PERKIRAAN DAN ANTISIPASI TERHADAP MASYARAKAT MASA DEPAN

OLEH: NI MADE RESTI PRASTIWI 0813041038

JURUSAN PENDIDIKAN BIOLOGI FAKULTAS MIPA UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA (UNDIKSHA) 2008

dalam segala bidang seperti: . Pendidikan merupakan rumusan nasib suatu bangsa di masa yang akan datang. Pernyataan tersebut dengan jelas tertulis pada UU RI No 2 Tahun 1989 tentang Pendidikan Nasional Pasal 1 yang berbunyi “Pendidikan adalah usaha sadar untuk menyiapkan peserta didik melalui kegiatan bimbingan. Pendidikan merupakan cara terbaik bagi masyarakat untuk melestarikan nilai-nilai luhur sosial kebudayaan dalam sejarah bangsa tersebut. kesenian. karena itu perubahan dan perkembangan segala bidang akan semakin cepat terjadi.RINGKASAN PERKIRAAN DAN ANTISIPASI TERHADAP MASYARAKAT MASA DEPAN Pendidikan dan sejarah merupakan 2 hal yang tidak dapat dipisahkan dan selalu berkaitan. Pendidikan selalu didasarkan pada sejarah atau pengalamanpengalaman masa lampau. dan sistem teknologi serta peralatan maka kehidupan masyarakat pun akan berubah terutama di masa mendatang. sistem kemasyarakatan.  Kecenderungan globalisasi yang semakin kuat. sistem mata pencaharian. A. Perkiraan Masyarakat Masa Depan Seiring dengan adanya banyak perubahan pada kebudayaan masyarakat seperti : sistem religi. pengajaran dan atau latihan bagi peranannya. hal ini berarti pendidikan sangat berpengaruh pada bagaimana cara suatu individu atau suatu bangsa dalam menjalakan kesehariannya serta cara individu/bangsa tersebut dalam menalari suatu peristiwa dan membimbing individu lain untuk menyiapkan masa depannya. bahasa. Perubahan dan perkembangan masyarakat ini dapat menghadirkan efek positif dan negatif serta menghadirkan beberapa karakteristik umum sebagai ciri masyarakat masa depan seperti :  Adanya peningkatan layanan professional dalam segala sudut kehidupan manusia. sistem pengetahahuan.

Dalam mengantisipasi masa depan diperlukan lagi beberapa kajian. Upaya Pendidikan dalam Mengantisipasi Masa Depan Pendidikan dapat disamakan sebagai nahkoda kapal dalam menghadapi masa depan dengan segala perkembangannya.Dalam bidang lingkungan hidup yang sedang hangat dibicarakan dalam kaiberbagai pertemuan internasional.dll. epistemologis. dan aksiologis. berfikir. Pemahaman tentang keadaan masyarakat masa depan tersebut akan berperan sangat penting bagi kebijaksanaan pendidikan serta dalam mengantisipasi keadaan masyarakat di masa depan. dan perkembangan arus informasi yang semakin cepat. kemajuan iptek.  Pekembangan arus informasi yang semakin padat dan cepat.Dalam bidang kehidupan yang dalam kaitannya dengan identitas bangsa.Dalam bidang ekonomi yang mengarah ke ekonomi regional dan ekonomi tanpa batas negara. Dapat dikatakan demikian karena pendidikan merupakan hal penting dalam mempersiapkan generasi penerus yang memiliki daya nalar serta hard skill dan soft skill yang mampu menunjang kehidupan dan mampu menjawab tantangan masa depan.. Dimana perkembangan iptek terkait dengan landasan ontologis.Dalam bidang IPTEK yang akan memberi cara serta arah baru dalam bersikap. Mulai dari globalisasi. . dan berbicara tanpa batas negara. Pendidikan juga membantu suatu bangsa agar dapat berpikir rasional dan luas sehingga akan mampu memikirkan matang-matang dalam menyaring efek positif dan negatif segala perkembangan kehidupan di masa depan sehingga terciptalah individu yang berkualitas dalam mengantisipasi perubahan dan perkembangan di masa mendatang.  Perkembangan iptek yang semakin pesat. B. yaitu sebagai berikut: . . .

hal ini sangat berbeda dengan nilai yang sifatnya lebih umum. kesadaran beragama. Nilai dapat bersumber dari agama. Upaya mengantisipasi masa depan Upaya suatu individu dalam mengantisipasi masa depan secara otomatis tidak akan dapat terlepas dari nilai-nilai luhur Pancasila dan pendidikan. dan kesadaran dalam masyarakat. Perubahan nilai dan sikap Nilai berarti sebuah urkuran suatu perbuatan dalam ukuran baik dan buruk. Mencintai kebudayaan bangsa sendiri tanpa menolak kebudayaankebudayaan positif dari bangsa lain. Adapun upaya-upaya untuk mengantisipasi masa depan akan terorisme pada hal-hal sebagai berikut: a.1. Berperilaku baik. moral. dan sebagainya. Berperan aktif dan dapat bersosialisasi dalam masyarakat. adat istiadat. globalisasi. hukum. Tantangan-tantangan tersebut tidak akan dapat dihadapi tanpa usaha kompetitor-kompetitornya. Meningkatkan kesadaran baik dalam kesadaran pribadi. Maka dari itu suatu individu dituntut untuk lebih mengembangkan diri dalam hal sebagai berikut : Memperkuat iman. Sikap selalu terkait dengan objek dan cenderung bertindak sesuai dengan sikap terhadap objek tersebut. Meningkatkan kemauan dan kemampuan untuk belajar. dll maka secara otomatis akan timbul beberapa tantangan-tantangan baru dalam kehidupan. Tuntutan bagi manusia masa depan (manusia modern) Dalam perkembangan faktor-faktor penunjang kehidupan seperti : iptek. Dll 2. Menumbuhkan rasa tanggung jawab. Nilai dn sikap sangat berperan dalam menentukan wawasan dan perilaku manusia karena 2 hal ini member konsekuensi bagi prilaku .

dan sistem teknologi merupakan upaya penting dalam mengantisipasi masa depan. Pengenbangan kebudayaan Pengembangan budaya ke arah positif yang meliputi sistem religi. oleh karena itu pengembangan di sektor ini sangat absolut dalam mengantisipasi kemajuan masa depan. seperti : alat-alat peraga. keteladanan. Pengadaan sarana pendidikan baik perangkat keras maupun lunak. seperti : Peningkatan kualifikasi awal guru SD dari pendididkan menengah menjadi pendidikan tinggi.dll.individu yang menyimpang dari peraturan. Mengingat nilai dan sikap dsangat penting dalam mengantisipasi masa depan maka diperlukan pembentukan atau pengubahan nilai dan sikap suatu idividu yang dapat dilakukan dengan berbagai cra seperi pembiasaan. Pengembangan sarana pendidikan Pendidikan merupakan pilar utama dalam tugasnya mempersiapkan generasi penerus yang berkompeten dalam menghadapi masa depan. namun dengan catatan pengembangan kebudayaan tersebut masih dalam garis Pancasila dan tidak melenceng dari norma-norma yang berlaku. . pengetahuan. c. Pengembangan budaya akan menambah daya dobrak individu bersaing di masa depan. sarana laboratorium. kesenian. internalisasi nilai melalui ganjaran-ganjaran. kemasyarakatan. mata pencaharian. b. teknik klasifikasi nilai. Perancangan wajib belajar 9 tahun oleh pemerintah. Pengembangan sektor ini dapat berupa pengembangan tenaga perngajar maupun sarana-sarana dalam proses pendidikan. computer. internet. dll. bahasa.