P. 1
Tugas Teller

Tugas Teller

|Views: 1,650|Likes:
Published by Hanna Mahiroh

More info:

Published by: Hanna Mahiroh on Apr 18, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/25/2013

pdf

text

original

Tugas

Jumat, 15 Januari 2010
Teller Apa yang terlintas dalam fikiran anda bila mendengar kata “ Teller “. Disini saya akan membahas “sedikit” tentang hal-hal yang berhubungan dengan teller. Bank adalah suatu lembaga yang memberikan jasa pelayanan dibidang keuangan.Sedangkan Teller adalah petugas bank yang menangani penerimaan maupun pembayaran transaksi uang tunai maupun non tunai yang dilakukan oleh nasabah. Sebelum memproses seorang teller harus melakukan verivikasi untuk memastikan kelengkapan, keabsahan dan ketepatan atas Cek atau Bilyet Giro ( BG ). Teller memiliki tangggung jawab yang besar atas uang tunai dan transaksi yang ia proses. Selain itu, Teller juga bertanggung jawab atas pengamanan peralatanperalatan kerja di posisi counternya masing-masing. Dalam menunjang pekerjaannya, teller harus memiliki peralatan – peralatan kerja, diantaranya adalah : 1.Komputer . 2.Money detector, alat deteksi ultra violet, dan kaca pembesar untuk melakukkan validasi atas keaslian mata uang. 3.Kotak uang (teller’s box) yang hanya dapat dibuka dengan menggunakan kunci pengaman yang setiap saat selalu berada dalam penguasaan teller yang bersangkutan. 4.Mesin penghitung uang untuk menghitung lembar uang kertas atau logam. 5.Mesin hitung yang dilengkapi kertas bukti (tell-strook). Macam-macam transaksi yang dapat dilakaukan oleh teller, yaitu: 1.Penerimaan dan pembayaran uang tunai untuk dan dari rekening nasabah. 2.Setoran kliring, inkaso, pemindahbukuan dan Penerimaaan permohonan kiriman uang. 3.Penjualan dan pembelian valuta asing. Seorang teller harus dapat menghitung uang dengan cepat. Karena itu dalam menghitung biasanya mereka menggunakan minimal dua jari. Mereka pun harus bersikap ramah, selalu tersenyum dan bersifat informatif kepada nasabah.

Pengertian Frontliner adalah orang yang langsung berhadapan atau berhubungan dengan pelanggan (konsumen), frontliner merupakan sebuah kategori bukan sebuah jabatan. Contoh dari frontliner adalah Customer Service, Sales, Receipsionis dan lain-lain.

.Tugas dari Frontliner adalah memberikan informasi yang sejelas-jelasnya kepada pelanggan.E. agar pelayanan yang diberikan dapat memuaskan nasabah. termasuk kemampuannya menguasai pengetahuan tentang segala sesuatu yang berhubungan dengan bank dan produk yang ditawarkan. ketepatan. karena mencerminkan dari perusahaan tempat dia bekerja. . Tentang Customer Service SEPTEMBER 1.M. Pelayanan menurut Kasmir.Pelayanan yang diberikan akan berkualitas jika setiap petugas Customer Service Officer dibekali pengetahuan tentang dasar-dasar pelayanan yang sesuai dengan bidang pekerjaan yang akan dihadapinya. Definisi Customer Service Pelayanan Nasabah atau yang sering kita dengar sebagai Customer Service Officer berasal dari dua kata yaitu Customer yang berarti pelanggan dan Service yang berarti pelayanan. M. Customer Service Officer yang baik harus diikuti dengan tersedianya sarana dan prasarana yang mendukung kecepatan. diartikan sebagai tindakan atau perbuatan seseorang atau organisasi untuk memberian kepuasan kepada pelanggan atau nasabah. 2010 LEAVE A COMMENT A. dengan cara memenuhi harapan dan kebutuhannya. Seorang Frontline harus berpenampilan menarik dan sopan. Selain itu. dan keakuratan pekerjaannya. Hal ini tentu saja harus dilakukan karena menjaga hubungan yang baik dengan nasbah juga berarti menjaga image bank agar citra bank dapat terus meningkat di mata nasabah. Untuk itu seorang Customer Service Officer harus memiliki dasar-dasar pelayanan yang kokoh seperti etiket pelayanan. Customer Service Officer dituntut untuk memberikan pelayanan yang prima kepada nasabahnya. Sedangkan Pelayanan Nasabah atau Customer Service Officer menurut Buku Operasional Bank Rakyat Indonesia adalah kelompok kerja pelayanan yang merupakan himpunan dari pegawai yang profesional dibidang pelayanan dan ditujukan untuk meningkatkan kepuasan kepada nasabah. Customer Service Officer dituntut untuk selalu berhubungan dengan nasabah dan menjaga hubungan itu tetap baik. Customer Service Officer harus memiliki kemampuan melayani nasabah secara tepat dan cepat serta memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik. dan dasardasar lainnya. pengenalan produk.. S.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->