P. 1
Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Orang Tua Siswa Memilih Az

Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Orang Tua Siswa Memilih Az

|Views: 421|Likes:
Published by Rhien Thu Rhirhien

More info:

Published by: Rhien Thu Rhirhien on Apr 18, 2012
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/27/2014

pdf

text

original

Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Orang Tua siswa Memilih Az – zuhra Islamic school pekanbaru sebagai

sekolah bagi anaknya 1.1 latar belakang Perkembangan dunia pendidikan di Indonesia sangat pesat, pendidikan merupakan ujung tombak untuk mencerdaskan calon generasi bangsa. Negara harus memperhatikan sektor pendidikan jika tidak ingin kehilangan generasi muda yang handal, cerdas dan memiliki intergitas pada bangsanya. Untuk mempercepat pemerataan pendidikan pada masyarakat Indonesia dan kesempatan memperoleh pendidikan yang bermutu tinggi bagi seluruh rakyat Indonesia menuju terciptanya manusia Indonesia berkualitas tinggi maka pemerintah harus benar-benar merealisasikan anggaran pendidikan yang telah dianggarkan pada APBN 2012 sebesar 20%. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional memberikan dasar hukum untuk membangun pendidikan Nasional dengan menerapkan prinsip demokrasi, desentralisasi, otonomi, keadilan dan menjunjung tinggi hak asasi manusia. Penerapan ketentuan dalam Undangundang ini diharapkan dapat mendukung segala upaya untuk memecahkan masalah pendidikan, guna memberikan sumbangan yang signifikan terhadap masalah-masalah makro bangsa Indonesia. Dalam kerangka globalisasi, penyiapan pendidikan perlu disinergikan dengan tuntutan kompetisi. Oleh karena itu, dimensi daya saing dalam sumber daya manusia kelak menjadi faktor penting sehingga upaya memacu kualitas sumber daya manusia melalui pendidikan. Perubahan-perubahan pola pendidikan yang begitu cepat, silih berganti serta globalisasi di segala bidang termasuk bidang pendidikan, memunculkan persaingan yang sangat ketat di bidang bisnis jasa pendidikan. Lembaga pendidikan harus selalu siap dengan perubahan-

promosi. Dalam memahami pemasaran jasa pendidikan. lokasi. sikap. Strategi bauran pemasaran dalam hubungannya dengan pemasaran jasa Pendidikan tidak terlepas dari produk (Jenjang pendidikan). Program pendidikan ini diselenggarakan atas dasar kurikulum yang ditujukan agar siswa dapat menguasai pengetahuan. bersikap terbuka dan kritis dengan mengunakan program full day school. harga (biaya pendidikan).perubahan yang dikeluarkan pemerintah di bidang pendidikan. sebab mutu merupakan faktor yang penting bagi pemilihan konsumen dalam menentukan pilihan. Harga (biaya pendidikan) merupakan pengorbanan finansial yang akan dikeluarkan oleh orang . berahlak mulia. proses. Bauran pemasaran jasa memiliki pengaruh yang kuat terhadap keberhasilan suatu strategi bauran pemasaran. dan pelayanan. berwawasan luas. strategi yang diterapkan tidak terlepas dari strategi bauran pemasaran. juga harus siap bersaing dengan lembaga belajar sejenis. Produk merupakan hal yang penting pada bauran pemasaran. orang. Produk (tingkat pendidikan) merupakan kesatuan rencana belajar sebagai pedoman penyelenggaraan pendidikan akademik. karena strategi bauran pemasaran memiliki keterkaitan terhadap kebijakan strategi pemasaran. Islamic School AZZUHRA merupakan wujud kepedulian yang besar untuk mempersiapkan generasi muda yang islami dan berkualitas. Islmaic school AZ-Zuhra merupakan sekolah islam terpadu yang menerapkan nilai-nilai Qur’ani dengan sistim pengajaran moderen. Banyaknya sekolah berbasis islam moderen di kota Pekan Baru merupakan cermin dunia pendidikan sangat banyak peminatnya. Sehingga Islmaic school AZ-Zuhra harus mampu bersaing dalam segi bauran pemasaran. berdisiplin tinggi. dan perilaku/keterampilan yang sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan. produk yang ditawarkan kepada konsumen haruslah produk yang bermutu.

pameran.tua siswa Promosi merupakan penyampaian informasi kepada masyarakat yang berperan untuk menarik orang tua mahasiswa agar memilih islamic school AZ-Zuhra.2 di atas dapat dilihat adanya fenomena penurunan jumlah siswa. islamic school AZ-Zuhra sebagai salah satu sekolah swasta dengan basis IT berupaya memberikan jasa pendidikan yang optimal kepada siswa. Untuk itu pihak manajemen islamic school AZ-Zuhra harus tanggap terhadap perubahan lingkungan baik internal maupun eksternalnya. sebagai lembaga pendidikan 1. Orang merupakan staff Professional islamic school AZ-Zuhra. dan daftar ulang. Proses merupakan penerimaan islamic school AZZuhra yang meliputi : pendaftaran. Pelayanan merupakan pelayanan dan penerimaan yang diberikan islamic school AZ-Zuhra. Dari Tabel I. maka dirumuskan permasalahan sebagai . Tempat merupakan lokasi dimana lembaga pendidikan berada yang biasanya ada kaitannya dengan jauh tidaknya dari kota (strategis).2 Rumusan masalah Berdasarkan latar belakang di atas. testing. memasang iklan di surat kabar. berusaha untuk dapat lebih memfokuskan strategi bauran pemasarannya dan meningkatkan jumlah siswa islamic school AZ-Zuhra. Untuk islamic school AZ-Zuhra. islamic school AZ-Zuhra pekanbaru melakukan promosi dengan berbagai cara seperti : menggunakan brosur dan spanduk.

lokasi. Sejauh mana pengaruh strategi bauran pemasaran yang terdiri dari. promosi. proses. dan pelayanan terhadap keputusan orang tua siswa memilih islamic school AZ-Zuhra I. orang dan pelayanan terhadap keputusan orang tua siswa memilih islamic school AZ-Zuhra. 2.4 Manfaat Penelitian Adapun manfaat yang dapat diperoleh dari penelitian ini adalah : . I.3 Tujuan Penelitian Sesuai dengan latar belakang dan rumusan masalah yang diajukan. Untuk mengetahui dan menganalisis faktor mana yang paling berpengaruh dari strategi bauran pemasaran jasa yang terdiri produk (program studi). produk (Program Studi). proses. orang. harga (uang SPP). proses. promosi. lokasi. maka tujuan penelitian ini adalah : 1. dan pelayanan terhadap keputusan orang tua siswa memilih islamic school AZ-Zuhra 4. Faktor mana yang paling berpengaruh dari strategi bauran pemasaran jasa yang terdiri produk (program studi). lokasi. 3. promosi. lokasi. pelayanan dan status akreditasi terhadap keputusan orang tua siswa memilih islamic school AZ-Zuhra. harga (biaya pendidikan). orang. orang. produk (program studi). Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh strategi bauran pemasaran yang terdiri dari. Harga (biaya pendidikan).berikut : 1. proses. promosi. harga (uang SPP).

Kerangka Pemikiran Setiap perusahaan pasti akan berusaha memenuhi keinginan dan kebutuhan pelanggannya sebagai tujuan pemasarannya. price. Radiosunu (1993) menyatakan “Marketing Mix Strategic” merupakan kumpulan variabel-variabel yang dapat digunakan perusahaan untuk mempengaruhi tanggapan konsumen. lingkungan fisik di mana jasa diberikan atau bukti fisik (phisycal evidence). 2.1. Selanjutnya Lupiyoadi (2006) menyatakan bahwa “Elemen marketing mix services strategic (strategi bauran pemasaran jasa) memiliki tujuh faktor dalam menetapkan keputusan pembelian oleh konsumen yaitu: product. Sebagai bahan masukan bagi islamic school AZ-Zuhra dalam menentukan kebijakan dan strategi bauran pemasaran yang sesuai dengan kebutuhan pasar. dan pelayanan (customer service) jasa itu sendiri”. Untuk menambah khasanah penelitian bagi Program Studi Ilmu Manajemen Sekolah Pascasarjana Universitas Sumatera Utara yang dapat dipergunakan dan dikembangkan. 1. Kotler (2000) menggambarkan : Pery Laili Khodri Nasution : Analisis Pengaruh Strategi Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Mahasiswa…. place. process dan customer service“. Maka perlu bagi setiap perguruan tinggi mengetahui karakteristik dan proses pengambilan keputusan mahasiswa dalam memilih perguruan tinggi. promotion.5. dengan kata lain. people. Karakteristik pembeli akan mempengaruhi perilaku pembelian. demikian juga dengan lembaga pendidikan pasti akan berusaha memenuhi keinginan dan kebutuhan dari mahasiswanya agar tercapai tujuannya. Ketiga hal di atas terkait dengan sifat jasa dimana produksi/operasi hingga konsumsi merupakan suatu rangkaian yang tidak dapat dipisahkan dan mengikut sertakan konsumen dan pemberi jasa secara langsung. 2007 USU e-Repository © 2008 Perangsan -gan Penjualan Produk Harga Tempat Promosi Perangsangan Lainnya Perekonomian . price. promotion. variabel-variabel yang dapat mempengaruhi pembeli adalah product. tetapi pemasaran pada produk dan jasa berbeda”. Elemen-elemen tersebut adalah: orang (people or participants). place. terjadi interaksi langsung antara keduanya (meski tidak untuk semua jenis jasa). Menurut Yazid (2001) menyatakan ”Dalam pemasaran jasa ada elemenelemen lain yang bisa dikontrol dan dikoordinasikan untuk keperluan komunikasi dengan dan pemuasan konsumen jasa.

Teknologi Politik Budaya Karakter Pembeli Budaya Sosial Perorangan Kejiwaan Proses Keputusan Pembeli Pengenalan masalah Pencarian informasi Evaluasi Keputusan Perilaku sesudah pembelian Keputusan Pembeli Memilih produksi Memilih jenis Memilih pemasok Penentuan saat pembelian Jumlah pembelanjaan Sumber : Kotler (2000) Gambar 1 : Model Proses Pengambilan Keputusan Sehingga kerangka berpikir dari penelitian ini dapat digambarkan sebagai berikut yaitu : Pery Laili Khodri Nasution : Analisis Pengaruh Strategi Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Mahasiswa…. 2007 USU e-Repository © 2008 Produk Harga Promosi Lokasi Orang Proses Pelayanan .

. Hipotesis Hipotesis dalam penelitian ini dapat dirumuskan sebagai berikut : “Produk/program studi. promosi. orang. lokasi.6. proses. dan pelayanan berpengaruh terhadap keputusan mahasiswa memilih Business College LP3I Medan”.Keputusan Mahasiswa Memilih Business College LP3I Medan Gambar 2 : Kerangka Pemikiran 1. harga/uang SPP.

orang. 1. Populasi dan Sampel Populasi penelitian ini adalah orang tua siswa islsmic school az-zuhra tahun 2012. 2. dapat digunakan Rumus Slovin“. dan pelayanan terhadap keputusan orang tua siswa memilih islsmic school az-zuhra.METODOLOGI PENELITIAN Pendekatan dalam penelitian ini adalah studi kasus yang dilakukan Islamic School Az-Zuhra dengan mengumpulkan data mengenai faktor-faktor yang terkait dengan variabel penelitian. Jenis penelitian adalah deskriptif kuantitatif yaitu untuk mengetahui pengaruh variabel bauran pemasaran yang terdiri dari . dan pelayanan terhadap keputusan memilih mahasiswa. lokasi. orang. Penelitian deskriptif kuantitatif yang dilakukan untuk mengetahui pengaruh variabel bauran pemasaran yang terdiri dari . Penelitian ini dilaksanakan dari bulan Maret 2012 sampai dengan bulan Juli 2012. lokasi. yang berjumlah 422 orang. seperti berikut ini . harga. proses. Sugiono (2007) menyatakan “Untuk menentukan berapa minimal sampel yang dibutuhkan jika ukuran populasi diketahui. proses. harga. produk. produk. promosi. promosi. Tempat dan Waktu Penelitian Penelitian ini dilakukan pada Islamic School AZ-Zuhra Pekan Baru yang berlokasi di Jalan Ketitiran depan SMA 12 Pekan Baru.

Teknik Pengumpulan Data Dalam melakukan penelitian ini. Data primer adalah data yang diperoleh dengan melakukan wawancara (interview) dan penyebaran daftar pertanyaan (quesioner) kepada responden penelitian. 3. yang mendukung penelitian ini. 4. maka besarnya sampel (n) jika menggunakan taraf kesalahan 5% adalah : = Dalam penelitian ini teknik penarikan sampel dengan Metode Random Sampling. teknik pengumpulan data sebagai berikut: . 2. dengan asumsi taraf kesalahan 5% maka tingkat kesalahan akan semakin kecil karena total sampel yang didapat dapat mewakili populasi dibandingkan jika menggunakan taraf kesalahan 10% dari total populasi yang besar maka jumlah dari sampel tidak mewakili apa yang diharapkan. Jenis dan Sumber Data Jenis data yang akan dikumpulkan dalam penelitian ini adalah bersumber dari : 1.Keterangan : n = sample N = populasi e = taraf kesalahan Jika populasi (N) sebanyak 422 orang dan taraf kesalahan (e) sebesar 5%. Data sekunder yaitu data yang berasal dari jurnal dan dokumen yang ada di Islamic School Az-zuhra Pekanbaru.

harga/uang SPP (X2 ). promosi (X3 ). Definisi operasional variabel Variabel penelitian Devinisi variabel . Variabel terikat (dependent variable) dalam penelitian ini adalah merupakan keputusan orang tua siswa untuk memilih Islamic School Az-zuhra sebagai tempat pendidikan putra putrinya (Y). 2. Wawancara (interview) dilakukan langsung kepada pihak yang berhak/ berwenang memberikan imformasi/data secara sistimatis berdasarkan tujuan penelitian. orang (X 5 ). Studi dokumentasi dengan mengumpulkan dan mempelajari data atau dokumen yang mendukung penelitian ini yaitu jumlah siswa Islamic School Az-zuhra 5.1. sejumlah nilai/manfaat fasilitas kepada calon siswa . proses (X6 ) dan pelayanan (X7 ). 3. Operasional variabel Operasional variabel pada penelitian ini di sajikan pada tabel 1. Produk (X1) No indicator skala pendidikan. Daftar pertanyaan (questionaire) diberikan langsung kepada Orang tua siswa yang menjadi responden dalam penelitian ini. RANCANGAN PENGUJIAN Variabel bebas (independent variable) dalam penelitian ini adalah keseluruhan variabel-variabel bauran pemasaran jasa yang terdiri dari produk (X1 ). dan pimpinan Islamic School Az-zuhra. Tabel 1. 6. lokasi (X4 ). pegawai. Skala likert Merupakan keseluruhan Program objek yang memberikan ekstrakulikuler.

uang baju seragam.harga (X2) Biaya yang dikenakan Uang gedung. pihak orang yang berfungsi manajemen. Promosi (X3) Memilih sarana yang Informasi yang dianggap sesuai untuk diterima melalui Surat mempromosikan jasa Kabar. uang kepada mahasiswa spp. Spanduk. Islamic School lain. Skala likert uang diktat. testing. Skala likert pendidikan yang ada Brosur. uang pendaftaran. perkantoran. staf sebagai service provider yayasan Skala likert Proses (X6) Merupakan gabungan prosedur penerimaan. Papan islamic school Az-zuhra Reklame Lokasi (X4) Berhubungan dengan Lokasi yang strategis: Skala likert dimana Islamic School Dekat dengan pusat Az-zuhra bertempat dan melakukan operasi kota. Skala likert semua aktivitas . pendaftaran. tempat tinggal Orang (X5) Merupakan sekelompok tenaga edukatif.

untuk langsung dalam usahanya memilih islamic school az-zuhra tempat putrinya. upaya dan tindakan siswa orang yang mengevaluasi penawaran. ketepatan Skala likert Skala likert tua dalam memutuskan. tingkah laku. memberikan dan fasilitas yang diberikan oleh staf.daftar ulang Pelayanan (X7) Meliputi untuk pelayanan aktivitas Sikap. tenaga edukatif serta fasilitas gedung. laboratorium. ruang belajar. secara dampak psikologis setelah memutuskan. belajar sebagai putra . perpustakaan. pihak manajemen. yayasan. siswa adalah kemampuan. Keputusan tua siswa (Y) orang Keputusan orang tua Pencarian informasi.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->