muatan listrik adalah . Sebuah elektron yang berada pada tingkat energi yang sesuai dengan tingkat energinya sendiri tidak memancarkan maupun menyerap energi. delapan belas C. K dan M B. Chadwick 12. Niels Bohr B. . enam belas B. . elektron E.4 x 10 19 C − E. Rutherford mengandung kelemahan. Partikel yang diketemukan oleh Chadwick adalah . elektron tersebut berada pada keadaan tereksitasi D. Bohr C. A. A. L dan N D.4 x 10 19 C − C. tiga puluh dua 17. . dikemukakan oleh Rutherford B. . . pernyataan berikut yang benar. Kelemahan model atom tata surya yang diusulkan oleh Rutherford . merupakan koreksi terhadap teori atom Dalton C. Rutherford B.6 x 10 19 C 11. . selama beredar. . merupakan salah satu postulat Bohr E. Pernyataan ini pertama kali dikemukakan oleh . . A. atom berongga D. 6. . . Thomson E. . K E. 16. elektron tidak kehabisan energi B. Mengenai pernyataan ini. 2. maka kulit lintas yang berada tepat berada di dekat kulit itu adalah kulit.A. − A. inti atom C. Jika sebuah kulit lintas dapat berisi maksimum 8 elektron. A.6 x 10 19 C − B. Berikut ini merupakan sifat proton. tetes minyak C. akan disertai emisi spektrum. . Percobaan yang dipergunakan untuk menentukan muatan listrik disebut percobaan . Rutherford E. A. sinar alfa 13. Thomson C. 30 14. . Dalton D. dua D. karena Rutherford tidak dapat menerangkan mengapa. sinar kanal B. . A. . delapan E. adalah . . Jika pindah ke lintasan yang lebih jauh dari inti.

Atom X terdiri atas 3 macam isotop. 20. A. 39 C. Pernyataan mengenai partikel berikut yang benar adalah .A. muatan partikel adalah − 2 E.8 26. Sebuah partikel terdiri atas 12 proton. . 16. 12 Mg dengan 12 Mg 24 24 E. 11 Na 24 C. . 31 . Maka nomor massa X adalah . E. yang tidak mengandung netron adalah . A. merupakan isotop 10Ne 23 21. A. 11 Na dengan 12 Mg A. . menjadi netral karena berada satu kesatuan dengan netron dalam inti 19. maka massa atom relatif atom X adalah . C. . . 19 D. 24 25. 7 N A. Maka harga A D. nomor massa 12 C. Jika atom 19 K adalah pasangan isoton bagi adalah . . . kedua dan ketiga berturut-turut mempunyai massa relatif 15. A. 10 elektron dan 12 netron. 13 E. diketemukan oleh Goldstein E. 23.6 E.0 B. C. . 11 C. . 37 A 18 Ar . A. . . . 12 C 6 14 E. . 16. 18 E. 1 H 1 B. Newland 22. 24 Mg2+ 12 23 B. . muatannya sama dengan muatan elektron. merupakan salah satu penyusun inti atom C. tetapi tandanya berbeda B. 38 B. Jika 11 Na merupakan pasangan isoton dengan atom X yang nomor atomnya 13. . Hukum Triade dikemukakan oleh . 11 Na dengan 12 Mg 24 24 C. 2 D 1 3 T 1 12 6 C 23 Na 11 40 39 20 Ca dengan 19 K 23 24 B. 23 B. elektronnya sama dengan yang dimiliki oleh 19 − 9 F 39 24. Jika kelimpahan isotop pertama 10 % dan yang kedua 60 %. D. Berikut ini yang merupakan pasangan isotop adalah . 16. nomor atomnya 10 B. 16 dan 17. Isotop pertama. A. 16. . 25 D. . Di antara partikel berikut. 11 Na D. Yang merupakan pasangan isobar 24 dengan 12 Mg adalah . 12 Mg dengan 12 Mg 2+ 24 25 D. . merupakan partikel sinar kanal D. .4 D.

Cu dan Zn 33. massa tiap atom unsur tersebut adalah 42 sma E. Jika unsur A. sifat fisik B. kenaikan massa dan persamaan sifat fisik B. A. inti atom tersebut terdiri atas 20 proton dan 22 netron 32 . . . . maka . atom tersebut bernomor atom 20 C. . Unsur C paling non logam E. A.. massa B adalah separuh dari jumlah massa A dan B 28. Sistem periodik modern membuat kolom vertikal yang disebut golongan. Na dan Mg D. sifat F mirip dengan sifat L 29. . sifat A mirip dengan sifat F B. Mendeleyev D. 12 C. Pernyataan tersebut dikemukakan oleh . sifat B mirip dengan sifat J E. sifat A sama dengan sifat B dan C D. B dan C adalah anggota kelompok triade dengan urutan A B C. jumlah netron E. . Wolfgang Dobereiner D. kenaikan nomor massa saja C. 8. Moseley. 7 32. A. kenaikan massa atom dan persamaan sifat kimia E. sifat E mirip dengan sifat K C. sifat kelogaman D. Mendeleyev B. A. unsur A paling bersifat reaktif B. 27. inti atom unsur tersebut mengandung 22 netron B.. . kelogaman A paling kuat C. A. jumlah proton 31. titik didih C. sifat D mirip dengan sifat K D. 8 B. Banyaknya kolom vertikal pada tabel periodik unsur modern adalah . maka di antara pernyataan berikut yang salah adalah . 2. 8. . . Lothar Meyer E. H dan He B. A. . 16 E. Newland C. kenaikan nomor atom dan persamaan sifat kimia D. . . jumlah elektron atom tersebut 20 D.B. Susunan berkala yang diusulkan oleh Mendeleyev menggunakan prinsip . . Dobereiner C. Jika nomor massanya adalah 42. Jika urutan A B C D E F G H I J K L M N O adalah urutan yang dibuat oleh Newland maka menurut Newland. A. Suatu atom netral dari suatu unsur mempunyai konfigurasi elektron 2. Di antara pasangan berikut yang menjadi kontroversi bagi azas Mendeleyev adalah . Moseley mengusulkan agar susunan periodik unsur menggunakan azas kenaikan. 18 D. Rutherford E. Moseley 31. Ar dan K C. Ca dan Sc E. A. kenaikan massa atom saja 30. Sifat-sifat unsur merupakan fungsi periodik dari massa atomnya. .

nomor atom A lebih besar C. 17 dan 19 B. atom tersebut mempunyai 4 kulit lintas B. . Sebuah atom suatu unsur. terletak pada periode 4 golongan 3A. inti atom unsur tersebut mengandung 31 proton E. yang keelektronegatifannya paling besar adalah yang nomor atomnya 11 E. nomor atom unsur tersebut adalah 42 B. Jika inti atom unsur tersebut mengandung 22 netron. 12 dan 16 36. unsur tersebut seperiode dengan unsur dengan nomor atom 21 35. A.. atom tersebut juga mengandung 22 proton C. Jika unsur A dan B terletak dalam periode yang sama. sifat kelogamannya terbesar dibandingkan dengan unsur lain segolongan D. 17 dan 19. .. tetapi jari-jari A lebih besar dari pada B. . inti atom unsur A mengandung proton lebih banyak B. sifat kelogaman B lebih besar D. yang mempunyai 4 buah kulit lintas adalah yang nomornya 17 dan 19 D. A. A. potensial ionisasi A < B E. terletak pada periode 4 C. konfigurasi elektronnya adalah 2 . Tentang atom tersebut pernyataan berikut yang tidak benar adalah . sifat kelogamannya terbesar dibandingkan dengan unsur lain seperiode E. . A. 18 dan 19 D. . unsur A terletak di sebelah kanan B B. 8. A. kecuali A. yang jari-jari atomnya paling kecil adalah yang nomor atomnya 17 B. 2 dan 3 E. . . atom A lebih mudah melepas elektron dibandingkan B E. 3 C. yang termasuk golongan 1A adalah yang nomor atomnya 17 37. nomor massanya 22 E. 8. berarti . Diketahui 3 buah unsur dengan nomor atom 11. yang kelogamannya terbesar adalah yang nomor atomnya 11 C. pernyataan berikut benar. . kelogamannya lebih besar dari pada unsur dengan nomor atom 19 D. . Jika unsur A dan B adalah seperiode. afinitas elektron A < B D. . Tentang atom suatu unsur yang lambang lengkapnya 40 19 K. . maka . Sebuah unsur berada pada golongan 2A dan mempunyai 4 kulit lintas.34. . sifat-sifat kimia A dan B sama 40. nomor atom unsur tersebut adalah 31 D. seperiode dengan unsur lain yang nomornya 20 33 . A lebih elektronegatif dari pada B 38. jari-jari atom A > B C. Sehubungan dengan ketiganya. pernyataan berikut yang benar adalah . terletak pada golongan 1A B. A. . Di antara pasangan nomor atom berikut yang terletak dalam periode yang sama adalah pasangan atom dengan nomor atom. . sifat kelogamannya lebih besar dari pada unsur dengan nomor atom 12 39. 10 dan 11 C. maka . dengan A terletak sebelum B.

. . . yang benar adalah . Kelemahan Rutherford sehubungan dengan teori atom yang diusulkannya adalah . Pernyataan yang berhubungan dengan sinar kanal berikut.6 x 10 19 C 5. (1) proton diketemukan oleh Goldstein (2) netron diketemukan oleh Chadwick (3) elektron diketemukan oleh Thomson (4) proton dan netron membentuk satu kesatuan dan disebut inti 6. . (1) atom adalah bagian terkecil dari suatu unsur (2) atom mengandung elektron yang bermuatan negatif (3) atom-atom dari unsur sejenis pasti identik (4) banyak elektron sama dengan banyaknya proton 3. (1) dalam keadaan netral elektronnya 18 (2) netronnya sama dengan netron 35 pada 17 Cl (3) intinya mengandung 17 netron (4) merupakan pasangan isoton 39 dengan 19 K 9. Tentang partikel penyusun atom berikut.TIPE II 1. Sebuah partikel terdiri atas 20 proton. Pernyataan berikut ini yang dinyatakan oleh Dalton dalam postulatnya adalah . Mengenai partikel penyusun atom yang diketemukan oleh Thomson. .. 21 netron dan 18 elektron. Pernyataan yang benar mengenai 37 − 17 Cl . . (1) nama partikel itu adalah elektron (2) diketemukan melalui percobaan sinar katode 1 (3) massanya sekitar massa 1836 proton − (4) muatannya + 1. pernyataan berikut benar. . (1) namanya netron (2) tidak bermassa (3) tidak bermuatan (4) diketemukan oleh Goldstein 4. Pernyataan berikut yang benar adalah . Di antara tokoh-tokoh berikut yang andilnya besar dalam upaya mengembangkan teori atom adalah (1) Dalton (2) Rutherford (3) Thomson (4) Niels Bohr 2. pernyataan berikut yang benar adalah . .. .. (1) sifatnya dipengaruhi oleh jenis gas yang dipergunakan (2) tidak membelok ketika dilewatkan dalam medan magnet (3) merupakan partikel yang bermuatan positif (4) juga disebut sinar katode 8. (1) nomor atomnya 20 34 . . . . kecuali . (1) menyatakan bahwa atom adalah bagian terkecil (2) menyatakan bahwa inti tak bermuatan listrik (3) menyatakan bahwa atom bersifat netral karena elektron dan proton sama banyak (4) tidak mampu menjelaskan mengapa elektron dapat beredar pada lintasan yang jauh dari inti 7. Mengenai partikel penyusun inti yang tak bermuatan listrik. pernyataan yang benar adalah . adalah .

. . . Diketahui pertikel-partikel : (a) = 42 20 Ca 40 20 Ca 39 19 K − . Mengenai susunan berkala modern. Berikut ini yang salah mengenai atom tersebut adalah . Tentang tokoh-tokoh perintis dalam bidang pengelompokan unsur berikut yang benar adalah . . Dua buah unsur A dan B. Berikut ini yang merupakan sifat-sifat umum logam adalah .. Mengenai unsur-unsur yang berada pada periode yang sama. (1) nomor atom A adalah 9 (2) nomor atom B adalah 17 jika B tepat di bawah A (3) A dan B golongan halogen (4) kelektronegatifan A < B 16. . . . 15. . (1) jumlah elektron masing-masing atom unsur-unsur tersebut sama (2) sifat logamnya berkurang dari kiri ke kanan (3) elektronvalensi masing-masing unsur tersebut sama (4) jumlah kulit lintas masing-masing unsur adalah sama. (d) = dan (e) = Mengenai partikel-partikel tersebut. E adalah unsur segolongan dari atas ke 35 . maka . Jika elektronvalensinya 7. . B. Dua buah unsur non logam A dan B mempunyai elektronvalensi yang sama. . (c) = 40 + 19 K . (1) juga disebut bentuk panjang (2) unsur non logam berada di sebelah kanan (3) unsur transisi semuanya logam (4) golongan 6A disebut golongan khalkogen 14. Diketahui 56 26 Fe . (1) termasuk unsur golongan utama (2) jari-jarinya lebih besar dari pada Fe2+ (3) termasuk unsur non logam (4) terletak pada periode 4 18. . . (1) hukum triade dikemukakan oleh Newland (2) hukum oktaf dikemukakan oleh Wolfgang Dobereiner (3) Lothar Meyer mengusulkan penyusunan susunan periodik dengan dasar nomor atom (4) Mendeleyev mengusulkan penyusunan susunan periodik dengan dasar massa atom 13. pernyataan berikut yang salah adalah . maka pernyataan berikut benar kecuali.(2) nomor massa 20 (3) merupakan ion positif (4) jumlah elektronnya sama dengan elektron pada 18Ar 10. (1) a dan b adalah isoton (2) a dan c adalah isotop (3) d dan e jumlah elektronnya sama (4) d dan e nomor atomnya sama 11. . sedang A berada di periode ketiga. Jika jari-jari A lebih besar dari pada B. (1) A dan B segolongan (2) A berada di periode ke 4 (3) jika nomor atom A adalah 16 maka nomor atom B pasti 8 (4) keelektronegatifan A lebih besar dari pada B 17. dan A berada diperiode 2. (b) = 37 17 Cl . . . pernyataan berikut yang benar adalah . D. keduanya unsur golongan utama. Diketahui unsur-unsur A. . pernyataan berikut yang benar adalah . (1) titik lebur dan titik didihnya tinggi (2) dapat dipipihkan (3) mudah menghantarkan arus listrik (4) bersifat isolator terhadap panas 12. C. .

. pernyataan berikut yang benar adalah . reaksi kimia terjadi karena suatu atom berubah menjadi atom lain SEBAB Reaksi kimia menghasilkan zat baru dengan sifat yang berbeda dari sifat asalnya 3. Dua partikel yang merupakan pasangan isotop. . Sinar kanal adalah partikel yang bermuatan positif SEBAB Sinar kanal adalah berkas proton 5. Menurut Dalton. (1) terletak di ujung paling kanan pada susunan berkala modern (2) yang paling atas nomor atomnya 2 (3) elektron terluarnya 8 kecuali yang paling atas (4) semuanya non logam kecuali yang paling atas 20. pernyataan berikut yang benar adalah . . Elektron belum dikenal pada saat Dalton mengemukakan teori atomnya SEBAB Elektron diketemukan oleh Michael Faraday 2. lambang atomya tidak harus sama SEBAB Pasangan isotop mempunyai persamaan jumlah netron dalam inti 36 . Dalam partikel yang nomor atomnya 12. maka dapat dipastikan bahwa . Pernyataan itu dikemukakan oleh Thomson SEBAB Thomsonlah yang melakukan percobaan sinar kanal 4. Tentang unsur gas mulia. . Inti atom terdiri atas proton dan netron. Unsur dengan nomor 14 mengandung 14 netron pada intinya SEBAB Inti atom terdiri atas proton dan netron 25 7. maka Z = 12 SEBAB Isoton adalah pasangan yang jumlah protonnya sama 8. dan keduanya seperiode.bawah. elektronnya juga 12 jika atom tersebut netral SEBAB Nomor atom suatu partikel ditentukan oleh jumlah elektron dalam inti − 9. . (1) nomor atom A = 9 (2) afinitas elektron membesar dari R sampai A (3) A sampai E adalah halogen (4) unsur E adalah satu-satunya logam pada golongan itu 19. Jika kelogaman unsur logam A lebih besar dari pada kelogaman unsur logam B. Berdasarkan data tersebut. Jika 12 Mg dan 24 X adalah pasangan Z isoton. . Unsur 10Ne dan 9F mempunyai elektron yang sama banyaknya SEBAB Ne dan F keduanya adalah gas pada suhu bilik 6. Unsur-unsur tersebut mempunyai 5 elektron pada kulit lintas terluar. (1) A dan B keduanya mempunyai elektronvalensi sama (2) jari-jari A lebih kecil dari pada B (3) potensial ionisasi A lebih besar dari pada B (4) A dan B mempunyai kulit lintas yang sama banyaknya TIPE III 1.

keduanya adalah segolongan. Br. Unsur dengan nomor 3. unsur yang sudah dikenal belum sebanyak sekarang 14. sifatnya sangat mirip dengan unsur dengan nomor atom 11 SEBAB Unsur dengan nomor atom 3 dan 11 berada pada golongan utama yang sama 16. meskipun muatan kedua partikel tersebut berbeda SEBAB + Na dan Na mempunyai jumlah proton yang sama 17. Salah satu kehebatan Mendeleyev adalah dapat meramalkan sifat unsur yang pada saat itu belum diketemukan. Unsur yang seperiode dari kiri ke kanan afinitasnya elektronnya makin besar SEBAB Unsur yang seperiode jumlah kulitnya sama 15. yaitu golongan alkali tanah. I dan At 18. Jika suatu unsur terletak pada periode 3 golongan 5A. SEBAB Unsur nomor urut 1 dan 8 berbeda letak satu oktaf 13. Unsur non logam yang paling reaktif adalah F SEBAB Unsur F segolongan dengan unsur Cl. Jari-jari atom Na dan Na+ adalah sama.10. Dalam tabel yang dibuatnya. Newland menyatakan bahwa unsur nomor 1 dan nomor 8 sifat-sifatnya sangat mirip. dan telah disediakan tempat untuk unsur itu SEBAB Pada saat itu. Dalam satu kelompok triade. maka atom Y yang terletak tepat di bawah X pasti mempunyai nomor atom 37 SEBAB Atom dengan nomor 19 dan 37. unsur yang massanya paling ringan adalah gas SEBAB Kelompok triade terdiri atas 3 unsur dengan sifat-sifat yang hampir sama 12. Banyaknya elektron dalam partikel 30 Zn 2+ adalah 28 SEBAB Zn2+ terjadi karena Zn mengikat 2 buah elektron 11. lebih besar dari pada kereaktifan logam Na dengan nomor atom 11 SEBAB Jari-jari 19K lebih besar dari pada jarijari atom 11Na 37 . Kereaktifan logam K dengan nomor atom 19. 19. Jika unsur X nomor atomnya 19. maka nomor atomnya adalah 17 SEBAB Atom dengan nomor 17 berada pada periode 3 20.

g. g. Apakah kelemahan teori atom Dalton ? 3. Bagaimanakah atom menurut teori Thomson ? 8. Tentukan pula massa dan nomor massa partikel berikut: 18. isoton dan isobar 19. Apakah isotop. i. Bagaimana atom menurut teori atom Dalton ? 2. netron dan elektron pada partikel berikut: a. Ceritakan mengenai percobaan sinar katode ? Fakta apa yang menunjukkan bahwa sinar katode mempunyai sifat materi! 4. e. a. Dalam sistem periodik modern dikenal golongan dan periode. Menurut Bohr. Thomson. Tentukan nomor atom dari unsur yang terletak pada: a. Apakah kelemahan sistem periodik Mendeleyev ? 22. Bagaimanakah atom menurut Rutherford ? 12. h. Ceritakan mengenai percobaan hamburan partikel alpha ! 11. Sebutkan sifat-sifat sinar katode ! 5. Jelaskan perbandingan antara teori atom Dalton. 14 6 C 32 2− 16 O 14 6 C 32 2− 16 O 17. e. Rutherford dan Bohr ! 16. 41 19 K 41 + 19 K 41 19 K 41 + 19 K b. periode 4 golongan 2A c. h. Apakah kelemahan teori atom Rutherford ? 13. d. Siapakah yang menemukan elektron ? Apakah yang anda ketahui mengenai massa dan muatan elektron ? Berapakah harga e/m untuk elektron ? 6. Tentukan banyaknya proton. Siapakah yang menemukan proton ? Dengan percobaan apakah proton diketemukan ? 9. periode 4 golongan 3B 38 . berapakah massa atom relatif C? 20. a. 21. periode 3 golongan 3A b. isobar dan isoton itu? Berilah masing-masing sebuah contoh pasangan isotop. Bagaimanakah jika sejumlah energi yang tertentu besarnya diberikan kepada elektron yang stasioner ? 15. Sebutkan sifat-sifat sinar kanal ! 10. ada berapa periode dalam sistem periodik ? b. Berapa banyaknya unsur dalam masing-masing periode ? 23. Ceritakan mengenai hukum triade dan hukum oktaf sehubungan dengan klasifikasi unsur. Jika kelimpahan 12C di alam = 98%. i. Percobaan apakah yang dipergunakan untuk mengetahui muatan elektron ? Dari percobaan tersebut.TIPE IV 1. b. mengapa elektron yang stasioner tidak menyerap dan memancarkan energi ? 14. Ada dua macam isotop karbon. berapakah muatan elektron ? 7. c. dalam sistem periodik ada 18 golongan. yaitu 12C dan 14C. Sebutkan urutan nomor golongannya c. periode 4 golongan 3A d. 40 20 Ca 40 2+ 20 Ca 40 20 Ca 40 2+ 20 Ca c. Ada berapa unsur non logam dan berapa semi logam dalam sistem periodik ? 24. 35 17 Cl − 35 17 Cl 35 17 Cl − 35 17 Cl d.

Bagaimanakah kebasaan unsur segolongan ? 42. Bagaimanakah keelektronegatifan unsur segolongan ? 44. a. periode 4 golongan 3A d. Apakah yang dimaksud dengan potensial ionisasi ? 35. disebutkan bahwa jari-jari atom unsur seperiode makin kecil. 12 c. 8 b. 12 c. Tentukan nomor periode dan nomor golongan dari atom yang nomor atomnya: a. Dalam sistem periodik modern. Bagaimanakah energi ionisasi unsur seperiode ? 40. Mengapa sifat kelogaman juga boleh disebut sifat keelektropositifan ? ===000=== 39 . Bagaimanakah energi ionisasi unsur segolongan ? 45. 8 b. Apakah yang dimaksud dengan sifat kebasaan ? 32. Bagaimanakah afinitas elektron unsur segolongan ? 43. Apakah yang dimaksud dengan sifat kelogaman ? 31. Apakah yang dimaksud dengan keelektronegatifan ? 34. Manakah yang lebih besar. Bagaimanakah afinitas elektron unsur seperiode ? 38. Bagaimana konfigurasi elektron dari atom dengan nomor atom: a.37 e. Tentukan konfigurasi elektron dari unsur yang terletak pada: a. 19 d. Bagaimanakah keelektronegatifan unsur seperiode ? 39. jari-jari atom netral atau jari-jari kationnya ? b. 35 26. Manakah yang lebih besar. periode 4 golongan 2A c.25. Mengapa ? Bagaimana jari-jari atom unsur segolongan ? 29. jari-jari atom netral atau jari-jari anionnya ? 30. Bagaimanakah kebasaan unsur seperiode ? 37. periode 4 golongan 3B 28. 35 27. 19 d. Bagaimanakah kelogaman unsur seperiode ? 36.37 e. periode 3 golongan 3A b. Bagaimanakah kelogaman unsur segolongan ? 41. Apakah yang dimaksud dengan afinitas elektron ? 33.

Master your semester with Scribd & The New York Times

Special offer for students: Only $4.99/month.

Master your semester with Scribd & The New York Times

Cancel anytime.