INDIKATOR PENGAMATAN MINAT SISWA Mata Pelajaran Kompetensi Dasar Hari, tanggal Pertemuan ke A. Indikator Pengamatan 1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. 8. 9. 10.

Kesiapan sebelum memulai pembelajaran. Pengerjaan tugas rumah. Perhatian selama pembelajaran berlangsung Interaksi antara peserta didik dan guru Mengemukakan pertanyaan kepada guru. Kesediaan menerima tugas dan respon yang ditunjukan Terlibat aktif dalam kelompok. Kerja sama dalam kelompok. Kemauan untuk membaca referensi buku PKn Kehadiran (dinilai di akhir penelitian) : Pendidikan Kewarganegaraan : Budaya Politik di Indonesia : :

23. 14.B. Observer . 13. 12. 10. 15. 8. 19. 9. 27. 20. Lembar Pengamatan No 1 2. Nama 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 Semarang. 28. 22. 25. 4. 17. 7. 26. 6. 21. 5. 24. 11. 16. 3. 18.

pernyataan. Skor 5 Telah di tempat duduk dengan buku PKn telah di meja Skor 4 Telah di tempat duduk tetapi buku Pkn belum dipersiapkan Skor tugas 70-90 Skor 3 Telah di tempat duduk tetapi masih ada buku lain Skor 50-70 Skor 2 Belum di tempat duduk tetapi cukup antusias untuk mengikuti Skor < 50 Skor 1 Belum di tempat duduk dan malas Tidak mengerjakan sama sekali (skor 0) Mengerjakan tugas mata pelajaran yang lain atau hal lain 3. Aktifitas yang diamati 1.RUBRIK KRITERIA PENILAIAN MINAT SISWA DALAM PEMBELAJARAN PERMAINAN TEKA-TEKI SILANG NO. atau tidak mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru Tidak bertanya sama sekali Tidak bersedia menerima tugas . dan sesekali berdiskusi dengan teman Mendengarkan penjelasan guru. 6. Balikan muncul atas inisiatif peserta didik sendiri Mengemukakan Berani bertanya ketika guru pertanyaan kepada guru menjelaskan materi pelajaran atau dengan mengacungkan jari Kesediaan menerima Bersedia dan memberi respon tugas dan respon yang positif (sangat antusias dengan ditunjukan tugas yang diberikan oleh Tugas berupa perintah guru) yang diberikan oleh guru selama pembelajaran Memperhatikan penjelasan/informasi yang disampaikan oleh guru/teman. Kesiapan sebelum memulai pembelajaran 2. Pengerjaan tugas rumah Skor tugas rumah 90-100 (skor tugas rumah antara rentang 0-100) Perhatian selama Memperhatikan pembelajaran berlangsung penjelasan/informasi yang disampaikan oleh guru/teman. hanya ditanyakan pada teman. Bersedia dan memberi respon yang biasa saja Berbicara sendiri Melamun/ tidak memperhatikan guru. pernyataan. 5. walaupun tidak mengacungkan jari bersedia dan memberi respon yang cukup positif (antusias tetapi tidak berlebihan) Terlalu fokus memperhatikan guru dan tidak peduli dengan keadaan sekitar Hanya diam dan mendengarkan guru. terkadang berdiskusi dengan teman dan bertanya pada guru Interaksi antara peserta Mendengarkan penjelasan didik dan guru guru dan ada balikan dari peserta didik. tetapi juga tidak melakukan hal-hal lain yang tidak berkaitan dengan pelajaran Ada pertanyaan tapi tidak ditanyakan pada guru. tidak acuh terhadap pelajaran. Balikan dari peserta didik hanya muncul ketika diminta oleh guru. Ada keberanian dan kemauan untuk bertanya pada guru. Ada kemauan bertanya hanya jika ditanya oleh guru lebih dahulu. Bersedia dan tidak antusias Tidak menghargai guru Hal ini ditandai dengan kegiatan mengobrol sendiri. 4. Balikan ini bisa berupa pertanyaan. atau pendapat. atau pendapat. Balikan ini bisa berupa pertanyaan. tanpa balikan sama sekali walaupun telah diminta oleh guru.

Kerja sama dalam kelompok .67%) Pernah tidak hadir 3x dalam pembelajaran (persentase kehadiran 50%) Sering tidak mengikuti pembelajaran (Presentase kehadiran < 50%) . 10.7. berlangsung Respon ditunjukan dengan antusiasme peserta didik Terlibat aktif dalam kelompok 8. dan teman dekat mereka bukan teman dekat Tidak mau bekerja sama sama sekali atau mengganggu teman lain yang sedang diskusi sehingga jalannya diskusi terganggu. Membaca catatan sendiri dan buku referensi(lebih dari satu buku) Hanya membaca catatan sendiri Membaca catatan teman Tidak mau membaca sama sekali Selalu hadir dalam setiap pembelajaran (persentase kehadiran 100%) Pernah tidak hadir 2x dalam pembelajaran (persentase kehadiran 66. dengan siapa saja dia mau berdiskusi dalam kelompok itu Kemauan untuk membaca referensi buku matematika (hal ini dilihat selama pembelajaran) Kehadiran Kehadiran yang dimaksudkan adalah kehadiran peserta didik selama dilakukan penelitian Mau berdiskusi dalam kelompok mengenai tugas yang diberikan oleh guru (interaksi dua arah) Mau bekerja sama dengan seluruh anggota kelompok. Diam dan menyimak diskusi yang dilakukan oleh teman-temanya Mau bekerjasama dengan seluruh teman.33%) Terlalu mendominasi diskusi Mengobrol sendiri Mengganggu teman lain baik satu kelompok atau berbeda kelompok Bekerja sama tidak Mau bekerja sama hanya dengan semua dengan beberapa orang anggota. walau terkadang mengganggu/mengusili temannya (tidak mengganggu jalannya diskusi) Membaca catatan sendiri dan buku referensi dari guru/sekolah (hanya satu buku) Pernah tidak hadir 1x dalam pembelajaran (persentase kehadiran 83. Hal ini dapat dilihat dari komunikasi yang dilakukan peserta didik. 9.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful