P. 1
gelembung sabun

gelembung sabun

|Views: 51|Likes:
Published by Deassy Siska

More info:

Published by: Deassy Siska on Apr 18, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/03/2013

pdf

text

original

1. Campur deterjen dan air. Deterjen itu sabun cuci buat baju atau piring. 2.

Tambahkan sodium hidroksida dan larutan indikator secukupnya. Agar warna terlihat jelas, campur lebih banyak larutan indikator. Setiap liter larutan balon membutuhkan 1-1/2 sampai 2 sendok teh atau thymolphthalein (warna biru). 3. Tambahkan sodium hidroksida sampai larutan terlihat berwarna (sekitar setengah sendok teh). Sedikit lebih banyak sodium hidroksida akan membuat warna lebih bertahan lama. 4. Sebagai tambahan encerkan dahulu larutan indikator dengan alkohol sebelum dicampur dengan larutan sabun. Sekaligus juga masukkan sodium hidroksida. Bisa juga membuat balon-balon sabun itu terus berwarna sebelum mendarat. Saat balon itu mendarat dan pecah, warna akan hilang. Buzz! Caranya adalah dengan menambahkan sedikit minuman soda. Fun! 5. Kalau punya tinta yang bisa hilang, bisa ditambahkan kedalam larutan sabun. Tips: 1. Mohon untuk tidak meminum larutan sabun! Larutan yang tersisa bisa disimpan untuk bermain lain kali atau buang ke saluran pembuangan. 2. Larutan sabun ini untuk bermain balon-balon sabun, bukan untuk mandi! 3. Sodium hidroksida adalah bahan yang cukup keras. Hindari kontak langsung dengan kulit. Jika terkena kulit segera bilas dengan air. Karena efeknya sedikit gatal-gatal begitu..... 4. Phenolphthalein and thymolphthalein change from red or blue to uncolored around pH=10. If you look on the indicator chart, you can see there are several less common indicators that would change color rather than disappear at this pH. Bahan yang dibutuhkan: 1. Deterjen cair atau deterjen lain. 2. Air 3. Sodium Hidroksida 4. Phenolphthalein 5. Thymolphthalein 6. Club Soda (bila perlu) phenolphthalein (warna merah)

Tapi hatihati untuk tawon jika Anda menggunakannya di luar ruangan! http://www. JANGAN gunakan resep Bubbles Manis jika Anda memiliki lebah atau tawon di halaman Anda. Anda dapat menambahkan sedikit air jika campuran terlalu tebal. Bubbles Warna bisa menjadi berantakan bit.com/activities/activity_5a.Dasar Bubbles 2 sendok makan sabun cuci piring 1 cangkir air Manis Bubbles 1 sendok makan sirup jagung 2 sendok makan sabun cuci piring 1 cangkir air Sihir Bubbles 1 sendok makan gliserin 2 sendok makan sabun cuci piring 9 oz air Warna Bubbles 1 cangkir cairan Tempra cat 2 sendok makan hidangan deterjen 1 sendok makan cair pati Petunjuk untuk membuat solusi gelembung Mencampur resep sehari sebelumnya untuk hasil terbaik.creativekidsathome. Sirup Karo tidak hanya serta gliserin dalam campuran gelembung.html . Coba gunakan gula atau madu jika Anda tidak memiliki sirup jagung di rumah. Anak-anak berpikir bahwa gelembung jauh lebih baik bahwa itu adalah layak disimpan botol kecil di tangan. Gliserin adalah murah dan dapat ditemukan di toko-toko obat yang paling. Pastikan untuk menggunakan cat yang dapat mencuci keluar.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->