UKHUWAH ISLAMIYAH

MAKALAH Disusun untuk memenuhi Tugas Mata Kuliah Hadits PAI 2 C Kelompok V Dosen Pengampu : Prof. DR. H. M. Erfan Soebahar, M.A.

Disusun oleh : Afif Ilman Susetyo Ahmad Fatoni Amal Al Ahyadi Amry Muhammad 113111095 113111096 113111099 113111101

KEMENTERIAN AGAMA INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI WALISONGO SEMARANG FAKULTAS TARBIYAH
Jalan Prof. Dr. Hamka Km. 2 Ngaliyan Semarang 50185  (024) 7601295 Website : www.iainwalisongo.ac.id Tahun Pelajaran 2012 - 2013

larangan memaki dan membunuh muslim. 1978). Pendahuluan Menumbuhkan kesadaran untuk memelihara persaudaraan serta menjauhkan diri dari perpecahan. diterjemahkan oleh Salim Bahreisy dengan judul Tarjamah Riadhus Shalihin I (Cet. Mu’min itu ibarat bangunan. II. Tidak ada beda di antara hamba Allah. tiada seorang lebih mulia dari yang lain.A. B. Hadits Ibn Umar tentang orang Muslim itu bersaudara ِ ِ ِ ِ ِ َ َ َ ‫ع ن ع َع عدننِبَْ عن ِ َعن ن َ َرَننهَبَْع عَن ُ نننلََلَر ُ ن َ ََصننىاَبَْعىَعهننََل َ ننىلَ َننل َََبلعنسننىِ َََخ ن‬ ُ ‫ُع ل‬ َ ْ‫َ َب‬ َ َ َ َُ ُ َ َ َ ِ ‫لج‬ َ‫بلعنسَِ ََِالَيَظعىِن ََُلَََيُسىِن ََُلم ع َكل ََفِهَحلجةََخَََكللَبَُْفِهَح ََتِ َ *َ( خ جََبلدخلريَفه‬ َ ‫ُ ع ىل‬ َ َ ِ ‫ُ َال ع ُ َ َ َ ل َ َ ِ ِ عه‬ َ )‫كتلبَبالك به‬ Dari Abdullah Ibn Umar RA. dan kewajiban muslim terhadap muslim lain. Dalam makalah ini kami akan mencoba. tidak boleh menganiayanya dan tidak boleh dibiarkan dianiaya oleh orang lain dan siapa menyampaikan hajat saudaranya.1 Annawawy. sesungguhnya Rasulullah SAW. Sama kedudukan sebagai hamba dan khalifah Allah. Hadits 1. karena Allah hendak menjadikan tempat bertemu yang kokoh dari keakraban hubungan ukhuwah atau persaudaraan seluruh anak manusia. Sama-sama mengemban amanat Allah sesuai dengan bidang tugas dan pekerjaan masing-masing. 238-239. Allah mengembalikan ke dasar keturunan manusia kepada dua orang nenek moyang. Riadhus Shalihin. Semoga makalah ini memberikan ilmu yang bermanfaat bagi kita semua. hlm. merupakan realisasi pengakuan bahwa pada hakikatnya kedudukan manusia adalah sama di hadapan Allah. niscaya Allah menyampaikan hajatnya. yaitu Adam dan Hawa. Bandung: PT Al Maarif. 1 Ukhuwah Islamiyah 1 . memberikan penjelasan secara singkat tentang orang muslim itu bersaudara. bersabda seorang muslim bersaudara kepada sesama orang muslim.

5 Ibid. Syarah Shahih al Bukhori (Beirut: Darul Kutub al Ilmiyah. hlm.3 4. 266. 1996). apa saja wahai Rasulullah. Hadits Abu Musa tentang Mukmin itu ibarat bangunan ِ ََُ‫عن ع ََِننهَم َ ننهَع ن ِ َبلَدِننهَصننىاَبَْعىَعهننََل َ ننىلَ َننل َ َِلَبلعنننِم َ َلِىعنننِم ِ َكللعدُنعَهَننللَيَ ُ ن ََُّعضنن‬ ُ ‫ُ ع ِ ُ ع ِ َ ن ِ ِ َن ع‬ َ َ َ ‫ع‬ ُ َ َ َ )‫َنعضلَلشَكََصل ِع ََُ*َ( خ جََبلدخلريَفهَكتلبَبلصالة‬ َ َ َ ‫ع ً َ َد‬ Dari Abu Musa bahwa Rasulullah SAW. Ikamlul Ikmal al Mu‟lim Juz VII (Beirut: Darul Kitab al Ilmiyah. telah bersabda sesungguhnya seorang mu‟min bagi sesama mu‟min bagaikan bangunan yang kuat menguatkan setengah pada setengahnya. Irsyadus Syari‟. 3 2 Ukhuwah Islamiyah 2 . jika dia bersin dan mengucap alhamdulillah maka jawablah (yarhamukallah). 234-235 Imam Syihabuddin Ahmad Bin Muhammad al-Qasthalani.2. Lalu dia berkata. hlm. bersabda kewajiban seorang muslim kepada sesama muslim lainnya ada enam. Rasulullah bersabda: jika bertemu memberi salam kepadanya. 4 Muslim bin al-Hijij Abu al-Husain al-Qusyairi al-Naisaburi.). Hadits Ibn Mas’ud tentang larangan memaki dan membunuh Muslim ٍ ِ ِ َِ َ َ* ٌَ ‫ع ع َع عدِبَْمسع دَ َل َ َ َل َ َر ُ ُ َبَْصىاَبَْعىَعهََل َ ىلَ ِ ََلبَبلعنسىِلََُس قَلَََِللََُُكف‬ ‫َ ِ َ َ د ُ ُ ع ِ ف ُ ٌ َ ت ُع‬ َ ُ‫َ ع‬ َ )‫( خ جََبلدخلريَفهَكتلبَبالدبب‬ Dari Abdullah Mas‟ud ia berkata Rasulullah SAW. ِ ِ َ‫ع ع ََِهَه َيعن َةََلَر ُ َ َبَْصىاَبَْعىَعهنََل َ نىلَ َنل َ َح َُّبلعنسنىِلَعىَناَبلعنسنىِ ََِ ِ نٌَّ ِهن ََمنل‬ ‫ُعل‬ َ ِ ‫َ نُّ ُ ع‬ َ َ َ َ َ ُ َ َ َ ِ ِ ََُ‫هن ن َيَننلَر ُ ن ن ُ َبَْ َننل َ َِذبَل ََتَننَََُس ن َ عََعىَعه ننََلِذبَدع ننلفَفََِج عد ننََُلِذبَب ع تَن عَصن ن َ َََفَلنعص ننلَلَنن‬ َ َ ِ َ َ َ َ َ ِ َ ‫َ َق عه ف َ نىل‬ ُ ‫َ ك َ ع‬ َ َ‫لِذبعطَن َََفَ َ ن نَِبََْفَسننن عت ََُلِذبَم ن ِ َ َفَنع نِهَُلِذبَمننلتَفَلهدِعن َُ *َ( خ جننََمسننىلَفننهَكتننلب‬ َ‫ُ ع َ َ َ َ ع ن‬ َِ َََ َ ََ َ 4 )‫بلسالم‬ Dari Abu Hurairah sesungguhnya Rasulullah SAW. Shahih Muslim Juz II (Bandung: Dahlan. dan jika dia mati antarlah jenazahnya. t. 1994). bersabda memaki muslim adalah kefasikan dan membunuhnya adalah kekufuran. hlm.2 3. jika dia minta nasihat maka nasihatilah. Hadits Abu Hurairah tentang kewajiban Muslim terhadap Muslim lain. hlm.th. jika dia sakit maka tengoklah. 64. 325-326. Sahih Muslim. jika dia mengundang maka datangilah. 5 Imam Muhammad Ibn Kholifah Wasyatani al Ubiy dan Imam Muhammad Ibn Muhammad Ibn Yusuf al-Sanusi Hasan.

jika salah seorang dari keduanya lebih tinggi kedudukannya dari pada yang lain. Karena itu apabila kita dapati seorang menderita kelaparan. 7 Sa’id Hawwa. Jakarta: Pena Pundi Aksara. jika didapatkan karena Allah.7 2. karena temanteman sesama muslim membantu dan mendukungnya baik sedang dalam keadaan senang maupun susah. 1986). Kita kaum muslimin pasti mempunyai kekuatan.C. Moh. ikat mengikat dan tiap-tiap tembok itu terdiri dari ber ratus-ratus batu bata dan di ikat oleh semen. hendaknya merasa bahwa dirinya itu tidak dapat hidup berdiri sendiri dan hendaknya dirinya tidak sendirian. 650. 347. I. adalah perasaan senang memberikan manfaat kepada saudara-saudara kita. disunting oleh Drs. maka kedudukannya akan diangkat bersama saudaranya. Sebagai mu’min sejati. dan tidak boleh bersikap membiarkan saudaranya dalam kebinasaan. diterjemahkan oleh Abdul Amin dkk (Cet. hlm. H. Sesungguhnya ia dihubungkan sebagaimana anak cucu dihubungkan dengan kedua orang tua dan keluarga satu dengan yang lain. maka persaudaraan itu menghendaki supaya masing-masing satu sama lainnya tidak boleh menganiaya akan yang lain. Rifai (Cet. Akhlaq Seorang Muslim. 2006). Semarang: Wicaksana. Al-Mustakhlash Fi Tazkiyatil-Anfus. bagikan kita sendiri yang memperolehnya. juga ada perasaan senang dan gembira melihat mereka mendapat nikmat dan kebaikan. maka ia tidak lebih rendah daripada persaudaraan sedarah. III. wajiblah kita menolongnya untuk melepaskan dirinya dari penderitaan yang menimpanya. Karena persaudaraan itu. Di antara tanda-tanda terjalinnya hubungan ukhuwah Islamiyah. Sesama Muslim itu Bersaudara Orang islam satu sama lain itu dipandang sebagai saudara. Seorang muslim dengan muslim lainnya hendaknya seperti itu. 6 Ukhuwah Islamiyah 3 . Mu’min itu Ibarat Bangunan Rumah batu tersusun dari beberapa dinding tembok yang satu sama lainnya. hlm. Pembahasan 1.6 Sesungguhnya dua orang bersaudara karena Allah. Muhammad Al Ghazali.

cit. hlm.9 4.8 3. Tolong menolong dalam bentuk kebendaan yakni dengan mengulurkan bantuan kepada para penderita atau siapa saja yang memerlukan bantuan.. Dengan dasar gotong-royong dan dasar rukun tetanggalah kita dapat membina masyarakat yang sentosa. Larangan Memaki dan Membunuh Muslim Dalam hadits di atas. mengucapkan salam kepadanya apabila berjumpa dengannya. op. atau “َ‫ ” َُفن ع‬secara bahasa yang berati ُ‫ك‬ seolah-olah sebab membunuh maka dia tertutup dari rahmat Allah.apabila benar bersatu padu. Imam Syihabuddin Ahmad Bin Muhammad al-Qasthalani. kata “َِ ِ‫ ” ِ ندَلبَبلعنسنى‬merupakan mashdar yang di ‫ُ ُعل‬ idhofahkan kepada maf’ulnya yang berarti mencaci atau membicarakan sesuatu yang mencela terhadap harga diri seorang muslim. dan dari kewajiban menolong penderitaan orang lain. menyaksikan jenazahnya apabila ia meninggal. memenuhi undangannya apabila ia mengundangmu. bergotong-royong yang rapi sehingga menjadi kekuatan yang sangat kuat dan sukar untuk dipecah belah. menanggap baik 8 9 Muhammad Al Ghazali. menengoknya apabila ia sakit. Dan kata “َ‫”كفن ع‬ ُُ yang dikehendaki di sini bukan arti secara hakiki(sebenarnya) yaitu orang yang keluar dari islam. masyarakat yang aman. 64 Ukhuwah Islamiyah 4 . op. 348-349. cit. Kewajiban Muslim Terhadap Muslim Lain Antara lain. hlm.. tetapi yang di kehendaki adalah memberi ancaman secara sungguh-sungguh. masyarakat yang diliputi oleh kasih sayang yang dapat membahagiakan umat. Adapun tolong menolong dalam bentuk berbuat baik dan takwa yakni dengan memberikan tuntunan dan bimbingan atau pengajaran. mendo’akannya apabila ia bersin. tolong-menolong dan bantu membantu. Tolong menolong itu ada dua macam: yang pertama tolong menolong dalam bentuk kebendaan (material) dan yang kedua tolong menolong dalam bentuk berbuat baik dan takwa (spiritual).

memelihara kehormatan dirinya apabila ia tidak ada di hadapanmu. maupun badan dalam bentuk kesatuan. Menghormati orang tua dan mengasihani orang-orang yang lebih muda e. menyukai apa yang disukai orang-orang mu’min sebagaimana ia menyukai apa yanng dia sukai.10 Sedangkan hak-hak sesama Muslim menurut Imam al-Ghazali adalah. Tidak mudah mendengar berita-berita buruk Syeikh Muhammad Djamaluddin Al Qasimy Ad Dimsyaqi. diterjemahkan oleh Abu Ridha dengan judul Terjemah Mau‟idhotul Mukminin Bimbingan Orang-orang Mukmin (Cet. Adab pergaulan sesama muslim dapat diperinci antara lain sebagai berikut: a. 10 Ukhuwah Islamiyah 5 . Menghadapi manusia dengan muka yang jernih f. kalau ia marah kepada orang yang dikenalnya maka ia tidak boleh menghindarinya lebih tiga hari. Karena dengan pergaulan kita dapat saling berhubungan mengadakan pendekatan serta dapat mencapai kemaslahatan masyarakat yang adil dan makmur. Semarang: CV Asy Syifa’. baik bersifat pribadi orang seseorang. I. menyukai untuk segala saudara seagama apa yang dicintai untuk dirinya sendiri. dan seterusnya. b. dan membenci apa yang di benci orang-orang mu’min. memberikan salam kepadanya jika ia bertemu. Mau‟idhotul Mukminin Min Iha‟ „Ulumiddin. Berlaku tawadhu (merendahkan diri) kepada segala saudaranya d. Tiada menyakiti seorang muslim c.tidak menyakiti salah seorang dari kaum muslimin dengan perbuatan atau perkataan. menasihatinya apabila ia meminta nasihat padamu.sumpahnya apabila ia bersumpah atasmu. Agama Islam menyeru dan mengajak kaum muslimin melakukan pergaulan di antara kaum muslimin. tidak menyampaikan berita (gunjingan) kepada sebagian yang lain tentang apa yang didengarnya dari sebagian yang lain. 307. hlm. 1993). dalam membina masyarakat yang berakhlaqul karimah. bersikap tawadhu kepada setiap muslim dan tidak sombong.

Menggembirakan sanak kerabatnya. karena mereka akan tetap mendoakannya walaupun ia telah mati selama mereka ingat kebaikan yang ia lakukan buat mereka. h. jangan pamrih apa-apa. i. Toha Putra. karena diriwayatkan dalam salah sebuah hadits bahwa perbuatan yang paling utama adalah menggembirakan orang yang beriman. Menambah umur.g. Masuk ke rumah seseorang harus dengan izin j. j. Kitab Tanbihul Ghafillin. c. d. Menambah berkah dalam rizkinya. Menambah pahala setelah ia mati. Dan kunjungmengunjungi hendaklah dilakukan secara ikhlas. f. 11 Ukhuwah Islamiyah 6 . Semarang: CV. Menambah kasih sayang. Memelihara kehormatan saudaranya h. Memberikan nasihat dan berlaku jujur Dalam usaha memupuk persaudaraan dan persahabatan yang paling ampuh ialah adanya saling kunjung-mengunjungi. g. Mendapat pujian yang baik dari segenap kaum muslimin. Menyedihkan iblis yang terkutuk. 1993). Muslich Shabir. MA. hlm. Adapun manfaat dari kunjung-mengunjung (silaturahmi). Menempatkan seseorang pada tempatnya i. diterjemahkan oleh Drs. dengan judul Terjemah Tanbihul Ghafilin Peringatan bagi Orang-orang yang Lupa jilid I (Cet. e. Para malaikat merasa gembira. Menyenangkan orang-orang yang telah meninggal dunia karena nenek moyangnya merasa senang dengan adanya silaturahmi yang dilakukan oleh anak cucunya. H. 217. karena mereka bergembira bila ada orang yang bersilaturahmi. tetapi karena mencari keridhaan Allah semata-mata. yaitu: a. I.11 Al Faqih Nashr bin Muhammad bin Ibrahim As-Samarqandi. Memperoleh keridhaan Allah karena dengan silaturahmi itu diperintahkan oleh-Nya b.

dan membunuhnya adalah kekafiran.D. memenuhi undangannya apabila ia mengundangmu. bergotong-royong yang rapi sehingga menjadi kekuatan yang sangat kuat dan sukar untuk dipecah belah. maunah dan ridha Allah Azza wa Jalla. tolong-menolong dan bantu membantu. Ukhuwah Islamiyah 7 . antara lain. apabila dalam penulisan ini terdapat kesalahan. menengoknya apabila ia sakit. Sebagaimana dalam hadits di atas “ Memaki-maki orang muslim adalah kefasikan. Akhirnya hanya kepada Allah jualah penulis pasrah dan berserah diri. mendo’akannya apabila ia bersin. dan tidak boleh bersikap membiarkan saudaranya dalam kebinasaan. fasiq. maka persaudaraan itu menghendaki supaya masing-masing satu sama lainnya tidak boleh menganiaya akan yang lain. menasihatinya apabila ia meminta nasihat padamu. itu hanya semata karena didasari kemampuan penulis sangat minim pengetahuan agamanya. Orang yang membunuh seseorang disebut pembunuh. penulis yakin itu semata hanya merupakan taufik. dzalim atau pendurhaka dan kafir. Semoga makalah ini memberikan ilmu yang bermanfaat bagi kita semua. menyaksikan jenazahnya apabila ia meninggal. apabila benar bersatu padu.” Kewajiban Muslim Terhadap Muslim Lain. Penutup Orang islam satu sama lain itu dipandang sebagai saudara. akan tetapi sebaliknya apabila ada kebenaran. ibarat bangunan. mengucapkan salam kepadanya apabila berjumpa dengannya. Jika bangunan tersebut menggunakan bahan yang berkualitas. dan karena dari setan ar-rajim. Kita kaum muslimin pasti mempunyai kekuatan. menanggap baik sumpahnya apabila ia bersumpah atasmu. hasilnya akan kokoh dan mengokohkan.

1978. Muhammad. Shahih Muslim Juz II. Ukhuwah Islamiyah 8 . Muslich Shabir. Mau‟idhotul Mukminin Min Iha‟ „Ulumiddin. Sa’id. diterjemahkan oleh Drs. Hasan. Ikamlul Ikmal al Mu‟lim Juz VII. Semarang: CV Asy Syifa’. diterjemahkan oleh Salim Bahreisy dengan judul Tarjamah Riadhus Shalihin I. Semarang: CV. Kitab Tanbihul Ghafillin. Bandung: PT Al Maarif. Moh. Muslim bin al-Hijij Abu al-Husain al-Qusyairi. Rifai. Imam Syihabuddin Ahmad Bin Muhammad.]. H. Irsyadus Syari‟. Bandung: Dahlan. MA. As-Samarqandi. diterjemahkan oleh Abdul Amin dkk.th. diterjemahkan oleh Abu Ridha dengan judul Terjemah Mau‟idhotul Mukminin Bimbingan Orang-orang Mukmin. 2006. H. Hawwa. Akhlaq Seorang Muslim. Beirut: Darul Kutub al Ilmiyah. 1993. disunting oleh Drs. Sahih Muslim. dengan judul Terjemah Tanbihul Ghafilin Peringatan bagi Orang-orang yang Lupa jilid I. [t. Al-Mustakhlash Fi Tazkiyatil-Anfus.DAFTAR PUSTAKA Annawawy. Beirut: Darul Kitab al Ilmiyah. 1994. al-Naisaburi. Riadhus Shalihin. 1993. Semarang: Wicaksana. Jakarta: Pena Pundi Aksara. Toha Putra. Imam Muhammad Ibn Kholifah Wasyatani al Ubiy dan Imam Muhammad Ibn Muhammad Ibn Yusuf al-Sanusi. Al Ghazali. 1986. Syeikh Muhammad Djamaluddin Al Qasimy. Syarah Shahih al Bukhori. Ad Dimsyaqi. 1996. Al Faqih Nashr bin Muhammad bin Ibrahim. al-Qasthalani.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful